22 Jenis Jenis Asuransi di Indonesia dan Contohnya

rumah keluarga

Jenis asuransi, khususnya di Indonesia, cukuplah banyak. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, properti, kendaraan, dan bahkan ada pula asuransi hewan.

Mengapa jenis-jenis asuransi cukup beragam? Sebab, asuransi bermanfaat untuk menanggung/memberikan ganti rugi apabila terjadi risiko tertentu. “Risiko tertentu” yang disebutkan di sini berbeda-beda pada tiap jenis asuransi.

Nah, setidaknya ada sekitar 21 jenis asuransi yang cukup umum dan mudah diperoleh di Indonesia. Termasuk kamu bisa dapatkan beragam produk asuransi berikut di marketplace asuransi yang ada di Lifepal.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan penggantian biaya perawatan medis akibat sakit ataupun kecelakaan. Adapun manfaat utamanya terdiri atas rawat inap dan rawat jalan. Kemudian, terdapat manfaat tambahan berupa manfaat perawatan untuk proses melahirkan, perawatan mata, dan gigi.

Jenis-jenis asuransi kesehatan terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Yang paling populer adalah berdasarkan cara klaimnya, yaitu asuransi kesehatan cashless (biasanya menunjukkan/menggesek kartu asuransi) dan reimbursement.

Adapun contoh produk asuransi kesehatan terbaik, antara lain asuransi kesehatan Cigna seperti misalnya Cigna Proteksi Sehat, Lippo Insurance, AIA, Prudential, dan Asuransi Sinar Mas.

Premi bergantung pada limit, riwayat kesehatan, jenis kelamin, manfaat yang kamu pilih, dan jumlah orang yang ditanggung. Ada yang ratusan ribu per bulan tetapi ada juga yang cuma puluhan ribu per bulan.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan uang pertanggungan (UP) kepada ahli waris apabila nasabah/tertanggung meninggal dunia.

Selain risiko meninggal dunia, beberapa produk asuransi jiwa juga memberikan pertanggungan apabila terjadi risiko cacat tetap total. Namun, biasanya pertanggungan tersebut termasuk dalam rider (manfaat tambahan). Yang mana terdapat penambahan premi untuk itu.

Jenis-jenis asuransi jiwa terdiri atas asuransi jiwa berjangka (term life) dan asuransi jiwa seumur hidup (whole life). Adapun asuransi term life memberikan pertanggungan dalam jangka waktu tertentu saja, mulai dari setahun, 5, 10, 20, dan maksimal 30 tahun. Sementara asuransi whole life memberikan pertanggungan seumur hidup.

Beberapa rekomendasi produk untuk asuransi jiwa, antara lain Simas Jiwa SIJI Guard 4 dengan premi mulai dari Rp120 ribu per bulan, Manulife Essential Assurance dengan premi mulai Rp475 ribu per bulan, dan ada pula asuransi jiwa Heksa Rencana Aman hanya Rp100 ribu per bulan.

Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah produk asuransi yang memberikan pertanggungan risiko kecelakaan (akibat dari luar). Kecelakaan yang dimaksud di sini adalah akibat kecelakaan lalu lintas, kerja, maupun kecelakaan diri seperti misalnya terpeleset di kamar mandi.

Produk ini hampir mirip dengan asuransi jiwa karena manfaat yang diberikan berupa uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia atau cacat tetap total.

Beberapa rekomendasi untuk jenis asuransi ini, antara lain asuransi kecelakaan Jagadiri, BRI Life, dan termasuk pula Jasa Raharja.

Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi kerusakan/kehilangan pada mobil karena kecelakaan, baik menabrak atau ditabrak. Selain itu, asuransi juga menanggung risiko kerusakan akibat bencana alam seperti banjir maupun huru-hara. Dengan catatan, terdapat penambahan premi.

Adapun jenis-jenis asuransi mobil terdiri atas asuransi all risk (comprehensive) dan total loss only (TLO). Asuransi all risk menanggung hampir semua kerusakan, mulai lecet hingga parah. Sementara asuransi TLO hanya menanggung apabila mobil rusak parah (minimal 75 persen) atau kehilangan saja.

Adapun beberapa rekomendasi asuransi mobil terbaik, antara lain asuransi mobil ACA, Adira, asuransi mobil Sinar Mas, dan asuransi mobil MAGI.

Asuransi Motor

Asuransi motor adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan motor. Akan tetapi, sedikit berbeda dengan asuransi mobil, kebanyakan nasabah biasanya mengambil produk asuransi kehilangan saja (TLO). Meski demikian, tetap ada produk asuransi all risk motor tetapi cukup jarang.

Pilihan produk asuransi motor terbilang cukup jarang. Salah satu brand yang menyediakan jenis asuransi ini adalah asuransi motor Adira.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan dana pendidikan bagi anak apabila orangtua mengalami risiko meninggal dunia atau cacat tetap total. Prinsip asuransi ini hampir mirip dengan asuransi jiwa tetapi dana biasanya diberikan secara bertahap. Yaitu sesuai dengan jenjang pendidikan anak.

Asuransi pendidikan terbagi atas metode endowment (dwiguna) yaitu nilai tunai diambil dari akumulasi tabungan dan unit link yaitu nilai tunai diambil dari investasi. Untuk kedua jenis asuransi tersebut akan dijelaskan lebih detail pada poin berikut.

Beberapa brand besar yang menyediakan produk asuransi pendidikan, antara lain BCA-AIA melalui polis Edu Maksima (EduPlan), asuransi pendidikan AXA Mandiri, dan Prudential.

Asuransi Dwiguna

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, asuransi dwiguna atau endowment merupakan produk asuransi yang dipadukan dengan akumulasi tabungan. Jadi, premi yang kamu bayarkan akan dialokasikan ke proteksi dan tabungan.

Kamu tidak hanya mendapatkan uang pertanggungan apabila terjadi risiko tetapi juga bisa mendapatkan nilai tunai di akhir masa polis. Nah, jumlah nilai tunainya sendiri bersifat pasti, berbeda dengan unit link. Asuransi dwiguna sering kali ditemukan pada produk asuransi pendidikan.

Asuransi Unit Link

Bisa dibilang, asuransi unit link adalah kebalikan dari asuransi dwiguna. Asuransi unit link merupakan produk asuransi yang dipadukan dengan investasi. Premi yang kamu bayarkan akan dialokasikan ke proteksi dan investasi.

Kamu tidak hanya bisa mendapatkan jaminan uang pertanggungan apabila terjadi risiko tetapi juga memperoleh nilai tunai di akhir masa polis. Nilai tunai tersebut bersifat fluktuatif, bergantung pada grafik investasi kamu saat penarikan dana.

Jenis asuransi ini bisa kamu temukan pada produk asuransi pendidikan, asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan.

Asuransi Properti

Asuransi properti adalah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi insiden tertentu pada properti/rumah beserta aset di dalamnya. Adapun insiden yang ditanggung bisa pencurian, kebakaran, atau bencana alam.

Jenis asuransi properti menggunakan dasar Polis Asuransi Property All Risk. Risiko yang dijamin tidak hanya kebakaran tetapi juga insiden yang telah disebutkan sebelumnya. Produk asuransi ini cocok bagi kamu yang memiliki properti di daerah rawan.

Asuransi Kebakaran

Jenis asuransi ini hampir mirip dengan asuransi property all risk. Yaitu sama-sama menanggung kerugian pada aset properti tetapi akibat risiko kebakaran saja. Risiko kebakaran yang dimaksud di sini bisa akibat kebakaran, sambaran petir, ledakan gas, atau bahkan kejatuhan pesawat terbang.

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang menanggung risiko yang terjadi saat kamu melakukan perjalanan bisnis atau traveling. Risiko tersebut bisa berupa kecelakaan, sakit, atau kehilangan barang.

Jenis asuransi perjalanan terbagi berdasarkan tujuan kamu, yaitu ada asuransi perjalanan domestik (dalam negeri), luar negeri, khusus Asia, umrah, dan termasuk asuransi perjalanan khusus untuk visa Schengen.

Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis memberikan pertanggungan terhadap aset bisnis, mulai dari peralatan kerja hingga asuransi karyawan. Sesuai dengan namanya, asuransi ini ditujukan bagi pebisnis, baik UMKM maupun korporasi.

Manfaat yang diberikan bisa berupa pertanggungan biaya kesehatan karyawan, penggantian pesangon apabila terjadi PHK, dan termasuk melindungi aset barang-barang perusahaan.

Asuransi Kredit

Asuransi kredit adalah jenis asuransi yang melunasi utang/sisa kredit tertanggung apabila mengalami risiko meninggal dunia, cacat tetap total, atau bahkan di-PHK. Biasanya asuransi ini ditawarkan saat kamu mengambil cicilan KPR, kredit mobil, kartu kredit, atau bahkan KTA.

Asuransi Disabilitas

Asuransi ini gak selalu dibutuhkan oleh semua orang, karena memang ditujukan bagi orang yang berisiko tinggi menjadi penyandang disabilitas atau difabel. Biasanya dibutuhkan oleh mereka yang bekerja atau sering berada di wilayah rawan perang atau kecelakaan. Adapun manfaat pertanggungannya berupa uang pertanggungan (santunan tunai).

Asuransi Kelautan

Asuransi kelautan atau marine cargo adalah jenis asuransi yang menanggung risiko yang berhubungan dengan aktivitas kelautan. Biasanya dibutuhkan saat pengiriman logistik via kapal laut.

Manfaat pertanggungannya berupa penggantian atas risiko kerusakan barang yang dikirim atau bahkan kerusakan kapal itu sendiri.

Asuransi Dana Pensiun

Asuransi dana pensiun kadang disebut pula sebagai Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Produk asuransi ini ditujukan sebagai jaminan finansial saat pensiun dari pekerjaan. Dengan demikian, tertanggung bisa tetap hidup layak di masa tuanya.

Asuransi Syariah

Asuransi syariah adalah produk asuransi yang menggunakan prinsip syariah dalam pelaksanaannya. Yang membedakannya dengan asuransi konvensional adalah pengelolaan dana transparan, menggunakan prinsip tolong-menolong (tabarru’), dan tidak ditempatkan pada sektor haram.

Jenis asuransi syariah ini terdapat di berbagai jenis asuransi pada umumnya, yaitu asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, hingga dana pensiun.

Dalam praktiknya, perusahaan asuransi yang menyediakan produk ini harus memiliki izin khusus unit syariah yang diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Asuransi Sosial

Asuransi sosial adalah jenis asuransi bersifat wajib yang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah.

Asuransi Proyek dan Konstruksi

Asuransi proyek atau konstruksi adalah produk asuransi yang memberikan jaminan finansial apabila terjadi kerugian pada proyek/konstruksi, baik bagi pemilik proyek, kontraktor, pekerja, maupun mesin.

Adapun jenis jaminan asuransi proyek terdiri atas jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan pembayaran pembayaran uang muka, jaminan pemeliharaan, garansi bank, dan custom bond. Pelajari mengenai produk asuransi ini melalui laman asuransi proyek.

Asuransi Tanggung Gugat

Produk asuransi tanggung gugat adalah jenis asuransi yang akan memberikan jaminan finansial akibat kelalaian tertanggung yang menyebabkan kerugian pada pihak ketiga serta menyebabkan tuntutan hukum. Contoh paling sederhana untuk produk asuransi ini adalah risiko menabrak mobil orang lain.

Jenis asuransi tanggung gugat terbagi menjadi tiga kategori, yaitu asuransi tanggung gugat perorangan, umum, dan profesi.

Asuransi Uang

Asuransi uang adalah produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas risiko kehilangan uang (dan kadang dalam bentuk surat berharga), baik saat perjalanan (pengiriman) maupun saat penyimpanan (dalam lemari besi atau strong room). Pemegang polis bisa perorangan maupun badan usaha.

Asuransi Hewan

Asuransi hewan, sesuai dengan namanya, memberikan pertanggungan asuransi untuk hewan peliharaan. Jenis asuransi ini memang terbilang cukup jarang di Indonesia tetapi bukan berarti tidak ada.

Adapun risiko yang ditanggung, antara lain kecelakaan, pencurian, dan tanggung jawab pihak ketiga. Sementara itu, hewan yang bisa diasuransikan adalah hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →