Ada yang Rp 7 Ribuan, Ini 10 Cemilan Sehat yang Mudah Didapatkan

cemilan sehat

cemilan sehat

Siapa sih yang gak suka ngemil? Pasti kamu juga kan? Tapi lebih baik kalau yang kamu santap itu cemilan sehat. Ya, masyarakat kini lebih senang mengonsumsi cemilan-cemilan yang gak sehat untuk tubuh, seperti misalnya gorengan pinggir jalan. 

Meski terbilang cemilan murah, gorengan bisa sangat berbahaya untuk tubuh kalau dikonsumsi terlalu sering. Dalam setiap gorengan, terkandung lebih banyak kalori dan lemak ketimbang zat nutrisi. Otomatis, lemak bisa bikin kamu kegemukan. Selain kegemukan, gorengan juga bikin kamu berisiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan darah tinggi. 

Nah karena sudah tahu bahayanya, cobalah untuk mengurangi konsumsi gorengan-gorengan pinggir jalan. Ganti cemilanmu dengan cemilan sehat yang justru memberikan dampak positif buat tubuh kamu. Apa saja kira-kira? 

Baca juga: Bagus buat Ibu Hamil, Ini Makanan yang Mengandung Asam Folat dan Harganya

1. Cemilan sehat untuk diet, kacang almond 

cemilan sehat almond
Kacang almond. (Pixabay)

Kacang almond memang bukan cemilan yang umum di masyarakat Indonesia. Tapi, kalau kamu tahu, kacang almond memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. 

Segenggam almond memiliki banyak nutrisi yang baik, mulai dari vitamin, serat, protein, dan magnesium. Karena kandungannya itu, almond bisa membantu tubuh mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan juga. 

Cara menikmatinya, tinggal dimakan saja layaknya makan kacang tanah. Satu genggam atau sekitar 28 gram sudah bisa bikin kamu kenyang kok, jadi bisa menahan kamu untuk mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. 

Sudah banyak supermarket-supermarket yang menjual kacang almond kemasan, atau kalau kamu mau membeli dalam ukuran yang besar bisa tengok ke toko online dengan harga rata-rata Rp 50-100 ribuan untuk 500 gram. 

Baca juga: 23 Jenis Makanan Rendah Kalori Pas buat Diet Gak Lebih dari Rp 20 Ribu

2. Granola 

cemilan sehat granola
Granola. (Pixabay)

Granola sudah lama dijadikan sebagai menu cemilan oleh mereka-mereka yang pengin hidup sehat. Granola terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang telah dikeringkan. 

Cemilan ini menjadi sehat karena memiliki kandungan kalori dan serat yang tinggi. Jadi gak cuma bisa jadi cemilan saja, buat sarapan pagi juga sehat banget kok. 

Cara makannya bisa dijadikan sebagai campuran kue, atau dimakan langsung dengan campuran susu dan madu. 

Banyak granola kemasan yang dijual di supermarket-supermarket. Tapi, rata-rata sudah dicampur dengan pemanis, jadi usahakan kamu membeli yang bebas pemanis alias sugar free. Harganya berkisar antara Rp 50-80 ribuan per kemasan. 

Baca juga: 6 Makanan Mahal Vs Murah dengan Kandungan Nutrisi Hampir Sama

3. Cemilan sehat murah, edamame 

cemilan sehat edamame
Edamame. (Pixabay)

Edamame merupakan kacang kedelai muda yang berwarna hijau. Makanan ini sering kita jumpai di restoran-restoran Jepang, karena memang jadi cemilan favorit masyarakat Negeri Sakura. 

Edamame memiliki tinggi protein nabati, antioksidan, rendah kalori, dan bebas gula. Manfaatnya jika kamu rutin mengonsumsinya, bisa mencegah risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, bisa bikin berat badan turun, dan masih banyak lagi. 

Cara menyajikannya sangat mudah, tinggal rebus edamame di dalam air mendidih selama 5-6 menit. Setelah itu, tiriskan air dan taruh edamame rebus di piring. Kalau mau sedikit berasa, bisa ditambahkan garam secukupnya, jangan berlebih. 

Edamame bisa ditemukan dengan mudah di pasar atau supermarket, dengan harga sekitar Rp 10-20 ribuan. Cukup terjangkau bukan? 

4. Pisang 

cemilan sehat pisang
Pisang. (Pixabay)

Ngomong-ngomong soal cemilan yang sehat, jangan lupa untuk memasukkan buah-buahan di dalam daftar ini, salah satunya pisang. Buah yang satu ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. 

Satu buah pisang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks, serotin, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi. Kandungan gizi ini bisa membantu menjaga tekanan darah, menurunkan berat badan, dan mencegah anemia. 

Paling tidak, konsumsi dua buah pisang di pagi hari atau di antara makan siang dan makan sore. 

Buah ini juga sangat mudah ditemui dan harganya murah, sekitar Rp 10-50 ribuan satu sisir, tergantung dari jenis pisang apa yang kamu beli. 

5. Dark coklat 

cemilan sehat dark coklat
Dark chocolate. (Pixabay)

Siapa sih yang gak doyan sama coklat? Sebagian besar suka sama coklat yang rasanya manis dan lezat. Tapi, ternyata coklat tersebut justru tidak menyehatkan, karena sudah dicampuri dengan susu dan pemanis. 

Nah berbeda dengan dark coklat atau coklat hitam. Coklat jenis ini memiliki rasa yang pahit, tapi sangat sehat untuk tubuh. Kenapa bisa pahit? Karena kandungan kakaonya lebih besar ketimbang gulanya. Bahkan, beberapa produk ada yang tidak mencampurkan gula sama sekali, alias full kakao. 

Kandungan kakao itu ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berbagai penyakit berbahaya bisa diminimalisir bila rajin mengonsumsi coklat hitam, seperti penyakit jantung, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. 

Kamu bisa membeli dark coklat di supermarket terdekat dengan harga mulai dari Rp 10-50 ribuan. Tapi ingat, beli yang kandungan gulanya rendah ya! 

6. Yoghurt 

cemilan sehat yoghurt
Yoghurt. (Pixabay)

Yoghurt bisa dijadikan sebagai cemilan sehat penunda lapar. Di dalam kandungan yoghurt terdapat banyak Vitamin yang berguna untuk tubuh. Yoghurt tawar saja sudah menyehatkan, tapi kamu bisa menambahkannya dengan aneka buah-buahan sebagai topping-nya. 

Salah satu manfaat mengonsumsi yoghurt adalah memperlancar pencernaan. Hal ini karena kandungan probiotiknya mampu membersihkan bakteri jahat yang terdapat di usus. Buat yang sulit buang air besar (BAB), coba konsumsi yoghurt setiap hari. 

Harganya juga murah kok, kamu bisa membeli yang kemasan botol di supermarket dengan harga sekitar Rp 7 ribuan, atau beli yang ukuran 1 liter dengan harga sekitar Rp 40 ribuan. Tapi, sekali lagi, cek kadar gulanya. Pilih yang rendah gula atau bahkan yang plain alias tanpa gula karena lebih sehat.

7. Kurma

cemilan sehat kurma
Kurma. (Pixabay)

Kurma, gak cuma baik dikonsumsi saat Bulan Ramadan saja, melainkan bisa juga dijadikan sebagai cemilan sehat sehari-hari. 

Kurma memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Di dalam satu bijinya, mengandung lebih banyak Vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, polifenol, dan karbohidrat. 

Dengan kandungan itu, kurma sangat baik untuk mencegah risiko kanker usus, mengatasi wasir, menambah energi, dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Kamu bisa mendapati kurma di toko-toko buah, atau di situs belanja online dengan harga sekitar Rp 30 ribuan sampai Rp 200 ribuan, tergantung dari besaran gram yang kamu beli. 

8. Oatmeal 

cemilan sehat oatmeal
Oatmeal. (Pixabay)

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari biji gandum utuh. Gandum utuh memiliki banyak kandungan serat, magnesium, dan potasium. Kandungan tersebut bisa berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol berat badan, mengurangi kolesterol, dan masih banyak lagi. 

Oatmeal sangat pas untuk dijadikan pengganti nasi saat sarapan, atau cemilan di tengah jeda waktu makan siang dan sore. Resep cemilan sehat dan praktis untuk dibuat ini ada beragam, tapi yang paling umum adalah dengan mencampurkannya dengan susu. 

Caranya, tuang oatmeal ke dalam mangkuk, lalu masukkan susu putih rendah lemak, dan panaskan di atas microwave jika ingin menikmatinya dalam keadaan hangat. 

Buat kamu yang pengin beli, bisa langsung membelinya di supermarket terdekat, dengan harga mulai dari Rp 13 ribuan. 

9. Apel 

cemilan sehat apel
Apel. (Pixabay)

Gak perlu diragukan lagi, buah merupakan cemilan yang paling sehat untuk dikonsumsi. Selain pisang, buah apel ternyata juga memiliki banyak manfaat bila rutin dikonsumsi. 

Satu buah apel kira-kira mengandung 116 kalori, kaya akan serat, dan rendah lemak. Artinya, memakan satu buah saja kamu sudah merasa kenyang tanpa harus khawatir gemuk. 

Harga apel per kilogram sekitar 40 ribuan. Satu kilogram bisa dapat 5-6 buah, tergantung dari jenis dan ukuran apel itu sendiri. 

10. Ubi 

cemilan sehat ubi
Ubi. (Pixabay)

Rasa pengin ngemil muncul biasanya saat perut kita mulai lapar, dan biasanya terjadi ketika jam makan belum tiba. Untuk menghilangkan lapar tersebut, kamu bisa makan ubi rebus. 

Kalori yang terdapat di ubi rebus sekitar 74 kkal, bisa kamu konsumsi sebagai penghilang rasa lapar juga. Selain kalori, ubi juga mengandung lemak, kalsium, Vitamin A,B, dan C. 

Selain menyehatkan, cemilan ini juga murah meriah lho. Harganya sekitar Rp 12 ribuan per kilogram, tergantung jenis ubinya. 

Itulah 10 cemilan sehat yang bisa menghilangkan lapar, tetapi juga menyehatkan bagi tubuh kita. Memang, sebagian besar cemilan menyehatkan ini rasanya tidak seenak gorengan yang biasa kamu beli, tapi kalau dibiasakan untuk mengonsumsinya, lama-lama juga ketagihan kok. (Editor: Ruben Setiawan)