Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP di Kota Lain?

Ilustrasi bayar pajak motor tanpa KTP

Salah satu syarat dalam prosedur bayar pajak kendaraan harus membawa KTP asli yang sesuai dengan data di STNK dan BPKB. Nah, kira-kiri dimungkinkan tidak ya bayar pajak motor tanpa KTP?

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 5 Tahun 2012. Namun, di masyarakat, peraturan ini kadang menyulitkan bagi mereka yang ingin bayar pajak motor tanpa KTP.

Menurut Perkap tadi, berkas yang akan diminta petugas saat proses perpanjang pajak STNK ialah KTP, BPKB, dan STNK asli.

Ada kalanya kondisi tidak memungkinkan untuk membawa KTP asli saat bayar pajak. Biasanya ini terjadi ketika baru saja membeli kendaraan bekas dan pemilik kendaraan sebelumnya tidak dapat ditemui.

Apabila masih bisa pinjam KTP, prosedur bayar pajak motor bisa memakai KTP pemilik sebelumnya sebelum balik nama.

Lalu, bagaimana sekarang? Apakah dimungkinkan bayar pajak motor tanpa KTP?

Cara bayar pajak motor online di Samolnas

Dengan aplikasi Samsat Online Nasional, pemilik kendaraan bermotor dimungkinan membayar pajak tanpa harus membawa KTP. Bagaimana caranya?

  • Install aplikasi Samolnas di smartphone.
  • Buka aplikasi dan pilih Mulai.
  • Pilih menu Pendaftaran
  • Pilih Setuju kalau sepakat dengan Terms and Conditions.
  • Isi data-data, dari NRKB/No. Polisi, NIK/No. KTP, No. Rangka, No. Ponsel, dan e-mail.
  • Pilih Lanjutkan.
  • Hasilnya yang ditemukan akan dilampirkan.
  • Kode bayar berlaku selama 2 jam dari proses pendaftaran.
  • Pilih Setuju untuk melanjutkan proses pembayaran.
  • Pilih Salin Kode untuk proses pembayaran.
  • Pemilik kendaraan dapat melakukan pembayaran di e-Banking ataupun mesin ATM.
  • Simpan bukti pembayaran sebagai syarat pengesahan STNK dan pengambilan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP).

Bisakah bayar pajak motor di kota lain?

Lalu kemudian muncul pertanyaan bisakah bayar pajak motor di kota lain? Jawabannya tentu saja bisa. Pemilik sepeda motor ataupun mobil asal luar kota dapat langsung membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ataupun pajak motor 5 tahunan di kota di mana berada saat ini.

Untuk mempermudah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pemilik kendaraan dapat membayarnya lewat aplikasi Samsat Online Nasional.

Syarat-syarat bayar pajak motor di kota lain kurang lebih sama dengan syarat bayar pajak motor pada umumnya, yaitu:

  • KTP dan fotokopinya.
  • STNK dan fotokopinya.
  • BPKB dan fotokopinya.

Untuk mengetahui syarat bayar pajak motor 5 tahunan, kamu bisa mendapatkan informasinya di artikel Syarat Bayar Pajak Motor Online dan Offline [Plus Cara Cek PKB].

Banyak pemilik kendaraan, termasuk pemilik motor, yang menanyakan perihal bisakah bayar pajak motor di kota lain.

Pertanyaan “Bisakah bayar pajak motor di kota lain?” itu didasari fakta kalau banyak dari pemilik kendaraan mengurus surat-surat atau administrasi kendaraan di kota asal mereka.

Katakanlah pemilik kendaraan asalnya Kota Bandung, Jawa Barat yang notabene ber-KTP Provinsi Jawa Barat.

Ketika si pemilik KTP Jawa Barat ini membeli sepeda motor di Kota Bandung, segala administrasi terkait kepemilikan sepeda motor tercatat di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Bandung dan Pemerintah Kota Bandung.

Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP di Kota Lain?
Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP di Kota Lain?

Si pemilik motor dengan pelat Kota Bandung inipun pergi dan menetap di Kota Jakarta untuk bekerja. Saat tiba waktunya melakukan pembayaran PKB, tak sedikit pemilik kendaraan bermotor di kota lain yang bingung.

Untungnya, layanan pembayaran pajak saat ini telah dimudahkan, termasuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dengan memberi keleluasaan bagi para pemilik kendaraan untuk membayar PKB di mana pun mereka berada.

Jadi, gak perlu lagi bertanya-tanya, “Bisakah bayar pajak motor di kota lain?”.

Bagaimana cara bayar pajak motor atas nama orang lain?

Setelah mengetahui bisakah bayar pajak motor di kota lain, sekarang kamu perlu tahu juga bagaimana cara bayar pajak motor atas nama orang lain.

Cara bayar pajak motor atas nama orang lain kurang lebih sama dengan bayar pajak motor atau mobil pada umumnya.

Pemiliki kendaraan ketika hendak bayar pajak motor atas nama orang lain, cukup membawa syarat-syarat, seperti:

  • KTP dan fotokopinya.
  • STNK dan fotokopinya.
  • BPKB dan fotokopinya.

Kunjungi Samsat terdekat dengan membawa syarat-syarat tersebut dan lakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Terbiasa membayar pajak motor sendiri, cukup banyak yang bingung saat berhalangan bayar pajak, tapi waktu pembayarannya sudah mepet.

Terpikirlah untuk meminta bantuan keluarga atau teman agar membayar pajak motor yang waktu pembayarannya sudah mendekati jatuh tempo.

Namun, munculah pertanyaan di benak mereka, “Bagaimana cara bayar pajak motor atas nama orang lain?” Untungnya, pembayaran pajak motor atas nama orang lain ini tak memerlukan syarat tambahan karena sama dengan pembayaran PKB pada umumnya.

Jadi, gak usah bingung lagi ketika hendak minta bantuan keluarga untuk bayar pajak ya. 

Cara bayar pajak motor di Indomaret-Alfamart

Seiring perkembangan pembayaran digital, pembayaran pajak kendaraan bisa juga dilakukan via daring di minimarket. Bayar pajak motor di Indomaret maupun Alfamart kini sudah sangat dimungkinkan. 

Dengan demikian, proses bayar pajak motor bisa tanpa KTP asli. Pembayaran hanya butuh data NIK dan alamat KTP saja. Namun demikian, belum semua provinsi menerapkan pembayaran pajak lewat jaringan minimarket.

Provinsi Banten dan Jawa Timur sudah melaksanakan proses pembayaran pajak lewat jaringan retail Indomaret dan Alfamart.

Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP di Kota Lain?
Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP di Kota Lain?

Untuk teknis pembayarannya, wajib pajak ke kasir sebutkan pelat nomor, nomor telepon untuk konfirmasi pembayaran, nanti ada informasi jumlah pembayaran termasuk dendanya.

Wajib pajak sebaiknya langsung menukarkan bukti ke UPT atau gerai pada hari yang sama untuk pengesahan.

Pada proses pembayaran ini, maksimal enam hari setelah membayar di minimarket, masyarakat dapat ke gerai SAMSAT terdekat untuk pengesahan.

Di SAMSAT akan dibuka loket khusus bagi masyarakat yang sudah membayar melalui minimarket. Menurut kabar, proses pembayaran melalui minimarket ini sedang dalam proses dengan pihak Polda Metro Jaya.

Warga DKI Jakarta dan sekitarnya di bawah payung hukum Polda Metro Jaya nantinya juga bisa bayar pajak motor tanpa KTO dan BPKB.

Selain mudah, prosesnya juga cepat dan fleksibel bisa dilakukan di jaringan Indomaret-Alfamart manapun di Jakarta. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu antre panjang lagi di loket-loket SAMSAT.

Ketentuan di balik keterlambatan bayar pajak kendaraan bermotor

Sering kali besaran pajak dan batas waktu pembayaran luput dari perhatian pemilik kendaraan. Jika melebihi waktu tanggal yang telah ditentukan, maka pemilik kendaraan akan dikenakan sanksi berupa denda.

Kamu dapat melihat besaran pajak dan tanggal masa berlaku kendaraan bermotor di STNK. 

Besaran denda yang dikenakan berbeda-beda, tergantung dari besar pajak kendaraan dan waktu keterlambatannya. Namun, cara penghitungannya tetap sama dan kamu tetap bisa menghitungnya sendiri. Rumus untuk menghitung denda pajak kendaraan bermotor adalah sebagai berikut.

Denda keterlambatan 2 hari hingga 1 bulan dikenakan denda sebesar 25%.

  • Keterlambatan 2 bulan: PKB x 25% x 2/12 + denda SWDKLLJ
  • Keterlambatan 6 bulan: PKB x 25% x 6/12 + denda SWDKLLJ
  • Keterlambatan 1 tahun: PKB x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ
  • Keterlambatan 2 tahun: 2 x PKB x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Denda SWDKLLJ bagi motor adalah sebesar Rp32.000, sedangkan mobil Rp100.000. 

Untuk prosesnya, tidak berbeda jauh dengan membayar pajak tahunan. Kamu hanya perlu mengisi formulir, lalu menyerahkannya ke loket yang sudah ditentukan beserta fotokopi KTP, STNK, dan BPKB untuk mendapatkan Surat Ketetapan Pajak.

Setelah itu, bayarlah SWDKLLJ beserta denda. Langkah selanjutnya adalah mengambil berkas yang diserahkan tadi dengan menunjukkan surat bukti telah melunasi tunggakan.

Jika sudah, tinggal mengambil surat setoran pajak daerah PKB/BBN-KB di loket yang sudah ditentukan, lalu melakukan pembayaran pajak di kasir dan selesai dan STNK-mu sudah bisa dibawa pulang.

Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP di Kota Lain?
Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP di Kota Lain?

Perlu diingat pula bagi kendaraan yang tidak melakukan registrasi ulang selama 2 tahun setelah habis masa berlaku STNK, yaitu 5 tahun, maka pihak berwajib akan melakukan penghapusan data dari daftar registrasi.

Aturan ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 dan Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) tahun 2012. 

Jika STNK-mu sudah dihapus, maka untuk dapat memiliki dokumen STNK kembali, kamu harus mendatangi Samsat yang berada di Kantor Polisi Daerah setempat untuk mengurus ulang kelengkapan surat kendaraan seperti ketika pertama kali membeli.  

Hal tersebut tentu sangat merepotkan. Untuk itu, jangan sampai lupa bayar pajak kendaraan, ya!

Lindungi kendaraanmu dengan asuransi

Enaknya punya kendaraan pribadi bisa ke mana-mana dengan mudah. Tapi gak enaknya kalau kendaraan kita mengalami kerusakan atau benturan karena biaya perbaikannya bisa mahal.

Tapi kamu bisa memanfaatkan asuransi kendaraan. Bagi yang memiliki mobil bisa membeli asuransi mobil atau yang memiliki motor bisa membeli asuransi motor.

Tapi kalau kamu penasaran dengan berapa premi asuransi mobil yang harus dibayar, temukan jawabannya menggunakan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut.

Tapi produk asuransi mobil apa yang cocok dengan kebutuhanmu ya? Lifepal coba bantu berikan rekomendasinya di sini. 

Dapatkan kesempatan promo diskon dari pembelian asuransi kendaraan di Lifepal.co.id. Segera daftarkan diri sekarang!

Demikianlah informasi singkat mengenai bayar pajak motor dan bisakah bayar pajak motor di kota lain.

Tanya jawab seputar bayar pajak motor tanpa KTP

Bisakah bayar pajak motor di kota lain?

Bisakah bayar pajak motor di kota lain? Tentu bisa. Kamu tinggal mengakses Samsat Online Nasional. Dengan aplikasi tersebut kamu bisa melakukan pembayaran secara online dimanapun kamu berada.

Bagaimana cara bayar pajak motor di Indomaret?

Kini kamu bisa melakukan bayar pajak motor di Indomaret. Kamu hanya perlu menuju ke kasir dan menyebutkan plat nomornya. Nanti kasir akan menginformasikan besaran pajak yang harus kamu bayarkan.