Nasional RE (PT. Reasuransi Nasional Indonesia)

Nasional RE (PT. Reasuransi Nasional Indonesia)

4.5 / 5.0 (532 Ulasan)
FLASHSALE
Diskon 10%
  • Promo Page kes terbaik

Promo Asuransi dengan Premi Terbaik

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Nasional RE: Alamat Gedung & Polis

Nasional RE atau PT. Reasuransi Nasional Indonesia adalah perusahaan reasuransi asal Indonesia, hasil pecahan dari PT Asuransi Kredit Indonesia (ASKRINDO). Dalam menjalankan bisnisnya, Nasional RE telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nasional RE hadir untuk memberikan pertanggungan ulang jika nasabah (perusahaan asuransi) mengalami risiko pailit atau gagal bayar.

Alamat GedungNasional RE

Nasional RE telah menyediakan call center yang bisa dicapai dengan berbagai media. Selain itu, Nasional RE memiliki kantor pusat yang berlokasi Jakarta yang siap melayani nasabah secara offline. Berikut alamat gedung Nasional RE dan call center-nya:

Alamat Gedung PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional RE)

Jl. Cikini Raya No.99, RT.10/RW.04, Cikini, Jakarta,

Jakarta Pusat

Telp: (021) 80642500

Fax: (021) 3143716

Email: [email protected]

Website: www.nasionalre.co.id 

  • E-Cargo: Layanan aplikasi yang dikhususkan untuk mitra usahanya, guna mempercepat akseptasi bisnis marine cargo.
  • E-Claim: Layanan aplikasi yang disediakan oleh Nasional RE untuk mengajukan klaim reasuransi secara online.

Rangkuman Manfaat Produk Nasional RE

Produk

Manfaat

Reasuransi KonvensionalMemberikan manfaat pertanggungan ulang atas risiko pailit perusahaan asuransi secara konvensional.
Reasuransi SyariahMemberikan manfaat pertanggungan ulang atas risiko pailit perusahaan asuransi dengan sistem syariah.

Sekilas Tentang Nasional RE

Awalnya, PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional RE) adalah salah satu bagian dari ASKRINDO (PT Asuransi Kredit Indonesia). Namun, mengacu pada UU Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, ASKRINDO tidak diperkenankan untuk beroperasi sebagai asuransi dan reasuransi sekaligus. Karena alasan itu, didirikanlah perusahaan terpisah, yaitu PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional RE) yang berfokus pada jasa reasuransi. 

Hingga saat ini, PT Nasional RE telah berkembang pesat dengan meluncurkan layanan terbarunya, yaitu layanan reasuransi berbasis online. Layanan tersebut juga mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai layanan reasuransi jiwa pertama di dunia yang menggunakan layanan online

Lalu pada Oktober 2005, Nasional RE melebarkan bisnisnya dengan merintis usaha reasuransi syariah. Upaya ini berbarengan dengan bertumbuhnya perekonomian yang berlandaskan syariah Islam di Tanah Air, termasuk salah satunya adalah  asuransi syariah. Semakin bertumbuhnya asuransi syariah di Tanah Air, pastinya memerlukan adanya reasuransi yang berjalan berdasarkan pada prinsip Islam, sehingga dapat diadakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara semua pihak yang memiliki kepentingan.

PT Reasuransi Nasional Indonesia atau Nasional RE telah mendapat izin pendirian usaha dalam bidang reasuransi dari OJK dengan nomor KEP-27/KMK.017/1995 tanggal 9 Januari 1995. Sementara unit usaha syariah Nasional RE juga telah disetujui dan disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Nomor C-24079 HT.01.04.TH.2005 tanggal 31 Agustus 2005.

Nasional RE telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di Indonesia. Prestasi dan penghargaan yang ditorehkan oleh Nasional RE, antara lain:

  • 2014: PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) – Perusahaan Reasuransi Rating A
  • 2013: PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) – Perusahaan Reasuransi Rating A
  • 2013: Museum Rekor Indonesia (MURI) – Layanan reasuransi jiwa berbasis web pertama di dunia

Bagus atau tidaknya perusahaan asuransi dapat diketahui dari rasio solvabilitas / risk based capital (RBC). RBC sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan perusahaan asuransi dalam memenuhi seluruh kewajibannya, termasuk pembayaran klaim nasabah. Idealnya, minimal rasio yang diwajibkan oleh OJK adalah 120 persen.

Berdasarkan penjelasan tadi PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional RE) memperlihatkan kinerja finansial perusahaan melalui laporan keuangan tahun 2019. Berikut rinciannya:

  • Rasio solvabilitas: 147,76%
  • Total aset: Rp 6,324 triliun
  • Ekuitas: Rp 1,980 triliun

Jika berkaca pada laporan keuangan di atas bisa disimpulkan bahwa Nasional RE memiliki tingkat rasio solvabilitas yang melebihi ketentuan minimum OJK. Sementara dari sisi jumlah ekuitas dan aset, PT Reasuransi Nasional Indonesia juga telah memenuhi standar minimum yang telah ditetapkan oleh OJK, yaitu Rp200 miliar untuk ekuitas dan Rp150 miliar untuk aset.

Pertanyaan Seputar Nasional RE

Berikut pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah maupun nasabah terkait Nasional RE (PT. Reasuransi Nasional Indonesia). Mulai dari alamat gedung, prosedur klaim, sampai apakah bisa daftar asuransi online Nasional RE.

Apa itu Reasuransi Nasional RE?

PT Reasuransi Nasional Indonesia (NasionalRE) merupakan perusahaan reasuransi yang berdiri sejak tahun 1994. Perlu dipahami bahwa secara sederhana mekanisme reasuransi adalah mengasuransikan perusahaan asuransi. Dengan kata lain, bisnis perusahaan reasuransi memberikan proteksi finansial atas risiko yang dihadapi perusahaan asuransi.

Apakah Reasuransi Nasional RE bagus?

Bagus atau tidaknya sebuah perusahaan reasuransi bergantung pada kebutuhan dan kepentingan calon nasabahnya. Nasional RE sendiri memiliki dua macam polis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya.

Selain itu, pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang reasuransi Tanah Air, membuat nama Nasional RE cukup dikenal oleh berbagai pihak yang bekerja di bidang asuransi. Berita miring tentang perusahaan ini juga relatif jarang terdengar di media cetak maupun digital Indonesia.

Dengan pertimbangan tersebut, Nasional RE bisa dikategorikan sebagai perusahaan yang bagus dan bisa dipilih oleh nasabah individu maupun korporasi di Indonesia.

Apakah Nasional RE telah terdaftar di OJK?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional RE) telah mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-27/KMK.017/1995 tanggal 9 Januari 1995.

Sementara izin usaha syariah Nasional RE telah disetujui dan disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Nomor C-24079 HT.01.04.TH.2005 tanggal 31 Agustus 2005.

Apa keunggulan Nasional RE?

Salah satu keunggulan Nasional RE adalah tersedianya produk reasuransi berbasis syariah. Selain itu, Nasional RE juga memiliki layanan berbasis aplikasi, yaitu e-Cargo untuk mitra usaha marine cargo.

Apa yang dimaksud Indonesia RE BUMN?

Indonesia RE BUMN bisa diartikan sebagai perusahaan perseroan yang dimiliki oleh negara. Ini karena seluruh saham Indonesia RE dipegang oleh negara dalam bentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Berapa rating Nasional RE?

Berdasarkan Fitch Ratings Nasional RE adalah mendapat peringkat AA-(idn)/BB+(int) Stable Outlook.

Bagaimana cara pembayaran premi Nasional RE?

Pembayaran premi Nasional RE bergantung pada ketentuan yang tertera dalam polis reasuransi. Silakan menghubungi call center Nasional RE, agen, maupun broker reasuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Bagaimana cara klaim Nasional RE?

Cara klaim produk Nasional RE harus disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Silakan cek pada situs Nasionalre.co.id untuk mengetahui panduan klaim produk asuransi online Nasional RE selengkapnya.

Di mana alamat gedung Nasional RE?

Alamat gedung Nasional RE berada di Jalan Cikini Raya No.99, RT.10/RW.04, Cikini, Jakarta, Jakarta Pusat.

Siapakah direktur utama PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional RE)?

Saat ini direktur utama PT Reasuransi Nasional Indonesia diisi oleh seorang berpengalaman bernama Achmad Sudiyar Dalimunthe. Beliau mengawali karir di industri asuransi sejak tahun 1999 hingga 2o12 di Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967. Selanjutnya, Achmad Sudiyar Dalimunthe juga pernah menjadi kepala Devisi Teknik Jasa Tania sejak tahun 2012 – 2017, Penasehat Teknis Komite Pengembangan Produk Asuransi Binagriya Upakara tahun 2017, serta Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada tahun 2017 – 2021 selama dua periode. Dengan segudang pengalaman beliau, wajar jika Achmad Sudiyar Dalimunthe menempati posisi dirut PT Reasuransi Nasional Indonesia.

Seperti apa struktur organisasi PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional RE)?

Berikut struktur organisasi PT Nasional RE:

Jajaran Komisaris

  • Komisaris Utama – Dr. Toto Pranoto
  • Komisaris – Vicentius Wilianto
  • Komisaris Independen – Yanti Parapat
  • Komisaris Independen – Teddy Sastra

Jajaran Direksi

  • Direktur Utama – Achmad Sudiyar Dalimunthe
  • Direktur Operasi – Erlan Risdiyanto
  • Direktur Teknik – Fitris Dinarwan
  • Direktur Keuangan & SDM – Sunarso
Perusahaan lain yang menyediakan reasuransi seperti Nasional RE

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan reasuransi seperti Nasional RE, di antaranya:

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.nasionalre.co.id/ind
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%
Dapatkan Promo