Rumah Sakit PGI Cikini: Daftar Layanan dan Harga Kamarnya

rumah sakit pgi cikini

Rumah sakit PGI Cikini merupakan rumah sakit swasta yang terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Memiliki sejarah panjang, bahkan sejak zaman penjajahan Belanda, rumah sakit PGI Cikini diresmikan pada tanggal 12 Januari 1898. 

Seperti dilansir dari Detik.com, rumah sakit ini dulunya adalah rumah seorang pelukis ternama Raden Saleh. Rumah Sakit PGI Cikini kemudian dibeli oleh sepasang suami istri Belanda yang kemudian dijadikan rumah sakit. 

Rumah sakit PGI Cikini atau yang akrab juga disebut RS Cikini didukung oleh dokter-dokter spesialis yang ahli dan tenaga medis berpengalaman. Selain itu, RS PGI Cikini memiliki sejumlah fasilitas kesehatan lengkap dengan mengutamakan mutu pelayanan pada pasien. 

Apa saja sih fasilitas dan layanan kesehatan di Rumah Sakit PGI Cikini?

Layanan-layanan medis di Rumah Sakit PGI Cikini

Berikut ini layanan medis di Rumah Sakit PGI Cikini yang dapat menjadi pilihan bagi pasien untuk berobat seperti dilansir dari situs informasi kesehatan, Halodoc

  • Poliklinik Bedah
  • Poliklinik Jantung dan Pembuluh Darah
  • Poliklinik Penyakit Kulit dan Kelamin
  • Poliklinik Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru)
  • Poliklinik Saraf
  • Dokter Umum
  • Poliklinik Gigi Umum
  • Poliklinik Anak
  • Poliklinik Gizi
  • Poliklinik Mata
  • Poliklinik Penyakit Dalam
  • Poliklinik Kedokteran Jiwa atau Psikiatri
  • Poliklinik Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi
  • Poliklinik Telinga Hidung Tenggorokan
  • Poliklinik Kandungan dan Kebidanan (Obgyn)
  • Medical Check Up
  • Poliklinik Radiologi
  • Poliklinik Patologi
  • Poliklinik Patologi Anatomi
  • Poliklinik Akupunktur
  • Poliklinik Mikrobiologi

Poliklinik

1. Poliklinik Bedah

RS Cikini memiliki fasilitas poliklinik bedah yang menangani penyakit dan luka dengan metode pembedahan.Tindakan medisnya antara lain bedah umum, bedah digestif, bedah toraks kardiovaskular, bedah vaskuler dan endovaskuler, bedah mulut dan maksilofasial, bedah plastik rekonstruksi dan estetik dan lain-lain.

2. Poliklinik Jantung dan Pembuluh Darah

Poliklinik di RS Cikini membantu mendiagnosis, mencegah dan mengobati masalah kesehatan yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler seperti tekanan darah tinggi sampai serangan jantung. Terdapat tiga tindakan medis pada poliklinik ini yakni jantung, pembuluh darah, kateterisasi jantung dan otak. 

3. Poliklinik Penyakit Kulit dan Kelamin

Poliklinik penyakit kulit dan kelamin membantu pasien mengatasi masalah kesehatan seperti alergi kulit, infeksi jamur, kanker kulit dan berbagai masalah kelamin. Tindakan medisnya antara lain bedah plastik rekonstruksi dan estetik, kecantikan, bedah kulit, dermatosis, konsultasi.

4. Poliklinik Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru)

Poliklinik ini membantu pasien mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Tindakan medisnya antara lain pulmonologi intervensi dan gawat darurat, napas, asma dan PPOK, infeksi, paru kerja dan lingkungan dan konsultasi. 

5. Poliklinik Saraf

Poliklinik saraf menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan diagnosa dan penanganan pasien yang memiliki kelainan syaraf. Kelainan ini terjadi akibat sistem saraf yang menyebabkan gangguan pada sebagian atau seluruh bagian tubuh. 

6. Dokter Umum

Sebagaimana rumah sakit pada umumnya, RS PGI Cikini juga memiliki dokter umum yang siap memeriksa dan menangani gejala kesehatan umum pasien. 

7. Poliklinik Gigi Umum

Poliklinik yang dikhususkan untuk menangani masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Tindakan medisnya antara lain dental X-Ray, gigi umum, dan dental cosmetic. 

8. Poliklinik Anak

Poliklinik anak siap membantu pasien anak yang memiliki  penyakit, kelainan, alergi, dan sebagainya yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Tindakan medis poliklinik anak cukup lengkap seperti neurologi, alergi imunologi, infeksi & pediatri tropis, kardiologi, dan lain-lain.

9. Poliklinik Gizi

Poliklinik gizi mengupayakan pengembangan keilmuan gizi dengan mempelajari hubungan antara zat gizi makanan dengan kesehatan.  

10. Poliklinik Mata

Melakukan penanganan, pemeriksaan dan pencegahan kerusakan, cedera, atau gangguan pada mata. Tindakan medis poliklinik mata pada RS PGI Cikini antara lain mata umum, lasik, sampai operasi katarak. 

11. Poliklinik Penyakit Dalam

Menangani masalah kesehatan pada bagian dalam organ tubuh penderita. Tindakan medisnya antara lain endokrin-metabolik-diabetes, ginjal-hipertensi, geriatri, alergi-immunologi klinik, reumatologi, pulmonologi, penyakit, tropik-infeksi, psikosomatik, kardiovaskular, dan lain-lain. 

12. Poliklinik Kedokteran Jiwa atau Psikiatri

Poliklinik ini membantu pasien menangani gangguan emosional, perilaku dan mental seseorang. 

13. Poliklinik Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Poliklinik ini membantu pasien untuk mengatasi gangguan fisik dan fungsional karena kondisi penyakit tertentu dengan menggunakan metode fisik untuk memulihkan pasien. Tindakan medisnya antara lain fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi wicara. 

14. Poliklinik Telinga Hidung Tenggorokan

Poliklinik yang dikenal sebagai THT ini menangani permasalahan yang berhubungan dengan hidung, tenggorokan serta kepala dan leher. Tindakan medisnya antara lain THT alergi imunologi, otologi, dan konsultasi. 

15. Poliklinik Kandungan dan Kebidanan (Obgyn)

Poliklinik ini menangani proses kehamilan hingga proses persalinan. 

16. Medical Check Up

Rumah Sakit PGI Cikini melayani medical check up untuk memeriksakan diri secara menyeluruh. Medical Check up penting untuk mengantisipasi masalah kesehatan yang mungkin timbul di kemudian hari. 

Seperti halnya medical check up lain, pemeriksaan ini meliputi berbagai aspek seperti pemeriksaan fisik, cek darah, cek urin, pemeriksaan audiometri, fungsi ginjal, fungsi hati dan lain-lain.

17. Poliklinik Radiologi

Poliklinik radiologi membantu melihat bagian dalam tubuh tanpa perlu adanya prosedur invasif.  

18. Poliklinik Patologi

Spesialisasi di poliklinik ini berfokus untuk mengkaji perubahan pada fungsi yang nyata pada fisiologis tubuh. 

19. Poliklinik Patologi Anatomi

Merupakan cabang dari ilmu patologi yang memeriksa perubahan jaringan tubuh akibat adanya suatu penyakit berdasarkan pemeriksaan kasar, mikroskopik, dan molekuler atas organ, jaringan, dan sel.

20. Poliklinik Akupunktur

Rumah Sakit PGI Cikini juga memiliki poliklinik akupunktur yang membantu melancarkan aliran darah dan menjaga keseimbangan tubuh agar membuat pasien semakin sehat. 

21. Poliklinik Mikrobiologi

Poliklinik ini menangani infeksi yang resisten terhadap antibiotika. 

Harga Kamar di Rumah Sakit PGI Cikini

Jenis kamar, fasilitas dan harga kamar

Berikut ini berbagai jenis kamar, fasilitas dan harga kamar RS PGI Cikini.

  • VVIP A
  • VVIP B
  • VIP
  • Kelas I
  • Kelas II
  • KELAS III

1. VVIP A

Tempat tidur elektrik

Internet Hotspot

AC

TV Cable

Pesawat telepon

Sofa

Kursi santai

Kamar penunggu pasien

Kulkas

Perlengkapan dapur

Microwave

Kursi tamu

Kamar mandi dengan air panas & dingin

Meja makan & Meja kerja

Rp2.350.000

2. VVIP B

Tempat tidur elektrik

Internet Hotspot

AC

TV Cable

Pesawat telepon

Sofa komplit

Kulkas

Meja makan

Kamar mandi dengan air panas & dingin

Rp1.200.000

3. VIP

Tempat tidur elektrik

AC

TV

Pesawat telepon

Kulkas

Meja makan

Kamar mandi dengan air panas & dingin

Rp950.000

4. Kelas I

2 Tempat tidur elektrik

AC

TV

Kamar mandi dengan air panas & dingin

Rp600.000

5. Kelas II

Tempat tidur

AC

Rp400.000

6. KELAS III

Tempat tidur

AC

Rp250.000

Daftar perusahaan yang rekanan dengan Rumah Sakit PGI Cikini

Rumah Sakit PGI Cikini memiliki sejumlah rekanan dengan perusahaan asuransi dalam upaya meringankan beban finansial pasien. 

Berikut sejumlah perusahaan asuransi rekanan RS PGI Cikini yang berhasil dikumpulkan oleh Lifepal

1. Asuransi Mag

Asuransi Mag termasuk dalam perusahaan asuransi yang rekanan dengan Rumah Sakit PGI Cikini. Produk asuransi kesehatannya yang bernama Magna Sehat itu membantu pasien mengganti biaya perawatan dan pengobatan Rumah Sakit. Asuransi Mag menggunakan sistem klaim cashless dan reimbursement tergantung kesepakatan awal pengguna asuransi. 

2. Cigna

Asuransi Cigna menawarkan berbagai jenis asuransi kesehatan, salah satunya Cigna Premium Health Protection yang menawarkan fasilitas cashless di lebih dari 800 rumah sakit rekanan. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga rekanan Cigna di luar negeri yakni Singapura, Malaysia dan Thailand.

3. Prudential

Produk asuransi prudential menawarkan perlindungan biaya kesehatan lewat produk asuransi kesehatannya yang cukup beragam. Prudential memiliki keunggulan dalam flexibilitas untuk memilih wilayah pertanggungan, tipe kamar dan batas harga kamar sesuai Plan yang diambil oleh pengguna.

4. Avrist

Asuransi Avrist melalui produk kesehatan Avrist Sehati menawarkan berbagai kemudahan dan manfaat akibat penyakit maupun kecelakaan. Avrist Sehati memiliki sejumlah keunggulan seperti metode pencairan yang dapat dipilih yakni Non Tunai dan Reimbursement, kemudahan berobat di luar negeri sampai Plan Keluarga dengan discount premi 5%.

5. Manulife

Manulife juga salah satu perusahaan rekanan Rumah Sakit PGI Cikini. Menawarkan perlindungan kesehatan tertanggung hingga 100 tahun atau tanggungan anak hingga usia 25 tahun. 

6. Lippo Insurance

Lippo Insurance memiliki produk asuransi kesehatan baik individu maupun korporat. Dapat menggunakan metode pembayaran klaim secara cashless di lebih dari 500 Rumah Sakit di Indonesia. Selain itu, Lippo Insurance juga menawarkan fitur yang dapat mengganti biaya pembelian vitamin dan obat-obatan tanpa harus menjalani rawat inap maupun rawat jalan. 

7. FWD

Salah satu produk asuransi kesehatan FWD adalah FWD Hospital Surgical yang menawarkan manfaat inap dan/atau pembedahan sampai Rp5 M per tahun. Termasuk pula medical check up, dan perlindungan hingga 100 tahun. 

Pentingnya asuransi kesehatan

Setiap orang pasti tidak lepas dari risiko kesehatan baik karena pola makan, lingkungan atau bahkan keturunan. Karena itu, menyiapkan risiko kesehatan yang mungkin terjadi itu sangat penting.  

Memiliki asuransi kesehatan adalah cara yang tepat untuk menyiapkan hal itu. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita tak perlu lagi memusingkan biaya pengobatan saat sakit karena biayanya yang ditanggung oleh asuransi. 

Manfaat asuransi seperti penggantian biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up akan sangat terasa di tengah biaya medis yang meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2018 saja, inflasi biaya medis di Indonesia sudah mencapai 11%. Bila tanpa asuransi, tentu ini akan membebani kondisi keuangan saat menjalani pengobatan di rumah sakit. 

Ketimbang menghabiskan dana darurat atau investasi, lebih baik alokasi biaya pengobatan itu ditanggung oleh asuransi. Tabungan pensiun di hari tua nanti pun jadi aman. 

Tips memilih asuransi

Sebagai nasabah, kamu perlu cermat dalam memilih produk asuransi. Ada ratusan polis dan puluhan perusahaan yang mungkin membuat kamu bingung. 

Karena itu, beberapa hal berikut ini wajib masuk dalam pertimbangan kamu saat memilih asuransi. 

  • Metode cashless
  • Pahami kebutuhan
  • Perhatikan reputasi perusahaan asuransi

1. Metode cashless

Metode cashless adalah salah satu metode klaim asuransi. Dengan cashless, kamu tinggal datang ke rumah sakit rekanan dengan membawa kartu asuransi. Kamu tidak perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk mendapat perawatan medis. 

2. Pahami kebutuhan

Pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan kamu. Lebih penting lagi memilih produk asuransi yang sesuai dengan profil keuanganmu saat ini. Pelajari dengan baik manfaat yang ditawarkan dalam polis asuransi dan pilih yang menurut kamu cukup. 

3. Perhatikan reputasi perusahaan asuransi

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan asuransi yang produknya akan kamu beli. Jangan sampai seperti membeli kucing dalam karung karena bisa jadi kamu merugi di kemudian hari. Perusahaan asuransi saat ini memberikan informasi yang lengkap di situs resmi mereka. Selain itu, review para pengguna juga mudah ditemukan. 

Ada banyak sekali produk asuransi di luar sana dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan. Di Lifepal, kamu dapat membandingkan satu produk asuransi dengan produk lainnya secara mudah. Ini memungkinkan kamu memilih produk asuransi yang tepat. (Editor: Chaerunnisa)