15 Pekerjaan Untuk Anak SMA, Lumayan Buat Tabungan

pekerjaan untuk anak sma

Siapa di antara kamu yang sering bertanya-tanya, apakah ada pekerjaan yang cocok untuk anak SMA tanpa mengganggu waktu belajar?

Jawabannya tentu ada. Terlebih di era modern seperti saat ini, teknologi telah memudahkan hasrat kamu yang mau dapat uang dari jerih payah sendiri walau masih berstatus pelajar.

Lumayan, uangnya bisa buat cicilan motor dan bayar premi asuransi motor kamu, biar gak membebani orang tua juga, ‘kan?

Pilihan pekerjaan dan bisnis untuk anak SMA

Lifepal mau berbagi pekerjaan atau bisnis yang cocok untuk anak SMA seperti kamu bisa jalani tanpa mengganggu waktu belajar. Yuk, kita cari tahu satu demi satu.

1. Penulis freelance

Pekerjaan yang cocok untuk anak SMA yang pertama pas banget buat kamu yang hobi menulis, apalagi kalau uda banyak yang bilang tulisanmu bagus. Yaitu menjadi penulis freelance.

Terlebih saat kini udah banyak sekali situs online yang mau membayar tulisanmu untuk ditayangkan sebagai konten mereka, seperti Getcraft, Babe, dan lainnya.

Misalnya satu artikelmu dihargai Rp30 ribu, jika kamu menulis satu hari satu, berarti dalam satu minggu kamu akan mendapatkan uang tambahan sebesar Rp210 ribu (Rp30 ribu x 7).

Layak banget ya dijadikan pekerjaan untuk anak SMA yang hobi menulis?

2. Blogger

Punya blog dan memiliki banyak pengikut? Sayang banget kan kalau didiamkan gitu aja. Pasalnya kamu bisa mendapatkan dari blog milikmu lho.

Gimana caranya ya?

Sejak awal membuat blog tentu kamu sudah memiliki konsep atau fokus pada satu bidang seperti fashion, cosmetics dan lainnya.

Contohnya jika kamu blogger makeup, kamu bisa fokus ke review produk. Berikan review yang lengkap dan menarik dengan begitu cepat atau lambat akan ada brand yang menawarkan jasa endorse.

Lumayan, penghasilan dari pekerjaan ini kalau untuk sekali endorse saja, kamu yang notabene masih anak SMA dapat bayaran Rp500 ribu.

3. Bisnis online shop

Kini banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang, salah satunya adalah dengan bisnis online shop yang mudah dan menguntungkan untuk anak SMA.

Nah, kamu bisa nih mulai coba bisnis online shop kecil-kecilan kayak baju atau hijab yang memang kini lagi laris manis banget dijual di pasaran.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

4. Jualan pulsa

Jualan pulsa juga bisa menjadi salah satu bisnis yang mudah dikelola dan menguntungkan untuk anak SMA mendapatkan duit tambahan.

Kamu bisa menawarkan teman-teman sekelasmu terlebih dahulu. Bisnis ini biasanya cepat menyebar mulut ke mulut.

Lumayan kan kalau satu sekolah beli pulsa sama kamu, walaupun keuntungannya sedikit tapi kalau yang beli banyak kamu bisa menghasilkan uang yang lumayan.

5. Penjaga warnet

Pekerjaan sebagai penjaga warnet bisa dibilang cocok banget untuk anak SMA seperti kamu.

Sepulangnya dari sekolah daripada main, kenapa kamu gak mencari duit tambahan dengan menjadi penjaga warnet.

Selain dapat upaha setiap bulan, kamu juga bisa memanfaatkan internet gratis lho untuk pekerjaan sampinganmu yang lain, misalnya menulis konten.

Tapi sepakati dulu dengan pemilik warnet ya biar tidak dikira mencuri kuota.

6. Jasa ketik

Kamu bisa ngetik dan cepat dan rapi? Nah, kamu yang masih SMA bisa memanfaatkan keahlian untuk merintis bisnis jasa pengetikan.

Hanya bermodalkan laptop, kamu udah bisa mengumpulkan pundi-pundi duit. Lumayan banget kan jadi gak perlu minta uang jajan lagi sama orang tua?

7. Pegawai toko

Pekerjaan lain untuk kamu yang masih anak SMA bisa jalani untuk mendapatkan duit tambahan adalah menjadi pegawai toko.

Daripada kamu bingung pulang sekolah mau ngapain, mending manfaatkan waktu luang untuk menjaga toko. Kamu bisa menjaga toko sembako, toko baju, toko perhiasan, dan lain-lain.

Dalam sebulan kamu bisa mengantongi penghasilan Rp500 ribu – Rp1 juta lho.

8. Guru les anak

Jago bahasa inggris? Hmm.. kenapa gak manfaatkan kemampuan bahasa inggris kamu untuk mendapatkan duit tambahan, salah satunya menjadi guru les anak-anak.

Kalau untuk per sekali datang aja, kamu dibayar Rp100 ribu dan ada tiga anak dalam satu bulan delapan kali pertemuan.

Berarti dalam satu bulan kamu bisa mendapatkan Rp100 ribu x 3 = Rp300 ribu x 8 = Rp2,4 juta.

Lumayan, bukan? Pekerjaan untuk anak SMA yang satu ini pas banget untuk dapat duit sekaligus berbagi ilmu. Gak usah ragu lagi deh.

9. Dropshipper

Belum punya cukup uang untuk buka online shop tapi mau dapatin duit tambahan?

Jangan berkecil hati dulu ya, karena kamu tetap bisa menghasilkan duit tambahan kok dengan menjadi dropshipper.

Gak keluar modal tapi menghasilkan duit. Bisnis untuk anak SMA yang super mudah dikelola ini bisa dimulai kapan saja.

10. Kerja di kafe

Pekerjaan sebagai pramusaji di kafe juga cocok untuk anak SMA yang ingin mendapatkan duit tambahan.

Lumayan banget kan kalau dalam satu bulan kamu bisa mendapat pengasilan Rp1 juta hingga Rp1,5 juta. Wah, udah bisa bayar uang SPP sekolah sendiri dong?

11. Pengasuh anak

Suka anak-anak? Bahkan kamu bisa memandikan dan membujuk anak-anak agar mau makan. Hmm.. kenapa gak coba jadi pengasuh anak aja?

Selain bikin happy karena kamu suka anak-anak, kamu juga bisa menghasilkan uang kan? Kamu bisa mendapatkan uang tambahan sekitar Rp500 ribu hingga Rp700 ribu lho sebulan.

Mungkin lebih cocok untuk kamu yang perempuan ya karena pekerjaan yang pas banget buat anak SMA ini membutuhkan ketelatenan pada sisi kesabaran dan kebersihan.

12. Fotografer

Banyak yang bilang kalau hasil jepretanmu bagus? Gak usah ragu lagi ya untuk dapatin duit tambahan jadi fotografer.

Lumayan kan kalau kamu mendapat bayaran Rp500 ribu sampai Rp1 juta untuk jasa prewedding. Jelas ini adalah bisnis yang menguntungkan sekaligus santai buat anak SMA seperti kamu.

13. Jasa pengepakan dan pindahan

Kini banyak orang yang memilih untuk menggunakan jasa pengepakan untuk pindahan rumah.

Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan pekerjaan di jasa pindahan yang cocok untuk kamu sebagai anak SMA yang bertubuh lebih kuat. Pasalnya, nanti kamu diminta untuk angkat-angkat barang.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Kamu bisa mendapatkan fee Rp200 hingga Rp300 ribu untuk sekali pindahan. Jika dalam sebulan kamu dapat empat klien, maka total upahmu sebulan bisa mencapai Rp1,2 juta.

14. Driver online

Bawa kendaraan sendiri ke sekolah? Kenapa gak sekalian jadi driver online aja?

Lumayan kalau dari pekerjaan ini untuk satu hari saja, kamu yang masih anak SMA bisa dapat lima penumpang? Belum lagi ada uang tip yang kamu bisa dapat.

Wah, jika dikumpulkan dapat sebulan mungkin kamu bisa dapat uang di atas Rp1 juta lho.

Kamu bisa mendaftar di Gojek atau Grab untuk menjadi mitra usaha mereka.

Tapi syaratnya kamu harus sudah berusia 17 tahun ya karena itu salah satu syarat memiliki SIM.

15. Jualan makanan

Kamu bisa bikin makanan ringan seperti donat, lontong dan lainnya? Kamu bisa menitip makanan buatan kamu ke kantin sekolah.

Kalau satu makanan aja kamu untung Rp500 dan setiap hari terjual 30 makanan. Berarti dalam sehari kamu bisa mengantongi Rp500 x 30 = Rp15.000.

Oya, bisnis ini bisa kamu kelola bersama keluarga atau sesama teman di satu sekolah SMA untuk mendapatkan profit bareng-bareng.

Selain 15 pekerjaan atau bisnis di atas, masih ada satu cara lagi untuk kamu yang masih SMA dapat duit tambahan.

Kamu bisa memasarkan produk asuransi bareng Lifepal. Di sini, kamu bisa dapat penghasilan hingga Rp30 juta sebulan lho! Hebatnya lagi, kamu dan teman-temanmu bisa membentuk jaringan sendiri.

Yuk, cari tahu selengkapnya di Mitra Lifepal.

Mau coba investasi juga buat tambahan penghasilan?

Masih ada satu lagi cara yang kamu bisa andalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu investasi.

Investasi adalah aktivitas finansial dengan menanamkan sejumlah uang atau benda berharga untuk kemudian dikembangkan sehingga menghasilkan margin keuntungan yang bisa diambil sebagai keuntungan pribadi.

Tentu instrumen investasi yang menguntungkan ada banyak dan risikonya pun berbeda-beda.

Kalau kamu penasaran tentang instrumen investasi apa yang cocok dengan kebutuhan dan karaktermu, temukan referensi yang tepat di sini.

Jangan lupa sisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung

Mungkin tujuanmu bekerja adalah untuk membeli barang tertentu yang menjadi kesukaanmu atau kamu ingin melunasi utang.

Coba buatlah perkiraan, berapa banyak yang kamu harus tabung untuk bisa mencapai jumlah yang kamu inginkan dengan kalkulator waktu menabung dari Lifepal berikut.

Asalkan kamu telaten dan berkomitmen, bisa jadi kamu gak perlu minta uang jajan lagi sama orang tua. Betul?

Nah, itu dia 15 pekerjaan dan bisnis yang cocok untuk kamu yang masih berstatus pelajar SMA. Bahkan dari penghasilan itu, kamu udah bisa bayar sekolah sendiri lho. Wah!

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar pengelolaan keuangan dan usaha, jangan ragu untuk cek di Tanya Lifepal untuk melihat pertanyaan populer terkait.

FAQ seputar pekerjaan untuk anak SMA

Apa pekerjaan yang cocok untuk anak SMA?

Ada 15 pilihan pekerjaan yang pas dengan keterampilan anak SMA, yaitu:

  1. Penulis
  2. Blogger
  3. Mengelola toko online
  4. Berjualan pulsa
  5. Penjaga warnet
  6. Menjual jasa ketik
  7. Pegawai toko
  8. Guru les
  9. Dropshipper
  10. Pramusaji di kafe
  11. Pengasuh anak
  12. Fotografer
  13. Menjual jasa pengepakan dan pindahan
  14. Sopir online
  15. Jualan makanan

Berapa penghasilan menjadi penulis konten online?

Upah menulis konten online umumnya dihitung berdasarkan jumlah artikel yang ditulis. Kisaran upah per artikel adalah Rp30 ribu hingga Rp150 ribu.

Jika dalam seminggu kamu bisa menghasilkan 3 artikel dan tiap artikel dihargai Rp50 ribu, maka kamu sudah menghasilkan Rp150 ribu seminggu.

Sebagian situs online menawarkan sistem kontrak dengan mensyaratkan target penulisan artikel bulanan, namun penulis diberikan upah bulanan tetap juga.

Berapa penghasilan menjadi seorang fotografer?

Jasa fotografi umumnya menjadi kelengkapan bagi pengelola pernikahan atau disebut juga dengan Wedding Organizer (WO). Namun ada juga fotografer yang menjual jasa secara mandiri.

Terutama bagi seorang fotografer pernikahan mandiri, penghasilannya bisa mencapai Rp500 ribu dalam sekali acara pernikahan.

Sebagai alternatif, kamu yang hobi memotret bisa menjual karya fotomu di situs penjual gambar online, seperti Shutterstock, Bigstockphoto, Gettyimages, dan lainnya. Kamu dapat fee per foto yang diunduh pelanggan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →