8 Manfaat Asuransi Kesehatan dan Alasan Harus Punya

sakit

Manfaat asuransi kesehatan tidak lain adalah memberikan solusi finansial ketika tertanggung mengalami risiko medis. Asuransi kesehatan penting karena risiko sakit bisa menimpa siapa saja, baik usia muda dan tua. Data World Health Organization (WHO) 2011 menunjukan bahwa 6 dari 10 orang Indonesia rentan menderita penyakit kritis di usia produktif akibat gaya hidup kurang sehat.

Lifepal sendiri menyediakan pilihan asuransi kesehatan terbaik dengan premi murah. Mulai dari Rp50 ribu per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan pertanggungan saat di rumah sakit atau ke dokter. 

Tapi masih bingung dan belum yakin manfaat dan pentingnya asuransi sebagai proteksi keuanganmu? Yuk simak video berikut dan baca artikelnya sampai selesai!

8 Manfaat Asuransi Kesehatan 

Manfaat utama dari asuransi kesehatan adalah membantu mengalihkan biaya perawatan dan biaya pengobatan saat terkena penyakit. Adapun 8 alasan yang patut dipertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan: 

Menjadi solusi finansial ketika sakit

Ketika dihadapkan dengan risiko kesehatan, beberapa orang tidak siap dari segi finansial. Hal ini dapat sangat dimengerti, sebab biaya kesehatan di Indonesia tidaklah murah. Karena itu, dengan terproteksi asuransi kesehatan kamu tidak perlu khawatir akan tagihan rumah sakit karena ditanggung oleh asuransi kesehatan. Jadi, bisa fokus pada proses penyembuhan saja. 

Membantu mengatur keuangan lebih baik

Ketika tidak terproteksi dan mengalami risiko kesehatan seperti rawat inap, mau gak mau harus merelakan sebagian dana tabungan sebagai jalan keluarnya. Tentu cara ini tidaklah ideal, karena dana tabungan itu sebenarnya sudah direncanakan untuk hal penting lainnya. Coba ada asuransi, dana tabungan tidak akan terganggu. Karena itu, manfaat asuransi kesehatan bisa membantu kamu tetap disiplin dalam mengatur keuangan.

Pilihan proteksi yang praktis

Asuransi kesehatan umumnya memberikan manfaat klaim cashless atau non tunai. Artinya, kamu hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada pihak rumah sakit rekanan. Kemudian bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut. Jadi, tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, kecuali jika ada excess.  Sangat praktis, bukan? 

Jaminan pelayanan kesehatan yang layak

Manfaat asuransi kesehatan adalah memberikan pelayanan kesehatan yang layak kepada nasabahnya. Karena itu, dalam memilih polis sebaiknya lihat manfaat apa saja yang ditanggung dalam polis tersebut. Apakah sebanding dengan biaya perawatan kesehatan saat ini. Dengan begitu bisa memastikan bahwa kita akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak jika terkena risiko kesehatan. 

Menjadi investasi jangka panjang 

Saat ini sudah ada banyak sekali pilihan asuransi kesehatan unit link. Artinya, nasabah bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan dan nilai tunai investasi sekaligus. Biasanya perusahaan asuransi juga bekerjasama dengan manajer investasi profesional untuk memastikan investasi nasabah berjalan optimal. Hanya saja premi asuransi kesehatan unit link umumnya lebih mahal ketimbang polis murni. 

Menyelamatkan dari risiko utang 

Dalam keadaan genting dan tidak memiliki dana tabungan maupun dana darurat, tidak jarang jika akhirnya beberapa orang memilih untuk berutang. Nah, tentu saja kita gak ingin dong dihadapkan dengan situasi seperti itu? Oleh sebab itu, penting banget terproteksi asuransi kesehatan. Jadi begitu sudah sembuh nanti, gak perlu pusing untuk melunasi utang tersebut.

Memberikan ketenangan batin

Asuransi memang gak bisa membuat kita kebal dari penyakit, tapi bisa membuat kita lebih tenang ketika mengalaminya. Ini dikarenakan kita tahu bahwa ketika sakit akan ditanggung oleh asuransi. Jadi kita bisa fokus untuk mengatur keuangan bulanan dengan optimal tanpa harus khawatir akan risiko finansial yang muncul jika terserang penyakit. 

Solusi inflasi kesehatan yang tinggi

Inflasi biaya rumah sakit di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara, bahkan mengalahkan Singapura. Pada tahun 2018 saja inflasi rumah sakit mencapai 11 persen. Artinya, jika kisaran biaya rawat inap berkisar Rp500 ribu per hari, maka di tahun selanjutnya naik jadi Rp555 ribu. Bayangkan jika harus dilakukan pembedahan yang biayanya tentu lebih mahal. Nilai 11 persen tadi tentu akan sangat terasa bedanya. Karena itu manfaat asuransi kesehatan bisa membantu kita menghadapi inflasi biaya rumah sakit tersebut.

Untuk memberikan gambaran kamu juga bisa menghitung kisaran kenaikan biaya inflasi dengan kalkulator Lifepal! Klik halaman kalkulator biaya inflasi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara perhitungannya.

Perawatan yang Ditanggung Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan membantu nasabah untuk membayar semua kebutuhan mulai dari biaya dokter, biaya obat-obatan, biaya rawat inap, sampai dengan tindakan pembedahan.

Sesuai dengan kontrak dalam polis asuransi, perusahaan akan menanggung semua pengeluaran biaya yang ditimbulkan hingga limit tahunan yang disepakati bersama. Berikut ini adalah perawatan yang ditanggung asuransi kesehatan:

Rawat Inap (Inpatient)

Manfaat asuransi kesehatan yang paling terasa adalah mendapatkan pelayanan rawat inap. Manfaat inilah yang memakan biaya cukup besar. Proteksi yang diberikan berupa pertanggungan biaya kamar, obat-obatan, konsultasi dokter, aneka, dan pembedahan. 

Ada juga pilihan polis yang memberikan santunan tunai. Maksudnya jika polis yang dipilih memberikan santunan tunai Rp300 ribu per hari + pertanggungan biaya kamar Rp250 ribu per hari total Rp550 ribu per hari. Kemudian tagihan rumah sakit adalah Rp400 ribu per hari, maka nasabah tetap akan mendapatkan Rp500 ribu per hari. 

Namun, tidak berarti manfaat asuransi kesehatan rawat inap tersebut lebih menguntungkan, ya. Sebab masih ada aneka biaya lainnya yang perlu dipertimbangkan. Karena itu, baca dan pelajari polis dengan teliti sebelum membelinya. Lihat juga nilai limit tahunannya. Semakin tinggi semakin bagus. Contohnya ada manfaat asuransi kesehatan Allianz yang memberikan limit tahunan hingga Rp6 miliar. 

Rawat Jalan (Outpatient)

Sebagai pemegang polis asuransi kesehatan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat rawat jalan. Proteksi ini berupa klaim biaya konsultasi dokter umum maupun dokter spesialis, obat dari dokter yang menggunakan resep, biaya tindakan untuk melakukan pencegahan, maupun biaya lain seperti pembelian alat kesehatan yang direkomendasikan oleh dokter.

Hanya saja, ada batas uang pertanggungan per tahun. Jumlahnya ditentukan dengan seberapa besar premi yang dibayarkan. Tips lain sebelum memilih asuransi adalah memperhatikan uang pertanggungan, bukan pada besar kecilnya premi yang harus dibayarkan setiap bulan.

Pre-Existing Condition

Pre-existing condition adalah riwayat atau sedang mengidap penyakit tertentu yang sudah ada pada saat mendaftarkan asuransi kesehatan. Tidak semua asuransi kesehatan menanggung perawatan atas penyakit pre-existing condition, bahkan terbilang masih jarang yang memberikan manfaat tersebut. 

Namun tetap ada kok asuransi kesehatan menanggung pre-existing condition, di antaranya adalah asuransi kesehatan Allianz, Sinar Mas, dan AXA. 

Pertanyaan Seputar Manfaat Asuransi Kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan pada dasarnya adalah memberikan pertanggungan atas biaya rawat inap, rawat jalan, melahirkan, hingga pembedahan. Namun, manfaat yang diberikan akan disesuaikan kembali dengan polis asuransi yang dipilih.

Klaim asuransi kesehatan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cashless dan reimbursement. Cashless artinya klaim non tunai, di mana nasabah hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi kepada pihak rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. Reimbursement artinya, nasabah harus membayarkan tagihan rumah sakit dengan uang pribadi terlebih dahulu. Kemudian mengajukan klaim baru akan digantikan oleh pihak asuransi.

Asuransi kesehatan terbaik adalah yang menjadi solusi finansial ideal ketika terjadi risiko kesehatan. Karena itu, sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang memberikan 6 manfaat berikut:

  • Menyediakan manfaat klaim cashless
  • Menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi (non rider)
  • Memiliki manfaat Coordination of Benefit (CoB)
  • Menanggung penyakit yang sudah ada sebelumnya atau pre-existing condition
  • Limit tahunan atau uang pertanggungan sebanding dengan biaya rumah sakit saat ini
  • Iuran disesuaikan dengan kemampuan finansial

Ada banyak sekali bukan manfaat asuransi kesehatan yang bisa kamu dapatkan? Untuk memastikan asuransi yang dipilih benar-benar menguntungkan dan sesuai kebutuhan, pastikan kamu baca dan pelajari polis dengan teliti. Jika masih bingung, kamu bisa mengunjungi marketplace asuransi Lifepal untuk membandingkan polis dari beberapa perusahaan asuransi yang berbeda! 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →