Jenis-Jenis Media Sosial dan Keuntungannya untuk Kita

Era digital saat ini, media sosial boleh dibilang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia saat ini. Informasi tidak lagi hanya milik media massa, tetapi telah bergeser menjadi milik media sosial.

Kehadiran media sosial di tengah maraknya jenis media massa telah membawa perubahan komunikasi manusia di dunia saat ini. Sifatnya yang digital, konvergensi, interaktif dan selalu berkembang dalam pembuatan pesan serta penyebaran pesan, membuatnya mendapat julukan sebagai the new media.

Definisi media sosial menurut ahli media sosial Rulli Nasrullah adalah media internet yang memungkinkan penggunanya merepresentasikan dirinya dengan berinteraksi, bekerja sama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain yang membentuk ikatan sosial secara virtual.

Konsep virtual inilah yang kemudian memungkinkan pengguna media sosial menunjukkan identitas mereka di jaringan yang luas. Selanjutnya mereka yang berada di dalam jaringan tersebut dapat saling berpartisipasi atas pesan yang disampaikan.

Karakteristik Media Sosial 

Jauh sebelum media sosial booming, masyarakat mengenal media berupa: koran, televisi dan radio. Kini dengan era digital saat ini, media massa pun bertransformasi baru dengan menjadi media siber.

Media siber ini tentu berbeda dengan media sosial. Persamaannya hanya kedua media ini berada dalam satu platform. Media sosial punya karakter khusus, berikut rinciannya.

  1. Jaringan
    Jaringan adalah infrasturktur yang menghubungkan antara komputer dengan perangkat keras lainnya. Koneksi adalah elemen penting terjadinya komunikasi.
    Karena amat bergantung dengan adanya jaringan, maka komunikasi lewat media sosial tidak akan terjadi atau bisa putus apabila tidak memiliki jaringan. 
  2. Informasi
    Informasi di media sosial biasanya tentang identitas pengguna media sosial itu sendiri dalam memproduksi konten, dan melakukan interaksi berdasarkan informasi.
  3. Arsip
    Media sosial punya kelebihan, yakni mampu menyimpan informasi lebih banyak dibandingkan media konvensional. Arsip yang tersimpan dalam perangkat apapun dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
  4. Interaksi
    Jaringan pengguna yang luas tidak hanya sekadar hubungan pertemanan namun juga pengikut. Interaksi inilah yang harus dibangun antar penggunanya.
  5. Simulasi sosial
    Media sosial memiliki keunikan, yakni dapat menjumpai sebuah hal yang mungkin tidak ditemukan dalam tatanan masyarakat yang real.
  6. Konten dibuat pengguna
    Konten dibuat oleh pengguna atau pemilik akun ini merupakan budaya media baru yang memberikan kesempatan dan keleluasaan penggunanya untuk berpartisipasi. Hal ini tentu berbeda dengan media konvensional yang khalayaknya sebatas objek atau sasaran pasif.

Pengaruh media sosial 

Komunikasi yang tercipta dalam media sosial membawa pengaruh bagi masyarakat luas. Sebab lewat media sosial, orang dengan mudah dapat berpartisipasi, berbagi dan menciptakan konten yang kemudian dengan cepat bisa diakses oleh masyarakat dimana saja dan kapan saja.

Jangkauan yang luas inilah yang membawa pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat. Pengaruhnya bisa negatif atau positif. Berikut pengaruh media sosial yang dapat mengubah kehidupan orang banyak.

  • Kepercayaan nilai dan sikap.
  • Pandangan dunia.
  • Organisasi sosial.
  • Tabiat manusia.
  • Orientasi kegiatan.
  • Persepsi diri dan orang lain.

Level komunikasi dalam media sosial

Level komunikasi terdiri dari empat macam, yakni komunikasi intrapersonal, komunikasi kelompok, komunikasi publik dan komunikasi massa. Apabila dikaitkan pada level komunikasi, media sosial masuk dalam kombinasi tahap komunikasi intrapersonal dan komunikasi massa.

Alasannya, kedua tahap komunikasi tersebut menjangkau khalayak secara global secara bersamaan. Misalnya, saat pengguna memproduksi konten di media sosial mereka dan masuk dalam komunikasi intrapersonal. Kemudian menyebarkannya, maka konten tersebut dapat dinikmati oleh banyak orang. Saat itulah komunikasi telah berubah menjadi komunikasi massa.

  • Komunikasi intrapersonal.

Komunikasi ini dipahami saat dua orang saling berkomunikasi secara kontekstual. Oleh banyak orang, komunikasi intrapersonal identik dengan komunikasi dalam kelompok yang kecil sebab yang terlihat dalam komunikasi biasanya tidak banyak.

Lantas apabila dalam komunikasi ada satu pihak yang menarik diri dari percakapan tersebut. Maka, komunikasi intrapersonal pun berakhir.

Apabila diterapkan dalam media sosial, komunikasi intrapersonal terjadi saat pengguna media sosial mengirimkan pesan. Kemudian ada respons yang diberikan atas pesan yang dikirim. Saat itulah terjadi komunikasi intrapersonal.

Cara berkomunikasi online ini dinilai mempermudah orang untuk terlibat dan cenderung berani mengungkapkan pendapatnya. Orang akan lebih membuka diri kepada sesama yang dikenal atau belum dikenal

  • Komunikasi massa

Komunikasi massa merupakan level komunikasi dengan cakupan sasaran komunikasi yang luas. Komunikasi massa terdiri dari pesan-pesan yang didistribusikan ke sasaran audiensi yang lebih banyak dan luas.

Penerapannya di media sosial, komunikasi massa dilihat dari respons pengguna media sosial akan sebuah pesan yang dikirim oleh salah satu pengguna media sosial. Apabila pesan tersebut viral dan menjadi perbincangan banyak orang, maka pesan yang awalnya bersifat intrapersonal akan berubah menjadi komunikasi massa. 

Jenis-Jenis Media Sosial 

Kehidupan kita saat ini tidak lepas dengan media sosial. Saat bangun tidur dan hendak tidur, kita sering kali mengakses media sosial.

Alasannya beragam dari mulai mencari informasi terkini atau yang sedang viral, bisnis hingga sekadar mencari hiburan semata. Apalagi pengguna media sosial makin meluas tidak hanya ditujukan pribadi tapi juga merambah ke korporasi atau unit bisnis.

Saat ini media sosial dibagi dalam enam jenis. Berikut rinciannya:

1. Media Jejaring Sosial (Social networking).

Jenis media sosial ini populer digunakan pengguna untuk melakukan hubungan sosial. Yang membedakan jenis media sosial ini dengan yang lain adalah setiap pengguna membentuk jaringan pertemanan.

Pertemanan tersebut biasanya telah diketahui pengguna yang selanjutnya berteman di dunia nyata kemudian membentuk jaringan pertemanan baru. Contoh jejaring sosial ini adalah Facebook dan LinkedIn.

2. Blog.

Disebut juga sebagai jurnal online yang penggunanya kerap berbagi cerita soal aktivitas keseharian. Kemudian ada respons dari pengguna blog tersebut.

Awalnya, blog seperti situs pribadi atau kategori personal homepage. Salah satu penyedia fasilitas laman weblog gratis adalah WordPress atau Blogspot.

3. Microblogging.

Hampir mirip dengan blog, microblogging membentuk sebuah komunitas. Biasanya, pengguna akan menulis kemudian mempublikasikan aktivitas di dalamnya. Saat ini microblogging yang dikenal dan digunakan banyak orang adalah Twitter.

4. Media sharing.

Jenis media sosial ini merupakan jenis media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi dokumentasi, video, dan gambar. Contoh media ini adalah Instagram, Youtube, Flickr, dan Snapchat.

5. Penanda sosial.

Cara kerja media sosial ini adalah menyimpan, mengelola dan sebagai tempat untuk mencari informasi atau berita tertentu. Situs sosial ini dikenal dengan sebutan agregator dan kurator. Di Indonesia salah satu situs yang dikenal adalah Beritagar.

6. Media konten bersama

Media sosial ini seperti kamus sebuah ensiklopedia yang isinya berupa pengertian, sejarah, hingga rujukan sebuah buku. 

Media ini biasanya ditulis bersama oleh pengunjung yang artinya ada kolaborasi bersama dalam mengisi konten pada situs ini. Media sosial konten bersama contohnya adalah Wikipedia. 

Memanfaatkan Media Sosial untuk Mendapatkan Uang

Media sosial tidak hanya digunakan untuk menyalurkan hobi karena nyatanya kita bisa juga manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan secara online, baik yang bersifat paruh waktu maupun purna waktu.

Berbeda dengan jenis pekerjaan konvensional yang mana kita diharuskan hadir di kantor, penghasilan online ini bisa memfasilitasi kita bekerja secara remote alias di tempat lain sesuai kenyamanan kita.

Kita bisa menjadi penulis lepas untuk akun Instagram resmi miliki sebuah perusahaan pemasaran, membuat video Youtube untuk menjelaskan cara menggunakan gawai pilihan perusahaan tertentu, atau bekerja sebagai developer untuk akun media sosial sebuah perusahaan besar. 

Tentu saja masih banyak jenis pekerjaan berbasis media sosial lainnya yang bisa kita cari tahu, ya. Untuk mendapatkan inspirasi lainnya tentang mencari uang lewat internet, kita bisa cek di Lifepal.

Tidak cuma di situ, Lifepal turut menyediakan berbagai produk asuransi yang cocok dengan kebutuhan dan bujet kita. Yuk, kunjungi Lifepal sekarang!