Arti Grace Period dalam Bidang Asuransi

grace period

Terkadang sebagai pemilik polis asuransi, kita lupa ataupun mengalami kendala dalam membayar premi asuransi. Walhasil, kita pun terlambat membayar kewajiban sebagai tertanggung. 

Namun jangan khawatir karena dalam ketentuan pembayaran premi terdapat istilah grace period yang esensinya menjadi hak kita sebagai pemegang polis asuransi.

Pengertian Grace Period dalam Asuransi

Grace period atau masa tenggang adalah jangka waktu setelah berakhirnya masa jatuh tempo pembayaran premi asuransi. Dalam masa ini, pembayaran premi masih bisa dipenuhi tanpa dikenakan denda. Di sepanjang masa tenggang, polis masih berlaku atau aktif (inforce).

Lamanya grace period biasanya berbeda-beda pada setiap perusahaan asuransi, namun masa tenggang pada umumnya berkisar antara 30-45 hari dari tanggal jatuh tempo polis asuransi.

Contoh Kasus Grace Period

Misalnya, Ibu Alamanda sebagai nasabah memiliki polis asuransi kesehatan dengan premi bulanan sebesar Rp500 ribu di perusahaan Asuransi Aman. Sesuai ketentuan perusahaan Asuransi Aman, masa tenggang pembayaran premi asuransi adalah satu bulan atau 30 hari setelah tanggal jatuh tempo.

Suatu ketika, Ibu Alamanda mengalami musibah yang menyebabkannya tidak bisa membayar premi bulanan tepat pada waktunya. Sesuai ketentuan, yaitu hingga sebulan setelah periode pembayaran, polis Ibu Alamanda masih tetap aktif. 

Artinya jika Ibu Alamanda ingin memanfaatkan perlindungan premi dalam waktu sebulan meski preminya belum dibayar, perlindungannya masih efektif dan klaim dapat diproses. Namun selepas 30 hari dari tanggal jatuh tempo, maka polis asuransinya menjadi tidak aktif atau disebut lapse. Dengan kata lain jika terjadi musibah, risiko tidak ditanggung oleh asuransi.

Untuk mendapatkan kembali pertanggungan risiko, Ibu Alamanda harus memulihkan polis yang sudah lapse tersebut. Dalam hal ini, memulihkan berarti menghidupkan kembali polis yang sudah mati tanpa perlu proses pendaftaran dari awal kembali. Namun ingat, ada batas waktu dan syarat untuk melakukan pemulihan jika polis sudah lapse yang berbeda-beda sesuai ketentuan perusahaan.

Grace Period adalah Hak Nasabah Asuransi

pertanggungan grace period

Kelonggaran masa tenggang ini merupakan salah satu hak kita sebagai nasabah asuransi. Sebagai nasabah, kita tentu telah dikenakan kewajiban untuk membayar premi berkala yang besarnya telah ditentukan pada awal perjanjian. Dengan membayar premi tersebut, kita akan mendapatkan timbal balik berupa hak penanggungan risiko yang terjadi.

Selain hak grace period, sebagai nasabah kita juga berhak atas cooling-off period. Yakni, apabila kita menemukan ketidaksesuaian data atau penawaran di bagian perjanjian atau ikhtisar di dalam polis asuransi. Maka kita memiliki hak untuk membatalkan polis pada masa tenggang ini, yaitu terhitung 14 hari setelah polis diterima.

Jika kita memutuskan untuk membatalkannya, premi yang telah kita bayarkan dapat dikembalikan dengan dikurangi biaya administrasi yang dibutuhkan. Namun apabila perubahan atau pembatalan kita lakukan setelah cooling-off period berakhir, maka kita harus menerima konsekuensi yang harus ditanggung sesuai dengan kesepakatan pada perjanjian atau ikhtisar polis asuransi.

Perlu diketahui bahwa sebagai nasabah asuransi, kita juga berhak atas beberapa hal berikut ini.

  • Mendapatkan informasi mengenai produk atau layanan yang akurat, jujur, jelas, dan tidak membingungkan.
  • Mendapatkan informasi terbaru yang mudah diakses.
  • Mendapatkan penjelasan bila pengajuan klaim asuransi ditolak.
  • Mendapatkan penjelasan mengenai hak dan kewajiban pemegang polis.
  • Mendapatkan penjelasan tentang biaya-biaya yang mungkin timbul dan perlu dibayarkan.
  • Mendapatkan kesempatan untuk memilih apabila ditawarkan produk dalam bentuk paket produk.

Dengan adanya hak-hak tersebut, jangan lupa akan kewajiban kita sebagai pemilik polis asuransi, salah satunya membayar premi asuransi dengan tepat waktu. Namun apabila memang ada kendala dan terlambat membayarnya, kita bisa memanfaatkan hak grace period. Jangan lupa untuk memastikan agar keterlambatan kita membayar premi tersebut tidak melewati periode yang telah ditentukan.

Jika ingin mengetahui informasi dan istilah-istilah terkait perasuransian, jangan ragu untuk mengonsultasikannya secara gratis di Lifepal. Di Lifepal pula, kita bisa mendapatkan ulasan mengenai berbagai produk asuransi dari beragam perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.