Mari Resapi Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan Finansial Ini

kata bijak kehidupan finansial

Kata-kata bijak tentang kehidupan menjadi salah satu pendongkrak suasana hati atau mood booster di kehidupan pribadi, karier, hingga finansial Anda. 

Penggunaan kata-kata bijak pun kian bervariasi seiring popularitas media sosial (medsos). Rata-rata pengguna medsos pernah setidaknya sekali mengunggah kata-kata bijak tentang kehidupan dari tokoh politik, seleb Hollywood, sampai tokoh film animasi. Apalagi, semakin banyak motivator di berbagai platform medsos.

Kata-kata Bijak Populer

kata bijak populer

 

Dari sekian banyak tokoh populer dunia, rata-rata dari mereka mengajarkan pola hidup hemat, gemar menabung atau investasi, berani ambil risiko bisnis, dan tidak takut gagal.

Selain itu, orang-orang super kaya ini tidak mementingkan penampilan dengan mengenakan barang branded atau mengendarai supercar. Contohnya adalah pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang kerap tampil sederhana dengan t-shirt dan jeans.

Dari Indonesia tidak kalah juga. Ada Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan masih banyak lagi. Berikut kata-kata bijak tentang kehidupan dari influencer top Indonesia.

1. Hidup adalah tantangan

kata bijak jokowi

Kata-kata bijak dari Presiden Jokowi ini benar banget! Kalau kita mau memiliki kehidupan finansial yang lebih baik ya harus kerja. Kata-kata Presiden Jokowi ini juga menegaskan bahwa hidup adalah tantangan.

So, jangan takut untuk melangkah maju demi masa depan! Asal kerja keras, kita pasti mendapat hasil maksimal. Tidak ada kerja keras yang berbuah kegagalan, bukan?

2. Jangan lupa tiga hal

kata bijak ridwan kamil

Pernyataan Mantan Walikota Bandung ini cukup mengena, ya? Kesuksesan dalam hidup dan karier tidak boleh melupakan tiga hal yaitu kerja keras, kebersamaan, dan yang tidak kalah penting adalah doa.

Bagi yang sedang menjalani bisnis, kebersamaan adalah salah satu kunci penting. Kesuksesan bisnis tergantung juga kepada bawahan dan semua orang terkait. Yuk, coba terapkan kata-kata bijaknya Kang Ridwan!

3. Belajar asah keberanian

kat abijak gojek

Tidak hanya dalam bisnis, dalam kehidupan kita harus berani. Bagi yang ingin menjadi pebisnis, kepintaran menjadi salah satu modal. Tetapi, keberanian juga menjadi pertahanan utama dalam menjalankan bisnis. Hmm benar juga, ya!

Kalau tidak menjalani bisnis, kita harus pintar mengatur keuangan agar kehidupan finansial di masa depan tidak disesali. Menabung dan investasi jadi salah satu kuncinya. Berani ambil risiko investasi bukan berarti tidak mempertimbangkan banyak hal, bukan?

4. Keberhasilan dari hati

kata bijak sm

Dalam ya makna keberhasilan bagi Sri Mulyani! Dari kata-kata bijaknya, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa keberhasilan tidak sekadar finansial. Ada keberhasilan lain yang bisa mengarahkan hidup kita lebih baik.

Kita yang masih fokus pada kesuksesan finansial, jangan melupakan tiga hal tersebut, ya! Jangan sampai deh gara-gara demi kebebasan finansial kita menggadaikan harga diri, mengkhianati kebenaran, dan mengingkari hati nurani. Seram, kan?

5. Konsisten dan pantang menyerah

kata bijak susi

Apa yang dikatakan menteri sekaligus pebisnis maskapai penerbangan ini sangat tajam. Tidak memiliki latar pendidikan tinggi, Susi membuktikan diri dan mematahkan anggapan orang bahwa sukses hanya dilandasi pendidikan tinggi.

Bagi yang tidak berkesempatan mengenyam bangku kuliah, coba deh buka pikiran dan gali ide bisnis. Jangan hanya bergantung pada orang lain untuk mendapatkan pekerjaan. Coba ciptakan lapangan kerja. Siapa tahu bisa menjadi Susi Pudjiastuti berikutnya. Amin!

6. Berani wujudkan impian

kata bijak bob sadino

Sosok sederhana yang meninggal pada Januari 2015 lalu ini memang sosok nekat. Namun, kata-kata bijaknya memang benar. Jika ingin memulai bisnis harus percaya dulu, lalu berani membukanya.

Salah satu kunci sukses lelaki yang senang memakai celana pendek semasa hidupnya ini adalah tidak menanyakan pendapat orang lain untuk bisnis yang ingin dibukanya. Kita bisa memakai rumus “pakai kacamata kudanya” beliau ya!

7. Jangan sepelekan berhemat

kat abijak merry riana

Merry Riana mengajarkan kita berhemat, nih! Bagaimana kita bisa sukses finansial dan punya masa depan lebih baik, jika setiap gajian habis untuk belanja hal-hal kurang penting seperti baju baru atau tas baru.

Merry yang sudah dibilang berhasil meraih kebebasan finansial dalam usia produktif saja bisa berhemat. Cek saja penampilannya, tidak pernah berlebihan, kan? So, kita bisa tiru pola pikir dan prinsip berhemat Merry yang lebih mengutamakan masa depan ketimbang belanja.

8. Berani ambil risiko

kata bijak zuckerberg

Orang terkaya nomor 8 di dunia tahun 2019 versi Forbes ini membuktikannya. Dia berhasil membuktikan bahwa mengambil risiko memiliki dua kemungkinan gagal atau berhasil.

Bagi pemilik kekayaan mencapai US$67,6 miliar (sekitar Rp963,5 triliun) ini, tanpa mengambil risiko, impian dan keinginan hanya jadi wacana semata. So, berani wujudkan yang ingin dicapai. Tidak ada salahnya mengambil risiko yang ada.

9. Belajarlah dari kesalahan

kata bijak kylie jenner

Ibu satu anak yang memiliki kekayaan US$1 miliar (sekira Rp14,24 triliun) dan masuk daftar Forbes sebagai salah satu miliarder terkaya dunia di bawah usia 30 tahun ini sempat tidak percaya diri untuk membangun bisnis dan karier.

Jenner mengaku sempat terintimidasi dengan popularitas kakak-kakak tirinya yang dijuluki “Klan Kardashian”. Belajar dari kesalahan di masa lalu, dia berhasil membangun kerajaan bisnisnya sendiri dan kian percaya diri. Hebat, ya!

10. Jangan baper

kata bijak jeff bezos

Kata-kata bijak tentang kehidupan yang terakhir ini patut diingat. Dalam kehidupan ataupun dunia kerja dan bisnis yang namanya kritik pasti datang. Menurut Bezos, jika seseorang menciptakan sesuatu yang baru atau menarik, pasti kritik akan berdatangan.

Asal tidak baper, kita bisa melangkah maju. Orang super tajir nomor wahid di dunia versi Forbes tahun 2019 ini sudah membuktikannya, bukan? Pemilik kekayaan US$131 miliar (lebih dari Rp1.865 triliun) ini menilai kritik sebagai perhatian orang lain terhadap apa yang kita lakukan.

Manfaat Kata-kata Bijak tentang Kehidupan

manfaat kata bijak

Cukup mengena bukan kata-kata bijak tentang kehidupan terkait finansial tersebut. Selain membangun mood, quotes mereka juga punya banyak manfaat, lho! Berikut manfaat kata-kata bijak dalam beberapa aspek kehidupan.

1. Karier

Dalam kehidupan karier ada pasang-surutnya. Anda yang tiba-tiba merasa jenuh dengan pekerjaan atau bisnis yang dijalani perlu sesekali membaca beberapa kata-kata bijak terkait karier. Selain menjadi penyemangat, kata-kata bijak tersebut bisa mendorong Anda untuk kembali fokus pada tujuan dan goals yang telah ditetapkan. Patut dicoba, ‘kan?

2. Finansial

Finansial menjadi salah satu aspek kehidupan penting bagi setiap orang. Namun, cara mengaturnya pun terkadang tidak sesuai harapan. Banyak yang tidak konsisten dalam manajemen finansial hingga membuat goals-nya lepas begitu saja.

Jika Anda tengah mengalaminya, tidak ada salahnya membaca kata-kata bijak pesohor. Milik Oprah Winfrey bisa jadi rujukan dan bahan renungan!

3. Kehidupan pribadi

Dalam kehidupan pribadi, baik percintaan maupun lainnya, kata-kata bijak kerap memegang peranan yang bermanfaat. Anda yang tengah patah hati bisa coba melihat kanal YouTube atau akun Instagram Jay Shetty.

Motivator berdarah India kelahiran Inggris ini cukup digemari. Beberapa motivasinya banyak yang mengena di sanubari penggemar.

Namun tidak hanya soal percintaan, Jay juga fokus membagikan video berisi kata-kata bijak mengenai kesehatan mental, karier, dan bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik dalam kehidupan sosial. Lengkap, ya!

Semoga kata-kata bijak tentang kehidupan dari berbagai kalangan ini membantu agar Anda termotivasi untuk sukses dan mencapai goals yang diinginkan. Ingat! Kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda. 

Yang mau dapat inspirasi dari pengusaha sukses di Indonesia lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal. Tetap semangat, guys!