Punya Kendala dengan Layanan BPJS? Adukan ke Nomor Ini agar Segera Ditindak

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar
call center bpjs kesehatan

Ada informasi yang belum kamu ketahui dari BPJS Kesehatan? Atau ada hal yang pengin kamu adukan terkait layanan BPJS? Kamu bisa cari tahu dan sampaikan keluh kesahmu di layanan call center BPJS Kesehatan.

Dipikir-pikir daripada kamu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, lebih baik kamu bertanya dan mendapatkan solusinya di call center BPJS Kesehatan. Hitung-hitung nih kamu bisa menghemat biaya dan tenaga lho.

Udah gitu layanan call center bisa diakses di mana saja dan kapan saja selama 24 jam. Enak banget kan? Nah, berikut ini adalah nomor call center BPJS Kesehatan yang bisa kamu hubungi.

Hubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500 400

Nomor di atas adalah nomor yang bisa dihubungi buat mengakses layanan call center BPJS Kesehatan. Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, nomor 1500 400 milik BPJS Kesehatan Care Center bisa dihubungi selama 24 jam.

Selain menemukan informasi dan mengadukan persoalan, call center BPJS Kesehatan juga memudahkan proses pendaftaran lho. Itu berarti orang-orang tidak perlu antre dengan daftarkan diri melalui call center.

Selain lewat call center BPJS, ada layanan online lewat media sosial

Karena sekarang layanan online kian masif penggunaannya, BPJS Kesehatan pun juga meningkatkan layanan online miliknya. Salah satunya adalah dengan mengintegrasikan layanan BPJS Kesehatan Care Center dengan akun-akun media sosial BPJS.

Asal tahu aja nih, kamu juga bisa mendapat informasi seputar layanan BPJS lewat akun-akun media sosial milik BPJS. Beberapa akun media sosial yang tersedia, yaitu Facebook @BPJSKesehatanRI, Twitter @BPJSKesehatanRI, hingga Instagram @bpjskesehatan_ri.

Ini 4 hal yang bisa dilakukan melalui call center BPJS Kesehatan

Dengan menghubungi layanan nasabah BPJS Kesehatan di nomor 1500 400, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan lho. Apa saja? Berikut ini daftarnya.

1. Pendaftaran peserta PBPU baru

Inilah salah satu layanan yang tersedia di BPJS Kesehatan Care Center. Kamu bisa melakukan pendaftaran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) ataupun peserta mandiri. Kamu juga bisa menambahkan anggota keluarga peserta mandiri lewat layanan call center.

Pastikan nomor induk kependudukan dan seluruh anggota keluarga telah tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Kamu juga perlu mempersiapkan syarat-syarat yang diminta buat pendaftaran, seperti:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Nomor rekening buat autodebet, mulai dari BRI, BNI, Mandiri, hingga BTN.
  • Email
  • Nomor handphone
  • Kelas rawat.
  • Fasilitas Kesehatan I yang dipilih.

2. Perubahan data kepesertaan

Melalui layanan call center, kamu juga bisa melakukan perubahan data kepesertaan. Mulai dari perubahan data identitas, perubahan fasilitas tingkat pertama, dan perubahan kelas rawat.

Penting sekali buat diperhatikan, kamu harus pastikan perubahan ini telah sesuai dengan dokumen-dokumen resmi dan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan BPJS Kesehatan. Terus pastikan kamu telah lebih dari 3 bulan terdaftar di Faskes I sebelumnya kalau mau ubah Faskes.

Sementara perubahan kelas rawat cuma berlaku buat peserta PBPU atau peserta mandiri. Ada pun syarat mengubah kelas rawat, yaitu kamu telah terdaftar lebih dari 1 tahun di kelas rawat sebelumnya.

3. Layanan informasi dan pengaduan

Selanjutnya, ada layanan informasi dan pengaduan yang bisa kamu akses di call center. Ketika mengakses layanan informasi, kamu nanti dihubungkan ke agen call center. Lewat agen call center, kamu bisa mengetahui informasi seputar layanan BPJS.

Begitu juga ketika kamu mengakses layanan pengaduan. Kamu bakal dihubungkan ke agen call center. Melalui agen tersebut, kamu bisa sampaikan persoalan yang dihadapi mengenai layanan BPJS Kesehatan.

4. Layanan konsultasi kesehatan

Di nomor 1500 400, kamu juga bisa berkonsultasi mengenai kesehatanmu lho. Begitu mengakses layanan tersebut, kamu bakal dihubungkan ke agen call center. Dengan agen tersebut, kamu bisa berkonsultasi mengenai kesehatanmu.

Nah, itu tadi informasi mengenai nomor call center BPJS Kesehatan yang aktif selama 24 jam serta keempat hal yang bisa kamu lakukan lewat nomor tersebut.

Semoga bisa membantumu yang ingin menyampaikan keluhan dan mengetahui layanan dari BPJS Kesehatan! Sebagai informasi, sebagai pelengkap BPJS Kesehatan-mu, sebenarnya kamu bisa menambahkan dengan asuransi kesehatan terbaik dengan premi murah. Dengan perlindungan ini, kamu bisa lebih tenang apabila dirawat di rumah sakit.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →