Kenali Manfaat Asuransi dan Jenisnya yang Sesuai Untukmu!

manfaat asuransi

Manfaat asuransi adalah untuk membantu mengatur keuangan dan menjadi proteksi di saat terjadi risiko. Namun, ada beberapa hal yang perlu kita pahami agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Membeli asuransi memang tricky dan gak semudah beli baju atau objek benda lainnya. Saat membeli asuransi, yang kita beli adalah perjanjian polis. Di mana jika terjadi kerugian atau keadaan darurat, yang bisa kita jadikan pegangan adalah perjanjian tersebut. 

Karena itu, seringkali orang mulai mempertanyakan nilai dan urgensi asuransi karena produk yang dibeli tidak berwujud serta manfaatnya baru dapat dirasakan jika terjadi kerugian. Padahal, jika disesuaikan dengan kebutuhan, asuransi itu sangatlah menguntungkan. Masih ragu? Yuk, simak manfaat asuransi berikut: 

Manfaat asuransi secara umum

Secara umum, perlindungan asuransi memberikan banyak sekali manfaat. Terutama bagi kesejahteraan hidup para anggotanya. Kira-kira apa saja sih manfaat umumnya? 

1. Menghadirkan ketenangan

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Entah itu hal positif maupun negatif. Di sinilah peran asuransi untuk memberikan solusi finansial dan meringankan beban ketika kejadian tak terduga itu datang. 

Ketika tahu bahwa kita terlindungi secara finansial oleh asuransi, tentu hidup jadi lebih tenang dan tidak perlu panik ketika mengalami kerugian. 

2. Membantu mengatur keuangan

Mengatur keuangan setiap bulannya tidaklah mudah. Khususnya saat ada keperluan tidak terduga. Misal, sekian persen dari anggaran yang harusnya jadi dana tabungan harus terkuras akibat hal tidak terduga seperti di rawat di rumah sakit. 

Di sinilah manfaat asuransi dapat sangat terasa guna membantu mengatur keuangan agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sebab dengan memiliki asuransi, kamu gak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami.

3. Bisa menjadi investasi

Produk asuransi emang bukan instrumen investasi, tapi perannya bisa seperti investasi. Mengingat saat ini sudah ada banyak sekali pilihan asuransi unit link. Artinya, kita bisa mendapatkan manfaat asuransi dan nilai investasi sekaligus. 

Untuk pengelolaan dana investasi dalam asuransi unit link pun juga terbilang menjanjikan karena dikelola oleh manajer investasi profesional. Jadi, fungsi dan keuntungannya bisa sebanding dengan instrumen investasi pada umumnya. 

4. Meminimalkan kerugian finansial

Kerugian tentu menjadi suatu hal yang dihindari oleh setiap orang. Misal, untuk pebisnis kerugian finansial yang timbul bisa saja meliputi kebakaran pabrik, kesalah pengiriman barang atau kargo, dan lain sebagainya. 

Sementara untuk masyarakat lainnya, misal kerugian finansial akibat harus mendapatkan perawatan inap di rumah sakit, pembedahan, dan lain sebagainya. Nah, di sini asuransi dapat meminimalisir bahkan menanggung seluruh kerugian finansial akibat hal tidak terduga tersebut. 

5. Mempermudah jaminan kredit

Pinjaman kredit dapat lebih mudah kamu dapatkan ketika memiliki asuransi. Misalnya pinjaman modal usaha dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari lembaga keuangan. Kepemilikan asuransi bisa memperbesar kemungkinan kredit yang diajukan cair. 

Namun, tetap saja harus hati-hati dalam mengambil kredit ya. Pastikan jenis pinjaman yang kamu ambil bersifat sebagai utang produktif. 

6. Bisa menjadi sarana menabung

Ada banyak jenis dan manfaat asuransi yang bisa dijadikan sarana menabung. Di antaranya dana pensiun atau DPLK. Meski bukan produk asuransi, namun kebanyakan perusahaan asuransi menawarkan program dana pensiun. 

Di mana iuran nasabah tiap bulan dikumpulkan untuk kemudian diberikan ketika memasuki usia pensiun. Ada juga pilihan asuransi jiwa Endowment yang memberikan manfaat asuransi jiwa dan manfaat tambahan berupa tabungan. 

7. Meningkatkan kegiatan usaha

Bagi kamu yang membangun usaha sendiri, asuransi berfungsi sebagai pengalih risiko. Misal jika terjadi kerugian bisnis, asuransi bisa jadi solusi untuk mengatasi risiko finansial akibat kerugian bisnis tersebut. 

Dengan begitu pertumbuhan kegiatan usaha dapat terus meningkat. Ini dikarenakan jalan usaha berjalan mulus meski terjadi risiko kerugian bisnis sekalipun.  

8. Menjaga stabilitas keuangan keluarga dan bisnis

Ketika memiliki tanggungan seperti anak dan pasangan sangat penting untuk kita mulai memikirkan risiko finansial jika terjadi hal yang mengancam jiwa. 

Di sinilah pentingnya peran asuransi jiwa yang dapat tetap menjaga stabilitas keuangan keluarga ketika kita mengalami risiko meninggal dunia. Sama halnya dengan pemilik bisnis, juga perlu memiliki asuransi guna menjaga stabilitas keuangan dan jalannya bisnis. 

9. Melindungi usaha kecil terhadap risiko 

Perlu dipahami bahwa perusahaan kecil akan lebih sulit mengatasi risiko bisnis jika dibandingkan dengan perusahaan besar. Misalnya saja, ketika gagal bayar atas kredit pinjaman modal, risiko kebakaran, gugatan hukum, dan lain sebagainya 

Karena itu, pentingnya untuk para pengusaha kecil memiliki asuransi guna melindungi pengeluaran finansial akibat risiko tersebut. 

Manfaat asuransi berdasarkan jenisnya

Jika sudah tahu manfaat asuransi secara, kamu wajib mengetahui jenis-jenis asuransi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

1. Asuransi kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan adalah memberikan pertanggungan atas biaya perawatan kesehatan. Baik rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, pembedahan, dan lain sebagainya tergantung polis yang dipilih. Untuk asuransi kesehatan penting banget dimiliki oleh setiap dari kita. Baik yang belum berkeluarga maupun sudah berkeluarga. 

Mengingat biaya perawatan kesehatan di rumah sakit naik sekitar 11 persen setiap tahunnya. Kebayang kan kisaran biaya rumah sakit dua atau tiga tahun ke depan. 

2. Asuransi jiwa

Manfaat asuransi jiwa adalah memberikan santunan atas risiko cacat tetap total atau meninggal dunia. Kalau asuransi jiwa sangat cocok bagi yang memiliki atau berencana untuk berkeluarga dalam waktu dekat. Sebab, santunan meninggal dunia yang diberikan oleh asuransi jiwa berguna untuk menjamin kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan. 

Sebaiknya cari santunan meninggal dunia sesuai dengan pendapatan tahunanmu ya. Dengan begitu kamu bisa memastikan keluarga yang ditinggalkan dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu sebelum kemudian mencari pekerjaan dan solusi lainnya. 

Nah, kamu bisa menggunakan kalkulator uang pertanggungan yang menghitung berdasarkan pendapatan tahunanmu. Sila isi pendapatan tahunanmu dan kamu bisa mendapatkan angka yang cocok sebagai uang pertanggungan bila mengambil asuransi jiwa.

3. Asuransi mobil

Manfaat asuransi mobil adalah memberikan pertanggungan finansial atas kerugian sebagian pada kendaraan mobil seperti lecet dan penyok, hingga total seperti pencurian atau terperosok. Asuransi mobil sangat cocok khususnya untuk nasabah yang tinggal di daerah perkotaan. 

Sebab, risiko kerugian di kota-kota besar lebih tinggi jika dibandingkan kota kecil. Hal ini dikarenakan tingkat kendaraan di kota besar juga tinggi, akibatnya risiko seperti mobil terbaret hingga kecelakaan pun juga lebih mungkin terjadi. 

4. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan pada dasarnya merupakan bagian dari asuransi jiwa. Adapun manfaat asuransi pendidikan mencakup santunan biaya pendidikan yang diberikan secara bertahap sesuai jadwal pembayaran yang telah disepakati dalam polis.

Jenis asuransi ini sangat cocok bagi calon nasabah yang telah atau berencana memiliki anak. Sebab, inflasi biaya pendidikan di Indonesia setiap tahunnya mencapai 15 persen. Kebayang kan mahalnya biaya sekolah misal 5 tahun dari sekarang.

5. Asuransi perjalanan

Manfaat asuransi perjalanan mencakup pertanggungan biaya atas risiko kehilangan bagasi, keterlambatan pesawat, kehilangan dokumen perjalanan, hingga pembatalan perjalanan akibat hal darurat. 

Jenis asuransi ini cocok bagi yang berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Sebab, risiko  yang terjadi ketika melakukan perjalanan ke luar negeri umumnya memakan biaya lebih besar ketimbang ketika bepergian di dalam negeri. 

6. Jaminan hari tua (JHT)

Meski tidak tergolong sebagai perlindungan asuransi, namun hampir semua perusahaan asuransi kini menawarkan proteksi Jaminan Hari Tua (JHT). Untuk asuransi yang satu ini bisa kamu rasakan manfaatnya pada masa pensiun. 

JHT dibentuk dengan tujuan memberikan pendapatan pemegang polis di hari tua. Biasanya proteksi ini juga memberikan perlindungan finansial bagi keluarga apabila sang kepala keluarga meninggal dunia. Karena itu JHT sangat cocok untuk para kepala keluarga. 

7. Asuransi karyawan

Manfaat asuransi karyawan adalah memberikan perlindungan asuransi untuk tertanggung karyawan perusahaan. Umumnya asuransi karyawan yang disediakan oleh perusahaan mencakup asuransi kesehatan. Namun ada juga yang memberikan pertanggungan asuransi jiwa kepada karyawannya.

Jenis asuransi ini tentu saja ditujukan untuk perusahaan yang mencari proteksi finansial atas risiko kesehatan atau jiwa yang mungkin saja menimpa karyawannya. Ada juga perusahaan yang memberikan pertanggungan tidak hanya karawayannya saja melainkan juga keluarganya.  

8. Asuransi properti

Manfaat asuransi properti akan sangat berguna bagi yang berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebab, lembaga keuangan yang memberikan KPR umumnya mewajibkan nasabah memiliki asuransi jiwa atau asuransi properti. 

Selain itu, jenis asuransi ini juga sangat cocok khususnya untuk nasabah yang memiliki pabrik, kos-kosan, atau properti lainnya yang rentang terjadi risiko kebakaran.

9. Asuransi proyek

Asuransi proyek pada dasarnya merupakan bagian dari asuransi umum. Adapun manfaat asuransi proyek berupa jaminan pertanggungan finansial jika terjadi kerugian pada proyek, kontraktor, hingga tenaga kerja selama masa pembangunan berjalan. 

Asuransi ini sangat cocok untuk nasabah yang berkecimpung di dunia pembangunan atau konstruksi seperti kontraktor. Sebab, risiko kerugian seperti rusaknya alat berat, hingga kecelakaan kerja dapat menghambat jalannya pembangunan. 

10. Asuransi investasi

Asuransi investasi atau dikenal juga unit link cukup banyak diminati sebab memberikan manfaat asuransi serta investasi sekaligus. Umumnya manfaat asuransi yang diberikan mencakup asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. 

Jenis asuransi ini sangat cocok khususnya untuk nasabah yang belum memiliki asuransi dan investasi, sehingga bisa mendapatkan kedua manfaatnya sekaligus dalam waktu bersamaan. Namun, sebelum beli asuransi investasi sebaiknya pahami betul tentang manfaat dan risiko produk ya. Sehingga dapat disesuaikan dengan rencana keuangan. 

Itu tadi beberapa manfaat asuransi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Ingat, selama asuransi yang dipilih sesuai kebutuhan dan anggaran, maka asuransi akan sangat menguntungkan. 

Setelah baca manfaat asuransi di atas, apakah kamu tertarik untuk membeli asuransi? Biar gak salah pilih sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kebutuhan dan anggaran kemudian bandingkan polis atau konsultasikan dulu secara gratis di Lifepal, yuk!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →