Banyak Direkomendasikan, Oli 0W 20 untuk Mobil Apa Saja?

oli 0w 20 untuk mobil apa saja

Kerap disarankan untuk mobil berjenis LCGC seperti Ayla, Agya, dan Brio Satya, berikut fakta dan info detail mengenai oli 0W 20 yang wajib diketahui.

Meski rasanya semua pemilik kendaraan atau pengendara yang tidak mengenal salah satu jenis komponen pelumas yakni oli. Tapi masih cukup banyak orang yang mengetahui ragam dan beda fungsi dari berbagai jenis oli yang ada di antaranya 0W-20, 5W-20, 0W-30, 5W-30, 0W-40, 5W-40, dan masih banyak lagi.

Berperan penting dalam melumasi permukaan dan memperpanjang usia komponen, mereduksi gesekan, dan melindungi mesin kendaraan belum banyak yang paham jika biasanya berbeda jenis mobil maka berbeda pula jenis dan tipe oli yang digunakan.

Menariknya, kondisi di lapangan menunjukkan bahwa pengguna mobil di Indonesia banyak didominasi oleh kendaraan berjenis Low Cost Green Car (LGCG), sehingga tak heran jika memunculkan pertanyaan oli jenis apa yang kira-kira cocok untuk mobil LCGC? Jawabannya adalah oli 0W-20.

Apa itu oli 0W-20?

Mengutip Gridoto, dijelaskan bahwa label penamaan dan angka yang diberikan yakni 0W-20 menunjukkan satuan kekentalan (viscosity grade) yang diterbitkan oleh Society of Automotive Engineers, yakni himpunan insinyur dalam bidang teknik otomotif yang mengeluarkan standar untuk kendaraan bermotor asal Amerika Serikat.

Diejalskan bahwa, angka 0W-20 mengandung arti jika oli tersebut memiliki multi-viscosity dengan grade 0 untuk winter (W) atau secara sederhana kekentalan oli pada temperatur dingin, dan grade 20 pada temperatur panas.

Semakin rendah angkanya, maka semakin mudah oli melumasi mesin dan komponen mobil karena lebih encer. Dengan tingkat kekentalan lebih encer yang dimiliki oleh oli 0W-20 dibandingkan oli jenis lain dengan angka yang lebih tinggi, oli satu ini diklaim dapat memudahkan penggunaan starter pada kendaraan terbaru saat ini.

Selain itu, karakter kekentalan oli 0W-20 dibandingkan pelumas lainnya juga akan memudahkan dalam proses melakukan starter (easy start) pada saat pertama kali mobil dihidupkan, dan kecepatan sirkulasi oli (pelumasan) dalam melindungi semua bagian pada mesin.

Yang paling penting, tingkat kekentala yang dimiliki oli 0W-20 juga dapat membantu mesin dalam mencapai konsumsi bahan bakar efisien karena beban yang lebih ringan. Karenanya, jenis mobil yang direkomendasikan untuk memakai oli tipe ini biasanya yang berjenis ringan pula, yakni mobil LCGC.

Lebih detail, sederet tipe mobil LCGC yang biasanya disarankan menggunakan oli 0W-20 di anataranya adalah Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Toyota Calya, New Daihatsu Sigra, Suzuki Karimon Wagon R, dan Datsun Go+. Buat lebih jelasnya mengenai oli 0W-20 terbaik, mari simak di sini.

Apa saja oli 0W-20 terbaik?

Setelah mengetahui secara detail mengenai pemahaman tentang oli 0W-20, sudah pasti yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah mengenai apa saja jenis oli 0W-20 terbaik yang direkomendasikan untuk kendaraan yang anda miliki.

Sebenarnya ada banyak merek yang dapat menjadi pilihan, untuk merangkum rekomendasinya, berikut empat jenis oli 0W-20 yang dapat dicoba.

Total Oil Quartz SAE 0W-20

Oli satu ini tersedia dalam kemasan 1 liter, dan memiliki keunggulan dalam memberikan performa pada mesin yang lebih efisien. Total Oil Quartz SAE 0W-20 juga dilengkapi dengan teknologi Total Fuel Economy Homologated.

Meskipun pelumas ini baru diperkenalkan, namun sudah banyak orang yang mulai penasaran dan memilih oli satu ini dibandingkan merek lainnya.

TMO Toyota Motor Oil Eco Power 0W-20

Oli satu ini menghadirkan gabungan teknologi viscosity modifier dan synergetic addictive technology, yang berguna untuk memberikan dorongan lebih pada saat kendaraan berakselerasi. Selain itu, terdapat juga keunggulan Actifilm Technology – Double Protector yang memberikan perlindungan metal agar mesin tidak mudah aus dan bocor.

Terkenal dengan sebutan oli super encer, kemampuannya dalam melumasi mesin secara sempurna membuat pengguna tidak perlu memanaskan mobil dalam waktu lama, karena sudah langsung mendapatkan performa mesin terbaik.

Pertamina Fastron Gold 0W-20

Oli ini memiliki tiga varian yang semuanya sudah kompatibel dengan mobil keluaran terbaru. Pertamina Fastron Gold 0W-20 juga sudah lulus standar API SN serta ILSAC GF-5, dan diklaim mampu menghemat bahan bakar serta memberi perlindungan pada mesin dalam waktu lama.

Selain itu, Pertamina Fastron Gold 0W-20 juga terkenal mempunyai ketahanan yang bagus dan membuat usia mesin menjadi lebih panjang.

Top 1 Sport Fully Synthetic SAE 0W-20

Oli 0W-20 satu ini nyatanya dibuat khusus untuk mobil keluaran terbaru dan juga mobil LCGC. Mengandung Xtra Clean Additives, kandungan tersebut zat aditif yang berperan di dalam memberikan perlindungan sehingga mesin selalu dalam kondisi bersih.

Selain itu, zat tersebut juga dipastikan berperan dalam mencegah adanya kotoran yang melekat pada mesin sehingga membuat tarikan mesin menjadi lebih enteng.

Harga oli 0W-20

Setelah mengetahui jenisnya, hal lain yang tak boleh terlewat dan sudah pasti dibutuhkan informasi selanjutnya adalah mengenai harga oli mobil. Jika bicara mengenai hal tersebut, harga yang dibanderol sebenarnya cukup beragama, yakni mulai dari kisaran Rp100 ribu.

Seperti biasa, semakin mahal harga yang dibanderol maka sudah pasti semakin terjamin pula kualitas yang didapat. Untuk lebih jelas, berikut biaya yang harus dipersiapkan jika ingin menggunakan oli 0W-20 yang disebut pada daftar di atas, dalam ukuran 1 liter:

  • Total Oil Quartz SAE 0W-20 : Rp. 130.000
  • TMO Toyota Motor Oil Eco Power 0W-20 : Rp. 189.000
  • Pertamina Fastron Gold 0W-20 : Rp. 100.000
  • Top 1 Sport Fully Synthetic SAE 0W-20 : Rp. 143.000
  • Tips dari Lifepal! Memiliki asuransi mobil bisa membantumu terhindar dari kerugian finansial saat terjadi kecelakaan atau musibah yang tidak terduga. 

    Asuransi ini merupakan produk pengelolaan keuangan yang menjamin risiko-risiko seperti biaya perawatan dan perbaikan akibat kerusakan kecil maupun total. 

    Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya bengkel. Dana tabungan dan investasi pun jadi aman.

    Kamu juga bisa mengandalkan bengkel mobil rekanan dari asuransi mobil pilihanmu yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia. 

    Selain bisa berkonsultasi dan bertanya tentang kendaraanmu, bengkel mobil rekanan juga bisa diandalkan karena biasanya perusahaan asuransi memilih bengkel dengan reputasi baik sebagai rekanannya.

    Manfaatkan asuransi mobil sebagai perlindungan terbaik

    Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

    Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

    Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya.

    Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

    Ikuti kuis asuransi mobil Lifepal berikut jika kamu masih belum juga menemukan produk asuransi yang yang sesuai dengan kebutuhanmu.

    Pertanyaan seputar oli 0W 20

     
    Oli 0W 20 kerap disarankan untuk mobil berjenis LCGC (Low Cost Green Car) seperti Ayla, Agya, dan Brio Satya.
    Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi mobil all risk (comprehensive) dan asuransi mobil TLO (Total Loss Only). Kamu bisa cek, dapatkan, dan bandingkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal.

    Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan berbasis syariah, kamu bisa memilih asuransi mobil syariah sebagai pilihan produk pengelolaan finansial yang tepat.

    Tanya Lifepal untuk mendapatkan referensi produk asuransi di Indonesia.