10 Alasan Klaim Asuransi Motor Kredit Kecelakaan Ditolak

Motor

Asuransi motor kredit kecelakaan bisa kamu klaim asal memenuhi persyaratan pengajuan klaim. Sebelum membahasnya, ketahui dulu apa itu asuransi motor kredit.

Asuransi motor kredit adalah produk asuransi motor yang didapatkan nasabah ketika membeli kendaraan roda dua, yaitu dengan cara mencicil alias kredit.

Nah, selama masa kredit, ada kemungkinan motor yang digunakan mengalami kerusakan akibat kecelakaan hingga risiko pencurian.

Biar gak merugikan kedua pihak —perusahaan penjual motor dan pembeli— hadirlah asuransi motor kredit tersebut. Dengan begitu, ketika terjadi risiko, kamu bisa mengklaim asuransi motor kredit kecelakaan.

Sekadar informasi, asuransi kendaraan sebenarnya gak cuma menjamin aset berupa motor. Ada juga asuransi kendaraan yang menjamin mobil, bus, hingga truk.

Kamu yang berniat membeli motor kredit, yuk simak ulasan tentang klaim asuransi motor kredit kecelakaan dan apa aja yang bikin klaim ditolak!

Cari tahu lebih lanjut tentang asuransi dari ahlinya di Tanya Lifepal!

Syarat dan ketentuan klaim asuransi motor kredit kecelakaan

Bagi kamu yang memiliki motor kredit dan ingin mengklaim asuransi motor kredit kecelakaan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan perusahaan.

Punya asuransi motor juga menguntungkan karena mengurangi risiko finansial ketika terjadi kerusakan bahkan kehilangan.

Nah, apa saja syarat dan ketentuan klaim asuransi motor kredit kecelakaan? Yuk, simak ulasannya.

1. Bukti kerusakan

Salah satu syarat utama klaim asuransi motor kredit kecelakaan adalah melampirkan bukti kerusakan kendaraan. Tentu ini berbeda dengan klaim motor kredit hilang.

Nah sebagai pemilik motor dan nasabah asuransi, kamu harus punya bukti kerusakan atas motor tersebut. Salah satu caranya bisa dengan foto dan menunjukkan bagian yang rusak ketika dilakukan survei.

Sebagai informasi, bukti kerusakan motor ini jadi salah satu syarat utama dan penentu klaim kamu diterima lho!

2. Dokumen klaim lengkap

Setelah punya bukti, kamu harus melengkapi dokumen klaim asuransi motor kredit kecelakaan. Salah satunya tentu mengisi formulir klaim kecelakaan yang bisa diunduh atau diisi secara online, tergantung perusahaan asuransinya.

Biasanya dokumen klaim asuransi motor kredit kecelakaan yang harus kamu penuhi adalah fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM, fotokopi STNK, dan surat keterangan dari kepolisian yang membenarkan adanya kecelakaan.

3. Datangi bengkel rekanan atau resmi

Setelah semua berkas terkumpul dan perusahaan asuransi menyetujui klaim kamu, datangi bengkel rekanan atau resmi. Namun, saat ini lebih banyak perusahaan asuransi yang akan mendatangkan pihak bengkel ke tempat kamu.

Pada proses ketiga ini, pihak bengkel akan melakukan survei atas kerusakan motor. Proses survei dari pihak bengkel ini juga bakal menentukan apakah motor kamu bisa diklaim atau tidak.

4. Mengisi formulir klaim

Proses klaim gak akan berjalan jika kamu gak isi formulir klaim. Sesuai penjelasan sebelumnya, formulir klaim ini bisa diunduh dan diisi secara manual atau secara online di situs resmi perusahaan asuransi.

Pastikan kamu mengisi formulir dengan benar dan jelas. Sesuaikan nama kamu, nomor kendaraan, mesin, dan lain-lain yang biasanya tercantum di STNK motor kamu.

Dengan begitu, kamu udah satu langkah lagi mendekati keberhasilan klaim asuransi motor kredit kecelakaan.

Penyebab klaim asuransi motor kredit kecelakaan ditolak

Meski gak seribet kehilangan motor, banyak lho yang mengeluhkan klaim asuransi motor kredit kecelakaan. Salah satunya adalah penolakan perusahaan asuransi atas klaim kerusakan motor tersebut.

Jangan marah-marah dulu!

Simak ulasan apa saja yang bikin klaim asuransi motor ditolak!

1.Tidak punya SIM

Pengendara tak punya SIM dianggap berisiko di mata perusahaan asuransi. Selain itu ini juga termasuk dalam pelanggaran hukum sehingga sudah dipastikan klaim bakal ditolak jika motor digunakan pengendara tanpa SIM.

2.Motor digunakan untuk mengangkut barang

Jika terbukti motor digunakan untuk keperluan lain seperti mengangkut barang, besar kemungkinan perusahaan asuransi akan menolak. Alasannya, pihak tertanggung dianggap telah melanggar perjanjian karena menggunakan motor bukan untuk peruntukannya.

3.Motor dimodifikasi

Sebelum berniat memodifikasi motor, ada baiknya konsultasikan dulu dengan pihak asuransi. Dengan begitu bisa diketahui apakah bisa di-cover atau tidak.

Meski begitu, ketika modifikasi itu dianggap membahayakan keselamatan berlalu lintas, misalnya mengganti ban cacing yang gak standar, bisa saja perusahaan asuransi menolak klaim. Artinya, modifikasi membuat kendaraan dianggap tak layak pakai.

4. Parkir bukan pada tempatnya

Hati-hati kalau parkirkan motor. Sebaiknya parkir di tempat yang sudah ditentukan seperti area parkir resmi.

Perusahaan asuransi bisa beralasan menolak klaim motor yang hilang jika parkir di tempat yang bukan semestinya. Argumentasi lainnya adalah parkir sembarangan membuat risiko kendaraan menjadi lebih tinggi.

Di samping itu, perhatikan juga jangan parkir di rambu larangan parkir (P). Perusahaan asuransi bisa berdalih itu melanggar peraturan lalu lintas sesuai dengan isi PSAKBI pasal 3.

5. Mabuk

Mengendarai motor dalam keadaan mabuk sudah jelas melanggar hukum. Di samping itu risiko terjadinya kecelakaan terbuka lebar. Wajar jika perusahaan asuransi langsung menolak klaim yang diajukan yang disebabkan karena hal ini.

6. Melanggar lalu lintas 

Dalam polis asuransi jelas tercantum tak bakal menanggung risiko bila pengemudi dengan sengaja melanggar lalu lintas. Sebut saja menerobos lampu merah, memasuki jalur yang dilarang, dan lain-lain. Perusahaan asuransi bisa berdalih tertanggung mengendarai motor dalam kondisi ugal-ugalan.

7. Nama tak tercantum dalam polis 

Dalam banyak kasus bisa saja perusahaan asuransi hanya menyetujui klaim yang diajukan pemilik kendaraan atau seseorang yang namanya tercantum dalam polis. Di luar nama itu, maka perusahaan asuransi berhak menolak.

8.Masa berlaku polis

Lihat baik-baik masa berlaku polis. Jika sudah kadaluarsa ya sudah pasti perusahaan asuransi langsung menolak meski kejadian yang dialami termasuk yang dijamin.

9. Lewat batas waktu pengajuan klaim

Pelajari dengan seksama kapan batas akhir pengajuan klaim. Jika ternyata sudah lewat yang ditentukan pihak asuransi siap-siap saja gigit jari.

Sebisa mungkin ketika terjadi apa-apa dengan motor segera hubungi perusahaan asuransi dengan menyebut nomor polis. Maka itu penting untuk mencatat nomor polis dan terus membawanya setiap berpergian dengan motor.

10. Dokumen kurang lengkap

Ada aturan main yang mesti dipenuhi saat mengajukan klaim. Utamanya adalah kelengkapan persyaratan administratif dalam arti dokumen.

Ketika tertanggung gagal melengkapi dokumen yang disyaratkan, wajar jika perusahaan asuransi menolak klaim tersebut.

Tips memilih asuransi motor

Walaupun kamu memiliki motor secara kredit, kamu tetap harus selektif dalam memilih asuransi motor. Jangan sembarang pilih asuransi motor yang murah, ya!

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai asuransi motor, termasuk cara menghitung klaim asuransi motor.

Lalu bagaimana memilih asuransi motor terbaik? Simak ulasan berikut ini.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu. FYI, ada 2 jenis asuransi motor yaitu Comprehensive (All Risk) dan Total Loss Only (TLO). Cari tau tentang dua produk asuransi tersebut.
  2. Kenali keunggulan dari produk atau polis yang ditawarkan. Dengan begitu, kamu tahu apa saja yang bisa kamu klaim.
  3. Bandingkan produk asuransi motor dari beberapa perusahaan. Salah satu cara gampangnya dengan mengunjungi situs Lifepal.
  4. Beli yang sesuai kebutuhan dan bujet kamu. Misalnya kamu yang sering bepergian dengan motor tidak ada salahnya membeli polis All Risk plus TLO agar aman.

Demikian ulasan lengkap mengenai klaim asuransi motor kredit kecelakaan dari syarat hingga penyebab klaim ditolak.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang asuransi, simak berbagai tanya jawab dengan ahlinya di Tanya Lifepal!

Tanya jawab

Asuransi motor kredit adalah asuransi kendaraan bermotor khusus roda dua yang biasanya disertai dalam pembelian motor secara angsuran. Jaminan yang diberikan termasuk All Risk dan TLO.

Cara klaim asuransi motor kredit kecelakaan yaitu:

  • Melaporkan kejadian atau kecelakaan yang dialami.
  • Mengisi formulir klaim
  • Melengkapi dokumen klaim yang dibutuhkan
  • Survei motor oleh pihak asuransi
  • Jika klaim disetujui, motor akan dibawa ke bengkel rekanan atau resmi.

Asuransi motor online bisa kamu dapatkan melalui e-commerce Lifepal. Pembelian dan klaim bisa dilakukan secara online.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →