Jaminan SRCC Asuransi, Pengertian dan Cara Mudah Klaimnya

srcc asuransi

Salah satu risiko berkendara di kota besar seperti Jakarta adalah seringnya terjadi unjuk rasa atau huru-hara di jalan yang menyebabkan mobil dapat terkena lemparan batu dari pendemo. Ketika hal ini terjadi, SRCC asuransi (strikes, riots, and civil commotions) menjadi hal penting yang perlu kamu miliki sebagai bentuk perlindungan mobil kesayangan.

Kamu bisa memilih jenis asuransi mobil All Risk atau asuransi mobil TLO yang memiliki manfaat pertanggungan terhadap risiko pemogokan, kerusuhan dan huru hara. Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai pengertian SRCC asuransi, seberapa penting layanan ini hingga cara mudah klaimnya.

Pengertian SRCC asuransi

SRCC (strike, riot, and civic commotion) asuransi adalah layanan perlindungan tambahan yang berguna untuk menjamin kerusakan karena huru-hara, tawuran, dan unjuk rasa. Saat mobil terkena dampak dari tawuran, unjuk rasa, atau huru-hara lainnya, asuransi memang bisa menjamin perbaikan kendaraan. Akan tetapi, nasabah hanya akan mendapatkan manfaat klaim atas risiko tersebut bila memiliki manfaat perluasan SRCC ini. 

Untuk kasus mobil yang baret atau penyok akibat huru-hara, maka perluasan jaminan jenis SRCC jadi pilihan terbaik. Mobil yang tidak memiliki layanan tambahan asuransi huru hara tak akan mendapat jaminan jika ada kerusakan.

Oleh karena itu, supaya kondisi mobil tetap prima dan terlindungi secara maksimal, kamu bisa memenuhi beberapa layanan perlindungan tambahan seperti SRCC asuransi. 

Pentingnya Memiliki SRCC Asuransi

Pada dasarnya, manfaat utama yang bisa kamu dapatkan jika memiliki asuransi mobil adalah terjaminnya pelindung bagi kendaraan kesayangan. Kamu bisa merasa tenang, karena biaya perbaikan akibat kerusakan atau kehilangan bisa dicover dengan baik. Apalagi jika kamu menambahkan layanan perlindungan lain seperti SRCC.

SRCC dalam asuransi mampu menjamin kerusakan yang terjadi akibat huru-hara, seperti baret dan penyok. Mobil yang mengalami baret atau bahkan pecah kaca dapat dicover dengan baik berkat bantuan layanan ini.

Cara Mudah Klaim Asuransi Akibat Kerusuhan

Dalam proses pengajuan klaim asuransi, banyak tertanggung yang mengaku sering merasa kerepotan dan sulit melakukannya. Padahal, seharusnya proses pengajuan lebih mudah karena tertanggung atau nasabah perlu mendapatkan hak ganti rugi.

Faktanya, kesulitan dalam proses pengajuan klaim bisa saja terhambat karena adanya beberapa faktor, lho. Untuk itu, kamu perlu mengetahui tips serta cara mudah klaim asuransi, terutama untuk mobil baret, lecet atau rusak akibat huru-hara. Mari, simak paparan berikut ini.

1. Melampirkan bukti foto atau video

Foto atau video yang merekam kejadian huru-hara maupun kerusakan pada mobil akan sangat membantu memperlancar proses pengajuan klaim. Di sisi lain, bukti foto atau video juga dapat menjadi salah satu barang bukti bagi kepolisian apabila dibutuhkan untuk penyelidikan.

2. Mengisi formulir pengajuan dengan teliti

Saat mengisi formulir, pastikan kamu menulis kejadian sesuai fakta yang terjadi. Kamu juga harus teliti, agar hal penting yang tertera di formulir tidak terlewat. Formulir yang terisi dengan benar dan lengkap dapat membuat pihak asuransi cepat mengerti apa yang terjadi pada mobil kesayangan. Dengan begitu, pengajuan klaim pun makin mudah untuk diproses.

3. Menyiapkan dokumen lengkap

Dokumen penting menjadi syarat yang wajib dipenuhi nasabah atau tertanggung untuk mengajukan klaim asuransi mobil.  Jika dokumen yang disiapkan tidak tersedia dengan lengkap, maka klaim akan sulit untuk dikabulkan pihak asuransi. Ada beberapa dokumen lengkap secara umum yang bisa kamu siapkan, seperti:

  • STNK (surat tanda nomor kendaraan)
  • SIM (surat izin mengemudi)
  • Salinan polis asuransi,
  • Formulir klaim
  • Surat keterangan polisi jika ada kecelakaan.

4. Menceritakan kronologi terjadinya kerusakan

Sebagai pelengkap informasi, biasanya kamu akan melakukan sesi wawancara dengan pihak asuransi untuk menceritakan kronologi terjadinya kerusakan.  Tidak perlu merasa takut dan tegang saat menjalani wawancara.

Kamu hanya perlu menjelaskan secara detail, sesuai fakta, dan terperinci mengenai kejadian sebenarnya. Ini akan membantu pihak asuransi melengkapi data atau informasi yang dirasa kurang untuk memproses klaim.

5. Memperbaiki mobil rusak ke bengkel rekanan asuransi

Terakhir, jika proses pengajuan klaim asuransi mobil kamu diterima, maka kamu akan mendapatkan SPK (Surat Perintah Kerja) yang bisa kamu bawa ke bengkel. Surat ini merupakan bukti penugasan kepada bengkel untuk memperbaiki kendaraan kamu yang rusak.

Tips dari Lifepal! Sebelum memilih untuk memperbaiki mobil baret, kamu juga perlu meminta pendapat dari mekanik yang ada di bengkel. Ini mencegah terjadinya ketidakcocokan pilihan kita dengan spesifikasi mobil.

Ditambah lagi, ketika ingin menambahkan layanan perlindungan asuransi seperti SRCC, pertimbangkan lagi jenis lainnya, seperti TS (terorisme dan sabotase) dan kerusakan akibat bencana alam.

Keduanya sama pentingnya dengan SRCC demi menjaga mobil kesayangan tetap tampil maksimal. Kamu juga bisa mengandalkan bengkel mobil rekanan dari asuransi mobil pilihanmu yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia. 

Selain bisa berkonsultasi dan bertanya tentang kendaraanmu, bengkel mobil rekanan juga bisa kamu andalkan karena biasanya perusahaan asuransi memilih bengkel dengan reputasi baik sebagai rekanannya. 

Pakai Asuransi Mobil, Biaya Perbaikan Jadi Lebih Murah

Sekarang sudah tahu, ‘kan? Biaya perbaikan mobil baret cukup mahal dan berpotensi besar membuat isi dompet kosong. Ada jenis asuransi All Risk yang mampu mengcover seluruh kerusakan dan kehilangan, juga asuransi TLO yang mengcover kerusakan lebih dari 75 persen atau rusak parah.

Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya.

Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

Ikuti kuis asuransi mobil Lifepal berikut jika kamu masih belum juga menemukan produk asuransi yang yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar SRCC Asuransi

SRCC (strike, riot, and civic commotion) asuransi adalah layanan perlindungan tambahan yang berguna untuk menjamin kerusakan karena huru-hara, tawuran, dan unjuk rasa.
Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi mobil All Risk (comprehensive) dan asuransi mobil TLO (Total Loss Only). Kamu bisa cek, dapatkan, dan bandingkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal.

Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan berbasis syariah, kamu bisa memilih asuransi mobil syariah sebagai pilihan produk pengelolaan finansial yang tepat.

Tanya Lifepal untuk mendapatkan referensi produk asuransi di Indonesia.