Istilah dalam Asuransi dari A ke Z yang Wajib Paham

istilah dalam asuransi

Ada beberapa istilah dalam asuransi yang mungkin tidak begitu umum kita dengar sehari-hari. Padahal, memahaminya sangat penting agar tidak salah paham dalam mengelola polis asuransi jiwa maupun umum. 

Selain itu, mengenal dan memahami istilah asuransi akan membantu kita kelak dalam mengajukan klaim karena bisa memahami kejadian yang kita alami. Untuk itu, simak istilah-istilah dalam asuransi berikut ini!

Daftar Istilah dalam Asuransi 

Biasanya, istilah dalam kontrak asuransi tersebut hampir sama. Istilah asuransi yang dimuat berhubungan erat dengan isi perjanjian yang akan ditandatangani. Sebagai bukti dari persetujuan membeli produk tersebut. 

Berikut sejumlah istilah asuransi yang mesti kita pelajari, sebelum menyatakan setuju untuk membeli produk asuransi. 

Table of Contents

Agen Asuransi

Agen asuransi adalah orang yang bekerja sendiri atau bekerja pada badan usaha, yang bertindak untuk dan atas nama Perusahaan Asuransi atau Perusahaan Asuransi Syariah dan memenuhi persyaratan untuk mewakili Perusahaan Asuransi atau Perusahaan Asuransi Syariah memasarkan produk asuransi atau produk asuransi syariah. 

Ahli Waris

Istilah dalam asuransi jiwa yang berarti nama orang yang tercantum dalam polis untuk menerima santunan apabila terjadi kematian pada Tertanggung.

Ajudikasi

Tahap penyelesaian dalam konflik asuransi yang bakal menentukan apakah klaim diterima atau ditolak.

Akad

Istilah dalam asuransi syariah yang maksudnya perjanjian tertulis yang memuat kesepakatan tertentu dengan prinsip syariah.

Aktuaria

Ilmu yang menggunakan matematika, statistika, dan keuangan untuk memperhitungkan risiko yang akan timbul di masa depan.

All Risk / Comprehensive

Luasan jaminan dalam asuransi kendaraan, di mana asuransi menanggung kerugian kecil seperti lecet sampai kerugian total seperti rusak parah atau kehilangan kendaraan.

Anuitas

Pembayaran berkala yang dilakukan perusahaan asuransi pada waktu tertentu

Assignment

Istilah untuk menjelaskan pengalihan dalam asuransi.

Assignor

Orang yang menunjuk hak dan manfaat asuransi dari pemilik polis kepada orang lain

Automatic Premium Loan (APL)

Nilai tunai yang otomatis yang dapat diambil jika pemegang polis belum membayar premi sampai masa tenggang berakhir.

Bancassurance

Produk asuransi yang dipasarkan melalui bank untuk menyasar konsumen nasabah bank.

Batas Potong atau Ekses

Biaya yang harus dibayar oleh nasabah asuransi apabila biaya rumah sakit melebihi limit yang ditentukan perusahaan asuransi.

Bengkel Rekanan

Bengkel yang bekerja sama dengan asuransi kendaraan sehingga melayani klaim perbaikan kendaraan dari nasabah.

Biaya Administrasi

Biaya yang dibayarkan untuk keperluan administrasi.

Biaya Akuisisi

Biaya akuisisi adalah biaya yang dikeluarkan pada saat penerbitan polis.

Biaya Top-up

Biaya yang dikeluarkan oleh pemegang polis pada saat membayar premi berkala, atau mengisi saldo nilai tunai pada asuransi jiwa whole life dan unit link.

Cash Value

Jumlah uang yang dibayarkan perusahaan asuransi kepada pemilik polis atau istilahnya nilai tunai

Cashless

Metode penggantian biaya (biasanya ada dalam asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan) yang memungkinkan nasabah menjalani perawatan medis tanpa mengeluarkan uang, cukup dengan menunjukkan kartu keanggotaan asuransi saja di rumah sakit rekanan asuransi.

Contestable Period 

Dikenal dengan sebutan masa percobaan, yakni periode (dua tahun) penanggung berhak mempertanyakan atau menyelidiki kebenaran informasi/data yang diberikan tertanggung atau pemegang polis. Dalam surat aplikasi untuk menentukan keputusan selanjutnya atas kontrak polis tersebut.

Cuti Premi

Fitur yang memungkinkan nasabah asuransi berhenti membayar polis dalam beberapa waktu tertentu.

Dana Investasi

Dalam unit link, dana investasi adalah premi yang dibayarkan setelah dipotong dengan biaya asuransi dan biaya lainnya.

Dana Tabarru’

Istilah dalam asuransi syariah, maksudnya kumpulan dana yang berasal dari peserta yang penggunaannya dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama.

Endowment Plan (Dwiguna)

Varian produk asuransi jiwa yang memiliki dua manfaat, yaitu asuransi dan tabungan. Biasanya ada pada jenis asuransi jiwa.

Explanation of Benefits

Penjelasan tentang manfaat dari asuransi yang dikirimkan dari perusahaan ke nasabah asuransi.

Field Underwriting

Proses seleksi akan risiko yang dimiliki oleh nasabah asuransi.

Flat Rate

Pembayaran premi yang sama rata sejak daftar hingga masa asuransi berakhir.

Free-look Period

Waktu yang diberikan perusahaan kepada nasabah untuk mempelajari polis, biasanya 14 hari sejak polis terbit. Dalam periode ini, nasabah dapat membatalkan perjanjian dan gak perlu keluar biaya pembatalan.

Grace Period

Masa tenggang dalam pembayaran premi asuransi, yaitu 30 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Harga Unit

Hasil yang didapatkan dari investasi ditambah dengan nilai aset.

Ilustrasi Polis

Perkiraan manfaat yang akan didapatkan oleh nasabah, biasanya menggunakan kasus atau simulasi.

Inner Limit

Batasan jumlah klaim yang bisa diajukan nasabah untuk setiap jenis klaim, misalnya konsultasi dokter, bedah, obat-obatan, sampai rawat inap.

Investment-linked Plan

Investment-linked plan adalah program asuransi yang dikaitkan dengan investasi. Premi yang dibayarkan untuk membeli manfaat proteksi asuransi jiwa. Plus membeli unit dalam suatu portofolio dana investasi. Harga unit-unit akan tergantung pada kinerja investasi dana.

Jaminan Perlindungan

Jaminan yang diberikan perusahaan asuransi kepada pemegang polis agar ia bisa membeli asuransi tambahan tanpa melalui proses seleksi lagi.

Jaminan/pernyataan Jaminan

Pernyataan yang dirilis oleh calon pemegang polis mengenai kondisi dari hal yang diasuransikan, bisa orang maupun benda

Joint Life Annuity

Pembayaran asuransi akan berhenti jika pihak tertanggung meninggal dunia

Key Employee (Key Person)

Sosok atau ahli yang dimiliki perusahaan asuransi yang dapat menunjang keberhasilan sang perusahaan

Kedaluwarsa (Lapse)

Hilangnya manfaat/jaminan perlindungan polis yang disebabkan karena pembayaran premi terhenti. 

Klaim

Klaim asuransi adalah pengajuan resmi kepada perusahaan asuransi untuk meminta pembayaran. Selanjutnya perusahaan harus membayarkan nilainya kepada pihak tertanggung.  Dalam asuransi jiwa klaim mengisyaratkan pengajuan uang pertanggungan oleh ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia.

Klaim Akhir Kontrak

Pengajuan klaim pada akhir masa asuransi, biasanya klaim yang diajukan berupa pengembalian premi atau nilai tunai.

Klaim Tertunda

Klaim yang telah diajukan namun belum dapat dipenuhi atau dibayar oleh perusahaan asuransi.

Klausul

Pasal dalam dokumen polis yang harus dipatuhi oleh nasabah maupun perusahaan asuransi.

Kontribusi

Istilah dalam asuransi syariah, yang artinya sama dengan premi, yaitu iuran yang dibayarkan peserta asuransi kepada perusahaan.

Late Remittance Offer

Penawaran terakhir yang diajukan perusahaan asuransi untuk mengembalikan polis nasabah yang hangus atau batal

Lapse Notification

Istilah dalam asuransi yang menunjukkan pemberitahuan secara tertulis dari penanggung kepada pemegang polis jika polis hangus.

Law of the Large Numbers

Besaran persentase segala kemungkinan yang mungkin terjadi pada pemegang polis.

Limit Tahunan

Istilah dalam asuransi kesehatan, yaitu batasan jumlah klaim dalam satu tahun yang bisa diajukan nasabah.

Loan of Policy

Kebijakan pinjaman dengan jaminan nilai tunai polis yang diberikan pihak asuransi kepada pemegang polis.

Loyalty Bonus

Manfaat yang ada dalam asuransi unit link, berupa alokasi tambahan terhadap persentase investasi pada tahun ke sekian masa asuransi.

Masa Tenggang (Grace Period)

Batas akhir pembayaran premi yang harus dilakukan nasabah asuransi. 

Masa Tunggu (Waiting Period)

Masa gak adanya pembayaran premi karena suatu sebab.

Maturity Date (Tanggal Jatuh Tempo)

Tanggal yang telah disetujui pada saat suatu perusahaan asuransi membayarkan sejumlah tunai uang.

Minor

Seseorang yang masih di bawah umur, yaitu di bawah 21 tahun dan belum menikah.

Main Reserve

Adalah cadangan premi yang dimiliki nasabah asuransi, akan dihitung pada pertengahan tahun.

Mail Kit

Brosur penawaran dan penjualan yang dikirimkan untuk menjelaskan berbagai informasi tentang program asuransi, memudahkan calon nasabah memutuskan program asuransinya.

Mortalitas

Perkiraan kematian atau frekuensi waktu kematian yang tidak pasti.

Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Nilai dasar investasi yang terdapat pada polis Unit Link.

Nilai Investasi

Jumlah unit yang tercipta dalam satu periode investasi.

Nilai Tunai (Cash Value)

Sejumlah uang yang terdapat pada program asuransi kamu yang bisa kamu klaim pada waktu yang sudah ditentukan.

Objek Asuransi

Objek asuransi adalah jiwa dan raga, kesehatan manusia, tanggung jawab hukum, benda dan jasa, serta semua kepentingan lainnya yang dapat hilang, rusak, rugi, dan/atau berkurang nilainya.

Occupational Risk/Hazard

Risiko yang berasal dari pekerjaan pemegang polis.

Own Risk (Biaya Sendiri)

Istilah dalam asuransi mobil, maksudnya biaya yang dikeluarkan dalam asuransi kendaraan ketika nasabah mengajukan klaim perbaikan kendaraan. Adanya biaya ini adalah agar nasabah berhati-hati dalam berkendara.

Payor

Pihak yang membayar premi, atau pemegang polis.

Pemegang Polis

Pemegang polis adalah pihak yang mengikatkan diri berdasarkan perjanjian dengan perusahaan asuransi, untuk mendapatkan pelindungan atau pengelolaan atas risiko bagi dirinya, tertanggung, atau peserta lain.

Peserta Asuransi

Pihak yang menghadapi risiko sebagaimana diatur dalam perjanjian Asuransi Syariah atau perjanjian reasuransi syariah.

Pinjaman Premi Otomatis/Automatic Premium Loan (APL)

Pinjaman polis otomatis yang diambil dari Nilai Tunai Polis (selama Nilai Tunai mencukupi), untuk melunasi premi yang belum dibayar sampai akhir masa keleluasaan (tidak berlaku untuk Polis Asuransi Jiwa Unit Link).

Policy Lapse (Polis lewat Waktu)

Penghentian penanggungan asuransi, sebagai akibat dari tidak dibayarnya premi.

Polis Aktif

Polis yang preminya sudah dibayar tepat waktu dan dibayar sepenuhnya.

Polis Asuransi

Polis asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dengan nasabah. Isinya adalah pengalihan risiko, jenis risiko yang ditanggung hingga jangka waktu perlindungan diberikan. 

Pre-existing Condition

Pre-existing condition adalah kondisi di mana calon nasabah asuransi pernah atau sedang menderita penyakit tertentu, sehingga gak bisa mendaftarkan diri pada asuransi.

Premi atau Kontribusi

Sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis.

Uang untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi. Atau sejumlah uang yang ditetapkan, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk mendapatkan manfaat. 

Premi Top Up

Premi tambahan yang dibayarkan di luar premi dasar dan premi rutin. Biasanya ada dalam asuransi unit link.

Quarterly Premium

Durasi pembayaran premi yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Rate Premi

Suku premi yang ditetapkan asuransi dalam asuransi kendaraan atau properti, untuk menentukan harga premi dengan mengalikannya dengan harga objek yang ditanggung.

Reasuransi

Produk keuangan di mana perusahaan asuransi mengasuransikan kembali (reasuransi) risiko yang dimilikinya, yaitu klaim nasabah.

Regular Premium Policy (Polis Premi Reguler)

Suatu polis yang menghendaki pembayaran premi secara berkala, sebagai contoh, bulanan, setiap empat bulan, setiap enam bulan atau tahunan.

Reimbursement

Metode penggantian biaya dalam asuransi, yang mana nasabah membayar terlebih dahulu kerugian yang ada, setelah itu asuransi akan menggantikan uang sesuai dengan kuitansi.

Renewal Guarantee

Sebuah komitmen perusahaan asuransi untuk memperpanjang kontrak asuransi dengan nasabah tanpa mempertimbangkan kondisi kesehatan nasabah. Jadi, meskipun sakit parah, keanggotaan nasabah akan tetap berlanjut.

Risiko

Arti risiko dalam asuransi adalah suatu ketidakpastian akan terjadinya suatu peristiwa yang dapat menimbulkan kerugian finansial.

Rider atau Asuransi Tambahan

Produk tambahan dari asuransi untuk menambah pertanggungan dari manfaat utama yang sudah ada. Rider juga bisa menanggung pertanggungan yang dikecualikan pada polis utama.

Risk Based Capital (RBC)

Rasio (rasio solvabilitas) untuk mengukur kesehatan dan keamanan finansial perusahaan asuransi. Ukurannya berdasarkan kemampuan modal mereka untuk menutup seluruh kerugian yang ada.

Rumah Sakit Rekanan

Rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi, sehingga melayani klaim perawatan medis nasabah.

Secondary Benefit

Manfaat yang didapatkan nasabah asuransi di luar manfaat utama, biasanya berupa layanan ambulans pada asuransi kesehatan atau layanan derek pada asuransi mobil.

Single Premium Policy (Polis dengan Premi Sekali Bayar)

Suatu polis yang hanya menghendaki sekali pembayaran premi yang dilakukan di muka.

Sum Assured (Jumlah Uang Pertanggungan)

Jumlah uang jaminan yang dipertanggungkan kepada pemegang polis.

Surrender

Penjualan polis kepada pihak Penanggung sebesar Nilai Tunai yang telah terbentuk pada saat penjualan polis dilakukan.

Survey Klaim

Istilah dalam asuransi umum yang menunjukkan aktivitas pengecekan kerusakan pada objek tertanggung oleh petugas asuransi, setelah nasabah mengajukan klaim ganti rugi.

Third Party Liability (TPL) / Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Bentuk pertanggungan asuransi yang akan memberikan ganti rugi apabila tertanggung mendapatkan tuntutan hukum dari pihak ketiga, misalnya dalam kecelakaan di jalan.

Tertanggung

Pihak yang menghadapi risiko sebagaimana diatur dalam perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi.

Total Loss Only (TLO)

Luas pertanggungan dalam asuransi kendaraan, maksudnya asuransi menanggung biaya penggantian untuk risiko yang menimbulkan kerusakan parah saja. Umumnya, hanya kerusakan di atas 75 persen dan kehilangan kendaraan yang ditanggung.

Uang Pertanggungan

Sejumlah nominal dana yang tercantum pada halaman polis yang akan dibayar apabila terjadi kematian atau kondisi polis lain yaitu dibayarkan pada saat masa pertanggungan berakhir sesuai dengan macam asuransi yang diambil. Tidak termasuk jumlah tambahan yang akan dibayarkan untuk ketentuan khusus lainnya.

Underwriting

Underwriting adalah proses mengidentifikasi dan menyeleksi risiko dan mengelompokkan tingkat risiko dari calon nasabah asuransi. Underwriting dinilai penting sebagai gambaran jumlah premi yang harus dibayarkan. 

Underwriter

Orang yang mempunyai kemampuan menilai dan memprediksi berbagai resiko sang pemegang polis sebagai acuan perusahaan menerima pengajuan sang nasabah atau tidak.

Unit Link

Varian produk asuransi jiwa yang juga memberikan manfaat timbal balik hasil investasi. Premi yang disetor tidak benar-benar hangus, tapi sebagian ditaruh di instrumen investasi.  Namun, perlu diperhatikan bahwa produk ini mengandung risiko, sama seperti jenis investasi lainnya.

Dua Jenis Asuransi

Kita harus dapat membedakan antara asuransi jiwa dan umum sebelum memutuskan akan membeli produk asuransi. Perbedaannya yang paling mendasar antara kedua jenis asuransi ini adalah jenis perlindungan yang diberikan. 

Mengutip dari Undang-Undang No 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian, jenis usaha asuransi dibedakan menjadi sembilan jenis usaha. 

  • Usaha asuransi jiwa.
  • Usaha asuransi umum. 
  • Usaha reasuransi. 
  • Usaha asuransi umum syariah. 
  • Usaha asuransi jiwa syariah. 
  • Usaha reasuransi syariah. 
  • Usaha pialang asuransi. 
  • Usaha pialang reasuransi. 
  • Usaha penilai kerugian asuransi. 

Dalam tulisan kali ini, kita akan membahas dua jenis asuransi yang umum dikenal masyarakat saat ini. 

Asuransi umum

Asuransi umum adalah usaha jasa pertanggungan risiko yang memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti.

Jenis produk yang ditawarkan asuransi umum antara lain: 

  • Asuransi Harta Benda. 
  • Asuransi Kesehatan.
  • Asuransi Rekayasa.
  • Asuransi Kecelakaan Diri. 
  • Asuransi Kendaraan.
  • Asuransi Perjalanan.
  • Asuransi Pengangkutan Barang. 
  • Asuransi Aneka.
  • Asuransi Penerbangan. 
  • Asuransi Minyak dan Gas Bumi.

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah usaha yang menyelenggarakan jasa penanggulangan risiko yang memberikan pembayaran kepada pemegang polis, tertanggung, atau pihak lain yang berhak dalam hal tertanggung meninggal dunia atau tetap hidup, atau pembayaran lain kepada pemegang polis, tertanggung, atau pihak lain yang berhak pada waktu tertentu yang diatur dalam perjanjian, yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Secara umum, jenis produk asuransi jiwa meliputi: 

1. Asuransi jiwa berjangka

Fungsinya untuk memberi proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu saja. Produk ini cocok bagi kita yang sedang mempersiapkan dana di masa depan, seperti dana pendidikan. 

2. Asuransi jiwa seumur hidup

Fungsinya memberikan perlindungan hingga usia 100 tahun. Produk ini cocok sebagai persiapan masa pensiun. 

3. Asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance

Fungsinya memberikan dua manfaat sekaligus yakni sebagai perlindungan diri dan tabungan masa depan. Produk ini cocok untuk masa pensiun. 

4. Asuransi jiwa unit link

Produk unit link memberikan manfaat perlindungan sekaligus investasi. 

Dapat disimpulkan, kedua jenis usaha asuransi tersebut memiliki perbedaan pada jenis pertanggungan risiko yang diberikan. Sederhananya, asuransi umum memberikan perlindungan terhadap sebuah objek, sedangkan asuransi jiwa memberikan perlindungan atas jiwa peserta asuransi sendiri. 

Sekian informasi lengkap soal istilah-istilah asuransi. Semoga dapat membantu kita untuk memahami seluk-beluk dunia asuransi secara umum, ya!

Karena manfaatnya di masa depan yang besar, ada baiknya bagi kita untuk memproteksi diri dengan asuransi demi meminimalkan kerugian finansial akibat peristiwa tidak menyenangkan yang menimpa kita dan keluarga.  

Khusus dalam hal ini, Lifepal sebagai marketplace produk asuransi tepercaya menawarkan berbagai produk asuransi yang tepat untuk kita dan keluarga. Uniknya lagi, kita bisa menyesuaikan polis asuransi yang sesuai dengan bujet kita, lho!

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, jangan ragu untuk mengunjungi situs web kami di Lifepal untuk berkonsultasi secara langsung.

Yuk, langsung kunjungi Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →