Jenis-Jenis Asuransi yang Penting Dipelajari Manfaatnya

rumah keluarga

Asuransi membantu Anda untuk meminimalisasi berbagai risiko yang akan timbul di kemudian hari. Misalnya saja risiko kecelakaan, risiko terkena penyakit kronis, risiko kendaraan rusak berat, hingga risiko kehilangan lainnya.

Di sinilah fungsi asuransi yang melindungi Anda dari berbagai risiko kerugian tersebut. Termasuk kerugian yang ditimbulkan jika Anda meninggal dunia. Dalam kondisi demikian, keluarga Anda akan mendapatkan perlindungan berupa jaminan keberlangsungan hidup hingga kurun waktu tertentu.

Hampir semua penduduk di negara maju memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa bahkan ada yang memiliki asuransi kendaraan. Dengan pilihan demikian, Anda bisa menentukan apa saja yang hendak Anda proteksi untuk meminimalisasi risiko kerugian atau kehilangan.

Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi yang paling penting untuk dipelajari manfaatnya dan paling populer di Indonesia.

Asuransi Kesehatan

Jenis Asuransi Kesehatan Untuk Menutupi Biaya Rumah Sakit

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan terhadap pengeluaran biaya kesehatan maupun perawatan, ketika Anda jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Asuransi kesehatan memberikan manfaat agar Anda tidak perlu lagi memikirkan beban biaya-biaya yang dibutuhkan saat melakukan rawat inap dan rawat jalan.

1. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah asuransi yang pengelolaannya di bawah pemerintah. BPJS Kesehatan memiliki tugas menyelenggarakan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia.

BPJS Kesehatan memiliki dasar hukumnya yaitu UU no 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional Pasal 5 ayat (1) dan pasar 52.

Dengan demikian, BPJS Kesehatan merupakan mandat langsung dari pemerintah yang diwajibkan bagi seluruh rakyat Indonesia meskipun Anda sudah memiliki asuransi dari perusahaan swasta lainnya.

2. BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan berbeda dengan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan mencakup perlindungan terhadap kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan juga jaminan kematian.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan hasil integrasi dari BPJS Kesehatan dan Jamsostek. BPJS Ketenagakerjaan seperti halnya BPJS Kesehatan diwajibkan kepada seluruh pekerja yang menerima upah.

Oleh karena itu, umumnya perusahaan melengkapi perlindungan karyawannya dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Asuransi Jiwa

Jenis Asuransi Jiwa Untuk Perlindungan Keluarga

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka adalah salah satu jenis asuransi turunan dari asuransi jiwa. Asuransi jiwa berjangka memberikan perlindungan kepada pemegang polis dalam kurun waktu tertentu saja. Misalnya ketika sedang travelling atau dalam perjalanan bisnis.

Jangka waktu pembayaran premi pun lebih ringan karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan periode waktu yang ditentukan misalnya dalam kurun waktu sebulan, empat bulan, atau bahkan tahunan sesuai dengan ketentuan polis asuransi yang diberikan.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup berlawanan dengan asuransi jiwa berjangka. Jenis asuransi ini memiliki peran untuk melakukan perlindungan seumur hidup. Selama pemegang polis masih hidup tetap dalam naungan perlindungan asuransi jenis ini.

Asuransi berjangka sangat cocok untuk generasi milenial yang baru saja merintis kariernya. Dengan premi yang lebih rendah namun mendapatkan perlindungan yang maksimal.

3. Asuransi Unit Link

Secara sederhana asuransi unit link adalah asuransi yang memberikan dua jenis manfaat, yaitu manfaat perlindungan dan juga manfaat investasi. Inilah salah satu asuransi yang paling sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Prinsip asuransi unit link sangat berkaitan erat dengan pasar modal. Karena pada dasarnya premi yang dibayarkan akan digunakan perusahaan asuransi untuk berinvestasi di pasar modal. Manfaatnya, nasabah akan mendapatkan keuntungan investasi.

Namun demikian jenis asuransi ini tidak akan memberikan nilai investasi yang maksimal karena premi dibagi dua dengan perlindungan asuransi.

Begitu juga dengan nilai premi yang lebih tinggi karena terdapat fungsi investasi. Di sinilah Anda perlu bijak memilih asuransi yang Anda butuhkan, apakah butuh asuransi murni atau butuh asuransi sekaligus memberikan manfaat investasi.

Asuransi Kerugian

Jenis Asuransi Kerugian Untuk Jaminan

1. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor di Indonesia yang cukup populer adalah asuransi mobil. Namun demikian, semakin berkembangnya kesadaran masyarakat, kini asuransi kendaraan roda dua pun tak kalah populer.

Asuransi kendaraan bermotor adalah asuransi yang memberikan terhadap kepemilikan kendaraan pribadi dari kecelakaan, kerusakan sampai dengan kehilangan.

Untuk beberapa kasus tertentu bahkan terdapat produk asuransi kendaraan bermotor yang memberikan perlindungan terhadap risiko terkena banjir atau sebab-sebab yang sudah tercakup dalam polis asuransi kendaraan bermotor.

Umumnya asuransi kendaraan bermotor sudah termasuk salah satu paket dalam penjualan kendaraan baru. Bahkan asuransi kendaraan bermotor sudah menjadi salah satu syarat bagi para pengemudi taksi online yang hendak mendaftarkan kendaraannya.

Artinya asuransi kendaraan bermotor kini menjadi salah satu hal yang penting untuk meminimalisasi kerugian.

2. Asuransi Properti

Investasi properti dipercaya sebagai salah satu investasi yang paling menguntungkan. Namun, apa jadinya jika ternyata terjadi kerusakan atau kehilangan. Begitu juga bila terjadi kebakaran yang menyebabkan seluruh isi dan bangunannya mengalami kerusakan.

Asuransi properti adalah jenis asuransi yang tidak terbatas hanya melindungi aset properti seperti rumah saja tetapi juga memberikan jaminan perlindungan terhadap properti lain seperti apartemen, kontrakan, gudang, toko hingga perkantoran.

Dengan memberikan proteksi terhadap aset properti secara tidak langsung akan melindungi aset Anda yang akan berguna untuk melindungi investasi juga.

3. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri adalah salah satu macam asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko cacat tetap secara keseluruhan atau sebagian bahkan risiko meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

Tingkat kecelakaan di Indonesia termasuk yang sangat tinggi. Apalagi saat musim mudik. Pasalnya masih banyak warga yang mudik menggunakan kendaraan roda dua. Belum lagi dengan risiko kecelakaan pesawat terbang atau alat transportasi umum lainnya.

Peran asuransi kecelakaan diri memberikan perlindungan yang timbul karena kecelakaan baik di tempat kerja ataupun di rumah. Hanya saja terdapat pembatasan misalnya seperti ikut balapan atau olahraga ekstrem lainnya.

Asuransi kecelakaan diri termasuk lebih lengkap dibandingkan dengan asuransi jiwa yang hanya melindungi kematian saja.

Misalnya jika Anda mengalami kecelakaan dan mengakibatkan cacat hingga tidak bisa membayar cicilan, asuransi akan berikan perlindungan. Pihak asuransi membayarkan kerugian yang ditimbulkan karena kecelakaan bahkan santunan jika kecelakaan tersebut mengakibatkan kematian.

4. Asuransi Kredit

Asuransi kredit adalah perlindungan yang dijamin pihak asuransi kepada kreditur jika debitur tidak bisa membayar atau melunasi kewajiban. Asuransi kredit biasanya mencakup perlindungan pemberian kredit usaha, modal kerja dengan tujuan memberikan pembiayaan kepada debitur.

Fungsi asuransi kredit memberikan jaminan agar kreditur tidak mengalami kerugian jika debitur tidak bisa membayar utang dengan berbagai sebab. Dengan begitu operasional perbankan tetap bisa berjalan dan memberikan kredit kepada debitur yang membutuhkan bantuan dalam mengembangkan usahanya untuk menggerakkan roda perekonomian.

5. Asuransi Uang dan Harta Benda

Jenis asuransi yang satu ini mungkin terdengar asing di telinga Anda. Namun demikian, asuransi uang dan harta benda adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap aset harta benda dari berbagai musibah seperti kebakaran, bencana alam, kerusuhan, dan kerusakan lainnya.

Contoh harta benda yang bisa diasuransikan seperti hewan ternak, hewan peliharaan, bendungan, dermaga, tambang, harta benda yang dalam proses pembangunan, jalur kereta api, pohon, dan barang berharga lainnya.

Pilih Asuransi Terbaik Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Memilih Jenis Asuransi yang Tepat

Itulah bermacam-macam asuransi yang ada di Indonesia dan sudah cukup populer di tengah-tengah masyarakat. Namun memang pada dasarnya tidak semua warga memahami jenis asuransi yang ada.

Anda bisa memilih asuransi yang tepat berdasarkan manfaat yang diberikan. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan sampai dengan asuransi kendaraan bermotor. Ketidakpastian di masa depan akan lebih terjamin jika Anda sudah melindunginya dengan produk asuransi yang tepat.

Dalam merencanakan keuangan yang tepat dibutuhkan juga kemampuan untuk memperkirakan apa yang akan terjadi di kemudian hari. Namun, apa yang terjadi di masa depan tidak bisa diprediksi dengan mudah. Di sinilah peran asuransi hadir sebagai salah satu solusi untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis