Mobil Kijang Kapsul: Harga, Kelebihan, dan Kekurangannya
Mobil Toyota Kijang Kapsul masih menjadi pilihan bagi konsumen mobil bekas. Harganya yang cukup terjangkau di kantong menjadi salah satu daya tarik tersendiri.
Sebagai informasi, Kijang Kapsul hadir pada 90-an. Konsep awalnya adalah sebagai kendaraan niaga, tetapi kemudian beralih sebagai kendaraan penumpang pada generasi ketiga.
Kijang Kapsul terbagi menjadi beberapa tipe. Tipe standar dari Kijang Kapsul adalah SX dan LX, tipe deluxe adalah SX dan LSX, serta tipe grand adalah SGX dan LGX.
Kijang Krista menjadi tipe paling tinggi (terbaik). Perbedaan tipe mobil tersebut bisa tampak dari huruf pertama, misalnya S untuk short dan L untuk Long.
Mobil Kijang Kapsul tipe S ditandai dengan kursi bagian belakang yang menghadap ke samping, sementara pada tipe L kursi bagian belakang menghadap ke depan.
Harga mobil Toyota Kijang Kapsul
Dilansir dari berbagai situs jual beli mobil online, berikut daftar harga Toyota Kijang bekas tahun 90-an. Harga yang tertera di bawah ini bergantung pada kondisi mobil, jarak tempuh, serta warna dan kelengkapan surat.
Tipe | Tahun | Harga |
Toyota Kijang SX | 1997 | Rp33 juta |
Toyota Kijang SSX | 1997 | Rp47 juta |
Toyota Kijang SGX | 1997 | Rp65 juta |
Toyota Kijang LX | 1997 | Rp43 juta |
Toyota Kijang LSX | 1997 | Rp58 juta |
Toyota Kijang LGX | 1997 | Rp68 juta |
Kijang Krista | 2001 | Rp63 juta |
Kelebihan mobil Kijang Kapsul
Meskipun usia Kijang Kapsul sudah memasuki kepala dua, perawatannya cukup mudah. Selain itu, harga jualnya juga stabil karena peminat mobil bekas masih tinggi.
Di beberapa daerah, harga mobil Kijang Kapsul masih dipatok tinggi. Tak hanya itu, kamu juga tidak perlu pusing mencari suku cadang atau spare part, karena masih mudah ditemukan di pasaran.
Dari sisi perawatan mesin, mobil ini bisa dibilang bandel, awet, dan tidak rewel. Bahkan, mesin mobil Kijang Kapsul ini juga sering dimanfaatkan sebagai mesin pengganti. Tak hanya itu, kabinnya juga lapang dan menjadi patokan kabin MPV.
Mesin yang dimiliki mobil Kijang Kapsul 1.800cc, 2.000, dan Diesel 2.400 cc membuatnya tampak tangguh. Selain itu, ground clearance mobil tersebut juga terbilang cukup tinggi dan bisa digunakan di berbagai medan. Suspensinya yang empuk menjadikannya cukup nyaman digunakan sebagai mobil harian.
Walaupun hadir di era 90-an, tampilan yang dimiliki Kijang Kapsul timeless, alias bisa digunakan di zaman apa pun. Bentuk body-nya yang membulat membuat tingkat keaerodinamisan mobil ini lebih baik dari generasi sebelumnya.
Oleh sebab itu, jangan heran kalau Kijang Kapsul masih bisa melaju kencang dan stabil saat digunakan di jalur bebas hambatan.
Sasis yang digunakan pada Kijang Kapsul juga cukup kuat dan lentur karena menggunakan konstruksi rangka berjenis ladder frame alias model tangga. Oleh sebab itu, sasis pada mobil Kijang Kapsul jarang sekali mengalami masalah, misalnya patah pada sasis.
Kekurangan Kijang Kapsul
Hal yang perlu kamu ingat saat memutuskan membeli mobil Kijang Kapsul adalah konsumsi bahan bakarnya yang boros. Kijang Kapsul memiliki AC double blower, sehingga ketika dinyalakan akan membuat boros bahan bakar.
Untuk sektor dapur pacunya, suara mesinnya terdengar cukup keras saat dikendarai. Bahkan, suaranya yang cukup bising terdengar sampai kabin.
Hal itu tentu akan mengurangi kenyamanan pengemudi dan penumpang. Selain itu, karet bodi Kijang Kapsul bekas juga rata-rata sudah getas dan mengelupas.
Terkait fitur keselamatan pada Kijang Kapsul sebaiknya juga dijadikan pertimbangan sebelum kamu memutuskan membelinya. Sebab, mobil tersebut hanya memiliki seatbelt, tidak ada fitur keselamatan lainnya.
Sehingga, kamu harus hati-hati saat mengendarai mobil bekas Kijang Kapsul, apalagi di jalanan berkontur dengan kecepatan tinggi.
Kamu juga disarankan untuk tidak mengendarai Kijang Kapsul dengan kecepatan di atas 140 km/jam, sebab itu adalah batas maksimal kekuatan mobil tersebut.
Tenaga yang dihasilkan tidak terlalu bagus karena teknologi mesin yang dimiliki belum modern, apalagi karakter torsinya juga berada di putaran rendah.
Tips dari Lifepal! Meski Kijang Kapsul sudah cukup berumur, mobil ini memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya masih layak untuk dipakai.
Selain itu, kamu juga enggak perlu mengkhawatirkan spare part-nya, karena kamu bisa dengan mudah menemukannya. Untuk harganya sendiri, kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp33 juta untuk tipe Toyota Kijang SX keluaran tahun 1997.
Meski begitu, jangan lupakan untuk menyertakan asuransi mobil. Kamu bisa memilih asuransi mobil all risk ataupun TLO sebagai perlindungan finansialmu. Kamu bisa memilih salah satu jenis tersebut disesuaikan dengan kebutuhanmu.
Asuransikan mobil Kijang Kapsul kamu, ya!
Saat membeli mobil bekas, kamu juga harus menyesuaikan diri dengan bujet yang kamu punya. Tak kalah penting, jangan lupa untuk melengkapinya dengan asuransi mobil agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.
Biarpun mobil bekas, perlindungan finansial dari asuransi mobil tetap diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Sebab biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.
Ingin tahu jenis asuransi mobil apa yang cocok buatmu? Kamu bisa mencari tahunya dengan kuis asuransi mobil terbaik di sini!
Untuk preminya, kamu bisa mengeceknya menggunakan kalkulator premi asuransi mobil di sini:
Pertanyaan seputar mobil Kijang Kapsul
Di beberapa daerah, harga mobil Kijang Kapsul masih dipatok tinggi. Tak hanya itu, kamu juga tidak perlu pusing mencari suku cadang, karena masih mudah ditemukan di pasaran.
Dari sisi perawatan mesin, mobil ini bisa dibilang bandel, awet, dan tidak rewel. Mesin Kijang Kapsul ini juga sering dimanfaatkan sebagai mesin pengganti. Tak hanya itu, kabinnya juga lapang dan menjadi patokan kabin MPV.
Mesin yang dimiliki Kijang Kapsul 1.800cc, 2.000, dan Diesel 2.400 cc membuatnya tampak tangguh. Selain itu, ground clearance mobil tersebut juga terbilang cukup tinggi dan bisa digunakan di berbagai medan. Suspensinya yang empuk menjadikannya cukup nyaman digunakan sebagai mobil harian.