Biaya Ganti Plat Motor Beserta Cara dan Syarat Terbaru 2021

biaya ganti plat motor di Samsat

Biaya ganti plat motor itu berapa ya? Bagaimana dengan syarat dan biaya perpanjang STNK? Sebelum kamu dapat informasi tentang jumlahnya, ada baiknya pahami dulu kenapa kita perlu ganti plat motor.

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib mendaftarkan kendaraannya di Samsat sebelum dioperasikan. Pendaftaran ini dilakukan untuk mendapatkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), dan juga Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

STNK dan TNKB hanya berlaku lima tahun dan perlu dilakukan pengesahaan setiap satu tahun sekali dengan syarat melakukan pembayaran biaya perpanjang STNK satu tahunan.

Setiap melakukan pengesahan tahunan ini, lembar STNK akan dibubuhi cap atau stiker pada kolom yang tersedia. Saat kolom tersebut telah penuh, artinya itu saatnya STNK dan TNKB diganti.

Lalu, bagaimana cara ganti plat motor? Berikut ini prosedur cara ganti TNKB atau pembayaran pajak lima tahunan, lengkap dengan ulasan biaya ganti plat motor dan syarat serta biaya perpanjang STNK lima tahunan.

Biaya ganti plat motor atau TNKB dan biaya perpanjang STNK

Berikut ini biaya ganti plat motor atau biaya penerbitan Tanda Nomor kendaraan Bermotor (TNKB) serta biaya perpanjang STNK lima tahunan berdasarkan jenis kendaraannya.

Jenis Kendaraan  Biaya ganti plat motor  Biaya perpanjang STNK Biaya pengesahan STNK
Kendaraan roda dua dan tiga Rp60 ribu Rp100 ribu Rp25 ribu
Kendaraan roda empat atau lebih Rp100 ribu Rp200 ribu Rp50 ribu

Syarat ganti plat motor atau TNKB 

Setelah mengetahui berapa biaya ganti plat motor, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara atau prosedur penggantiannya di Samsat. Tapi, sebelumnya, kamu juga perlu mencatat persyaratan-persyaratan yang diminta untuk penggantian plat nomor. Berikut ini syaratnya: 

  • STNK asli dan fotokopi (1 lembar)
  • KTP asli sesuai STNK dan fotokopi (1 lembar)
  • BPKB asli dan fotokopi (1 lembar)
  • Motor yang ingin dibayar pajaknya

Sedikit tips, sebaiknya kamu membawa pulpen sendiri agar tidak perlu antre lama untuk mengisi formulir. Jika persyaratannya sudah siap, saatnya menuju Samsat induk di daerahmu.

Syarat perpanjangan STNK

Berdasarkan informasi dari laman resmi Korlantas Polri, dokumen yang harus disiapkan sebagai syarat perpanjangan STNK  sebagai berikut.

  • Formulir perpanjang STNK
  • STNK asli dan fotokopinya
  • BPKB asli dan fotokopinya
  • KTP atau SIM asli dan fotokopinya
  • Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan
  • Keterangan buka blokir bila STNK dalam status blokir
Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Langkah-langkah cara ganti plat motor dan cara perpanjang STNK di Samsat 

Setelah mengetahui syarat dan biaya ganti plat motor serta perpanjang STNK, langsung saja kamu simak langkah-langkah atau prosedur penggantian TNKB. 

Penggantian plat motor dan perpanjang STNK bisa dilakukan di Samsat tempat kendaraan tersebut tercatat. Berikut ini langkah-langkah atau prosedurnya, 

1. Melakukan cek fisik motor

Saat tiba di lokasi, jangan langsung cari parkir. Pergi ke loket pendaftaran cek fisik untuk mengambil nomor antrean.

Cari lokasi cek fisik motor dan antre di sana untuk menunggu giliran. Walau ada banyak motor yang mengantre, tapi biasanya ada lebih dari dua jalur antrean, sehingga prosesnya gak lebih dari 10 menit.

Idealnya, tidak ada pemungutan biaya sepeser pun saat cek fisik. Tapi, jika kamu dimintai uang dan merasa terkena pungli, boleh kamu laporkan kok.

2. Mendaftarkan dan validasi hasil cek fisik ke loket cek fisik kendaraan

Usai cek fisik, baru deh parkirkan motormu. Lalu, serahkan hasil cek fisik dan STNK asli ke bagian legalisir hasil cek fisik. Biasanya, tempatnya berdekatan dengan lokasi gesek. Di sini kamu perlu menunggu sekitar 15 menit.

3. Mengisi formulir perpanjangan STNK

Ambil formulir pada loket pendaftaran dan pengambilan formulir STNK. Lengkapi semua bagian yang harus diisi. Jika bingung, minta bantuan petugas untuk mengarahkan kolom apa saja yang perlu dilengkapi. Mengisi formulir butuh waktu sekitar 2-5 menit.

4. Mendaftar pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB)

Siapkan berkas yang telah kamu bawa, dilengkapi dengan berkas cek fisik yang telah dilegalisir, dan formulir pendaftaran yang telah diisi. Serahkan semua berkas ke loket pendaftaran. 

Di sini kamu akan mendapatkan nomor antrean. Biasanya, lama menunggu sekitar 30-60 menit, tergantung tingkat keramaian.

5. Melakukan pembayaran pajak

Saat namamu dipanggil, bayarlah biaya ganti plat motor di kasir sesuai angka tercetak di lembar pajak. Proses pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) gak lama kok, hanya butuh 3-5 menit.

Di sini kamu akan mendapatkan dua lembar bukti bayar, lembar putih dan lembar biru. Lembar putih untuk ambil plat nomor dan lembar biru untuk ambil STNK.

6. Ambil STNK dan plat nomor baru

Ambil STNK di loket pengambilan STNK. Cek apakah data di STNK sudah sesuai dengan nama, plat nomor, dan jenis kendaraan. Waktu tunggu pengambilan STNK biasanya berkisar 5-10 menit. Selain STNK, kamu juga akan mendapatkan bukti bayar pajak baru.

Selanjutnya, ambil plat nomor di loket TNKB. Di sini kamu juga perlu menunggu sekitar 5-10 menit. STNK dan plat nomor baru pun sudah di tangan.

Lama waktu penggantian plat motor atau TNKB

Dari enam tahapan di atas, proses penyelesaian prosedur dan biaya perpanjang STNK lima tahunan ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.

Kamu pun tidak dikenai biaya, selain pembayaran pajaknya. Pemerintah juga mengimbau untuk tidak melakukan pembayaran apa pun tanpa kuitansi dengan cap PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Sementara jika menggunakan jasa calo, kamu perlu merogoh kocek dari Rp 200 ribu-Rp 500 ribu, belum termasuk biaya pajakmu.

Waktu yang dibutuhkan pun bisa lebih dari sehari. Belum lagi kendaraan dan dokumen-dokumennya perlu diserahkan juga melalui calo. Yakin akan aman?

Ganti plat motor dan perpanjang STNK dari luar daerah

Setiap lima tahunan pasti plat nomor atau TNKB tersebut diganti dan diikuti dengan penerbitan STNK yang baru. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah cek fisik kendaraan di kantor Samsat. 

Namun kendalanya? Bagaimana jika kamu ingin memperpanjang, tapi kamu beserta kendaraan ada di luar daerah atau kota lainnya? Apakah bisa melakukan ganti TNKB dari luar kota? Jawabannya tentu bisa. 

Karena pada intinya, cek fisik itu bisa dilakukan di kantor Samsat mana saja, termasuk di kota kamu berada. Saat cek fisik tersebut, kamu juga diharuskan untuk membawa persyaratan lainnya seperti BPKB, STNK, dan KTP. 

Setelah dicek, kamu bisa mengirimkan hasil cek tersebut ke kota kendaraan tersebut berasal. Jadi, kamu tidak perlu lagi repot-repot membawa kendaraan tersebut ke kota asal, cukup hasil cek fisiknya saja.

Untuk biaya ganti plat motor dari luar daerah tidak ada bedanya dengan di daerah asal. Biaya ganti plat motor roda dua atau tiga Rp60 ribu dan roda empat sampai lebih Rp100 ribu. 

Bukan main tingginya biaya perbaikan mobil yang rusak berat. Dengan asuransi mobil, biaya perbaikan di bengkel menjadi ringan. Gunakan Kalkulator Menghitung Premi untuk ketahui besaran preminya.

Apakah ganti plat motor dan perpanjang STNK saat corona bisa online?

Di masa pandemi Covid19 ini, semua kegiatan dibatasi, termasuk kegiatan administrasi yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Seperti misalnya untuk pembayaran pajak STNK tahunan, masyarakat bisa melakukannya secara online

Masyarakat yang hendak membayar pajak tahunan, bisa mengakses portal-portal virtual seperti e-Samsat daerah masing-masing. Nantinya pembayaran pajak bisa dilakukan hanya dengan transfer antar bank. 

Namun, untuk penggantian TNKB dan perpanjang STNK lima tahunan, masyarakat tetap harus datang ke Samsat. Hal ini karena salah satu persyaratan untuk penggantian plat nomor adalah pengecekan fisik dan nomor rangka kendaraan oleh pihak Samsat. 

Untuk mengatasi persebaran virus Covid19 saat antrean penggantian plat, Samsat pun telah memberlakukan protokol kesehatan yang ketat untuk seluruh masyarakat. 

Sayangi dan lindungi kendaraan dengan memanfaatkan asuransi motor

Setelah selesai semua urusan terkait biaya ganti plat motor dan prosedur penggantiannya, sebaiknya juga memberikan perlindungan asuransi motor.

Saat ini motor mungkin menjadi salah satu alat transportasi kamu untuk mencari nafkah. 

Oleh karena itu, ada baiknya penting memiliki asuransi motor untuk menghindari risiko-risiko buruk di masa depan yang bisa saja menimpa motormu.

Memilih asuransi motor sebagai salah satu perlindungan tentunya akan memberikan segudang manfaat nih buat kamu. 

Asuransi motor sendiri adalah salah satu produk asuransi yang memberikan ganti rugi jika sepeda motor kamu mengalami kecelakaan atau kehilangan karena dicuri.

Kamu tidak mau dong, mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan sepeda motor lantaran mengalami musibah seperti yang disebutkan di atas. 

Apabila hal tersebut terjadi oleh sepeda motor kamu, maka dari itu perusahaan asuransi akan memberikan penggantian berupa perbaikan kendaraan atau uang tunai.

Dengan membayar premi setiap bulannya, kamu akan mendapatkan manfaat dari asuransi motor.

Adapun manfaat-manfaat asuransi motor di antaranya: 

  • Penggantian terhadap risiko motor yang hilang,
  • Penggantian terhadap risiko perampokan dan penodongan. 
  • Penggantian atas kerugian kerusakan motor akibat kecelakaan yang melebihi 75 persen harga motor.
  • Adanya perluasan manfaat tanggung jawab hukum pihak ketiga 
  • Adanya perluasan jaminan kecelakaan diri untuk pengendara.
  • Layanan perbaikan 24 jam di bengkel-bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Jadi pada dasarnya penyebutan biaya ganti plat nomor motor dan biaya perpanjang STNK lima tahunan adalah dua hal yang sama.

Pastinya kamu wajib datang ke Samsat dengan membawa kendaraan lengkap dengan STNK asli dan surat-surat lainnya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu ya!

Pertanyaan seputar biaya dan cara ganti plat motor

Berapa biaya ganti plat motor?

Untuk kendaraan motor roda dua atau tiga akan dikenakan biaya Rp60 ribu. Sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih, biayanya Rp100 ribu.

Terkait biaya penerbitan STNK kendaraan roda dua atau tiga akan dikenakan biaya Rp100 ribu, sedangkan kendaraan roda empat ke atas dikenakan biaya Rp200 ribu.

Apa syarat ganti plat motor?

Persyaratan untuk ganti plat motor adalah membawa salinan dan STNK asli, KTP asli yang sesuai dengan nama di STNK, BPKB asli dan salinannya, membawa motor bersangkutan untuk cek fisik.

Bisakah ganti plat motor di luar daerah domisili?

Kamu bisa melakukan penggantian plat nomor atau perpanjang STNK lima tahunan dari luar daerah dengan mendatangi Samsat terdekat dan melakukan pengecekan fisik kendaraan dan nomor rangka seperti biasa.

Selanjutnya, kirim hasil cek fisik tersebut ke kantor Samsat daerah domisili kendaraan tersebut.

Ganti plat motor apa bisa diwakilkan?

Apabila kamu berada di luar kota, proses pengurusan ganti plat di daerah asal bisa diwakilkan. Namun, kamu diharuskan untuk melakukan cek fisik langsung ke Samsat setempat dulu.

Setelah hasil fisiknya keluar, kamu bisa meminta bantuan keluarga atau kerabat untuk menyerahkan hasil cek fisik tersebut ke Samsat domisili asli.

Bisakah ganti plat motor online?

Sayangnya untuk ganti TNKB ini tidak bisa dilakukan secara online. Karena salah satu persyaratannya adalah harus cek fisik secara offline atau langsung di kantor Samsat.

Bisakah ganti plat motor di Samsat Keliling?

Samsat Keliling tidak melayani ganti plat motor. Untuk pengurusan penggantian plat motor, kamu harus melakukannya di kantor Samsat secara langsung.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →