Manfaat Asuransi dan Jenisnya Sesuai Kebutuhan Nasabah

manfaat asuransi

Manfaat asuransi bagi nasabah adalah mengurangi kerugian finansial ketika terjadi risiko yang tercantum dalam polis asuransi. Manfaat asuransi bagi tertanggung tentunya membantu mengatur keuangan kamu, apalagi ketika tidak punya dana darurat.

Merujuk pada laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), manfaat ini tercantum dalam pengertian asuransi.

Menurut OJK, asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian karena peristiwa yang tidak pasti.

Dari pengertian ini bisa dipahami bahwa peran asuransi adalah sebagai penggantian atas kerugian yang dialami pemegang polis.

Contohnya pada produk asuransi kesehatan, maka perusahaan asuransi akan memberikan penggantian berupa jaminan atas biaya perawatan kesehatan di fasilitas kesehatan ketika tertanggung sakit.

Pada produk asuransi mobil, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi atas kerugian yang dialami pemegang polis atas kerusakan kendaraan. Tentunya kerusakan ini sesuai yang tercantum dalam polis asuransi mobil.

Kamu yang pengin tahu lebih lanjut tentang asuransi atau punya pertanyaan seputar asuransi, kamu bisa ajukan pertanyaan kepada ahlinya di Tanya Lifepal!

Keuntungan dan manfaat asuransi secara umum

Secara umum, manfaat asuransi adalah memberikan banyak keuntungan. Apapun asuransi yang kamu miliki, bakal menggantikan kerugian finansial atas risiko tidak terduga yang dijaminkan.

Dengan produk yang sesuai, kamu bakal mendapatkan banyak keuntungan asuransi termasuk mengamankan keuangan kamu dan keluarga.

Lalu ketika kamu ditanya, sebutkan manfaat asuransi secara umum ataupun keuntungannya apa saja, simak yuk ulasan berikut ini untuk menjawabnya!

1. Menghadirkan ketenangan

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Entah itu hal positif maupun negatif. Di sinilah manfaat Asuransi Prudential, Allianz dan berbagai perusahaan yang menawarkan produk asuransi mengambil peran. Tentunya peran asuransi tersebut adalah untuk memberikan solusi finansial dan meringankan beban ketika kejadian tak terduga itu datang. 

Ketika tahu bahwa kita terlindungi secara finansial oleh asuransi, tentu hidup jadi lebih tenang dan tidak perlu panik ketika mengalami kerugian. 

2. Membantu mengatur keuangan

Mengatur keuangan setiap bulannya tidaklah mudah. Khususnya saat ada keperluan tidak terduga. Misal, sekian persen dari anggaran yang harusnya jadi dana tabungan harus terkuras akibat hal tidak terduga seperti di rawat di rumah sakit. 

Di sinilah manfaat ikut asuransi dapat sangat terasa guna membantu mengatur keuangan agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sebab dengan memiliki asuransi, kamu gak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami.

3. Bisa menjadi investasi

Produk asuransi emang bukan instrumen investasi, tapi perannya bisa seperti investasi. Mengingat saat ini sudah ada banyak sekali pilihan asuransi unit link. Artinya, manfaat asuransi bagi pihak tertanggung juga bisa mendapatkan nilai investasi sekaligus. 

Untuk pengelolaan dana investasi dalam asuransi unit link pun juga terbilang menjanjikan karena dikelola oleh manajer investasi profesional. Jadi, fungsi dan keuntungan asuransi bisa sebanding dengan instrumen investasi pada umumnya. 

4. Meminimalkan kerugian finansial

Kerugian tentu menjadi suatu hal yang dihindari oleh setiap orang. Misal, untuk pebisnis kerugian finansial yang timbul bisa saja meliputi kebakaran pabrik, kesalah pengiriman barang atau kargo, dan lain sebagainya. 

Sementara untuk masyarakat lainnya, misal kerugian finansial akibat harus mendapatkan perawatan inap di rumah sakit, pembedahan, dan lain sebagainya. Nah, di sini asuransi dapat meminimalisir bahkan menanggung seluruh kerugian finansial akibat hal tidak terduga tersebut. 

5. Mempermudah jaminan kredit

Manfaat asuransi dalam kehidupan masyarakat adalah lebih mudah mendapatkan pinjaman kredit. Misalnya pinjaman modal usaha dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari lembaga keuangan. Kepemilikan asuransi bisa memperbesar kemungkinan kredit yang diajukan cair. 

Namun, tetap saja harus hati-hati dalam mengambil kredit ya. Pastikan jenis pinjaman yang kamu ambil bersifat sebagai utang produktif. 

6. Bisa menjadi sarana menabung

Ada banyak jenis dan manfaat asuransi bagi masyarakat, misalnya saja sarana menabung. Di antaranya dana pensiun atau DPLK yang tersedia pada BPJS Ketenagakerjaan. Meski bukan produk asuransi, namun kebanyakan perusahaan asuransi menawarkan program dana pensiun.

Di mana iuran nasabah tiap bulan dikumpulkan untuk kemudian diberikan ketika memasuki usia pensiun. Ada juga pilihan asuransi jiwa endowment yang memberikan manfaat asuransi jiwa dan manfaat tambahan berupa tabungan.

7. Meningkatkan kegiatan usaha

Bagi kamu yang membangun usaha sendiri, manfaat asuransi bagi perusahaan adalah sebagai pengalih risiko. Misal jika terjadi kerugian bisnis, asuransi bisa jadi solusi untuk mengatasi risiko finansial akibat kerugian bisnis tersebut. 

Dengan begitu pertumbuhan kegiatan usaha dapat terus meningkat. Ini dikarenakan jalan usaha berjalan mulus meski terjadi risiko kerugian bisnis sekalipun.  

8. Menjaga stabilitas keuangan keluarga dan bisnis

Ketika memiliki tanggungan seperti anak dan pasangan sangat penting untuk kita mulai memikirkan risiko finansial jika terjadi hal yang mengancam jiwa. 

Di sinilah pentingnya peran asuransi jiwa yang dapat tetap menjaga stabilitas keuangan keluarga ketika kita mengalami risiko meninggal dunia.

Sama halnya dengan pemilik bisnis, juga perlu memiliki asuransi sebab manfaat asuransi bagi perusahaan juga bisa menjaga stabilitas keuangan dan jalannya bisnis perusahaan.

9. Melindungi usaha kecil terhadap risiko

Perlu dipahami bahwa perusahaan kecil akan lebih sulit mengatasi risiko bisnis jika dibandingkan dengan perusahaan besar. Misalnya saja, ketika gagal bayar atas kredit pinjaman modal, risiko kebakaran, gugatan hukum, dan lain sebagainya 

Karena itu, pentingnya asuransi untuk para pengusaha kecil guna melindungi pengeluaran finansial akibat risiko tersebut. 

Manfaat asuransi berdasarkan pengelolaan dana

Jika dilihat asuransi dan manfaatnya secara umum memang sangat menguntungkan. Tapi bagaimanakah ketika disandingkan berdasarkan pengelolaan dananya? Nah berikut ini adalah jenis asuransi berdasarkan pengelolaan dananya.

  • Asuransi konvensional : Produk asuransi dengan prinsip jual beli risik. Dimana dalam dalam penerapannya, nasabah akan dikenakan premi demi mendapatkan imbalan berupa perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi.
  • Asuransi syariah : Produk asuransi yang dijalankan dengan prinsip saling melindungi dan tolong-menolong. Jadi manfaat asuransi syariah nantinya nasabah akan mendapatkan manfaat pertanggungan melalui dana investasi dalam bentuk aset atau tabarru’. 

Manfaat asuransi berdasarkan tujuan operasional

Tidak hanya dibedakan berdasarkan cara pengelolaan dananya, asuransi juga dibedakan sesuai tujuan operasionalnya. Untuk itu berikut adalah manfaat dari asuransi yang bisa dilihat dari tujuan operasional perusahaan.

  • Asuransi komersial : Asuransi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi pemegang saham. Asuransi jenis ini biasanya pelakunya adalah perusahaan swasta. Tentu manfaat dari asuransi ini bisa dinikmati oleh nasabah pemegang polis perusahaan tersebut.
  • Asuransi sosial : Jaminan perlindungan yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan peraturan-peraturan tertentu. Nantinya asuransi ini hanya akan dinikmati oleh kelompok tertentu saja. Misalnya para pegawai dan pensiunan pemerintahan. Contoh dari asuransi sosial ini adalah Asuransi TASPEN, BPJS Ketenagakerjaan dan lain-lain.  

Manfaat asuransi berdasarkan jenisnya

Selain keuntungan asuransi atau manfaat asuransi secara umum yang dijelaskan di atas, terdapat manfaat yang lebih spesifik. Manfaat ini tergantung pada jenis produk asuransi yang kamu beli.

Biar gak salah beli, yuk simak dulu manfaat berbagai produk asuransi berikut!

1. Asuransi kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan adalah memberikan pertanggungan atas biaya perawatan kesehatan. Baik rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, pembedahan, dan lain sebagainya tergantung polis yang dipilih. Fungsi asuransi kesehatan penting banget dimiliki oleh setiap dari kita. Baik yang belum berkeluarga maupun sudah berkeluarga.

Mengingat biaya perawatan kesehatan di rumah sakit naik sekitar 11 persen setiap tahunnya, membuat fungsi asuransi kesehatan akan semakin kita perlukan. Kebayang kan kisaran biaya rumah sakit dua atau tiga tahun ke depan.

2. Manfaat asuransi jiwa

Manfaat asuransi jiwa adalah memberikan santunan atas risiko cacat tetap total atau meninggal dunia. Kalau asuransi jiwa sangat cocok bagi yang memiliki atau berencana untuk berkeluarga dalam waktu dekat. Sebab, santunan meninggal dunia yang diberikan oleh asuransi jiwa berguna untuk menjamin kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan. 

Sebaiknya cari santunan meninggal dunia sesuai dengan pendapatan tahunanmu ya. Dengan begitu kamu bisa memastikan keluarga yang ditinggalkan dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu sebelum kemudian mencari pekerjaan dan solusi lainnya. 

Manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat

Dengan menjadi nasabah, manfaat atau keuntungan asuransi jiwa bagi masyarakat pemegang polis adalah sebagai pengganti program Jaring Pengaman Sosial atau JPS milik pemerintah.

Sebab asuransi jiwa dapat ikut membantu menjaga keadaan masyarakat tetap stabil, dan asuransi jiwa dapat dijadikan salah satu sumber keuangan. Kegiatan usaha asuransi jiwa juga bermanfaat dengan membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat.

Hitung uang pertanggungan untuk manfaat asuransi jiwa

Nah, kamu bisa menggunakan kalkulator uang pertanggungan yang menghitung berdasarkan pendapatan tahunanmu. Sila isi pendapatan tahunanmu dan kamu bisa mendapatkan angka yang cocok sebagai uang pertanggungan bila mengambil asuransi jiwa.

Bagi kamu yang ingin merencanakan membuat warisan lewat manfaat asuransi jiwa, kamu juga bisa menghitungnya terlebih dulu dengan Kalkulator Uang Pertanggungan berikut ini.

Terdapat dua pilihan cara hitung uang pertanggungan (UP) jiwa yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu!

3. Manfaat asuransi unit link

Asuransi investasi atau dikenal juga unit link cukup banyak diminati sebab memberikan manfaat proteksi kerugian finansial serta investasi sekaligus. Umumnya manfaat yang diberikan mencakup asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Jenis asuransi ini sangat cocok khususnya untuk nasabah yang belum memiliki asuransi dan investasi, sehingga bisa mendapatkan kedua manfaatnya sekaligus dalam waktu bersamaan. Namun, sebelum beli asuransi investasi sebaiknya pahami betul tentang manfaat dan risiko produk ya. Sehingga dapat disesuaikan dengan rencana keuangan.

4. Asuransi mobil

Manfaat asuransi mobil adalah memberikan pertanggungan finansial atas kerugian kendaraan seperti lecet dan penyok, hingga total seperti pencurian atau terperosok.

Untuk manfaat ini bisa diperoleh dari produk asuransi all risk. Manfaat asuransi mobil all risk cocok bagi nasabah yang tinggal di daerah perkotaan. Sebab, risiko kerugian seperti penyok dan lecet karena tabrakan dengan kendaraan lain lebih tinggi di kota besar.

Hal ini dikarenakan tingkat kendaraan di kota besar juga tinggi, akibatnya risiko seperti mobil terbaret hingga kecelakaan pun juga lebih mungkin terjadi.

Ada pula manfaat lain yang hanya memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan lebih dari 75 persen atau kehilangan. Produk asuransinya bernama total loss only (TLO). Anda bisa menikmati manfaat asuransi kendaraan ini lebih murah dibandingkan all risk.

Hitung premi asuransi mobil

Untuk asuransi mobil, kamu bisa mengetahui asuransi mobil yang cocok dan sesuai kebutuhan dengan mengisi Kuis Asuransi Mobil berikut!

Preminya gimana? Tenang aja, kamu bisa menghitung estimasi premi asuransi mobil kamu menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil dari Lifepal berikut. Selamat mencoba!

5. Manfaat asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan pada dasarnya merupakan bagian dari asuransi jiwa. Adapun manfaat asuransi pendidikan mencakup santunan biaya pendidikan yang diberikan secara bertahap sesuai jadwal pembayaran yang telah disepakati dalam polis.

Jenis asuransi ini sangat cocok bagi calon nasabah yang telah atau berencana memiliki anak. Sebab, inflasi biaya pendidikan di Indonesia setiap tahunnya mencapai 15 persen. Kebayang kan mahalnya biaya sekolah misal 5 tahun dari sekarang.

6. Asuransi perjalanan

Manfaat asuransi perjalanan mencakup pertanggungan biaya atas risiko kehilangan bagasi, keterlambatan pesawat, kehilangan dokumen perjalanan, hingga pembatalan perjalanan akibat hal darurat.

Jenis asuransi ini cocok bagi yang berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Sebab, risiko  yang terjadi ketika melakukan perjalanan ke luar negeri umumnya memakan biaya lebih besar ketimbang ketika bepergian di dalam negeri. 

7. Jaminan hari tua (JHT)

Meski tidak tergolong sebagai perlindungan asuransi, namun hampir semua perusahaan asuransi kini menawarkan proteksi Jaminan Hari Tua (JHT) yang mirip BPJS Ketenagakerjaan. Untuk asuransi yang satu ini bisa kamu rasakan manfaatnya pada masa pensiun. 

JHT dibentuk dengan tujuan memberikan pendapatan pemegang polis di hari tua. Biasanya proteksi ini juga memberikan perlindungan finansial bagi keluarga apabila sang kepala keluarga meninggal dunia. Karena itu JHT sangat cocok untuk para kepala keluarga.

8. Manfaat asuransi karyawan

Manfaat asuransi bagi karyawan adalah memberikan perlindungan asuransi untuk tertanggung karyawan perusahaan. Umumnya asuransi karyawan yang perusahaan sediakan mencakup asuransi kesehatan. Namun ada juga yang memberikan pertanggungan asuransi jiwa kepada karyawannya.

Jenis asuransi ini tentu saja ditujukan untuk perusahaan yang mencari proteksi finansial atas risiko kesehatan atau jiwa yang mungkin saja menimpa karyawannya. Ada juga perusahaan employee benefit yang memberikan pertanggungan tidak hanya karawayannya saja melainkan juga keluarganya.  

9. Asuransi properti

Manfaat asuransi properti berguna bagi yang berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebab, lembaga keuangan yang memberikan KPR umumnya mewajibkan nasabah memiliki asuransi jiwa atau asuransi properti

Selain itu, jenis manfaat asuransi umum ini juga sangat cocok khususnya untuk nasabah yang memiliki pabrik, kos-kosan, atau properti lainnya yang rentang terjadi risiko kebakaran.

10. Manfaat asuransi proyek

Asuransi proyek pada dasarnya merupakan bagian dari asuransi umum. Adapun manfaat dari asuransi proyek berupa jaminan pertanggungan finansial jika terjadi kerugian pada proyek, kontraktor, hingga tenaga kerja selama masa pembangunan berjalan. 

Asuransi ini sangat cocok untuk nasabah yang berkecimpung di dunia pembangunan atau konstruksi seperti kontraktor. Sebab, risiko kerugian seperti rusaknya alat berat, hingga kecelakaan kerja dapat menghambat jalannya pembangunan. 

Itu tadi beberapa manfaat dari berbagai produk yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Ingat, selama asuransi yang kamu pilih sesuai kebutuhan dan anggaran, maka asuransi akan sangat menguntungkan.

Tujuan asuransi

Setelah tahu manfaat asuransi secara umum dan berdasarkan jenis asuransinya, ada baiknya kamu juga tahu apa saja tujuan asuransi itu. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan tujuan asuransi.

1. Membayar ganti rugi salah satu tujuan asuransi

Ketika terjadi kondisi yang menimbulkan kerugian, maka tidak ada masalah terhadap resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Kepada pemegang polis akan dibayarkan ganti kerugian seimbang dengan jumlah asuransinya. Misalnya saja manfaat menggunakan asuransi yaitu ketika terjadi risiko kebakaran dan kamu kehilangan harta benda. Maka ketika kamu memiliki polis asuransi bisa melakukan klaim dan mendapatkan ganti rugi dari manfaat asuransi kebakaran. 

2. Tujuan asuransi guna membayar santunan

Tujuan berikutnya dari asuransi adalah untuk membayar santunan. Dua jenis asuransi, yaitu asuransi kerugian dan juga asuransi jiwa, didasari oleh perjanjian sukarela antara perusahaan asuransi dan pemegang polis.

Asuransi jenis ini memiliki tujuan melindungi masyarakat dari bahaya yang bisa menyebabkan kematian atau cacat. Dengan cara membayar sejumlah kontribusi (semacam premi), maka pemegang polis berhak mendapat perlindungan dari bahaya tersebut.

Jika pemegang polis mengalami musibah kecelakaan dalam pekerjaannya atau selama angkutan berlangsung, ahli waris mereka akan memperoleh pembayaran santunan dari perusahaan asuransi, yang jumlahnya telah ditetapkan oleh undang-undang.

3. Tujuan asuransi untuk pengalihan resiko

Tujuan asuransi juga sebagai pengalihan risiko. Maksudnya, pemegang polis sadar bahwa ada bahaya yang mengancam harta atau jiwanya. Pemegang polis yang merasa terancam akan berat menghadapi risiko ini.

Pihak tertanggung atau pemegang polis mau memiliki asuransi untuk mengurangi beban resiko ancaman tersebut. Pemegang polis akan membayarkan premi kepada perusahaan asuransi (penanggung), dan risiko akan beralih kepada si penanggung.

4. Menyejahterakan anggotanya

Untuk menyejahterakan anggota juga merupakan salah satu tujuan asuransi. Jika beberapa orang membentuk sebuah perkumpulan, maka perkumpulan tersebut berperan sebagai penanggung, sedangkan anggotanya yang menjadi tertanggung.

Ketika terjadi peristiwa yang menimbulkan kerugian atau kematian anggota, maka perkumpulan itu akan membayarkan uang kepada anggota.

Kapan manfaat asuransi bisa dirasakan?

Sebagai nasabah pemegang polis asuransi tentunya bisa mendapatkan manfaat dari premi yang kamu bayarkan setiap bulannya. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya ketika mengalami risiko yang dipertanggungkan dalam polis. Namun ingat, tidak semua risiko bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sebab ada suatu kejadian yang masuk dalam klausul pengecualian dalam polis asuransi.

Contoh risiko yang tidak dapat dicover asuransi

Memang ada banyak sekali risiko-risiko yang dapat asuransi cover. Namun ternyata ada beberapa contoh risiko yang tidak dapat dicover oleh asuransi. Berikut beberapa risiko yang tidak dapat dicover oleh asuransi:

  • Kecelakaan yang terencana
  • Serangan terorisme
  • Cedera akibat ikut turnamen tertentu
  • Tindakan melawan hukum
  • Peristiwa bencana alam
  • Ibu hamil yang keguguran
  • Sakit akibat konsumsi narkoba dan alkohol

Tips dari Lifepal! Menurut OJK, asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian karena peristiwa yang tidak pasti.

Secara umum, manfaat asuransi bagi nasabahnya adalah memberikan banyak keuntungan. Apapun asuransi yang kamu miliki, bakal menggantikan kerugian finansial atas risiko tidak terduga yang kamu jaminkan.

Dengan produk yang sesuai, kamu bakal mendapatkan banyak keuntungan asuransi termasuk mengamankan keuangan kamu dan keluarga.

Simak juga artikel lain di Lifepal yang dapat menjawab salah satu pertanyaan kamu: apakah asuransi bisa digunakan untuk mencari untung?

Tanya jawab seputar manfaat asuransi

Secara umum, asuransi apapun memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Pengalihan risiko dari kamu ke perusahaan asuransi
  • Meminimalisir kerugian
  • Membantu memberikan keamanan masa depan

Yuk, cek info manfaat asuransi di artikel Lifepal ini.

Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.

Dengan menjadi nasabah, manfaat atau keuntungan asuransi jiwa bagi masyarakat pemegang polis adalah sebagai pengganti program Jaring Pengaman Sosial atau JPS milik pemerintah.

Sebab asuransi jiwa dapat ikut membantu menjaga keadaan masyarakat tetap stabil, dan asuransi jiwa dapat dijadikan salah satu sumber keuangan. Kegiatan usaha asuransi jiwa juga bermanfaat dengan membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat.

Dapatkan Promo