7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan 10 Rekomendasinya

tips memulai bisnis online

Bisnis online kian menjamur. Dalam urusan jual beli misalnya, banyak pedagang yang mengalihkan aktivitasnya ke online. Kamu pasti udah sering dengar kan, banyak pebisnis online yang meraup untung menggiurkan tanpa perlu membuka lapak fisik.

Pasti gak sedikit dari kamu yang tertarik buat ikutan terjun bisnis online. Namun, kamu masih bertanya-tanya: “gimana ya cara memulai bisnis online dari nol?”

Tips membangun bisnis online dari yang awalnya gak punya apa-apa

Nah, biar merasakan untung dari bisnis online, cara-cara memulainya perlu kamu perhatikan. Sebab cara-cara tersebut nantinya bakal pengaruhi bisnis online-mu ke depan, sukses atau malah berhenti di tengah jalan.

Buat lebih jelasnya, simak nih cara memulai bisnis online dari nol.

1. Pertama harus paham apa yang mau dijual

Kalau gak paham dengan barang yang mau kamu jual, ngapain juga kamu jalankan bisnis online? Paham gaknya kamu menentukan lho gimana hasil bisnis online-mu nanti. Penting tahu ini. Sebab ini menjadi cara memulai bisnis online dari nol.

Hal pertama yang mesti kamu pahami adalah barang atau produk yang bakal kamu jual. Bahkan, kamu wajib tahu sedetail-detailnya. Pemahamanmu ini membantu kamu buat mengetahui kualitas produk yang dijual. Kamu juga tahu berapa harga beli dan harga jual yang pantas.

Kedua, kamu juga harus memahami selera pasar. Apa yang lagi orang-orang suka saat ini? Model seperti apa yang mereka pengin punya? Kalau hal-hal itu bisa kamu pahami, dijamin barang-barang yang kamu jual mendatangkan banyak pembeli.

Ketiga, pastikan produk yang kamu pasarkan nanti, banyak yang cari di Google. Cara gratis untuk mengetahui banyak-tidaknya orang yang mencari produkmu, kamu bisa gunakan Google Keyword Planner. Dari situ kamu bisa lihat berapa volume pencarian dari produk yang bakal kamu jual.

Kalau volume pencarian dari barang yang hendak kamu jual terlampau tinggi, maka makin tinggi juga persaingan dalam menjual barang itu. Pertimbangkan untuk mencari varian unik dari barang tersebut, yang masih jarang dijual orang lain, tapi disukai.

2. Riset kompetitor

Kamu harus tahu betul kompetitormu. Caranya, kamu bisa mulai dari riset gimana mereka jual produk mereka secara online. Buka-buka aja di platform online marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, hingga Shopee.

Cari tahu apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang mau beli. Rating dan review emang kasih pengaruh cukup kuat. Namun, hal tersebut gak selamanya berlaku. Gak sedikit juga di antara pembeli yang kecewa lalu kasih rating dan review jelek.

Dari sini kamu bisa belajar buat menawarkan keunggulan bisnismu yang menjadi kelemahan di kompetitor. Misalnya aja soal pembeli yang paling gak suka respons yang lama atau pengemasan yang asal-asalan.

Nah, kekurangan kompetitor tersebut bisa kamu manfaatkan buat memaksimalkan penjualan bisnis online-mu. Misalnya nih, kalau ada pertanyaan yang mampir, kamu kudu jawab dengan cepat. Terus pengemasan barang, kalau memungkinkan, tambah bubble wrap agar pembeli happy.

Harga juga menentukan banget. Namun, menjual barang lebih murah dari lapak lain gak selamanya bakal mendatangkan banyak pembeli. Masih ada kok dan banyak malah yang mementingkan kualitas ketimbang murahnya harga. Intinya, kamu masih menjual dengan harga yang terbilang kompetitif.

3. Cari supplier untuk bisnis online yang tepercaya

Boleh-boleh aja kamu cari supplier di pusat grosir. Namun, kamu bakal sulit buat ambil untung dari produk yang kamu jual.

Terus cari supplier di mana dong? Jangan menutup kemungkinan buat cari supplier sampai ke luar negeri. Atau dengan mendatangi sentra pengrajin di daerah-daerah. Buktinya, Brodo, brand sepatu cowok, bisa sukses dengan memberdayakan pengrajin sepatu Cibaduyut.

Seandainya kamu pengin kerjasama dengan supplier di luar negeri sana, kamu bisa mencarinya lewat Alibaba. Di sana banyak sekali barang beserta supplier-nya yang bisa diandalkan.

Lebih enak lagi nih kalau kamu bisa menjajaki kerjasama sebagai dropshipper dan reseller. Di Indonesia ada Supplier, Dusdusan, dan Bandros yang menawarkan kerjasama buat kamu yang pengin jadi dropshipper ataupun reseller.

4. Bikin brand bisnis online yang bikin orang percaya

Banyak yang memulai bisnis online dengan cara yang bisa dibilang asal-asalan. Mulai dari pemberian nama brand bisnisnya sendiri hingga logo yang dibikinnya. Padahal nih, kepercayaan orang-orang buat membeli terbangun dari citra bisnis itu sendiri.

Lihat aja brand-brand yang terkenal semisal Pepsi atau Nike. Nama dan logo brand mereka begitu melekat di pikiran orang-orang. Ditambah dengan kualitas yang mereka tawarkan, bikin orang-orang yakin kalau produk mereka itu bagus.

5. Membuat website atau media sosial

Bukan bisnis online jika memasarkannya tidak secara online. Maka dari itu, kamu membutuhkan website atau media sosial untuk menjadi toko yang memajang produk-produk kamu. Apalagi menurut survei Verisign, 56 persen orang tidak percaya bisnis online yang tidak memiliki website. 

Selain website dan juga media sosial, kamu juga membuka tokomu di berbagai aplikasi jual beli online, seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, dan Bukalapak dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah membeli produk jualanmu.

6. Promosi gratis hingga berbayar

Bukan rahasia lagi bahwa promosi lewat medsos bisa dilakukan secara berbayar, namun bisa pula gratis. Tapi, walau sama-sama membantu meningkatkan volume penjualan, antara gratis dan berbayar jelas lebih efektif yang berbayar karena lebih tertarget.

Saat ini media sosial semisal Facebook dan Instagram menawarkan ads atau iklan berbayar buat yang pengin produknya makin dikenal. Dikutip dari Facebook, biaya beriklan di medsos tersebut dimulai dari US$5 hingga US$50 ribu per minggu.

Itu berarti kamu sediakan dana mulai dari Rp72 ribuan hingga Rp720 jutaan per minggu. Mahal sih emang. Namun, lewat gratisan pun, gak menutup peluang buat dapat untung banyak kok. Asal dari awal kamu udah gencar promosikan brand-mu dengan baik.

7. Mempertahankan pelanggan setia

Jika sudah mendapatkan pelanggan setia, maka wajib buat kamu menjaga hubungan dengan mereka. Sebab promosi untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal bahkan hingga 25 kali lipat dibandingkan menjaga hubungan dengan pelanggan setia.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan menjadi pelanggan setia adalah dengan memberikan reward kepada pelanggan, seperti diskon atau bonus produk sebagai rasa terima kasih karena telah datang kembali. Sistem ini cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan setia.

10 bisnis online rekomendasi Lifepal

Setelah mengetahui tipsnya, kini waktunya memikirkan bisnis apa yang tepat buat kamu geluti. Kalau kamu masih bingung, berikut ini Lifepal hadirkan rekomendasi usaha online yang hampir tanpa modal. Apa saja?

1. Jadi reseller atau dropshipper

Reseller adalah seseorang yang menjual kembali produk orang lain. Sedangkan, dropshipper adalah seseorang yang menjual barang orang lain, namun mengatasnamakan diri sendiri atau akun pribadinya.

Keduanya merupakan jenis usaha di mana kita menjual barang menggunakan nama sendiri seakan-akan kita yang memiliki barang, tetapi sebenarnya barang dimiliki dan dikirimkan oleh pihak lain. Namun, tentunya harga yang kita tentukan lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya agar kita memperoleh keuntungan.

Salah satu hal yang menarik dari usaha dropshipper adalah kita tidak perlu menyediakan stok barang untuk dapat memulai usaha sendiri. Sehingga, kita bisa menghemat biaya dan tidak perlu menyediakan modal untuk membeli barang di awal.

Caranya, temukan barang yang akan dijual, lalu buat akun untuk berjualan di situs e-commerce atau marketplace. Atau, kita juga bisa menggunakan media sosial untuk berjualan. Terakhir, promosikan produk yang kita jual. Mudah, bukan?

Dengan menggeluti bisnis ini, kita bisa saja mendapatkan keuntungan bersih Rp50 ribu – Rp300 ribu untuk setiap barang yang berhasil kita jual tergantung kepada kualitas dan kuantitas.

2. Menyediakan layanan jastip (jasa titip)

Selain menjadi reseller atau dropshipper, pasti kita sering beberapa kali melihat akun media sosial yang menawarkan jasa titip alias jastip.

Jastip adalah salah satu terobosan baru dalam berbisnis online tanpa modal dengan menawarkan titip belanja. Kita akan dibayar lebih karena telah membelikan barang titipan orang lain. Dari sana, kita akan mendapatkan keuntungan berupa margin keuntungan atau upah jasa.

Caranya mudah, kita tinggal mendatangi tempat-tempat pusat perbelanjaan, lalu foto barang-barang yang ingin kita jual, kemudian upload ke media sosial. Dengan begitu, orang-orang akan bisa melihat barang apa saja yang kita jual.

Bisnis jastip untuk mendapat keuntungan melimpah biasanya dilakukan saat kita pergi ke luar kota maupun luar negeri, di mana orang-orang ingin membeli barang dari kota atau negara yang kita kunjungi tersebut.

Sama seperti menjadi reseller atau dropshipper, kita pun berpotensi menghasilkan keuntungan bersih Rp300 ribu – Rp500 ribu untuk setiap produk yang dijual.Menarik bukan?

3. Bisnis online sebagai influencer

Saat ini, media sosial tentu sudah memberi pengaruh banyak kepada kita sebagai penggunanya. Dari sini, profesi media sosial influencer memiliki peran yang cukup penting.

Pada mulanya, sosok social media influencer adalah selebritas yang populer lewat perfilman, politik, atau kegiatan sosial. Namun pada perkembangannya, siapa pun bisa menjadi sosok populer di media sosial selama mereka bisa memberi pengaruh positif bagi pengguna media sosial lainnya lewat berbagai postingan trendi yang bermanfaat.

Social media influencer tentu memiliki banyak followers dan sering mendapatkan banyak like atau comment pada setiap postingan pribadinya.

Namun dari mana profesi bisnis online tanpa modal ini bisa menghasilkan uang atau keuntungan? Tentu saja dari mendapatkan endorse dari produk yang dipromosikannya.

Sekali endorse, kita bisa mendapat penghasilan sebesar Rp2 juta – Rp5 juta, lho! Tentunya tergantung rate card yang kita tawarkan. Tertarik untuk menjadi influencer?

4. Youtuber

Siapa pun kini bisa menjadi seorang Youtubers, asalkan punya akun Youtube dan membuat konten menarik di dalamnya. Menjadi Youtuber atau juga video blogger (vlogger) cukup menjanjikan. Rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit dalam sebulan dari sebuah konten video.

Apalagi saat ini sudah banyak, kok, vlogger yang membuat video hanya dengan menggunakan kamera ponsel.

Keuntungannya, kita dapat dapat penghasilan dari endorse produk di dalam video atau iklan-iklan Google Adsense yang terpampang di video kita.

Sama seperti menjadi influencer, sekali endorse, kita bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp5 juta – Rp10 juta, lho, tergantung kepada rate card yang kita tawarkan. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mencari nafkah dengan menjadi Youtuber?

5. Menulis review di blog

Kamu bisa mendapatkan penghasilan hanya dari hobimu menulis, dengan menjadi seorang blogger

Untuk membuat blog secara gratis, kita dapat menggunakan WordPress, Blogger, Weebly, dan beberapa layanan pembuat website lainnya.

Setelah memiliki blog sendiri, kita dapat menyertakan iklan dengan menggunakan Google Adsense. Dari situlah kita akan mendapatkan penghasilan. Selain itu, kita juga bisa menjual jasa review atau sponsored post untuk menghasilkan pemasukan tambahan.

Sekali review atau mendapatkan tawaran sponsored post, kita bisa dapat penghasilan sebesar Rp500 ribu – Rp1 juta.

6. Penerjemah atau translator

Saat ini, sudah banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa penerjemah baik dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing maupun sebaliknya. Umumnya jasa yang dibutuhkan berbentuk penerjemahan dokumen dan takarir untuk film.

Untuk itu, usaha ini sangat cocok buat kamu yang punya kemampuan bahasa asing.  Hanya bermodal komputer atau laptop saja, kamu dapat penghasilan sebesar Rp100 ribu – Rp500 ribu! 

7. Jasa desain

Kalau tadi kita bisa menjual keahlian menerjemahkan bahasa, kali ini jika memiliki hobi menggambar atau membuat desain, kita juga bisa menjual jasa desain untuk bisnis online tanpa modal.

Sama seperti menjadi penerjemah, kita juga hanya perlu memiliki komputer atau laptop untuk membuat desain. Mulai dari mendesain logo, ilustrasi, dan lain sebagainya.

Dengan menjual jasa ini, minimal Rp500 ribu – Rp1 juta sudah bisa kita terima atas setiap desain yang terjual.

8. Bisnis online menjadi fotografer

Hobi fotografi? Sama seperti desain, fotografi juga salah satu keahlian yang bisa menghasilkan uang. Seperti yang kita ketahui, hampir setiap momen dan acara bisa diabadikan dengan sebuah foto. Makanya, tidak ada salahnya kita mencoba bisnis online tanpa modal yang satu ini.

Kita bisa mulai menawarkannya kepada kerabat-kerabat terdekat melalui media sosial atau membuat website sendiri yang berisi contoh-contoh foto kita.

Kalau memang sudah lama memiliki hobi fotografi, tentu tidak memerlukan modal tambahan lagi selain kamera yang sudah kita punya, bukan? Untuk sekali menawarkan jasa, kita bisa meraih keuntungan Rp3 juta – Rp5 juta untuk setiap acara seperti pernikahan, lho.

9. Menjadi admin media sosial 

Saat ini hampir semua orang gak bisa hidup tanpa media sosial. Makanya, banyak perusahaan atau produk yang memakai media sosial untuk media promosi mereka. Nah, di sinilah peluang kamu untuk menjadi seorang admin yang mengoperasikan medsos perusahaan atau sebuah produk. 

Pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja dengan bayaran yang menjanjikan. Setiap minggunya kamu harus memikirkan konten yang menarik agar jumlah followers dan interaksi meningkat. 

Mengenai bayarannya beragam, mulai dari Rp500 ribu – Rp2 juta, tergantung kesepakatan kamu dengan klien. 

10. Guru les online

Kalau kamu punya bakat mengajar atau malah lulusan jurusan pendidikan, kamu bisa mencoba jadi guru les secara online. Setiap tahunnya, bisnis guru les semakin dicari apalagi kalau memasuki tahun ajaran baru atau penerimaan mahasiswa baru. 

Dengan menjadi guru les online ini, kamu menyediakan bahan ajar melalui video, audio, maupun secara live menggunakan Zoom, Google Meet, dan aplikasi sejenis. 

Soal bayarannya gak usah diragukan. Seorang guru les online bisa mengantongi Rp2 juta – Rp5 juta sebulan. Tergantung berapa murid yang kamu ajarkan. Kamu juga bisa menjual materi secara digital alias e-book, lho. Menarik, kan? Tetapi pastikan kamu punya kuota yang cukup, ya.

Itu tadi tips-tips memulai usaha online dan beberapa rekomendasinya yang mudah-mudah bisa menjadi inspirasi kamu. Diharapkan dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa mendapatkan karier yang disukai dan tentu saja berpenghasilan tinggi. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →