Beranda
Media
Inilah Perbedaan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera!

Inilah Perbedaan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera!

perbedaan jasa raharja dan jasa raharja putera

Perbedaan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera secara detail belum banyak yang mengetahui. Jangankan perbedaannya, kadang produk keduanya pun masih banyak yang awam.

Hal ini karena asuransi Jasa Raharja muncul saat adanya kecelakaan di jalan, dan sifatnya ganti rugi ‘gratis”. Sehingga wajar jika masih banyak orang yang belum paham perbedaan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera.

Untuk itu, sebelum membahas tentang perbedaan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera, ada baiknya kamu mengetahui dahulu masing-masing produk asuransi ini.

Sehingga kamu paham detail perbedaan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera.

Jasa Raharja

Untuk memahami perbedaan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera, tentu kamu harus breakdown masing-masing layanannya.

Pertama adalah Jasa Raharja adalah perusahaan ini merupakan salah BUMN yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas.

Asuransi ini diperuntukan bagi penumpang, baik angkutan umum, kendaraan pribadi, maupun pejalan kaki.

Hal ini sesuai dengan Undang undang No. 33 Tahun 1964 dan UU No. 34 Tahun 1964 setiap WNI telah dilindungi asuransi Jasa Raharja.

Cara klaim Jasa Raharja

Jasa Raharja adalah salah satu asuransi yang cara klaimnya sangat mudah.

Apabila kamu atau keluargamu mengalami kecelakaan bisa langsung melakukan klaim asuransi, dengan disertai pemahaman prosedur pengajuan santunan yang benar.

Nah, prosedur yang benar itu kamu bisa langsung menghubungi Kantor Jasa Raharja terdekat guna memperoleh informasi awal santunan.

Kemudian, ada pula hal-hal yang harus kamu lakukan guna mendapatkan santunan dari Jasa Raharja.

Apa saja itu? Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan

  • Mengisi formulir yang berisi data masyarakat yang kecelakaan.
  • Menyerahkan dokumen atau bukti yang sah.
  • Kemudian pihak Jasa Raharja akan akan meneliti dokumen yang diberikan untuk selanjutnya proses pengajuan santunan dimulai.

Tidak sampai situ, setelah itu kamu melaporkan kejadian kecelakaan tersebut untuk mendapatkan laporan.

Kamu harus melapor ke kepolisian terkait kecelakaan lalu lintas dari Unit Lakalantas Polres setempat. Dan juga kamu harus melaporkan ke instansi berwenang lainnya, seperti PT KAI untuk pengguna kereta dan Syahbandar untuk kapal laut.

Selanjutnya kamu bisa mengajukan santunan ke kantor Jasa Raharja untuk mengisi formulir dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Pelayanan Jasa Raharja

Jasa Raharja adalah asuransi yang memberikan pelayanan kepada korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan. Selain itu, Jasa Raharja juga memiliki slogan yaitu PRIME (Proaktif, Ramah, Ikhlas, Mudah dan Empati). 

Konsep atau slogan tersebut dibuat agar, Jasa Raharja bisa selalu memberikan pelayanan terbaik. Namun dengan konsep PRIME pula, maka kamu harus tahu bahwa prosedur permohonan pengajuan santunan juga jadi berubah. Apa saja itu?

1. Sinergitas

Kolaborasi Jasa Raharja bersama Kepolisian RI dan Kementerian Kesehatan membuat layanan jadi semakin mudah.

Terutama pada penanganan korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas, karena ada beberapa hal yang juga diadopsi dalam konsep PRIME.

Pertama, dengan adanya PRIME sistem informasi telah didukung dengan teknologi bagi Kepolisian. Laporan ini berisi kronologi kejadian kecelakaan angkutan umum dan lalu lintas Jalan.

Kemudian yang kedua, pihak Jasa Raharja juga jadi mudah melakukan koordinasi dengan rumah sakit untuk memberikan surat jaminan bagi korban yang mengalami kecelakaan. Sehingga langsung dilakukan perawatan guna menghindari terjadinya fatalitas.

Selain itu, Jasa Raharja juga membantu keluarga/ahli waris untuk mendapatkan surat Keterangan Kesehatan Korban dan melengkapi identitas diri atau dokumen ahli waris.

Kemudian juga dengan adanya PRIME maka korban akan dijamin oleh Jasa Raharja akan mendapatkan biaya perawatan maksimal Rp 10 juta. Sedangkan untuk korban meninggal dunia dibayarkan langsung kepada ahli waris korban.

2. Waktu santunan

Melalui konsep PRIME korban penyerahan santunan pada korban kecelakaan ditetapkan jangka waktu penyerahan santunan maksimal 6 hari.

Namun pada kenyataannya untuk korban meninggal dunia di tempat kejadian perkara dapat diselesaikan dalam waktu secepatnya.

Jasa Raharja Putera

Jasa Raharja Putera seperti namanya merupakan anak perusahaan Jasa Raharja.

Perusahaan asuransi yang biasa disebut JP-Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang merupakan anak perusahaan asuransi pelat merah alias milik negara (BUMN), PT Jasa Raharja (Persero).

JP-Insurance didirikan pada 27 November 1993 di Jakarta. Jasa Raharja Putera didirikan dengan maksud melengkapi pelayanan yang diberikan induk usahanya di bidang asuransi dengan menyasar masyarakat yang lebih luas.

Oleh karena itu JP-Insurance memiliki produk asuransi yang beragam, beda dengan Jasa Raharja yang hanya fokus pada asuransi kecelakaan bagi pengguna jalan, pengendara, dan penumpang transportasi umum.

Kini JP-Insurance sudah memiliki 27 kantor cabang dan 86 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia, dan bahkan JP-Insurance sudah menyediakan asuransi berbasis syariah.

Layanan dan produk Jasa Raharja Putera

JP-Insurance memiliki 4 produk unggulannya yang lengkap. Berada di bawah perusahaan BUMN membuat beberapa nama produk JP-Insurance terdengar formal.

Ada Jasa Raharja Putera Bonding, Jasa Raharja Putera Astor, Jasa Raharja Putera Graha, Jasa Raharja Putera Aspri. Penasaran apa saja hal yang ditawarkan beberapa produk JP-Insurance ini?

Sekaligus agar kamu tahu sedikit banyak tentang perbedaan Jasa Raharja dan JP-Insurance, yuk langsung kenali masing-masing produk unggulannya:

1. Jasa Raharja Putera Bonding

Disebut juga dengan JP-Bonding, adalah asuransi yang memberikan jaminan perlindungan akan resiko yang dapat terjadi disaat persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian proyek sehingga berjalan sesuai dengan rencana dan harapan.

Pada produk JP-Bonding ini ada beragam jenis Surety Bond Suretyship yang bisa kamu dapatkan

  • Jaminan penawaran Bid Bond, jaminan Pelaksanaan Performance Bond, Jaminan Uang Muka Advance Payment Bond dan Jaminan Pemeliharaan Maintenance Bond untuk seluruh jenis Pekerjaan Konstruksi, Pengadaan dan Konsultan.
  • Progress Payment Bond.
  • Jaminan Sewa Alat d. Installment Sales Bond.
  • Customs Bond.
  • Kontra Garansi Jaminan Penawaran Bid Bond, Jaminan Pelaksanaan Performance Bond, Jaminan Uang Muka Advance Payment Bond dan Jaminan Pemeliharaan Maintenance Bond untuk seluruh jenis Pekerjaan Konstruksi, pengadaan dan konsultan serta Kontra Garansi Sewa Alat.

Perlu kamu ketahui, bahwa JP-Insurance merupakan pelopor surety Bond di Indonesia, sehingga dan juga sudah standar kualitas internasional bersertifikasi ISO 9001:2000.

2. Jasa Raharja Putera Pastor

Produk yang kedua diberi nama JP-Astor merupakan produk yang memberikan jaminan atas kerugian kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh tabrakan, terbalik dan pencurian.

Kemujdian juga pada kebakaran, kena petir, peledakan terhadap mesin dan tanggung jawab menurut hukum kepada pihak ketiga.

Disamping risiko-risiko dasar jaminan, produk asuransi ini juga dapat diperluas dengan risiko-risiko dari pengemudi dan penumpang, banjir, gempa bumi dan huru hara.

3. Jasa Raharja Putera Aspri

Produk yang ketiga ini memberikan perlindungan terhadap risiko keuangan yang diakibatkan oleh kecelakaan pribadi bagi perorangan maupun kelompok pada saat melakukan berbagai aktivitas selama 24 jam.

Ganti rugi yang dapat diberikan adalah dalam bentuk santunan kematian, santunan biaya perawatan dan santunan cacat tetap.

4. Jasa Raharja Putera Graha

Terakhir produk dari JP-Insurance adalah Graha. Produk ini memberikan perlindungan terhadap kerusakan gedung, kantor, rumah commit to user 35 tinggal, toko, pabrik, hotel dan bangunan-bangunan lainnya.

Termasuk pada risiko kerugian yang diakibatkan oleh bahaya kebakaran, petir, peledakan, asap dan kejatuhan pesawat terbang, serta perluasan risiko karena huru hara, letusan gunung berapi, banjir, angin topan, badai maupun gempa bumi.

Perbedaan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera

Kini masuk pada pembahasan perbedaan Jasa Raharja dan JP-Insurance. Jika kamu sudah membaca beberapa pengertian dan layanan Jasa Raharja dan JP-Insurance mungkin sudah ada gambaran sedikit mengenai perbedaan keduanya.

Namun agar lebih jelas maka berikut perbedaan Jasa Raharja dan JP-Insurance. Paling jelas yaitu Jasa Raharja adalah induk dari JP-Insurance, sehingga dari sini sudah jelas perbedaan keduanya. Lalu apalagi?

1. Layanan

Dari segi layanan, Jasa Raharja adalah asuransi wajib dan memberikan perlindungan dasar saja. Disebut wajib karena perlindungan dari Jasa Raharja bisa kamu dapatkan jika terjadi kecelakaan di ranah yang mereka jamin.

Kemudian dalam perlindungan wajib itu pula, ada maksimal nilainya sehingga tidak unlimited. Sedangkan JP-Insurance menawarkan perlindungan di luar yang ditawarkan Jasa Raharja.

Sehingga bisa dibilang JP-Insurance adalah asuransi umum, yang menawarkan banyak perlindungan mulai dari Jiwa, asset seperti rumah hingga mobil, kesehatan, rekreasi dan lain sebagainya.

2. Iuran atau premi

Pada layanan Jasa Raharja, kamu otomatis mendapatkan perlindungan jika mengalami insiden di dalam ranah mereka.

Lalu darimana premi Jasa Raharja jika layanannya gratis? Sebenarnya tidak benar-benar gratis, layanan Jasa Raharja menerima premi dari uang pajak tahunan yang kamu bayar.

Selain itu juga ada pada pajak kendaraan pribadi dan jika kamu naik angkutan umum, maka layanan tersebut didapat dari ongkos yang kamu bayarkan.

Sedangkan JP-Insurance, iurannya berasal dari premi yang kamu bayarkan ketika bekerja sama dengan asuransi ini.

Sama halnya seperti asuransi pada umumnya, kamu harus membayar premi bulanan  dan biayanya tergantung apa yang kamu kamu asuransikan, mau asuransi jiwa, asuransi rumah ataupun aset lainnya.

3. Sistem

Terakhir perbedaan Jasa Raharja dan JP-Insurance, ialah jika Jasa Raharja sistemnya kamu otomatis mendapatkan asuransi ini jika mengalami kecelakaan di dalam ranahnya, di jalan tol, jalan raya atau dalam angkutan umum.

Sedangkan JP-Insurance tentu memberikan perlindungan padamu jika kamu berlangganan asuransinya. Artinya kamu secara sadar membayar premi ke Jiwa Raharja Putera untuk mendapat perlindungan dari asuransi ini.

Tips dari Lifepal! Perbedaan Jasa Raharja dan JP-Insurance secara detail belum banyak yang mengetahui. Jangankan perbedaannya, kadang produk keduanya pun masih banyak yang awam.

Hal ini karena asuransi Jasa Raharja muncul saat adanya kecelakaan di jalan, dan sifatnya ganti rugi ‘gratis”. Sehingga wajar jika masih banyak orang yang belum paham perbedaan Jasa Raharja dan JP-Insurance.

Perbedaan Jasa Raharja dan JP-Insurance paling jelas yaitu, Jasa Raharja adalah induk dari JP-Insurance.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Lindungi mobilmu

Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok, dengan bantuan Kuis Asuransi Mobil Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera 

JP-Insurance atau Jasa Raharja Putera merupakan perusahaan asuransi umum yang merupakan anak perusahaan asuransi pelat merah alias milik negara (BUMN), PT Jasa Raharja (Persero). Yuk, cek info selengkapnya disini.
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.
Artikel Terkait Lainnya
Artikel terkait tidak ditemukan