Asuransi Motor Hilang: Definisi, Jenis, dan Cara Menghitung Klaimnya

asuransi motor kredit kecelakaan

Asuransi motor hilang sangat penting dimiliki semua pemilik kendaraan roda dua. Sebab, kasus kriminalitas yang semakin marak di sekitar kita, khususnya pencurian sepeda motor, mengharuskan untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kendaraan. 

Yuk, simak ulasan lengkap terkait asuransi kehilangan motor berikut ini! 

Definisi asuransi motor hilang

Sesuai namanya, asuransi motor hilang adalah perlindungan yang memberikan biaya ganti rugi bila terjadi kehilangan pada kendaraan roda dua. Adapun jenis yang menanggung risiko tersebut adalah asuransi TLO motor (Total Loss Only).

Produk asuransi ini memberikan jaminan risiko kehilangan atau kerusakan dengan nilai minimal 75 persen ke atas. Bila kamu tertarik dengan produknya, Lifepal memberikan potongan premi hingga 15%, lho!

Jenis asuransi kehilangan motor

Secara umum, asuransi motor hilang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu asuransi motor hilang yang dibeli secara tunai dan kredit. Keduanya memiliki keunggulan dan manfaatnya masing-masing, berikut penjelasannya:

1. Motor yang dibeli secara tunai (cash)

Untuk pembelian motor secara tunai, biasanya belum disertai dengan asuransi. Tapi, beberapa leasing motor biasanya akan menawarkan produk asuransi secara terpisah, kok. Jadi, jangan takut jika ingin membeli motor secara cash, karena tetap akan ada alternatif untuk melengkapi motor kamu dengan asuransi kehilangan motor.

2. Motor yang dibeli secara kredit

Jika membeli motor secara kredit, otomatis akan disertai dengan asuransi kehilangan motor. Biasanya, premi asuransi sudah termasuk dengan biaya pembelian secara keseluruhan dari leasing tempat kamu membeli motor.

Dengan demikian, kamu akan merasa lebih aman karena motor baru yang dibeli telah terlindungi dengan asuransi kehilangan motor! 

Untuk perhitungan asuransi kredit motor hilang juga pada dasarnya tak jauh berbeda dengan pembelian motor cash. 

Cara hitung pertanggungan asuransi motor hilang

Ada beberapa poin yang dapat menjelaskan pertanggungan yang umumnya diberikan dari asuransi motor hilang. Kendati begitu, perhitungan pertanggungan asuransi motor hilang pada pembelian cash dan kredit tidak jauh berbeda.

Berikut faktor-faktor yang memengaruhi perhitungan asuransi kehilangan motor.

1. Lihat jangka waktu pembelian motor dengan waktu kehilangan

Klaim asuransi kehilangan motor yang kamu terima akan tergantung dengan waktu kehilangan motor. Jika motor hilang sebelum enam bulan waktu pembelian, maka asuransi kendaraan akan mengganti dengan uang sebanyak harga motor tersebut di pasaran. 

Jadi, makin kecil jangka waktu pembelian dengan kehilangan, maka makin besar juga uang pertanggungan yang akan kamu terima.

2. Lihat harga On The Road (OTR) saat terjadi kehilangan

Apabila nilai jual motor saat waktu kehilangan di bawah Rp10 juta, maka tanggungan akan dikenakan potongan 1 juta rupiah. Namun, jika nilai jual motor saat waktu kehilangan masih di atas Rp10 juta, hanya akan dikenakan potongan 10 persen dari harga motor saat itu.

Tentu saja, harga OTR perlu kamu cari tahu sendiri dari informasi resmi yang disediakan oleh tiap perusahaan motor.

3. Jika berstatus kredit, sisa kredit ditutup dari pertanggungan

Khusus untuk motor yang dibeli secara kredit, uang pertanggungan yang akan diberikan akan dipakai untuk membayar sisa kredit yang tengah berjalan. Dengan demikian, kamu akan dibebaskan dari sisa hutang karena sudah dilunasi dari uang pertanggungan tadi.

Lindungi keuanganmu dari pengeluaran yang terlalu besar sehingga akhirnya menguras dana tabungan dengan asuransi motor. Asuransi motor akan memberi jaminan ganti rugi atas biaya perawatan dan perbaikan di bengkel.

Langkah-langkah klaim asuransi motor hilang

Selain tiga faktor di atas, langkah atau cara klaim asuransi motor hilang juga akan menentukan apakah pengajuan klaim akan diterima atau tidak. 

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan saat mengajukan klaim asuransi atas kasus kehilangan motor.

1. Pelaporan kepada pihak asuransi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melaporkan kehilangan motor ke pihak perusahaan asuransi. Laporan tersebut bisa dibuat secara lisan maupun tulisan, baik lewat telepon, email, atau agen. Pastikan kamu membuat laporan secepatnya, maksimal tiga hari sejak kejadian, ya.

2. Persiapkan berkas yang diperlukan

Persiapkan juga berkas yang diperlukan sebagai persyaratan klaim. Adapun berkas-berkasnya, meliputi surat keterangan hilang dari pihak kepolisian, SIM, STNK, KTP, kunci motor yang hilang termasuk kunci cadangan jika ada.

3. Buat berita acara di Polsek terdekat

Pembuatan berita acara kehilangan kendaraan bermotor harus dilakukan di Polsek kejadian kehilangan dan bukan di domisili pemilik motor. Pembuatan berita acara pun maksimal 24 jam setelah kejadian terjadi. Sertakan juga saksi untuk memperkuat kesaksian bahwa motor tersebut benar-benar hilang.

4. Urus surat pemblokiran STNK di Polda

Setelah urusan di Polsek selesai, selanjutnya mengurus surat pemblokiran STNK di Polda. Surat ini sangat diperlukan untuk proses pengajuan klaim.

5. Urus surat keterangan Direktorat Reserse di Polda

Masih di lingkungan Polda, kamu juga perlu mengurus surat keterangan Direktorat Reserse. Surat ini harus dilengkapi dengan nomor polis asuransi kamu. Di sini akan dimintai beberapa dokumen pelengkap seperti fotokopi KTP, BPKB, faktur pembelian motor, laporan kehilangan, polis asuransi, BAP, dan surat asli Lapju.

6. Ajukan semua berkas yang telah didapatkan ke pihak asuransi

Jika semua berkas sudah lengkap, segera berikan kepada pihak asuransi. Proses pencairan dana akan diberikan paling lambat satu bulan setelah semua berkas dikirim.

Contoh klaim melalui asuransi dan pihak leasing

Melaporkan motor hilang melalui asuransi dan pihak leasing memiliki perbedaan pada proses pengajuan klaimnya. Berikut ini beberapa contohnya yang dapat dijadikan referensi: 

Contoh klaim asuransi motor hilang Adira Finance

Asuransi Adira Finance memberikan proteksi pada kendaraan motor melalui polis Motopro. Adapun cara klaimnya dapat diajukan maksimal 5 hari sejak terjadinya kerugian. Kemudian, nasabah dapat mengikuti langkah-langkah klaim di bawah ini: 

  • Laporkan klaim dengan menghubungi Adira Care di 1500 456
  • Serahkan dokumen yang dibutuhkan 
  • Pihak asuransi akan melakukan analisa klaim 
  • Jika disetujui, ganti rugi akan segera diberikan

Contoh klaim asuransi motor hilang OTO Finance

Klaim asuransi motor hilang OTO Finance dapat menjadi gambaran pengajuan ganti rugi di perusahaan leasing. Adapun proses klaim yang perlu dilalui yaitu melaporkan terjadinya kerugian sesegera mungkin. Kemudian ikuti langkah-langkah klaim di bawah ini: 

  • Laporan klaim di jam kerja OTO Finance
  • Serahkan dokumen yang dibutuhkan 
  • Pihak leasing akan melakukan perhitungan
  • Jika disetujui, ganti rugi akan segera diberikan

Contoh perhitungan asuransi motor hilang FIF

Federal International Finance (FIF) merupakan perusahaan leasing yang memberikan kredit untuk pembelian kendaraan. Adapun cara klaim motor hilang FIF harus dilengkapi dengan surat kehilangan dari polis. Kemudian mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

Rawat Inap Desktop Lifepal
Rawat Inap Promo Lifepal Mobile
  • Laporan klaim sesegera mungkin setelah terjadi kerugian 
  • Serahkan dokumen yang dibutuhkan termasuk laporan polisi
  • Pihak leasing akan melakukan perhitungan
  • Jika disetujui, ganti rugi akan segera diberikan

Ternyata tidak terlalu sulit cara mengajukan klaim asuransi motor hilang, bukan? Namun jangan melupakan juga bahwa pengajuan klaim asuransi perlu dilakukan secepatnya, jadi jangan ditunda-tunda agar bisa diproses dengan lancar dan cepat.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran karena memang nyatanya biaya perawatan mobil tidaklah murah. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Penyebab klaim asuransi motor hilang ditolak

Meski klaim asuransi motor hilang mudah, namun kamu juga tidak boleh menyepelekannya. Pasalnya, bisa saja klaimmu ditolak oleh perusahaan asuransi bila memiliki salah satu dari beberapa hal-hal berikut ini.

1. Dokumen tidak lengkap

Dokumen yang tidak lengkap jadi penyebab pertama asuransi motor hilang ditolak. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan seluruh dokumen yang akan diserahkan ke pihak asuransi telah lengkap dan memenuhi syarat. Selain itu, pastikan juga untuk mengisi formulir pengajuan klaim secara benar dan lengkap.

2. Polis tidak aktif (lapse)

Polis yang lapse umumnya disebabkan oleh pembayaran premi yang macet. Itu sebabnya, supaya polis tetap aktif pastikan kamu membayar premi sebelum tanggal jatuh tempo. Dan bila memiliki tunggakan, kamu diwajibkan untuk melunasinya terlebih dahulu supaya tetap bisa mendapatkan manfaatnya.

3. Klaim melebihi batas waktu

Sama seperti asuransi lain, pengajuan klaim asuransi motor hilang juga memiliki batas waktu. Bila kamu mengajukan klaim melebihi batas waktu yang sudah ditentukan, maka dapat dipastikan klaimmu pun akan ditolak.

Karenanya, kamu disarankan untuk segera mengajukannya sesaat setelah mengalami kejadian yang menyebabkan klaim ke pihak asuransi.

4. Penambahan aksesoris yang tidak dilaporkan

Penambahan aksesoris juga menjadi penyebab klaimmu ditolak, lho. Maka dari itu, bila kamu ingin menambahkan aksesoris ke kendaraanmu itu, pastikan kamu juga melaporkannya ke pihak asuransi.

5. Melanggar lalu lintas

Klaim yang ditolak juga bisa disebabkan oleh kelalaian atau tidak patuh terhadap hukum dan lalu lintas. Misalnya saja, memarkir kendaraan di sembarang tempat atau di area terlarang. Bila terjadi kehilangan oleh kedua hal tadi, maka besar kemungkinan klaim akan ditolak.

6. Masa perlindungan sudah berakhir

Sebelum mengajukan klaim, ada baiknya kamu memeriksa masa perlindungan polis. Apakah masih aktif atau sudah berakhir? Bila masa perlindungan polis kamu sudah berakhir, maka klaim yang kamu ajukan akan ditolak secara otomatis.

7. Wilayah kejadian di luar area perlindungan

Selain masa perlindungan, periksa juga cakupan wilayah perlindungannya. Misalnya, asuransi yang kamu miliki hanya melindungi di wilayah Indonesia saja dan tidak sampai ke luar negeri.

8. Kehilangan motor yang disengaja

Bila motor hilang terjadi akibat kesengajaan, besar kemungkinan klaim yang diajukan akan ditolak oleh perusahaan asuransi.

9. Mabuk-mabukan

Pengendaraan yang mabuk-mabukan ketika terjadi motor hilang atau rusak juga akan menggagalkan proses klaimnya. Tidak hanya itu, perusahaan juga akan menolak klaim nasabah yang mengonsumsi obat-obatan terlarang.

10. Data diri tidak sesuai

Bila nama dan data diri tidak sesuai, maka juga akan menggagalkan klaim asuransi. Karenanya, sebelum mengajukan klaim pastikan data diri telah sesuai agar terhindar dari penolakan.

11. Motor beralih fungsi

Mungkin belum banyak yang mengetahui, fungsi kendaraan ternyata juga mempengaruhi diterima atau ditolaknya klaim asuransi, lho. Jika pada polis tertulis motor berfungsi sebagai kendaraan pribadi, maka kamu tidak boleh mengalihfungsikannya menjadi kendaraan lain, semisal ojek online sampai masa perlindungan berakhir.

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

12. Kerusakan terjadi sebelum membeli polis asuransi

Kerusakan yang terjadi sebelum pembelian polis juga bisa menggagalkan pengajuan klaim. Pasalnya, pihak asuransi akan melakukan survei mengenai kerusakan dan kehilangan yang terjadi.

Tips agar klaim asuransi motor hilang tidak ditolak

Setelah mengetahui penyebab klaim ditolak, kamu pun juga harus tahu tips supaya terhindar hal tersebut. Berikut tips yang bisa kamu terapkan:

1. Mengecek kembali polis asuransi yang dimiliki

Sebelum mengajukan klaim, pastikan kamu telah membaca isi polis secara seksama. Jangan sampai klaim yang ditolak disebabkan oleh kelalaian dalam membaca dan memahami isi polis, ya.

2. Segera menghubungi perusahaan asuransi

Apabila klaim asuransi motor hilangmu ditolak, kamu harus segera menghubungi perusahaan asuransi terkait. Tanyakan apa yang menjadi dasar dan penyebab klaimmu itu ditolak. Apalagi, bila kamu sudah memenuhi seluruh syarat klaim, maka jangan ragu untuk mengajukan komplain.

3. Melakukan somasi

Ini merupakan opsi terakhir yang bisa kamu lakukan, terlebih jika klaimmu masih ditolak oleh perusahaan asuransi. Bila ingin melakukan cara ini, kamu harus menyiapkan bukti-bukti yang cukup untuk bisa memenangkan kasus tersebut di mata hukum.

Mau tahu berapa premi asuransi motormu?

Kalau kamu berminat untuk melindungi motor kesayanganmu dengan asuransi, tapi belum tahu berapa premi yang harus dibayar tiap tahun? Yuk, cari tahu dengan menggunakan kalkulator premi asuransi kendaraan dari Lifepal berikut.

Mau tahu produk-produk asuransi motor dan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kita? Maka jawabannya ada di Lifepal. Di sini, kita bisa mengetahui berbagai produk asuransi kendaraan dari beberapa perusahaan asuransi secara sekaligus. Yuk, konsultasikan di Tanya Lifepal kapan saja.

Pertanyaan seputar asuransi motor hilang

Motor kredit hilang apakah tetap bayar angsuran?

Jika motor hilang namun kredit masih berjalan, maka nasabah tetap diwajibkan untuk melunasi cicilan kredit setiap bulannya hingga lunas. Maka dari itu, segera buat surat laporan kehilangan di kantor polisi agar dapat ditindaklanjuti secepatnya. Jika motormu yang hilang telah dilindungi asuransi motor, langsung kabari pihak leasing dan selesaikan pengajuan klaim asuransi agar mendapatkan ganti rugi.

Berapa lama proses klaim asuransi motor hilang?

Waktu yang dibutuhkan untuk memproses pengajuan klaim asuransi motor hilang bisa beragam tergantung kepada asuransi atau leasing yang dipilih. Ada proses klaim motor hilang yang mencapai satu hingga tiga bulan.

Jika motor hilang namun kredit masih berjalan, maka nasabah tetap diwajibkan untuk melunasi cicilan kredit setiap bulannya hingga lunas. Maka dari itu, segera buat surat laporan kehilangan di kantor polisi agar dapat ditindaklanjuti secepatnya. Jika motormu yang hilang telah dilindungi asuransi motor, langsung kabari pihak leasing dan selesaikan pengajuan klaim asuransi agar mendapatkan ganti rugi.
Waktu yang dibutuhkan untuk memproses pengajuan klaim asuransi motor hilang bisa beragam tergantung kepada asuransi atau leasing yang dipilih. Ada proses klaim motor hilang yang mencapai satu hingga tiga bulan.