Memahami Arti Asuransi Jiwa Kredit dan Manfaatnya

jiwa kredit

Layanan pinjaman uang bank atau kredit sewajarnya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan darurat untuk usaha yang bersifat produktif. Pelunasannya dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Khususnya saat kita mengajukan kredit jangka panjang, maka biasanya bank akan menawarkan asuransi jiwa kredit sebagai bentuk proteksi kita sebagai nasabah pinjaman.

Pengertian Asuransi Jiwa Kredit

Asuransi jiwa kredit adalah bagian dari asuransi jiwa yang umumnya ada sebagai bentuk kerja sama bank dengan perusahaan asuransi. Manfaatnya berupa pelunasan kredit kepada bank apabila nasabah tiba-tiba meninggal dunia.

Asuransi jiwa kredit sesungguhnya memiliki manfaat bagi kedua belah pihak, baik kreditur (bank) ataupun debitur (nasabah). Kreditur atau bank akan terlindungi dari kemungkinan tidak terlunasinya kredit para nasabahnya. Sedangkan kita sebagai debitur akan terbebas dari kewajiban pelunasan kredit meskipun mengalami risiko seperti kematian dan kecelakaan.

Dengan kata lain, selama periode pertanggungan berlaku, perusahaan asuransi akan melunasi utang kita sebagai nasabah ketika risiko meninggal dunia terjadi. Berkat asuransi jiwa kredit, keluarga kita tidak dibebani dengan pelimpahan pelunasan utang dari bank.

Untuk tahu lebih banyak tentang asuransi jenis ini, berikut segala hal tentang asuransi jiwa kredit.

Serba-Serbi Asuransi Jiwa Kredit

Dalam asuransi jiwa kredit, tertanggung adalah bank atau lembaga pembiayaan keuangan yang mengajukan permintaan asuransi kredit, bukan debitur atau nasabah yang meminjam dana. Dengan demikian asuransi kredit adalah merupakan bi-party agreement yang mana hanya ada dua pihak yang terlibat, yaitu:

  • Perusahaan asuransi sebagai penanggung.
  • Bank umum atau lembaga pembiayaan sebagai tertanggung.

Sedangkan objek pertanggungannya adalah risiko timbulnya kerugian yang dialami oleh bank atau lembaga pembiayaan keuangan karena adanya kredit macet dari debitur. Kredit macet tersebut bisa karena debitur meninggal dunia, cacat seumur hidup, kecelakaan, atau alasan lain yang menyebabkannya tidak bisa melunasi kredit.

Apa Saja Risiko yang Ditanggung?

Risiko yang dapat dijamin pada asuransi jiwa kredit adalah risiko yang timbul karena debitur tidak melunasi kredit pada saat kredit yang bersangkutan jatuh tempo. Debitur dinyatakan dalam keadaan insolvent dan harus memenuhi salah satu hal berikut.

  1. Debitur dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri yang berwenang.
  2. Debitur dikenakan likuidasi berdasarkan keputusan Pengadilan yang berwenang dan untuk itu telah di tunjuk likuidatur.
  3. Debitur, sepanjang bukan Badan Hukum ditempatkan di bawah pengampunan.
  4. Debitur melarikan diri/menghilang/tidak lagi diketahui alamatnya.
  5. Terjadinya penarikan kembali kredit sebelum jangka waktu kredit berakhir, yaitu khusus untuk kredit dengan jangka waktu lebih dari dua tahun dengan syarat bahwa penarikan kembali kredit tersebut memenuhi salah satu ketentuan, yaitu dimaksudkan untuk mencegah atau mengurangi terjadinya kerugian yang lebih besar apabila kredit tersebut dilanjutkan atau disebabkan adanya ketidaksesuaian atau penyimpangan yang dilakukan debitur atas ketentuan-ketentuan dalam perjanjian kredit.
  6. Risiko lain-lain yang disepakati antara tertanggung dan penanggung yang dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama atau Surat Kesepakatan Bersama.

Apa Saja Risiko yang Tidak Dijamin?

Risiko yang tidak dijamin pada asuransi jiwa kredit adalah kondisi-kondisi yang timbul karena beberapa hal berikut.

  1. Reaksi nuklir, sentuhan radioaktif, radiasi, dan reaksi inti atom yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi dan mengakibatkan kegagalan usaha debitur tanpa memandang bagaimana dan dimana terjadinya.
  2. Kerugian yang diderita debitur yang disebabkan oleh risiko-risiko yang wajib ditutup pertanggungannya dalam Asuransi Kerugian dengan nilai penuh (fully insured) atau minimal sama dengan pokok kreditnya.
  3. Terjadinya salah satu risiko politik yang secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi dan mengakibatkan kegagalan usaha debitur untuk melunasi kreditnya.
  4. Tindakan hukum yang dilakukan oleh pemerintah terhadap debitur dan atau usaha debitur yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi dan mengakibatkannya tidak dapat melunasi kreditnya.
  5. Bencana alam.
  6. Risiko akibat kesalahan ataupun kelalaian yang dilakukan oleh bank.

Cara Membeli Asuransi Jiwa Kredit

Cara mendapatkan manfaat asuransi jiwa kredit adalah dengan mendaftarkan diri menjadi peserta asuransi saat mengajukan pinjaman uang kepada bank. Bahkan kini kita bisa mendaftar melalui perantara bank yang memberikan kita fasilitas kredit tanpa harus pergi ke perusahaan asuransi.

Kita cukup mengisi Surat Permohonan Penutupan Asuransi Jiwa (SPPAJ), lalu membayar uang premi sesuai jumlah yang telah ditentukan. Sebagai bukti telah terdaftar menjadi peserta, kita akan menerima Sertifikat Kepesertaan dari perusahaan asuransi yang disampaikan melalui bank.

Jika kita sudah mendaftar, nantinya bank yang mengajukan asuransi jiwa kredit akan menyiapkan dokumen-dokumen berikut ke calon penanggung, yakni perusahaan asuransi.

  1. Perjanjian kerja sama atau surat kesepakatan bersama antara perusahaan asuransi sebagai penanggung dan bank sebagai tertanggung.
  2. Manual pemberian kredit yang diterbitkan oleh bank tersebut.
  3. Akte perusahaan debitur, company profile milik debitur, laporan keuangan debitur pada tiga tahun terakhir.
  4. Tembusan permohonan kredit dari debitur ke bank, memorandum persetujuan kredit dari bank ke debitur.

Sebelum memutuskan untuk membeli, kita harus mempelajari dengan baik proposal penawaran, terutama terkait risiko yang dijamin dan tidak dijamin, persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, cara pembayaran premi, dan kewajiban tertanggung dalam hal terjadi kerugian atau kerusakan.

Kita juga harus memastikan bahwa perusahaan asuransi yang memberikan jaminan memang kredibel dan bebas masalah. Setelah yakin, kita wajib mengisi Surat Permohonan Penutupan Asuransi Jiwa (SPPAJ) dengan data yang sebenar-benarnya secara lengkap. Ini semua perlu kita lakukan agar mendapatkan manfaat sepenuhnya dari asuransi jiwa kredit yang kita beli.

Melengkapi kredit kita di bank dengan asuransi jiwa kredit adalah langkah yang bijak untuk memberikan jaminan bahwa jika terjadi hal-hal yang tidak memungkinkan kita melunasi utang, keluarga di rumah tidak akan dibebani dengan pelimpahan pelunasan utang.Untuk mendapatkan referensi mengenai produk-produk asuransi lainnya, misalnya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa murni, untuk menjamin keuangan kita dan keluarga, cek saja di Lifepal, ya!

Cari tahu asuransi yang cocok buat kamu dengan mengisi Kuis Lifepal berikut!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →