Pentingnya SWDKLLJ di STNK, Fungsi, Manfaat, dan Tarifnya

SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

SWDKLLJ adalah kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang wajib dibayarkan pemilik kendaraan atau alat angkutan lalu lintas jalan. 

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan juga merupakan bentuk pertanggungjawaban pemilik kendaraan atas risiko kecelakaan yang menyebabkan orang lain terluka. 

Secara otomatis, SWDKLLJ sudah tertera di STNK saat kita membayar pajak kendaraan karena termasuk biaya asuransi kecelakaan yang wajib dibayar bersamaan dengan membayar pajak kendaraan.

Besaran tarif untuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan juga sudah ditentukan pemerintah yang disesuaikan dengan tipe kendaraan seseorang. 

Nantinya dana yang terkumpul akan digunakan sebagai santunan untuk mereka yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. 

Berikut penjelasan lengkap soal pentingnya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, fungsi, manfaat, hingga tarifnya. 

Aturan hukum SWDKLLJ

Aturan SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36/PMK.010/2008 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Dalam Pasal 1 disebutkan jika SWDKLLJ adalah sumbangan wajib yang pembayarannya dibayarkan pemilik alat angkutan lalu lintas jalan pada perusahaan yang menyelenggarakan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. 

Perusahaan perseroan asuransi yang ditunjuk untuk mengelola Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, yakni PT Jasa Raharja

Penunjukkan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 337/KMK.011/1981 tentang Penunjukan Perusahaan Perseroan (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja untuk menyelenggarakan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Jika pembayaran SWDKLLJ melewati batas waktu yang sudah ditentukan, bisa dikenakan denda hingga 100% dari jumlah SWDKLLJ yang harus dibayarkan dengan ketentuan denda maksimal sebesar Rp100 juta. 

Pentingnya jaminan SWDKLLJ di STNK

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang ada di dalam STNK penting sebagai bentuk perlindungan dasar untuk masyarakat melalui dua program asuransi sosial dari PT Jasa Raharja. 

Asuransi dasar yang diberikan, yakni:

  • Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum yang diatur sesuai Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.
  • Asuransi Tanggung Jawab menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

UU Nomor 33 Tahun 1964 Jo PP Nomor 17 tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang menyebut jika seseorang yang mendapatkan santunan adalah mereka yang menjadi korban kecelakaan sebagai penumpang dari alat angkutan umum, yakni saat naik dari tempat pemberangkatan hingga turun di tempat tujuan.

Sementara UU Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan menjelaskan seseorang berhak mendapatkan santunan SWDKLLJ apabila seseorang yang berada di luar angkutan lalu lintas jalan menjadi korban kecelakaan dari penggunaan alat angkutan lalu lintas jalan serta setiap orang yang berada di dalam suatu kendaraan bermotor dan ditabrak yang mana pengemudi kendaraan bermotor yang penyebab kecelakaan, termasuk dalam hal ini para penumpang kendaraan bermotor dan sepeda motor pribadi.

Fungsi SWDKLLJ

Fungsi utama Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan adalah sebagai jaminan atau asuransi untuk pengendara yang mengalami kecelakaan. 

Dengan membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan secara otomatis, kamu sudah tercatat dalam program asuransi yang dikelola PT Jasa Raharja. 

Dengan kata lain, jika terjadi apa-apa, seperti kecelakaan karena ditabrak, apalagi jika posisi kamu sebagai tulang punggung keluarga, kamu akan mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. 

Manfaat SWDKLLJ

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu manfaat SWDKLLJ, yakni memberikan perlindungan dasar kepada pengguna lalu lintas, seperti pejalan kaki, pengguna sepeda, penumpang kendaraan, hingga penyebrang jalan atas risiko kecelakaan lalu lintas

Ketika kamu mengalami kecelakaan seperti tertabrak, kamu akan mendapatkan santunan sesuai dengan aturan dari PT Jasa Raharja dari dana SWDKLLJ, seperti biaya ambulan, perawatan, hingga penguburan apabila sampai meninggal dunia. 

Santunan ini juga akan diberikan kepada ahli waris apabila seseorang yang mengalami kecelakaan meninggal dunia. 

Tarif SWDKLLJ 2020 sesuai Peraturan Menteri Keuangan

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36/PMK.010/2008 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Pasal 4 menyebut tarif SWDKLLJ yang harus dibayarkan, yakni:

  • Sepeda motor di bawah 50 cc, mobil ambulance, mobil jenazah dan mobil pemadam kebakaran dibebaskan dari kewajiban membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.
  • Traktor, bulldozer, forklift, mobil derek, excavator, crane dan sejenisnya sebesar Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah).
  • Sepeda motor, sepeda kumbang dan scooter di atas 50 cc sampai 250 cc dan kendaraan bermotor roda tiga sebesar Rp32.000 (tiga puluh dua ribu rupiah).
  • Sepeda motor di atas 250 cc sebesar Rp80.000 (delapan puluh ribu rupiah).
  • Pick up/mobil barang sampai dengan 2.400 cc, sedan, jeep dan mobil penumpang bukan angkutan umum sebesar Rp140.000 (seratus empat puluh ribu rupiah).
  • Mobil penumpang angkutan umum sampai dengan 1.600 cc sebesar Rp70.000 (tujuh puluh ribu rupiah).   
  • Bus dan mikro bus bukan angkutan umum sebesar Rp150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah).
  • Bus dan mikro bus angkutan umum, serta mobil penumpang angkutan umum lainnya di atas 1.600 cc sebesar Rp87.000 (delapan puluh tujuh ribu rupiah).
  • Truk, mobil tangki, mobil gandengan, mobil barang di atas 2.400 cc, truk kontainer dan sejenisnya sebesar Rp160.000 (seratus enam puluh ribu rupiah)

Setiap jenis kendaraan di atas pun akan diberikan biaya penggantian pembuatan Kartu Dana atau Sertifikat sebesar Rp3.000.

Kecelakaan bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja. Pastikan keuangan keluarga terjamin dengan benefit asuransi jiwa hingga Rp1,5 milar, mulai dari Rp120 ribu.

Besaran santunan SWDKLLJ yang diberikan Jasa Raharja

Santunan yang diberikan Jasa Raharja untuk korban kecelakaan sudah diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor: KEP.15/ PMK.010/2017 tanggal 13 Februari 2017.

Jenis santunan

Jenis alat angkutan darat dan laut

Jenis alat angkutan udara

Meninggal dunia

Rp50.000.000

Rp50.000.000

Cacat tetap

Rp50.000.000

Rp50.000.000

Perawatan

Rp20.000.000

Rp25.000.000

Penggantian biaya penguburan (tidak memiliki ahli waris)

Rp4.000.000

Rp4.000.000

Manfaat tambahan penggantian biaya P3K

Rp1.000.000

Rp1.000.000

Manfaat tambahan penggantian biaya ambulance

Rp500.000

Rp500.000

Jika seseorang meninggal, santunan akan diberikan kepada ahli waris dengan prioritas sebagai berikut.

  1. Suami atau istri yang sah.
  2. Anak-anaknya yang sah.
  3. Orang tuanya yang sah.
  4. Apabila tidak memiliki ahli waris, maka diberikan penggantian biaya penguburan kepada yang menyelenggarakan.

Hak santunan akan gugur jika: 

  1. Permintaan diajukan dalam waktu lebih dari 6 bulan setelah terjadinya kecelakaan.
  2. Tidak dilakukan penagihan dalam waktu 3 bulan setelah permohonan disetujui oleh Jasa Raharja.

Cara klaim SWDKLLJ

Tidak semua kecelakaan bisa diklaim dengan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, syaratnya adalah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua orang. 

Jika terjadi kecelakaan tunggal, kamu nggak bisa melakukan klaim Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. 

Setidaknya, ada tiga prosedur yang harus kamu lakukan untuk melakukan klaim Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, yakni:

  1. Mengisi formulir yang telah disediakan dan melengkapi data diri korban. Bisa dengan datang ke kantor Jasa Raharja atau dengan formulir online di laman resmi Jasa Raharja
  2. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  • identitas seperti KTP,
  • SIM,
  • buku nikah (jika sudah menikah),
  • kartu keluarga,
  • surat keterangan lalu lintas dari pihak kepolisian,
  • surat keterangan medis atau surat kematian dari Rumah Sakit

  1. Menyerahkan dokumen pada Jasa Raharja kemudian pihak Jasa Raharja akan mengecek dan memprosesnya. 

Nah, itu dia pentingnya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan serta manfaat yang akan kamu terima. Jangan sampai telat membayar SWDKLLJ ya. 

Sebab dendanya juga lumayan nih kalau kamu menunda-nunda terus bayarnya. 

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang keuangan? Lihat pertanyaan populer seputar keuangan di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang merupakan bentuk pertanggungjawaban pemilik kendaraan atas risiko kecelakaan yang menyebabkan orang lain terluka.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36/PMK.010/2008 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Pasal 4.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36/PMK.010/2008 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Pasal 1 menyebut jika SWDKLLJ adalah sumbangan wajib yang pembayarannya dibayarkan pemilik alat angkutan lalu lintas jalan pada perusahaan yang menyelenggarakan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Denda keterlambatan untuk pembayaran SWDKLLJ diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16 Tahun 2017 Pasal 7 ayat 3 yakni:

  • Denda sebesar 25 persen jika pembayaran dilakukan selama 1-90 hari setelah tanggal jatuh tempo.
  • Denda sebesar 50 persen jika pembayaran dilakukan selama 91-180 hari setelah tanggal jatuh tempo.
  • Denda sebesar 75 persen jika pembayaran dilakukan 181-270 hari setelah tanggal jatuh tempo.
  • Denda sebesar 100 persen jika pembayarannya lebih dari 270 hari setelah tanggal jatuh tempo.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →