Rumah Sakit Pondok Indah – Layanan dan Harga Kamarnya

Rumah Sakit Pondok Indah

Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) mempunyai fasilitas yang baik, mengutamakan patient safety dan harga penyediaan jasa yang relatif mahal dibandingkan rumah sakit swasta lain. Pasalnya, segmen target market RSPI adalah orang kelas atas, orang asing dan ekspatriat.

Rumah Sakit Pondok Indah didirikan pada 1986 oleh PT Binara Guna Mediktama (RS Pondok Indah Group) sebagai rumah sakit pertamanya. RSPI beroperasi dengan teknologi inovatif yang mendukung para praktisi medis, dokter spesialis, dan sub-spesialis dari berbagai bidang kesehatan.

Dengan biaya berobat yang relatif mahal dibandingkan rumah sakit swasta lainnya, tentu tidak akan menjadi beban jika memiliki asuransi kesehatan yang bagus. Pasalnya, biaya berobat ke rumah sakit akan ditanggung oleh asuransi. 

Layanan medis di Rumah Sakit Pondok Indah

Pelayanan medis yang dimiliki Rumah Sakit Pondok Indah cukup lengkap. Selain layanan primer, RSPI juga menyediakan layanan gawat darurat, Executive Health Check Up, outpatient (rawat jalan), inpatient (rawat inap), dan didukung dengan Diagnostic Center. Pelayanan resep di RSPI yang buka 24 jam juga telah terkomputerisasi.

Gak cuma itu saja, RSPI juga menggunakan teknologi digital yang mendukung proses penyediaan jasanya.

Rumah Sakit Pondok Indah jadi rumah sakit digital pertama di Indonesia

Mulai tahun 2014, RSPI menerapkan sistem digital untuk administrasi pasien, layanan klinis, dan penunjang medis. Dengan sistem ini, semua catatan rekam medis, kunjungan pasien ke dokter rawat jalan, riwayat operasi, maupun riwayat penyakit pasien tercatat dalam e-medical record.

Sedangkan data pasien seperti tekanan darah, gula darah atau kolesterol disajikan dalam bentuk chart sehingga lebih mudah dipantau. Pelayanan medis pun menjadi lebih cepat dan efektif.

Pada tahun 2018, RSPI meluncurkan aplikasi RSPI Mobile yang dapat diunduh via iOS atau Google Play. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengecek jadwal dokter, membuat janji periksa, dan melihat nomor antrian. Jadi, tidak perlu ke rumah sakit untuk mendaftar.

Harga kamar di Rumah Sakit Pondok Indah

Penetapan tarif pelayanan rumah sakit akan sangat bervariasi tergantung dari sifat rumah sakit itu sendiri. 

Tarif pelayanan rumah sakit ini sudah ditetapkan dalam peraturan pemerintah dengan tujuan memproteksi rakyat banyak dari kesulitan mendapatkan pelayanan rumah sakit yang dinilai esensial atau kebutuhan pokok.

Berikut ini harga kamar Rumah Sakit Pondok Indah per Februari 2020.

  • KELAS III: Rp350 ribu
  • KELAS II DEWASA: Rp775 ribu
  • KELAS I: Rp1,05 juta
  • VIP: Rp2,250 juta
  • VVIP B: Rp3 juta
  • VVIP A: Rp3,7 juta
  • JUNIOR SUITE: Rp4,3 juta
  • SUITE ROOM: Rp6,3 juta

Daftar perusahaan asuransi rekanan Rumah Sakit Pondok Indah

Untuk berobat di RSPI, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan yang sudah terdaftar sebagai rekanan. Inilah beberapa perusahaan asuransi yang sudah menjadi rekanan RSPI.

1. Asuransi Sinarmas rekanan Rumah Sakit Pondok Indah

Perusahaan asuransi Sinarmas punya produk asuransi kesehatan yaitu Simas Sehat Gold. Di produk ini nasabah akan mendapat perlindungan kesehatan sesuai tagihan hingga usia tertanggung 75 tahu. Premi yang harus dibayar pun tergolong murah. Cukup membayar Rp171 ribu per bulan, banyak manfaat yang bisa didapat. 

Manfaat yang didapat tertanggung dari polis individu ini antara lain biaya konsultasi dokter umum dan spesialis, [pertanggungan rawat jalan darurat sesuai tagihan rumah sakit. Juga santunan harian rawat inap di rumah sakit, limit tahunan mulai dari Rp100 ribu – Rp400 juta dan santunan meninggal dunia Rp10 juta. 

2. Asuransi Cigna

Asuransi Kesehatan Cigna adalah produk asuransi yang menjamin biaya perawatan di fasilitas kesehatan dari PT Asuransi Cigna. Perusahaan asal Amerika Serikat ini telah melayani nasabah di Indonesia sejak 1990.

Manfaat asuransi kesehatan yang ditawarkan Cigna juga sangat lengkap, dari rawat inap, pembedahan, penyakit kritis, hingga manfaat tambahan seperti perawatan gigi, rawat jalan, dan jaminan persalinan untuk nasabah individu, keluarga, hingga karyawan perusahaan.

Asuransi Kesehatan Cigna terdiri atas 10 polis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Masing-masing polis secara general memberikan jaminan manfaat berupa rawat inap dan pembedahan karena sakit atau kecelakaan. Adapun pilihan preminya mulai dari Rp12 ribu/hari hingga Rp504 ribu/bulan (usia 50-59 tahun).

3.  Asuransi Avrist

Asuransi Kesehatan Avrist adalah produk asuransi kesehatan yang disediakan oleh PT Avrist Assurance (Asuransi Avrist). Avrist sendiri merupakan perusahaan asuransi yang berfokus pada layanan asuransi jiwa sejak tahun 1975. 

Namun, Avrist juga memiliki asuransi kesehatan yang juga bisa memberikan perlindungan kesehatan sekaligus perlindungan jiwa. Avrist memiliki tiga pilihan polis yaitu asuransi kesehatan individu, asuransi kesehatan kumpulan, dan asuransi kesehatan syariah. 

Salah satu polis asuransi Avrist bisa memberikan pertanggungan terhadap 36 penyakit kritis, termasuk jantung dan kanker dengan manfaat penggantian biaya medis hingga Rp500 juta. 

Terdapat manfaat penggantian biaya rawat inap hingga Rp2,5 juta per malam. Sedangkan santunan meninggal dunia hingga Rp300 juta. 

4. Asuransi Manulife

Meski Manulife dikenal sebagai perusahaan asuransi jiwa, tapi ada juga produk asuransi kesehatan Manulife. Bahkan, untuk seluruh anggota keluarga. Melalui produk MiUltimate HealthCare, Manulife menawarkan limit tahunan asuransi kesehatan tinggi dan lengkap. 

Manfaat yang diperoleh nasabah adalah pertanggungan rawat inap rumah sakit di Indonesia dan Malaysia dengan tarif Rp500 ribu, Rp1 juta, Rp2 juta dan Rp3 juta. Sedangkan untuk rawat inap di luar dua negara tadi sebesar Rp3 juta, Rp6 juta, dan Rp9 juta. Manulife juga memberi manfaat untuk biaya kamar ICU, kunjungan dokter, pembedahan, biaya akomodasi pendamping dan penyuluhan psikologis. 

5. Asuransi MAG

Asuransi MAG adalah perusahaan asuransi umum yang dirintis di Surabaya, Jawa Timur. PT Asuransi Multi Artha Guna (Tbk) menaungi perusahaan dengan fokus bisnis pada sektor asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi perjalanan, asuransi alat berat, dan asuransi properti.

Asuransi yang memberikan pertanggungan atas biaya pengobatan dan perawatan nasabah, mulai dari rawat inap sampai rawat jalan. 

Manfaat Pertanggungan

  • Penggantian atas biaya pengobatan peserta dari biaya rawat jalan, rawat inap rumah sakit, operasi, melahirkan, pengobatan gigi, dan kacamata.
  • Pemberian santunan kematian.

Hanya saja, Asuransi MAG belum bisa dibeli secara online dan tidak memiliki aplikasi khusus nasabah. Sehingga untuk pembelian maupun  mengetahui informasi polis harus menghubungi call center.

6. Asuransi Prudential rekanan Rumah Sakit Pondok Indah

Prudential adalah perusahaan asuransi jiwa multinasional yang berdiri sejak tahun 1848. Perusahaan asuransi ternama ini hadir di Indonesia sejak tahun 1995 di bawah naungan PT Prudential Life Assurance. 

Asuransi Prudential terdiri dari asuransi jiwa unit link, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, dan asuransi syariah. Salah satu keunggulan perusahaan adalah menghadirkan produk asuransi kesehatan dengan manfaat pengembalian premi 10 persen yang diberikan setiap tahunnya jika tidak ada klaim.

Produk Asuransi Kesehatan Prudential memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh bagi individu, keluarga, maupun karyawan. Tersedia manfaat pembayaran tagihan rumah sakit untuk rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah serta beberapa manfaat lainnya.

Asuransi Kesehatan Prudential memberikan manfaat atau pertanggungan sesuai produk dan plan yang dipilih. 

7. Asuransi FWD

Asuransi kesehatan FWD adalah asuransi kesehatan yang dimiliki oleh PT FWD Life Indonesia. FWD Life Indonesia berada di bawah naungan FWD Grup. Selain dikenal sebagai penyedia asuransi jiwa, FWD juga memiliki asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan FWD memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. 

Apa itu asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang akan menanggung biaya medis saat pemegang polis harus berobat ke dokter atau rumah sakit. Dengan membayar premi bulanan, kamu akan mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan yang bisa digunakan untuk menanggung biaya medis. Termasuk di dalamnya biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up.

Bukan rahasia lagi jika biaya medis di Indonesia masih cukup mahal. Kamu pun harus merogoh kocek cukup dalam jika harus berobat dan menjalani rawat inap. Solusi dari masalah tersebut adalah memiliki asuransi kesehatan. Dengan mempunyai asuransi kesehatan, biaya pengobatan bukan lagi jadi beban.

Apalagi jika kamu memilih asuransi kesehatan dengan metode klaim cashless. Kamu hanya perlu memperlihatkan kartu asuransi kepada dokter atau pihak rumah sakit saat berobat. Dengan begitu, kamu tidak perlu membayar apapun untuk mendapatkan layanan medis. Mudah, kan?

Jadi saat berobat ke Rumah Sakit Pondok Indah, kamu hanya perlu menunjukkan kartu asuransi tanpa pusing memikirkan biaya pengobatan.

Tips memilih asuransi kesehatan terbaik

Di masa pandemi ini, seperti menjadi refleksi diri dalam melihat kesehatan. Saat ini banyak orang mulai banyak menjalani pola hidup sehat agar tak mudah jatuh sakit. Cara efektif yang bisa dilakukan saat ini adalah menjalani protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. 

Selain itu, memilih alat proteksi kesehatan diri atau asuransi kesehatan yang memberi manfaat maksimal saat risiko menimpa. Jangan sampai tabungan hari tua habis terkuras jika tak memiliki asuransi kesehatan. 

Meski banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan, tapi kamu harus jeli melihat manfaat yang ditawarkan. Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli proteksi atau asuransi kesehatan. Beberapa di antaranya: 

1. Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan medis. 

2. Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pascarawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

3. Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya 20-100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

4. Manfaat Coordination of Benefit (CoB)

Dengan manfaat Coordination of Benefit (CoB), jika asuransi BPJS tidak mencakup semua biaya perawatan, maka kita bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta.

Saat ini, ada 11 perusahaan asuransi swasta yang bersedia jalankan koordinasi klaim dengan BPJS, yaitu asuransi kesehatan Avrist, Arthagraha General Insurance, Astra Buana, Mega, CAR, Takaful Keluarga, Bina Dana Arta, Sinarmas MSIG, Generali Indonesia, Tugu Pratama, dan Multi Artha Guna (MAG). 

5. Manfaat Pertanggungan Pre-Existing Condition

Pre-existing condition adalah kondisi di mana calon nasabah sudah menderita penyakit tertentu saat mendaftar asuransi. Sebagian besar produk mengecualikan hal ini dalam klaim, tetapi ada yang tidak mengecualikannya dengan atau tanpa syarat.

6. Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, di tahun-tahun mendatang dengan kenaikan biaya medis 7-15 persen, nilai pertanggungan tersebut akan berkurang.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged). 

7. Iuran premi sesuai dengan penghasilan

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. Oleh karena itu, pastikan premi tidak kemahalan apalagi melebihi kemampuan. Standarnya alokasi asuransi minimal sekitar 3-5 persen dari penghasilan.

8. Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim bisa saja sulit dilakukan sendiri. Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. 

Di Lifepal, kamu bisa membandingkan ratusan produk asuransi kesehatan terbaik dan sesuai budget. Apalagi, sekarang ada diskon 30 persen yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi gratis, bahkan dibantu untuk mengatasi masalah klaim asuransi.

Pertanyaan seputar Rumah Sakit Pondok Indah

Rumah Sakit Pondok Indah menerapkan sistem digital untuk administrasi pasien, layanan klinis, dan penunjang medis. Sehingga semua catatan rekam medis, kunjungan pasien ke dokter rawat jalan, riwayat operasi, maupun riwayat penyakit pasien tercatat dalam e-medical record.
Berikut tarif kamar rawat inap di Rumah Sakit Pondok Indah per Februari 2020.

  • KELAS III: Rp350 ribu
  • KELAS II DEWASA: Rp775 ribu
  • KELAS I: Rp1,05 juta
  • VIP: Rp2,250 juta
  • VVIP B: Rp3 juta
  • VVIP A: Rp3,7 juta
  • JUNIOR SUITE: Rp4,3 juta
  • SUITE ROOM: Rp6,3 juta.
Dalam peraturan presiden (Perpres) no 82 disebutkan bahwa RS Swasta memang tidak diwajibkan untuk menjadi mitra BPJS Kesehatan, sementara RS milik pemerintah bersifat wajib. Karena alasan itu, RSPI termasuk rumah sakit swasta yang tidak memilih menjadi mitra BPJS Kesehatan.

  • Asuransi Sinar Mas
  • Asuransi Cigna
  • Asuransi Avrist
  • Asuransi Manulife
  • Asuransi Prudential
  • Asuransi FWD.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →