Premi adalah Iuran dari Peserta Asuransi, Ini Jenis dan Tujuan

Premi adalah

Premi adalah iuran berkala (bulanan atau tahunan) yang wajib dibayar peserta asuransi ke perusahaan asuransi selama jangka waktu yang sudah disepakati. Besaran biaya premi tercatat di polis asuransi yang diterima peserta asuransi dari perusahaan asuransi.

Tidak sedikit orang-orang berpendapat kalau membayar premi asuransi perlu menyediakan dana yang besar. Padahal, premi asuransi itu sebenarnya ada yang terjangkau lho.

Kamu bisa menentukan besaran premi yang harus dibayar sesuai kesanggupan bayar. Sebab setiap orang menginginkan manfaat pertanggungan yang nilainya berbeda-beda. 

Ada beberapa faktor tertentu yang dapat menentukan tinggi atau rendahnya premi asuransi. Salah satunya pertanggungan yang diberikan. Misalnya, premi asuransi kesehatan dengan tambahan rider bisa lebih mahal daripada yang tidak.

Perlu dipahami bahwa polis asuransi tidak aktif lagi yang mengakibatkan manfaat tidak bisa diperoleh kalau tidak membayar premi asuransi dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan. 

Jenis-jenis premi asuransi berdasarkan jenis asuransi

Ada beberapa jenis asuransi yang disediakan perusahaan asuransi.

Umumnya jenis-jenis asuransi yang dimiliki perorangan, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi kecelakaan diri, hingga asuransi perjalanan.

Berdasarkan jenis-jenisnya, premi asuransi adalah sebagai berikut.

1. Premi asuransi kesehatan

Premi asuransi kesehatan adalah premi yang dibayar peserta asuransi kesehatan ke perusahaan asuransi untuk memperoleh benefit-benefit pertanggungan rawat inap, pembedahan, rawat jalan, persalinan, perawatan gigi, hingga perawatan mata.

Besaran premi asuransi kesehatan disesuaikan limit pertanggungan yang dibayarkan perusahaan asuransi. Kisaran premi asuransi kesehatan dimulai dari Rp150 ribuan.

Cari tahu besaran premi asuransi kesehatan terbaik di bawah ini dengan klik tautannya.

2. Premi asuransi jiwa

Premi asuransi jiwa adalah premi yang dibayar peserta asuransi jiwa ke perusahaan asuransi agar ahli waris atau penerima manfaat dapat memperoleh uang pertanggungan atau uang santunan sesuai kesepatakan dalam polis.

Besaran premi asuransi jiwa dipengaruhi besaran uang pertanggungan yang dipilih. Semakin besar uang pertanggungan, semakin besar premi yang dibayar.

Cari tahu besaran premi asuransi jiwa terbaik di bawah ini dengan klik tautannya.

3. Premi asuransi mobil

Premi asuransi mobil adalah premi yang dibayar peserta asuransi mobil ke perusahaan asuransi untuk mendapat manfaat pertanggungan biaya perbaikan kerusakan sebagian, total, hingga kehilangan.

Besaran premi asuransi mobil disesuaikan dengan jenis asuransi mobil yang dipilih: all risk atau total loss only (TLO).

Cari tahu besaran premi asuransi mobil terbaik di bawah ini dengan klik tautannya.

4. Premi asuransi kecelakaan diri

Premi asuransi kecelakaan diri adalah premi yang dibayar peserta asuransi ke perusahaan asuransi untuk memperoleh manfaat berupa uang santunan akibat kecelakaan.

Besaran premi asurani kecelakan diri cukup terjangkau, dimulai dari Rp165 ribu per tahun.

Cari tahu besaran premi asuransi kecelakaan diri terbaik di bawah ini dengan klik tautannya.

5. Premi asuransi perjalanan

Premi asuransi perjalanan adalah premi yang dibayar peserta asuransi ke perusahaan asuransi agar berhak melakukan klaim pertanggungan atas gangguan perjalanan, biaya medis, rawat inap, hingga uang santunan.

Besaran premi asuransi perjalanan cukup terjangkau. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, kamu bisa mengecek informasi asuransi perjalanan terbaik di bawah ini dengan klik tautannya.

Tujuan premi asuransi dibayar peserta ke perusahaan asuransi

Premi asuransi menjadi syarat dari kesepakatan antara peserta asuransi dan perusahaan asuransi dalam pemberian manfaat atau benefit asuransi.

Syarat wajib tersebut yang kemudian menjadi tujuan dari dibayarnya premi asuransi, yaitu pemberian manfaat atau benefit asuransi oleh perusahaan asuransi kepada peserta asuransi.

Faktor utama penentu premi asuransi

Besar biaya yang harus dikeluarkan dalam pembayaran premi asuransi ditentukan berdasarkan beberapa faktor tertentu, yaitu:

1. Profesi nasabah asuransi

Semakin sulit tingkat profesi yang dikerjakan, jumlah premi yang harus dibayarkan pun akan semakin mahal pula. Salah satu contoh adalah perbandingan pekerjaan calon nasabah asuransi sebagai karyawan swasta di ibu kota dengan calon nasabah asuransi sebagai peneliti minyak bumi di tengah laut.

Jika perlu dibandingkan, calon nasabah yang bekerja sebagai peneliti minyak bumi memiliki tingkat risiko sangat tinggi dengan karyawan swasta.

Hal tersebut disebabkan karena mereka harus berurusan dengan barang-barang berat dan memiliki risiko yang sangat tinggi. Oleh karena itu, jenis profesi seperti ini membutuhkan biaya premi asuransi yang tidak sedikit.

2. Riwayat penyakit yang diderita

Setiap orang memiliki berbagai macam riwayat penyakit yang berbeda, ada yang pernah menderita penyakit ringan maupun sebaliknya.

Sebagai calon nasabah, pastikan kamu tahu penyakit apa saja yang sudah diderita supaya pihak asuransi dapat menentukan besar premi yang harus dibayar.

Bagi salah satu orang yang memiliki penyakit turunan, risiko pada jumlah premi asuransi lebih besar daripada yang tidak memiliki riwayat penyakit sama sekali.

Hal tersebut disebabkan karena kebutuhan dari calon peserta asuransi untuk melakukan perawatan rutin sesuai saran oleh dokter.

Jika kamu adalah salah satu dari orang yang terdeteksi memiliki riwayat penyakit keturunan, pastikan untuk meminta diskusi dan saran supaya tidak mengalami kerugian terhadap pembayaran.

3. Pola hidup heserta nasabah

Siapa sangka jika kebiasaan rutin sehari-hari dapat menentukan kesehatanmu? Kalau tidak hati-hati, bisa jadi dapat menimbulkan penyakit yang tidak kamu sadari. Salah satu kebiasaan yang paling mencolok dalam segi kesehatan adalah merokok.

Di Indonesia, merokok sudah menjadi hal yang sangat momok bagi kesehatan masyarakat baik untuk pria maupun wanita. Kalau tidak dapat membatasi diri, bisa berakibat fatal dan tentunya mengganggu  kesehatan secara jasmani.

Kebiasaan merokok pun juga ikut memengaruhi premi asuransi yang harus dibayarkan oleh calon nasabah baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Mengapa?

Seperti yang selalu dijelaskan, merokok memberikan efek buruk berupa penyakit-penyakit yang berisiko menimbulkan kematian seperti hipertensi, jantung, darah tinggi dan sebagainya.

Merokok pun bukan satu-satunya kebiasaan hidup yang mempengaruhi besar kecilnya premi yang harus dibayarkan.

Secara tidak langsung, mengonsumsi makanan secara berlebihan juga mengakibatkan biaya premi asuransi kesehatan atau jiwa yang besar. Meskipun demikian, masih sedikit jumlah orang yang menderita jenis penyakit tersebut.

Mau punya asuransi jiwa? Hitung besaran uang pertanggungannya dengan kalkulator berikut ini

Dari usia, usia pensiun, pendapatan per bulan, hingga kenaikan gaji, kamu bisa menghitung nilai hidup manusia sebagai acuan besaran uang pertanggungan yang ingin didapat dari asuransi jiwa.

Hitung nilai hidup manusia dengan menggunakan kalkulator di bawah ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar premi asuransi

Apa yang dimaksud dengan premi asuransi?

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang harus dibayar tertanggung sebagai imbalan atas jasa pertanggungan atau asuransi yang diberikan penanggung. Premi asuransi dibayarkan tiap bulan atau tiap tahun dan menjadi kewajiban peserta asuransi (tertanggung) sebagaimana kesepakatan yang tercantum dalam polis.

Apa itu polis asuransi?

Polis asuransi adalah perjanjian asuransi antara penanggung (perusahaan asuransi) dan tertanggung (peserta asuransi). Polis asuransi berisi hak pelajari polis, data pemegang polis dan tertanggung, manfaat asuransi, pengecualian, ketentuan premi asuransi, hingga potongan biaya.

Apa fungsi premi asuransi?

Fungsi premi asuransi adalah sebagai syarat yang dipenuhi tertanggung untuk mendapat ganti rugi atas risiko-risiko yang dipertanggungkan penanggung.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →