Cari Tahu Produk Asuransi Motor untuk Yamaha di Sini

penuhi pembayaran pajak motor

Yamaha adalah salah satu merek sepeda motor yang populer di Indonesia. Berdasarkan pangsa pasarnya, Yamaha memegang pangsa pasar terbesar kedua di Indonesia setelah Honda. Sama seperti sepeda motor pada umumnya, sepeda motor Yamaha juga tidak bebas risiko mengalami kerusakan, seperti kecelakaan atau kecurian. Nah, salah satu cara untuk mengantisipasi berbagai risiko itu adalah dengan menggunakan asuransi sepeda motor.

Mengasuransikan sepeda motor berarti memindahkan risiko yang kita tanggung kepada perusahaan asuransi. Dengan demikian, apabila terjadi suatu kerugian seperti kecelakaan atau dicuri, perusahaan asuransi yang akan menanggung kerugian tersebut.

Berikut ini penjelasan mengenai asuransi motor dan berbagai perusahaan asuransi untuk motor Yamaha kita.

Apa Pentingnya Memiliki Asuransi Motor?

memilih tlo

Pada dasarnya, asuransi motor dikategorikan sebagai asuransi kendaraan bermotor yang mana ketentuan soal premi asuransinya sudah ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Sama seperti mobil, terdapat dua jenis asuransi motor, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO.

Asuransi all risk atau yang biasa dikenal sebagai asuransi komprehensif adalah asuransi yang menanggung seluruh risiko yang dihadapi oleh sepeda motor tersebut, termasuk kecelakaan ringan, sedang atau parah sampai risiko pencurian.

Asuransi motor all risk biasanya dibeli oleh orang yang memiliki motor dengan harga di atas Rp25 juta. Asuransi all risk dibeli karena biaya penggantian kerugian apabila mengalami berbagai risiko itu cukup mahal.

Sementara itu, asuransi TLO (total loss only) atau yang biasa dikenal sebagai asuransi kerugian total adalah asuransi yang menanggung risiko apabila sepeda motor itu hilang karena dicuri atau rusak dengan tingkat kerusakan minimal 75 persen.

Tarif asuransi TLO cenderung lebih murah dibandingkan dengan asuransi all risk karena tidak semua risiko ditanggung oleh asuransi TLO. Asuransi TLO biasanya digunakan oleh orang yang menggunakan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari atau bekerja.

Tarif Asuransi Motor

Menghitung Pajak

Pada 2017, Otoritas Jasa Keuangan menerbitkan Surat Edaran Nomor 6/SE/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017.

Surat edaran tersebut mengatur tarif asuransi kendaraan bermotor, termasuk mobil dan motor. Berikut ini tarif asuransi kendaraan roda dua yang meliputi sepeda motor dan skuter.

1. Asuransi all risk
Kategori HargaKendaraan Wilayah I Wilayah 2 Wilayah 3
Kategori 8 Semua uang pertanggungan 3,18%-3,5% 3,18%-3,5% 3,18%-3,5%
2. Asuransi TLO
Kategori 8 Semua uang pertanggungan 1,76%-2,11% 1,8%-2,16% 0,67%-0,8%

Sumber tabel: Surat Edaran OJK

Keterangan:

Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya

Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Rekomendasi Produk Asuransi untuk Motor Yamaha Kita

asuransi motor

Asuransi sepeda motor adalah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi umum. Pada saat ini, sejumlah perusahaan asuransi umum memiliki sejumlah produk asuransi motor. Berikut ini sejumlah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi sepeda motor untuk Yamaha.

1. Asuransi Adira

Asuransi Adira memiliki produk bernama asuransi Motopro. Asuransi ini bisa digunakan oleh sepeda motor Yamaha.

Produk asuransi TLO ini bisa menjadi pilihan untuk melindungi motor Yamaha kita. Sebagai contoh, apabila motor Yamaha yang kita miliki rusak total (dengan tingkat kerusakan lebih dari 75 persen) atau hilang, maka Adira akan memberikan ganti rugi.

Motopro memiliki dua jenis produk antara lain Motopro Classic (asuransi konvensional) dan Motopro Ikhlas (asuransi syariah). Adira juga menawarkan dua paket produk, yaitu Motopro dan Motopro Plus.

2. Asuransi Sinarmas

Asuransi Sinarmas sebagai salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia memiliki produk bernama Simas Motor. Simas motor adalah produk asuransi sepeda motor yang memberikan perlindungan khusus untuk kendaraan roda dua.

Jenis pertanggungan yang ditanggung oleh Simas Motor adalah TLO. Simas Motor hanya bersedia menjamin risiko sepeda motor yang dipakai untuk keperluan pribadi atau dinas, bukan ojek.

3. Asuransi Bess Insurance

Selain Sinarmas dan Adira, Asuransi Bess Insurance juga memiliki produk asuransi sepeda motor. Kendaraan roda dua yang dijamin dalam produk asuransi kendaraan roda dua ini antara lain sepeda motor, skuter, dan yang sejenisnya.

Sama seperti produk asuransi kendaraan bermotor pada umumnya, risiko yang dapat ditanggung oleh produk asuransi tidak hanya risiko kehilangan atau kerusakan total, tapi dapat diperluas juga atas risiko terkena gempa, tsunami, hingga tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

Contoh Kasus Pertanggungan Asuransi All Risk

Premi asuransi kecelakaan

Sebagai contoh, Pak Ariel punya motor Yamaha N-Max dengan harga on the road sekitar Rp27 juta. Pak Ariel tinggal di Jakarta dan punya asuransi all risk untuk Yamaha N-Max yang dimilikinya.

Asuransi all risk itu memiliki tarif 3,5 persen. Berapa premi asuransi all risk yang harus dibayar Pak Ariel? Secara umum, Pak Ariel harus membayar premi sekitar Rp945.000 per tahun yang perhitungannya berasal dari Rp27 juta x 3,5%.

Namun sebagai patokan yang lebih nyata, penghitungan asuransi all risk akan berpatokan kepada pasaran harga motor yang berlaku saat kejadian.

Maka dari itu, Pak Ariel akan mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi apabila motornya dicuri, ditabrak, tersambar petir, atau bahkan terperosok ke jurang tergantung ketentuan di dalam polis asuransi. Asuransi all risk menanggung sebagian besar risiko yang dihadapi oleh sepeda motor itu.

Setelah mengetahui pentingnya memiliki asuransi kendaraan, coba manfaatkan konsultasi asuransi gratis dari Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →