Fasilitas Rumah Sakit Tarakan dan Harga Kamar Rawat Inap

rumah sakit tarakan

Rumah Sakit Tarakan adalah unit penyelenggara pelayanan kesehatan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang beralamat di Jalan Kyai Caringin, Gambir, Jakarta Pusat. 

Rumah Sakit Tarakan diresmikan pada tahun 1953 oleh Gubernur Jakarta kala itu, R Sudiro, sebagai Balai Pengobatan untuk masyarakat Kecamatan Gambir. 

Barulah pada 30 Juni 2014, Rumah Sakit Tarakan resmi ditetapkan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Kelas A oleh Kementerian Kesehatan. 

Sejak didirikan, Rumah Sakit Tarakan mengalami berbagai transformasi, seperti:

  • Tahun 1968 dari Balai Pengobatan ditingkatkan menjadi Puskesmas Kecamatan Gambir.
  • Tahun 1987 Gubernur DKI Jakarta R. Tjokropranolo menjadikan rumah sakit Kelas C. 
  • Tahun 1997 diresmikan menjadi Rumah Sakit Swadana Daerah. 
  • Tahun 1998 struktur organisasi RSUD Tarakan ditingkatkan menjadi Rumah Sakit kelas B Non Pendidikan dengan kapasitas 140 tempat tidur. 
  • Tahun 1999 RSUD Tarakan mendapatkan Akreditasi Tingkat Dasar 5 Pelayanan dari Departemen Kesehatan RI. 
  • Tahun 2014 menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B Pendidikan Utama.
  • Tahun 2014 berubah menjadi Rumah Sakit Tipe A.
Lindungi keuanganmu dari pengeluaran yang terlalu membebani akibat mahalnya biaya berobat di rumah sakit dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan memberimu pertanggungan biaya medis hingga puluhan dan bahkan ratusan juta.

Pelayanan di RSUD Tarakan tergolong lengkap disertai Klinik Cendana untuk pelayanan pasien umum (Non BPJS) atau dengan penggunaan pihak ke III (asuransi kesehatan swasta).

RSUD Tarakan ini juga menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19. 

Profil Rumah Sakit Tarakan (RSUD Tarakan)

Rumah Sakit Tarakan semakin berkembang dan telah memperoleh penghargaan, salah satunya Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden RS tahun 2012 dan Hospital Award Best Service Excellent Rajasa Award tahun 2013. 

Tak hanya itu, tahun 2016 RSUD Tarakan juga mendapat Akreditasi pelayanan dengan nilai sempurna (bintang 5) dari KARS. 

Visi Rumah Sakit Tarakan

Menjadi Rumah Sakit Rujukan dengan pelayanan terbaik berstandar Internasional

Misi Rumah Sakit Tarakan

  • Memiliki SDM yang berkualitas , melalui penerapan budaya kerja , sesuai dengan perkembangan IPTEK dan IMTAQ, serta memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat.
  • Memberikan pelayanan kesehatan prima, untuk seluruh lapisan masyarakat.
  • Meningkatkan Kemandirian Rumah Sakit di segala bidang.
  • Mewujudkan rumah sakit Pendidikan yang berkualitas, menuju Academic Health System (AHS).
  • Meningkatkan sarana dan prasarana, untuk memberikan pelayanan yang optimal.

Jam kunjungan pasien rawat inap

Untuk kamu yang ingin mengunjungi pasien rawat inap di Rumah Sakit Tarakan, maka harus datang hanya pada jam besuk. Hal ini untuk menjaga ketenangan dan kenyamanan pasien. 

Adapun jam besuk RS Tarakan adalah:

  • Senin-Jumat: 17.00 – 19.00 WIB

Khusus Sabtu, Minggu dan Hari Libur:

  • Siang: 11.00 – 13.00 WIB
  • Sore: 17.00 – 19.00 WIB

Selain datang pada jam besuk RS Tarakan, kunjungan juga harus dilakukan secara bergantian, tidak berbicara keras, dan segera meninggalkan ruang perawatan bila jam kunjung usai. 

Kontak Rumah Sakit Tarakan 

Adapun alamat dan kontak Rumah Sakit Tarakan Jakarta adalah:

  • Alamat RS Tarakan: Jalan Kyai Caringin No 7, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
  • Nomor telepon: 0812 1199 2017 / 021 3503003 (ext 1148)
  • Email: [email protected]

Informasi kontak di atas dapat kamu gunakan untuk mengetahui informasi pendaftaran, saran dan keluhan, hingga jadwal dokter RS Tarakan. 

Fasilitas Rumah Sakit Tarakan dan Harga Kamar Rawat Inap
Fasilitas Rumah Sakit Tarakan dan Harga Kamar Rawat Inap

Fasilitas dan layanan medis Rumah Sakit Tarakan

Jasa dan layanan Rumah Sakit Tarakan Jakarta terbilang lengkap. Rumah sakit ini menyediakan layanan primer Gawat Darurat, Medical Check Up, Outpatient (Rawat Jalan) dan Inpatient (Rawat Inap), serta didukung oleh layanan Pusat Jantung Terpadu, Pusat Pelayanan Terpadu, Pain Clinic (Klinik Nyeri), dan pusat-pusat layanan unggulan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini fasilitas dan layanan Rumah Sakit Tarakan.

1. Rawat Inap

Ruang Rawat Inap RSUD Tarakan dilengkapi dengan 594 tempat tidur yang terbagi atas Ruang Perawatan Dewasa, Ruang Perawatan Anak, Ruang Perawatan Kebidanan, Ruang Isolasi, dan Ruang Rawat Intensif.

RSUD Tarakan Jakarta memiliki beberapa jenis ruang perawatan, yaitu:

  • Kelas VVIP dengan fasilitas tempat tidur, ruang tunggu, kulkas, Nakas, TV, Lemari, over bed table
  • Kelas VIP dengan fasilitas tempat tidur, ruang tunggu, kulkas, Nakas, TV, Lemari, over bed table
  • Kelas 1 dengan fasilitas tempat tidur, televisi, kulkas, nakas, lemari pakaian
  • Kelas II dengan fasilitas tempat tidur, Nakas
  • Kelas III dengan fasilitas tempat tidur, Nakas

2. Rawat Jalan

Rumah Sakit Tarakan juga punya unit Instalasi Rawat Jalan melalui program unggulan One Day Care (ODC). 

ODC merupakan rawat sehari yang melayani pasien yang memerlukan perawatan kurang dari 10 jam. Layanan ini diperuntukan bagi pasien kemoterapi rawat jalan dan pasien pasca tindakan diagnostik. 

Instalasi rawat jalan ini juga dilakukan kepada pasien untuk tujuan observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya, tanpa mengharuskan pasien tersebut dirawat inap. Jadi, pasien tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginap. Lebih hemat, bukan?

Dapatkan jaminan pertanggungan biaya medis di klinik dan rumah sakit dari asuransi rawat jalan. Asuransi rawat jalan akan menjamin kamu secara finansial dari pengeluaran untuk membeli obat dan berbagai biaya cek kesehatan.

3. Critical Care Center 

RSUD Tarakan memiliki Critical Care Center yang didukung oleh tim dokter dan peralatan yang canggih. Untuk layanan Critical Care Center di RSUD Tarakan meliputi:

  • ICU (Intensive Care Unit): ruang perawatan intensif dengan peralatan khusus dan staf khusus untuk menanggulangi pasien gawat karena penyakit, trauma atau komplikasi lain. Jumlah tempat tidur yang tersedia 15 tempat tidur, dengan rincian 2 tempat tidur untuk isolasi dan 13 tempat tidur untuk non isolasi
  • ICCU (Intensive Cardiovascular Care Unit): unit pelayanan perawatan intensif yang disediakan bagi pasien penyakit jantung akut atau kritis untuk mendapatkan pemeriksaan diagnostik pengobatan medik atau invasif. Saat ini kapasitas ICCU adalah 14 tempat tidur untuk ICCU dan 8 tempat tidur untuk HCU jantung pada akhir 2019.
  • NICU (Neonatal Intensive Care Unit): unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir (neonatus) yang memerlukan perawatan khusus misalnya berat badan rendah, fungsi pernafasan kurang sempurna, prematur, mengalami kesulitan dalam persalinan, menunjukkan tanda tanda mengkuatirkan dalam beberapa hari pertama kehidupan. Kapasitas tampung tempat tidur saat ini sebanyak 15 tempat tidur. 
  • PICU (Paediatric Intensive Care Unit): unit perawatan intensif untuk bayi atau anak-anak berusia lebih dari 28 minggu, dengan indikasi DSS berkepanjangan, gagal nafas, pasca operasi besar, diare akut, dehidrasi berat dengan komplikasi, kejang dengan penurunan kesadaran, sepsis berat. Pelayanan dilengkapi dengan ventilator mekanik, TPN, akses vena central, peritoneal dialisis, USCOM, fisioterapi dengan petugas yang memiliki kompetensi bersertifikat PICU dengan kapasitas 15 tempat tidur.
  • PACU (Post Anesthesia Care Unit): unit yang terletak sedekat mungkin dengan ruang operasi, untuk menghemat waktu dalam mentransfer pasien yang tidak stabil. Unit ini memberikan pelayanan terapi serta perawatan pasien pasca anestesi atau pasca tindakan bedah sebelum dikirim ke kamar perawatan atau sebelum pasien dipulangkan. Kapasitas 8 tempat tidur.
  • IW (Intermediate Ward): ruang perawatan intensif, monitoring dan evaluasi sampai pasien melewati fase kritis sebelum pasien dipindahkan ke ruang perawatan biasa. Jumlah tempat tidur yang tersedia adalah 17 tempat tidur dengan 2 tempat tidur isolasi dan 15 tempat tidur untuk pasien non isolasi.

4. Poliklinik 

Saat ini RSUD Tarakan memiliki 17 poliklinik, yaitu:

  • Poliklinik Bedah: poli yang menangani pengobatan penyakit dan luka dengan menggunakan metode bedah (operatif)
  • Poliklinik Jantung dan Pembuluh Darah untuk mencegah, mendiagnosis, dan melakukan pengobatan berbagai penyakit kardiovaskuler seperti tekanan darah tinggi sampai serangan jantung
  • Poliklinik Penyakit Kulit dan Kelamin yang berfokus pada penanganan masalah kesehatan pada kulit dan kelamin seperti alergi kulit, infeksi jamur, herpes zoster (cacar api/cacar ular) , Psoriasis (penumpukan sel kulit mati), kanker kulit dan juga beberapa permasalahan kelamin seperti penyakit menular seksual.
  • Poliklinik Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) yang juga dikenal sebagai cabang Chest Medicine/kedokteran dada dan respiratory medicine/kedokteran respirasi yang melibatkan saluran pernafasan baik karena gangguan paru-paru maupun sistem pernafasan
  • Poliklinik Saraf untuk penanganan kelainan pada sistem saraf manusia, dimana seorang neurolog menangani pasien dewasa dengan mendiagnosis, memberikan perawatan pada pasien yang memiliki kelainan syaraf . Kelainan dan terganggunya sistem saraf dapat menyebabkan gangguan pada sebagian maupun seluruh fungsi tubuh.
  • Poliklinik Gigi Umum untuk tindakan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif terhadap kondisi gigi dan mulut pasien.
  • Poliklinik Gigi Spesialis yang berkaitan dengan spesialis lanjutan dari dokter gigi yang mempelajari rongga dalam mulut secara lebih mendalam lagi mulai dari rahang mulut, gusi, letak gigi, dan implan gigi.
  • Poliklinik Anak yang berfokus kesehatan anak yang dimulai sejak mereka dilahirkan hingga berusia 18 atau 21 tahun. Tidak hanya berfokus pada aspek penunjang kesehatan yang dibutuhkan oleh anak, namun juga gangguan kesehatan pada anak seperti penyakit, kelainan, alergi, dan sebagainya yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.
  • Poliklinik Gizi untuk pengembangan dan keilmuan gizi berstandar internasional dengan mempelajari hubungan antara makanan dan zat-zat gizi dengan kesehatan dan penyakit-penyakit terkait gizi
  • Poliklinik Mata untuk penanganan mata manusia dengan melakukan pemeriksaan, pencegahan terhadap kerusakan, cedera, gangguan penglihatan dan penyakit mata
  • Poliklinik Penyakit Dalam untuk penanganan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan masalah kesehatan pada organ tubuh bagian dalam yang diderita. Poliklinik ini biasanya hanya menangani pasien orang dewasa hingga lansia namun tidak dapat melakukan proses pembedahan untuk mengobati penyakit yang dialami.
  • Poliklinik Kedokteran Jiwa atau Psikiatri untuk diagnosis pengobatan dan pencegahan terhadap gangguan pada emosional, perilaku dan juga mental manusia 
  • Poliklinik Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi melayani kesehatan terhadap gangguan fisik dan fungsional yang diakibatkan karena kondisi penyakit tertentu dimana yang dalam pengobatannya menggunakan media fisik untuk memfokuskan diri terhadap pemulihan pasien.
  • Poliklinik Telinga Hidung Tenggorokan (THT) untuk penanganan permasalahan yang berhubungan dengan Telinga, Hidung, tenggorokan serta kepala dan leher
  • Poliklinik Anestesiologi dan Terapi Intensif untuk melakukan anestesi (pembiusan) pada pasien pra operasi / sebelum melakukan proses pembedahan dan untuk beberapa tindakan medis lainnya.
  • Poliklinik Kandungan dan Kebidanan (Obgyn) berfokus pada penanganan proses kehamilan pada seorang Ibu hingga proses persalinan
  • Poliklinik Akupunktur teknik menusukkan/menancapkan/memanipulasi jarum pada bagian tubuh ke dalam di titik akupuntur.

5. Layanan penunjang  

Selain fasilitas di atas, Rumah Sakit Tarakan juga memiliki sejumlah layanan penunjang. Berikut ini diantaranya: 

  • Layanan pemeriksaan penunjang
  • MRI, CT Scan, USG 
  • Laboratorium Rujukan Internal (LRI), Elektroforesa Hb, Eletroforesa Protein
  • Laboratorium Patologi Anatomi
  • Laboratorium Mikrobiologi
Utamakan asuransi kesehatan dengan sistem klaim cashless. Dengan klaim cashless, kamu cuma perlu memberikan nomor asuransi pribadi dan kamu bisa langsung dapat layanan medis saat itu juga.

Tarif kamar Rumah Sakit Tarakan

RSUD Tarakan memiliki tarif dan biaya layanan sama dengan rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta lainnya yaitu RSUD Cengkareng, RSUD Duren Sawit, RSUD Koja, RSUD Pasar Rebo, RSUD Budhi Asih dan RSUD Pasar Minggu.

Hal ini mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perubahan Perda Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Daerah. 

Dalam aturan tersebut, RSUD di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta mempunyai tarif yang sama untuk pelayanan rawat jalan, rawat inap termasuk tindakan UGD.

Adapun untuk tarif rawat inap RSUD Tarakan adalah sebagai berikut:

Fasilitas Rumah Sakit Tarakan dan Harga Kamar Rawat Inap
Fasilitas Rumah Sakit Tarakan dan Harga Kamar Rawat Inap
  1. Tarif Kamar Kelas 3 per hari Rp50 ribu.
  2. Tarif Kamar Bavi Rp50 ribu.
  3. Tarif Kamar Perawatan Khusus (isolasi per hari Rp150 ribu.
  4. Tarif Kamar Per Inap per hari Rp150 ribu.
  5. Tarif Kamar Intermediate / Hcu per hari Rp250 ribu.
  6. Tarif Kamar ICU /ICCU Rp1 juta.
  7. Tarif Kamar NICU per hari Rp 1 juta.

Kemudian, untuk biaya pemeriksaan tindakan di Unit Gawat Darurat (UGD) adalah Rp15 ribu. 

Daftar perusahaan asuransi rekanan Rumah Sakit Tarakan

Kalau kamu ingin berobat di RSUD Tarakan Jakarta, kamu juga bisa menggunakan asuransi kesehatan. Adapun daftar asuransi rekanan RSUD Tarakan Jakarta adalah sebagai berikut.

1. Allianz

Asuransi kesehatan Allianz dapat digunakan untuk individu dan keluarga yang memberikan berbagai manfaat dasar hingga manfaat tambahan, misalnya rawat gigi dan persalinan.

Allianz memberikan manfaat bagi pemegang polis secara tunai ketika mengalami cedera atau sakit, menjalani rawat inap, dan pembedahan di rumah sakit yang berlaku di seluruh dunia dengan perlindungan selama 24 jam setelah aktivasi.

2. Cigna

Manfaat asuransi kesehatan Cigna termasuk yang sangat lengkap juga, mulai dari perawatan gigi, rawat inap, dan rawat jalan untuk individu serta keluarga. 

Adapun manfaat asuransi kesehatan yang ditawarkan Cigna terbilang cukup lengkap, mulai dari manfaat biaya santunan rawat inap, pembedahan, konsultasi, dan sebagainya. Asuransi kesehatan Cigna juga memberikan solusi perlindungan untuk perorangan dan keluarga. 

Ada beberapa pilihan asuransi kesehatan dari Cigna yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu Cigna EaziHealth, Cigna Infinite Healthcare, Cigna Family Care Optima, Cigna Family Care, Cigna Premium Health Protection, Cigna Proteksi Sehat Prima, Cigna Proteksi Sehat, Cigna Senyum Sehat, Cigna Health protection dan Cigna Care and Save.

3. Lippo Insurance

Lippo Insurance merupakan produk asuransi keluaran Lippo Group. Untuk membeli asuransi ini calon nasabah asuransi tidak perlu melakukan medical check up sehingga pengajuan polis akan otomatis langsung disetujui tanpa masa tunggu. Produk unggulan Prima dan HealthPlus. 

Asuransi ini memberikan jaminan proteksi kesehatan atas biaya rawat jalan, rawat inap, rawat bedah, antar ambulans, dan evakuasi medis lewat udara dalam keadaan darurat. 

Terkait benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih.

4. JAGADIRI

Asuransi kesehatan JAGADIRI merupakan bagian dari perusahaan raksasa Salim Group yang menawarkan proteksi mikro hingga proteksi kesehatan secara menyeluruh bagi individu dan keluarga. 

Pengobatan di rumah sakit rekanan JAGADIRI umumnya bisa dengan sistem cashless. Polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Mulai dari asuransi kesehatan hingga asuransi mikro. 

Ada enam pilihan produk asuransi kesehatan JAGADIRI yaitu Jaga Sehat Pilihanku, Jaga Sehat Plus, Jaga Sehat Keluarga, dan Jaga Sehat DBD. 

Selain itu, ada pula Jaga Sehat Tropis yang memberikan pertanggungan biaya medis terhadap risiko terkena 11 penyakit tropis, seperti Chikungunya, Malaria, Zika, Campak, Rubella, Penyakit HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease) atau Flu Singapura, Difteri, Hepatitis A, Demam Typhoid, DPD dan Cacar Air.

Fasilitas Rumah Sakit Tarakan dan Harga Kamar Rawat Inap
Fasilitas Rumah Sakit Tarakan dan Harga Kamar Rawat Inap

5. Asuransi Chubb

Asuransi kesehatan Chubb adalah produk asuransi kesehatan yang berada di bawah naungan PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life) yang berfokus layanan asuransi jiwa. 

Namun Chubb Life juga menyediakan perluasan manfaat asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pertanggungan biaya atas penyakit kritis hingga pembedahan. 

Cakupan jaminan yang ditawarkan Asuransi Chubb Life terbilang cukup luas, yaitu terdapat jaminan pertanggungan risiko penyakit kritis, pertanggungan biaya rawat inap, biaya pembedahan, serta program cashback atau pengembalian premi sebesar 50 persen hingga ke rumah sakit luar negeri.

6. Asuransi Kesehatan Ramayana

Asuransi kesehatan Ramayana ditujukan untuk tertanggung kelompok, yaitu karyawan perusahaan yang ditujukan kepada tertanggung, termasuk pasangan dan anaknya (umumnya maksimal tiga orang). 

Adapun manfaat yang diberikan meliputi rawat inap dengan jaminan tambahan (rider) rawat jalan, perawatan gigi, persalinan, dan medical check up. Pertanggungannya berlaku 1 (satu) tahun dan dapat diperbaharui.

Pentingnya punya asuransi kesehatan

Bukan lagi rahasia kalau biaya perawatan medis di Indonesia terhitung mahal. Setiap tahunnya, biaya rumah sakit naik dengan tingkat inflasi 15 persen tiap tahun. 

Untuk itu, kamu akan memerlukan asuransi kesehatan biar gak kaget dengan biaya rumah sakit yang begitu besarnya. Sehingga kondisi keuangan kamu akan tetap aman sekalipun ada pengeluaran mendadak seperti biaya rumah sakit. 

Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa mengalihkan risiko tersebut dengan menyisihkan sedikit saja pendapatan setiap bulannya. 

Pembayaran premi asuransi kesehatan bisa dilakukan secara rutin setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau tahunan, tergantung dengan polis yang kamu pilih. 

Apa pun penyakit yang kamu derita, selama kamu dirawat di rumah sakit yang terdaftar dalam polis maka berhak untuk mendapatkan penggantian biaya perawatan.

Itu tadi informasi mengenai Rumah Sakit Tarakan Jakarta. Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

FAQ seputar Rumah Sakit Tarakan