Bingung dengan Bahasa Montir? Cari Tahu Artinya di Sini

montir mobil

Montir adalah tenaga ahli yang bertugas memperbaiki kerusakan dan menjaga kualitas performas permesinan, terutama mesin mobil dan motor.

Namun pekerjaan seorang montir lebih luas dari itu sebagaimana konsep kerja dan komponen permesinan sangat kompleks.

Nah saat kamu datang ke bengkel untuk mendapatkan layanan jasa servis mobil, sering kali kita dihadapkan kepada berbagai istilah perbengkelan yang asing di telinga awammu.

Kalau sudah begitu, kita cenderung merasa tidak mau direpotkan dan menyerahkannya begitu saja semua kepada urusan montir. Kita berharap biarkan pakarnya yang menyelesaikan dan kita tinggal bayar.

Memang tidak ada salahnya seperti itu kalau kita mendatangi bengkel resmi atau bengkel langganan yang sudah terpercaya.

Namun jika kita terpaksa harus datang ke sebuah bengkel bukan langganan karena tiba-tiba ada masalah mesin di tengah jalan, maka sebaiknya kita perlu paham juga dengan istilah-istilah tertentu dari montir di bengkel mobil tersebut.

Tujuan utama dari hal ini adalah agar kita tidak dipermainkan soal biaya servis mobil yang dikenakan pada nantinya.

Nah oleh karena itu, mari kita pelajari apa makna di balik istilah-istilah perbengkelan yang kerap diucapkan oleh montir mobil supaya kita paham tingkat urgensinya.

Overheating

Pernah melihat kap mesin ngebul? Ya, itu ciri-ciri mobil yang mengalami overheating. Insiden ini terjadi karena kondisi temperatur mesin melebihi batas maksimalnya.

Idealnya, suhu mesin berada di antara 82 derajat celcius hingga 93 derajat celcius. Nah, suhu mobil di atas 100 derajat celcius dipastikan mengalami overheating.

Penyebabnya macam-macam. Bisa karena sistem pendinginan mesin tidak bekerja sempurna atau air radiator sudah habis.

Mesin ngelitik

Mendengar suara-suara ganjil saat menginjak gas dan dibarengi dengan akselerasi mobil yang terasa lebih lambat? Biasanya montir mobil akan menyebutnya dengan istilah mesin ngelitik.

Istilah ini dipakai untuk menjelaskan terjadinya knocking yang menimbulkan suara ketukan pada saat mesin berputar pada kondisi tertentu.

Contohnya, suara ini muncul pada saat pemakaian perseneling gigi tinggi, tapi tidak didukung oleh pertambahan kecepatan mobil yang signifikan.

Pemicu mesin knocking bisa jadi dari buruknya kualitas BBM, pengapian yang kotor, dan/atau setelan mesin yang kurang pas.

Tune Up

Umumnya saat mobil diperiksa, kita diminta untuk menunggu. Beberapa saat kemudian montir datang, lalu berkata, “Mobilnya perlu di tune up.”

Apa maksudnya tune up? Kalau montir menyebut kata tune up, berarti dia ingin menyampaikan upaya penanganan untuk mengembalikan stamina mesin.

Komponen yang diutak-atik montir saat tune up antara lain sistem pengapian, bahan bakar, pengecekan filter oli dan udara, penggantian pelumas.

Oh ya, tune up di mobil keluaran terkini yang sudah dilengkapi ECU atau Electric Circuit Unit lebih difokuskan pada pengecekan kinerja komponen mesin berdasarkan analisis perangkat lewat sistem yang sudah terkomputerisasi.

Bila hasil analisis ECU menyatakan tidak ada masalah pada mesin, maka seharusnya mesin mobilmu tidak membutuhkan penanganan tune up.

Jadi jika montir bersikeras untuk melakukan tune-up pada mesinmu, lebih baik kamu tunda saja untuk menghemat pengeluaran.

Overhaul

Kalau mobil sudah diminta overhaul, berarti kerusakannya sudah berat. Overhaul adalah pekerjaan yang membuat montir mesti membelah atau menurunkan mesin untuk mencari tahu kerusakan.

Biasanya montir lebih suka menyebut turun mesin ketimbang overhaul. Istilah itu juga berlaku jika montir mendiagnosis ada kerusakan di girbox maupun garden.

Namun yang perlu diperhatikan soal overhaul ini adalah tidak selalu semua komponen mesin mengalami kerusakan. Jadi kamu perlu menekankan kepada montir, bagian apa saja pada mesin yang harus diperbaiki.

Hal ini penting sebagaimana biaya turun mesin atau overhaul cenderung lebih mahal dan akan tergantung kepada komponen apa saja yang perlu diperbaiki.

Spooring

Kalau bahas spooring, berarti langsung bahas kaki-kaki mobil, dalam hal ini roda. Sebutan lainnya adalah wheel alignment. Ini adalah pekerjaan untuk menyelaraskan lagi sudut roda sesuai spesifikasi pabrikan.

Lazimnya, pekerjaan ini sudah dilakukan secara komputerisasi. Pekerjaan spooring ini membantu agar perputaran tapak roda menjadi sempurna lagi sehingga ban tak cepat aus, BBM lebih irit, dan mendeteksi jika ada masalah di kaki-kaki mobil.

Balancing

Istilah ini juga terkait dengan roda. Nah, balancing ini merupakan pekerjaan untuk menyamakan lagi bobot ban dan pelek.

Jika bobotnya tak seimbang, maka pada kecepatan tertentu bakal membuat kemudi bergetar sehingga mengemudi jauh dari rasa nyaman. Kalau setir sudah bergetar seperi itu, maka buruan di-balancing!

Komponen copotan

Montir kadang menawarkan penggantian komponen. Lantaran stoknya tidak ada, dia lantas menyodorkan pilihan komponen copotan. Apa itu?

Komponen copotan adalah komponen bekas pakai yang diambil dari mobil sejenis. Lantaran bekas, pastinya kualitas sparepart dari hasil copotan tidak berada di angka 100 persen karena berstatus bekas.

Sebaiknya berhati-hati menggunakan komponen copotan meski banderolnya lebih murah. Yang paling kentara adalah umur fungsionalnya cenderung tidak tahan lama.

Jadi memang tidak masalah jika kamu mau pakai komponen copotan, tapi prioritaskan hanya untuk sementara. Setidaknya agar mobil bisa digunakan lagi untuk dibawa pulang.

Nah besoknya, kamu harus ganti komponen copotan itu dengan yang baru di bengkel resmi supaya aman.

Supaya kamu terhindar dari mahalnya biaya servis dan ganti sparepart, lebih baik kamu jadi nasabah asuransi mobil aja. Manfaat asuransi mobil akan menanggung biaya-biaya perawatan mesin mobil dan risiko lainnya.

Yuk cari tahu apa produk asuransi mobil yang pas dengan kebutuhanmu.

Kalau kamu sudah temukan produk perlindungan yang cocok, lalu berapa premi asuransi tahunannya ya?

Kalau kamu memiliki pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja kepada ahlinya di Tanya Lifepal!

Itulah sebagian dari istilah-istilah yang bakalan sering diucapkan oleh montir mobil saat kamu servis mobil di bengkel.

Tidak ada yang perlu ditakutkan karena seiring usia mobil dan bertambahnya jam terbang, pastinya kualitas sparepart-nya akan menurun.

Jadi wajar saja jika pada periode tertentu, kamu harus servis atau ganti sparepart.

Umumnya tiap dealer mobil akan memberimu semacam panduan servis dan perawatan mesin dari pabrikan sebagai pedoman. Kamu bisa ikuti instruksi yang ada di dalamnya agar terhindar dari turun mesin.

Misalnya instruksi untuk mengganti oli tiap beberapa bulan dan mengganti filter udara setelah mobil menempuh jarak 20 ribu kilometer dengan pemakaian normal.

Oh ya, tentu saja tiap-tiap pabrikan mobil punya aturan tersendiri terkait masa penggantian komponen dan biaya servis di tiap bengkel resmi tiap merek mobil akan berbeda-beda juga ya.

Yang terpenting, jangan lalai untuk merawat mobilmu secara berkala.

FAQ seputar tugas montir mobil

Apa itu montir?

Montir adalah tenaga ahli dalam bidang otomatif yang bertugas memperbaiki kerusakan pada permesinan mobil atau motor. Dia juga bertugas mempertahankan performa mesin kendaraan tetap berada pada titik optimal.

Apa itu overheating?

Overheating adalah memanasnya mesin hingga mencapai suhu di atas kewajaran. Ditandai dengan keluarnya asap dari mesin.

Apa yang dimaksud dengan mesin ngelitik?

Mesin ngelitik adalah kondisi gangguan pada mesin yang ditandai dengan munculnya semacam suara ketikan tiap mobil sedang diakselerasi. Umumnya dirasakan dengan laju mobil yang berat walau berada di perseneling gigi tinggi.

Apa artinya tune up?

Tune up adalah upaya untuk mengembalikan performa atau stamina mesin ke kondisi terbaiknya.

Apa itu overhaul?

Overhaul atau turun mesin adalah penanganan mesin mobil berskala besar sebagaimana tingkat kerusakannya sudah parah. Mobil terpaksa harus menginap di bengkel untuk ditangani secara menyeluruh.

Apa itu spooring?

Disebut juga dengan wheel alignment, spooring adalah upaya penanganan untuk menyelaraskan sudut-sudut roda sesuai spesifikasi pabrikan kembali.

Apa artinya balancing?

Balancing adalah penanganan untuk menyamakan bobot ban dan pelek kembali. Tanda-tandanya adalah kemudi yang bergetar saat mobil dibelokkan atau ketika mobil mencapai kecepatan tertentu.

Apa yang dimaksud dengan komponen copotan?

Komponen copotan atau bahasa umumnya disebut dengan kanibal adalah penggunaan sparepart bekas yang diambil dari kendaraan lain yang sejenis.

Sebagaimana kualitasnya bekas, maka gunakan hanya untuk sementara. Sangat disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru secepatnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →