Ini Dia Beberapa Perusahaan Asuransi Jiwa Kredit Terbaik

pensiun dini

Asuransi jiwa kredit adalah produk kerja sama bank dengan perusahaan asuransi jiwa kredit yang memberikan manfaat berupa pelunasan kredit kepada bank apabila nasabah asuransi yang memanfaatkan fasilitas kredit (debitur) meninggal dunia. 

Dengan demikian, selama periode pertanggungan berlaku, perusahaan asuransi akan melunasi utang nasabah ketika risiko meninggal dunia terjadi.

Keabsahan asuransi jiwa kredit diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No 124/PMK.010/2008 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship (“PMK 124/2008”). Pasal 1 angka 2 PMK 124/2008 tersebut menyatakan:

Asuransi kredit adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan pemenuhan kewajiban finansial penerima kredit apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit.

Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa Kredit

Manfaat asuransi kredit

Manfaat memiliki asuransi jiwa kredit tidak hanya berlaku bagi kita sebagai debitur, tetapi juga pihak bank sebagai kreditur. Sebab, kreditur atau bank akan terlindungi dari kemungkinan tidak diperolehnya kembali kredit yang diberikan kepada para nasabahnya. 

Sedangkan kita sebagai debitur bisa tetap menjalankan kewajiban pelunasan kredit meskipun mengalami risiko, seperti kematian dan kecelakaan. Dengan begitu, keluarga yang kita tinggalkan tidak akan terbebani dengan kredit yang belum lunas.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Kredit

Tipe2 asuransi

Pada umumnya, ada tiga jenis asuransi jiwa kredit yang dapat dipilih, yaitu:

1. Asuransi Jiwa Kredit Standard

Asuransi ini akan memberikan perlindungan pengembalian atau pelunasan sisa kredit sesuai jadwal, apabila debitur mengalami musibah yang menyebabkan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan dalam jangka waktu asuransi masih berlaku.

Pada asuransi jiwa kredit jenis ini, nilai uang pertanggungan akan menurun seiring dengan menurunnya besar pinjaman. Jenis ini biasanya digunakan untuk pinjaman dengan cicilan tetap seperti kredit KPR, mobil, dan kredit sejenisnya.

2. Asuransi Jiwa Kredit Berjangka

Asuransi ini akan memberikan perlindungan pembayaran santunan sebesar pokok kredit awal apabila debitur mengalami musibah yang menyebabkan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan dalam jangka waktu asuransi masih berlaku.

Besarnya uang pertanggungan bernilai tetap selama jangka waktu pinjaman. Asuransi jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk pinjaman dengan cicilan bunga seperti kredit usaha kecil/menengah dan sejenisnya.

3. Asuransi Jiwa Kredit Joint Life

Ini adalah asuransi jiwa kredit yang memberikan perlindungan bersama debitur suami dan istri sekaligus. Berupa pembayaran santunan sebesar pokok kredit awal dan/atau sebesar sisa kredit sesuai jadwal apabila salah satu debitur mengalami musibah yang menyebabkan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan dalam jangka waktu asuransi masih berlaku.

Perusahaan Asuransi Jiwa Kredit Terbaik

Asuransi kredit

Terdapat dua perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang menawarkan perlindungan finansial melalui produk asuransi jiwa kredit, yaitu Asuransi Equity Life dan Asuransi MNC Life.

1. Asuransi jiwa kredit dari Equity Life Indonesia

Ini merupakan program asuransi yang dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap jiwa kreditur (nasabah asuransi) sehingga pengembalian kredit sesuai dengan jadwal. Ada beberapa jenis asuransi jiwa kredit yang ditawarkan oleh Equity Life Indonesia, yakni asuransi jiwa kredit standar, asuransi jiwa kredit berjangka, dan asuransi jiwa kredit joint life yang masing-masing memiliki kelebihan. Kita tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Asuransi jiwa kredit dari MNC Life

Asuransi dari MNC Life Indonesia akan memberikan jaminan perlindungan jiwa bagi nasabah penerima kredit atau pinjaman bila terjadi risiko meninggal dunia selama masa pinjaman sehingga keluarga terbebas dari sisa pinjaman yang belum dibayarkan. Produk asuransi ini menawarkan dua manfaat utama:

Uang pertanggungan menurun

Jika peserta meninggal dunia disebabkan sakit atau kecelakaan, penanggung akan memberikan uang pertanggungan yang menurun dari waktu ke waktu berupa sisa pokok pinjaman yang belum dilunasi oleh tertanggung, tanpa memasukkan bunga tunggakan dan denda jika ada. Setelah pinjaman lunas, maka pertanggungan berakhir.

Uang pertanggungan tetap

Jika peserta meninggal dunia disebabkan sakit atau kecelakaan, penanggung akan memberikan uang pertanggungan sebesar 100 persen dan untuk selanjutnya pertanggungan berakhir.

3. Asuransi jiwa kredit dari PFI Mega Life

Asuransi jiwa kredit dari PFI Mega Life memberikan perlindungan terhadap jiwa kreditur sebagai tertanggung atas risiko meninggal dunia dengan sebab apa pun. Ada dua manfaat yang ditawarkan, yaitu:

  • Pertama berupa perlindungan jiwa, yaitu apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa pinjaman, kepada pemegang polis akan dibayarkan sebesar sisa pinjaman, dan selanjutnya pertanggungan asuransi berakhir. 
  • Kedua adalah pelunasan pinjaman, yaitu apabila tertanggung melakukan pelunasan pinjaman sebelum jatuh tempo pinjaman (sebelum masa pinjaman berakhir), kepada tertanggung akan dibayarkan nilai tunai (bila ada), dan selanjutnya pertanggungan asuransi berakhir.

Syarat dan ketentuan seorang kreditur untuk bisa menjadi nasabah asuransi jiwa kredit dari PFI Mega Life sebagai berikut.

  • Usia masuk tertanggung 20-64 tahun (ulang tahun terdekat), di mana usia masuk tertanggung ditambah masa pinjaman tidak melebihi dari 65 tahun.
  • Masa pertanggungan asuransi 1-20 tahun.
  • Dipasarkan melalui jalur distribusi bancassurance.
  • Cara pembayaran premi secara sekaligus.

4. Asuransi jiwa kredit dari Chubb Life

Produk asuransi jiwa kredit dari Chubb Life menawarkan dua manfaat terpisah untuk calon nasabahnya. 

  • Pertama manfaat meninggal dunia. Jika tertanggung meninggal dunia, maka penanggung akan memberikan manfaat asuransi meninggal dunia (menurun sesuai dengan tabel manfaat yang dibuat Chubb Life kepada Bank). 
  • Kedua, manfaat pelunasan. Jika tertanggung melakukan pelunasan, maka penanggung akan memberikan manfaat pelunasan sesuai dengan penghitungan dari Chubb Life.

Perlu diperhatikan, ada beberapa ketentuan dari asuransi jiwa kredit dari Chubb Life, yaitu:

  • Merupakan asuransi jiwa berjangka.
  • Usia nasabah adalah 18-74 tahun.
  • Maksimal perlindungan hingga usia 75 tahun.
  • Periode kontrak selama 3 bulan hingga 15 tahun.
  • Uang pertanggungan maksimal 150 juta rupiah.
  • Masa pembayaran premi tunggal dilakukan secara sekaligus dan premi bulanan dilakukan selama masa pembayaran premi.
  • Metode pembayaran secara sekaligus dan bulanan.

Demikian penjelasan tentang perusahaan asuransi jiwa kredit yang bisa kita jadikan pilihan. Selalu ingat untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya sebelum memutuskan untuk membelinya agar bisa disesuaikan dengan manfaat yang tepat dan anggaran yang kita miliki.

Untuk mendapatkan ulasan-ulasan selengkapnya mengenai profil perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia dan produk-produk unggulan mereka, kunjungi dan cari tahu hanya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →