4 Cara Dapat Uang Rp 2,5 Juta dalam Sebulan Tanpa Kerja Sampingan

Nambah penghasilan tanpa kerja sampingan? Semua orang pasti mau. Tapi gak semuanya mampu dan tahu cara dapat uang tambahan dengan cepat.

Di sini akan dijelaskan empat cara dapat uang hingga Rp 2,5 juta dalam sebulan tanpa kerja sampingan. Gak perlu deh kerja 10-12 jam sehari buat cari tambahan dana nikah, misalnya.

Tapi gak sembarang orang bisa menggunakan cara ini. Salah satu syarat utamanya adalah gak gaptek alias gagap teknologi.

Smartphone wajib dipunyai dengan kuota Internet yang mumpuni. Selain itu, mesti punya dan bisa naik kendaraan sendiri. Entah itu sepeda motor atau mobil.

Tanpa banyak ba..bi..bu.. lagi, yuk kita simak empat cara dapat uang tanpa kerja sampingan berikut ini:

1. Ikut GrabHitch

Berangkat dan pulang kerja naik kendaraan sendiri? Daftar jadi driver Grab aja. Tapi bukan GrabCar ataupun GrabBike. Ada satu layanan lagi yang menarik untuk mencari penghasilan tambahan, yakni GrabHitch.

GrabHitch, seperti dikutip dari situs Grab, “mempertemukan pengemudi dan penumpang yang memiliki rute perjalanan searah”. Istilah jalanannya adalah nebeng.

Nantinya, kamu sebagai driver mesti memasukkan data rute yang biasa dilewati tiap hari ke aplikasi setelah terdaftar. Penumpang yang hendak menggunakan jasa GrabHitch juga memasukkan rute yang akan dicocokkan dengan rute driver.

Bila cocok, maka keduanya akan dinikahkan. Eh, maksudnya dipertemukan sebagai pengemudi dan penumpang yang nebeng.

Tarif pengemudi GrabHitch Bike saat ini Rp 1.000 per kilometer dengan tarif minimum Rp 10.000. Sedangkan tarif GrabHitch Car adalah Rp 1.500. Namun layanan ini baru tersedia di Jabodetabek.

Target:

Menurut estimasi tarif yang dipasang di situs Grab, biaya perjalanan GrabHitch Car dari sejauh 21 kilometer adalah Rp 38.000.  Misalnya kamu memiliki rute yang sama seperti itu, berarti ada potensi penghasilan tambahan hingga Rp 1.520.000 tiap bulan ((Rp 38.000 x 2 perjalanan pulang pergi) x 20 hari kerja)

Adapun kalau pakai GrabHitch Bike, tinggal dikalikan saja jarak kilometer perjalanan dengan tarif yang tertera. Misalnya sama 21 kilometer, berarti potensi pendapatan tambahan kamu sebesar (21 kilo x Rp 1.000 x 2 perjalanan pulang pergi) x 20 hari kerja = Rp 840.000.

2. Ikut survei bayaran

Banyak survei berbayar yang disediakan sejumlah situs, dan ini bisa jadi salah satu cara dapat uang yang efektif. Bayarannya bukan pakai rupiah lagi, melainkan dolar. Di YouGov Indonesia, misalnya. Kita bisa mendaftar dan mengisi survei untuk mendapat poin yang bisa ditukar dengan dolar Singapura.

Setelah terdaftar, tiap bulan bakal ada pemberitahuan bahwa ada survei yang mesti diisi. Sayangnya, jumlah survei ini gak bisa diprediksi karena bergantung pada YouGov selaku penyedia data. Tapi secara umum ada 1-2 kali survei per hari.

Dari sekali survei yang rata-rata berlangsung 15 menit, maksimal poin yang bisa didapat adalah 400. Poin baru bisa ditukar kalau sudah mencapai minimal 5.000. Untuk setiap 5.000 poin bisa ditukarkan dengan duit Sin$ 25 yang ditransfer ke akun PayPal.

[Baca: 7 Situs Survey Online Indonesia yang Bayar Kamu Pakai Dolar]

Target:

Dengan asumsi tiap hari mendapat 2 kali kesempatan survei dan 400 poin, berarti sebulan bisa mengumpulkan (400 x 2) x 30 hari = 2.400 poin. Harus menunggu bulan depan untuk mencairkan poin, dengan catatan survei yang tersedia lebih banyak, sehingga bisa tembus 5.000 poin.

Dalam hal ini kita pakai asumsi paling aman, yakni 5.000 poin per dua bulan. Maka, perkiraan pendapatan penghasilannya adalah Sin$ 12,5 per bulan. Tergantung kurs, nominalnya bila dirupiahkan sekitar Rp 124 ribu.

Tapiiii…itu baru dari satu situs survei. Ada setidaknya lima situs lain yang memberikan imbalan serupa dari mengisi survei. Di antaranya ViewFruit dan Opinion World. Misalnya ikut di lima situs dengan pendapatan disamakan Rp 120 ribu.  Berarti ada tambahan Rp 120 ribu x 5 = Rp 600.000 per bulan.

cara cepat dapat 25 juta

3. Jual barang online

Agar bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya, jual barang online di sini sebaiknya dilakukan dengan sistem dropship. Dengan sistem ini, kita gak perlu menyediakan stok barang dagangan untuk menjajakannya. Artinya, gak ada potensi rugi lantaran dagangan gak laku.

Keuntungan kita dapatkan dari selisih harga yang dipatok produsen atau distributor dengan banderol yang kita tawarkan ke konsumen. Sebagai dropshipper, kita mendapat harga khusus yang lebih murah dari harga pasaran.

Target:

Misalnya kita mau jual baju secara dropship dengan harga rata-rata Rp 60 ribu. Dari distributor, harganya Rp 50 ribu. Jika kita mampu menjual setidaknya 10 potong baju per minggu atau 40 potong per bulan, ada potensi pendapatan (Rp 60 ribu-Rp 50 ribu) x 40 = Rp 400.000.

Target pendapatan ini bergantung kepada keberhasilan kita memasarkan dagangan. Selain buka lapak di toko online, bikin akun media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Syukur-syukur bisa jadi dropshipper di beberapa tempat sekaligus agar potensi keuntungan makin besar. Toh, gak perlu modal untuk menyediakan stok dagangan.

[Baca: Tips Bisnis Online Lewat Facebook Ini Bisa Bikin Jualanmu Laris]

4. Download dan install aplikasi yang ngasih hadiah cash

Banyak aplikasi smartphone yang bisa ngasih kamu uang tunai lho. Bisa dalam bentuk hadiah, cashback, poin, sampai uang tunai yang ditransfer lewat akun PayPal. Caranya, tinggal unduh, install, dan lakukan aktivitas yang diminta oleh apps tersebut.

[Baca: 6 Aplikasi Android dan iOS Ini Bisa Ngasih Kamu Uang Lho]

Digibank dari Bank DBS, misalnya menawarkan hadiah uang tunai Rp 50 ribu cuma dengan men-download dan meng-install aplikasi itu.

Digibank adalah layanan keuangan yang memanfaatkan financial technology (fintech). Kita bisa melakukan aktivitas perbankan cuma dengan pakai aplikasi ini, mulai dari transfer antarbank, cek saldo, sampai beli pulsa.

Bagusnya, gak ada biaya administrasi lho kalau transfer antarbank di sini. Tapi sayang promo ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2017.

Target:

Dari Digibank, kita bisa mendapat Rp 50 ribu dari pendaftaran. Selain itu, tabungan terus berkembang tanpa potongan apa pun. Jarang-jarang ada program tabungan kayak gini. Mungkin kelak ada aplikasi lain yang menawarkan hadiah seperti itu, kita bisa ikut serta untuk menambah penghasilan.

Total uang tambahan yang bisa didapatkan dari keempat hal di atas adalah Rp 2.570.000. Itu kalau pakai GrabHitch Car ya. Kalau pakai GrabHitch Bike, totalnya adalah Rp 1.890.000.

Udah tahu kan sekarang cara dapat uang cepat tanpa kerja sampingan? Yuk dicoba!