Pengertian Asuransi Komersial – Ini Arti dan Manfaatnya

manfaat asuransi komersial

Ada beragam risiko dalam hidup mulai dari mengidap penyakit, mengalami kecelakaan, mobil rusak, menjadi korban bencana alam, dan lainnya yang membutuhkan biaya banyak. Itulah pentingnya memiliki perlindungan yang akan menanggung berbagai risiko keuangan, salah satunya asuransi komersial.

Selain asuransi komersial, ada asuransi sosial sebagai produk proteksi lain yang menanggung berbagai risiko keuangan dan akan dialihkan pada perusahaan asuransi. Pertanyaannya kini, apa perbedaan asuransi sosial dan komersial?

Asuransi komersial dan asuransi sosial merupakan dua jenis asuransi yang berbeda di Indonesia jika dilihat dari sisi operasionalnya. Asuransi komersial adalah produk perlindungan finansial yang dikelola oleh perusahaan asuransi swasta dan bisa kamu beli secara bebas dengan premi asuransi yang bervariasi.

Sementara itu, asuransi sosial umumnya dikelola oleh pemerintah dalam bentuk BPJS Kesehatan. Setiap warga negara Indonesia (WNI) wajib menjadi nasabah BPJS Kesehatan dan membayar iuran tetap tiap bulan.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai asuransi komersial, manfaat dan jenisnya.

Pengertian Asuransi Komersial

Pada prinsipnya, pengertian asuransi komersial adalah asuransi yang bertujuan memberikan proteksi finansial kepada publik sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan di sisi yang bersamaan demi mencari keuntungan untuk para pemegang saham. Keuntungan dari asuransi ini juga menerapkan pengembangan perusahaan asuransi itu sendiri.

Tidak hanya perusahaan swasta, asuransi ini juga bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berdasarkan penerapan kegiatan asuransi, produk perlindungan finansial ini terbagi menjadi dua, yaitu asuransi konvensional dan syariah.

Asuransi sosial tidak bertujuan mencari keuntungan, melainkan berfungsi memberikan penjaminan atau perlindungan finansial sebagai bentuk layanan sosial bagi seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Umumnya, asuransi sosial dikelola oleh pemerintah.

Beberapa jenis asuransi sosial, termasuk asuransi kesehatan dan jaminan hari tua dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan program pensiun dan hari tua pegawai negeri sipil atau angkatan bersenjata yang dikelola oleh PT Taspen (Persero) dan PT Asabri (Persero).

Dapatkan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu terjamin dari mahalnya biaya servis dan perbaikan di bengkel. Berkat asuransi mobil, tabungan dan investasimu tetap aman.

Jika asuransi komersial bersifat sukarela dengan biaya premi yang berbeda-beda bagi setiap individu maupun kelompok sesuai produk yang memang kamu inginkan atau butuhkan, maka asuransi sosial umumnya bersifat wajib untuk semua anggota masyarakat dengan biaya premi yang sama atau bertingkat sesuai dengan pemerintah tetapkan.

Manfaat Asuransi Komersial

Manfaat asuransi komersial berbeda dengan asuransi sosial. Untuk asuransi komersial, manfaat yang akan diperoleh sesuai dengan premi asuransi yang kamu bayarkan. Premi tersebut berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkatan risiko terkena penyakit, jenis penyakit, dan lain-lain.

Semakin tua usia calon nasabah berarti semakin tinggi risikonya terkena serangan penyakit sehingga semakin besar pula biaya preminya. Namun, manfaat atau santunan asuransi satu ini umumnya memiliki jumlah yang tergolong besar, meski hal ini juga tergantung kepada besaran premi yang sanggup individu atau kelompok tersebut bayarkan.

Sementara itu, manfaat dari asuransi sosial yang bersifat wajib atas semua anggota masyarakat biasanya merata. Premi dari asuransi sosial umumnya tergolong rendah, meski ada pula pembagian kelas pelayanan dengan jumlah premi yang tidak terlalu berbeda.

Namun, tiap nasabah wajib melunasi iuran bulanan yang sama pada tiap-tiap kelas tersebut terlepas dari perbedaan usia, jenis kelamin, dan sebagainya. Salah satu manfaat asuransi sosial yang tidak ada pada asuransi komersial adalah memberikan perlindungan komprehensif, yaitu dengan memberikan perlindungan terhadap hampir semua jenis penyakit yang dialami oleh nasabahnya.

Keunggulan Asuransi Komersial 

Asuransi sosial memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan asuransi sosial meski harga premi asuransinya lebih mahal. Berikut beberapa hal yang menjadi kelebihan dari asuransi komersial. 

1. Manfaat pertanggungan yang lebih besar 

Asuransi komersial umumnya menawarkan manfaat pertanggungan yang lebih besar dan lebih luas dibandingkan dengan jenis asuransi sosial seperti BPJS.

Sebagai pemilik polis asuransi, kamu berhak mendapatkan layanan di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan terbaik selama itu masih dicover dalam asuransi. 

Asuransi komersial dapat meng-cover biaya berobat jalan, rawat inap, tindakan medis, obat-obatan dan sebagainya. Bahkan, sejumlah polis asuransi juga memberikan manfaat pengobatan hingga keluar negeri. 

Tentunya, manfaat pertanggungan yang diberikan dengan harga preminya. Namun, kamu tidak perlu khawatir soal harga premi karena kamu bisa menyesuaikan produk dengan manfaat pertanggungannya sesuai dengan kebutuhan. 

2. Peserta di luar negeri bisa ditanggung 

Apakah kamu termasuk orang yang cukup sering bepergian ke luar negeri atau sedang bekerja di luar negeri? Jangan khawatir, karena asuransi yang kamu beli di dalam negeri bisa juga dipakai di luar negeri. 

Umumnya, asuransi ini juga melakukan kerja sama di luar negeri sehingga ketika ada peserta yang mengalami sakit di negara tertentu, perusahaan asuransi tetap bisa meng-cover biayanya. 

Tentunya, hal ini akan membuat kamu menjadi lebih tenang saat bepergian keluar negeri. 

3. Produk asuransi lebih banyak 

Asuransi komersial memiliki produk yang beragam untuk membantu peserta mengatasi risiko finansial akibat kejadian tertentu. Perusahaan asuransi melihat berbagai risiko yang ada di masyarakat sebagai peluang untuk membuat produk asuransi. 

Misalnya, tingginya angka kecelakaan pasti membawa dampak kerugian yang sangat besar bagi pengendara kendaraan bermotor jika risiko tersebut terjadi pada mereka. 

Inilah yang kemudian memunculkan asuransi mobil yang memungkinkan peralihan risiko dari perusahaan asuransi selalu penanggung ke nasabah sebagai tertanggung jika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan maupun bencana alam. Jenis pertanggungan tersebut ada dalam asuransi mobil All Risk.

Adapun berbagai macam produk asuransi komersial terdiri dari: 

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi properti 
  • Asuransi kendaraan
  • Asuransi pendidikan dan masih banyak lainnya. 

Kamu juga bisa mendapatkan referensi berbagai produk asuransi mobil lainnya sekaligus berkonsultasi secara gratis di Lifepal dengan mengisi form berikut.

4. Mudah untuk klaim 

Salah satu keunggulan dari asuransi komersial yakni dalam kemudahan klaim asuransi yang lebih mudah,  lebih cepat dan lebih fleksibel. 

Apalagi jika kamu adalah pemegang asuransi kesehatan cashless, kamu hanya perlu membawa kartu keanggotan ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan. 

Tidak perlu mengurusi segala dokumen yang berbeli-belit. Jadi, kamu bisa lebih fokus dalam upaya pengobatan maupun perawatan di rumah sakit. 

Demikianlah pembahasan mengenai apakah yang dimaksud dengan asuransi komersial. Penjelasan di atas diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya asuransi bagi kita dan keluarga. Dengan begitu, kita dapat menentukan pilihan kepada produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Jadi sudah tahu apa yang dimaksud dengan asuransi komersial? Dalam pengadaannya, asuransi ini terbagi menjadi dua yakni konvensional dan asuransi syariah yang memberikan manfaat juga.

Jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal untuk mendapatkan informasi terlengkap terkait ulasan profil berbagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.

Jenis-Jenis Asuransi Komersial

Dari segi pengelolaannya, asuransi komersial terbagi dua sebagai asuransi konvensional dan asuransi syariah. Berikut penjelasan secara lebih mendetail.

1. Asuransi konvensional

Konsep dasar dari asuransi konvensional adalah pengalihan risiko atau perlindungan dari tertanggung kepada pihak asuransi. Ketentuan yang berlaku pada asuransi ini adalah jual beli. Jika terjadi klaim, maka perusahaan asuransi yang akan menanggungnya.

Premi asuransi yang tertanggung bayar, termasuk keuntungan finansial yang dihasilkan dari premi tersebut, seluruhnya akan menjadi milik perusahaan asuransi. Perusahaan bebas menggunakan hasil yang diperoleh tanpa batasan apa pun.

Jika terjadi pembatalan asuransi, maka tertanggung akan dikenakan denda-denda tertentu sesuai ketentuan di dalam polis asuransi. Dasar hukum asuransi konvensional berasal dari hasil pemikiran dan kebudayaan, kemudian dilengkapi dengan hukum positif yang pemerintah keluarkan.

Dewan pengawas dari perusahaan asuransi dilakukan oleh komisaris tersendiri. Riset dari Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) mengungkapkan, ada banyak contoh asuransi komersial untuk kategori konvensional.

Berikut ini merupakan daftar perusahaan asuransi komersial terbaik di Indonesia pada tahun 2020:

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile
Asuransi UmumAsuransi Jiwa/Kesehatan
PT Asuransi Sinar MasPT Prudential Life Assurance
PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)PT Asuransi Simas Jiwa
PT Asuransi Astra BuanaPT Asuransi Allianz Life Indonesia
PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, TbkPT AIA Financial
PT Asuransi Central AsiaPT Indolife Pensiontama
PT Asuransi Bangun AskridaPT Capital Life Indonesia
PT Asuransi Adira Dinamika, TbkPT AXA Mandiri Financial Services
PT Asuransi Wahana TataPT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
PT Sompo Insurance IndonesiaPT Asuransi BRI Life
PT Asuransi Multi Arta Guna, TbkPT BNI Life Insurance
PT Asuransi Simas InsurtechPT Panin Dai–ichi Life
PT Asuransi MSIG IndonesiaPT Asuransi Jiwa Sequis Life
PT BRI Asuransi IndonesiaPT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia
PT Asuransi Tokio Marine IndonesiaPT Astra Aviva Life
PT Lippo General Insurance, TbkPT Sun Life Financial Indonesia

2. Asuransi syariah

Prinsip asuransi syariah berbeda dengan asuransi konvensional. Asuransi syariah menerapkan sistem berbagi risiko atau risk sharing di antara para nasabah asuransi. Ketentuan dalam asuransi syariah bukan jual beli, melainkan tolong-menolong.

Jika terjadi pengajuan klaim, maka dana ganti rugi yang diperoleh diambil dari rekening tabarru’, yaitu kumpulan dana dari para nasabah asuransi syariah.

Sebagian dari premi yang dibayarkan nasabah akan tetap menjadi milik masing-masing nasabah, namun sebagian lagi akan dikelola oleh penyelenggara asuransi syariah secara amanah. Artinya, pengelolaan dana atau investasi harus dilakukan sesuai penerapan yang disepakati di awal dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Sementara itu jika ada keuntungan, maka hasilnya akan dibagi di antara pihak pengelola asuransi dan para nasabah dalam bentuk bonus. Bila terjadi pembatalan asuransi, maka nasabah akan mendapatkan pengembalian dana secara proporsional dan tidak ada pengenaan denda.

Sumber hukum dari asuransi syariah adalah AlQuran, hadis ataupun sumber hukum Islam lainnya. Tiap perusahaan asuransi syariah memiliki dewan pengawas yang bertugas memastikan bahwa seluruh operasional telah mengikuti ketentuan dari Dewan Pengawas Syariah.

Meski dikelola secara syariah, namun asuransi syariah tidak terbatas untuk umat muslim saja. Semua orang boleh membeli produk asuransi syariah jika memenuhi kriteria risiko yang ditetapkan dan menyetujui ketentuan dan prinsip syariah yang diterapkan.

Berikut ini adalah daftar produk asuransi syariah terbaik di Tanah Air:

  • Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASKY)
  • Takaful Keluarga
  • PRUSyariah
  • Allianz Syariah
  • Sinar Mas Syariah
  • Astra Syariah
  • Adira Syariah
  • ACA Syariah
  • AXA Mandiri Syariah
  • CAR Syariah
  • Manulife Berkah Safelink.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil All Risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Tips dari Lifepal! Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. Jadi, pastikan memiliki proteksi tersebut untuk menjaga finansial kamu.

Tidak ada salahnya juga menyiapkan dana darurat untuk keperluan mendadak dan pengeluaran tidak terduga yang berhubungan dengan kesehatan atau proteksi kendaraan. 

Kamu bisa gunakan kalkulator premi asuransi mobil di bawah ini untuk menghitung premi yang harus dibayarkan sesuai aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

FAQ Seputar Asuransi Komersial

Apa yang dimaksud dengan asuransi komersial?

Asuransi yang bertujuan memberikan proteksi finansial kepada publik sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan di sisi yang bersamaan ditujukan mencari keuntungan untuk para pemegang saham. Keuntungan dari asuransi komersial juga dipakai untuk pengembangan perusahaan asuransi itu sendiri.

Apa beda asuransi sosial dan asuransi komersial?

Perbedaan asuransi sosial dan asuransi komersial adalah asuransi komersial tidak memberi perlindungan untuk semua jenis risiko iklim dan menerapkan prinsip dana hangus jika tidak ada klaim. Sebaliknya, asuransi sosial memberi perlindungan terhadap segala jenis risiko iklim dengan prinsip tanpa dana hangus.

Manakah yang termasuk keunggulan asuransi komersial?

Asuransi komersial memberi perlindungan lengkap dengan fasilitas dan layanan untuk para pemegang polisnya. Meski memiliki banyak ketentuan, ketika nasabah memerlukan proses klaim dapat dilakukan dengan mudah.

Perbedaan antara KIS dan BPJS?

Perbedaan utama antara KIS dan BPJS terletak pada pembayaran iuran. Peserta KIS tidak perlu membayar iuran bulanan karena ditanggung oleh pemerintah. Sementara itu, peserta BPJS diharuskan membayar iuran bulanan sesuai dengan kelas faskes yang dipilih.