5 Tips Menabung untuk Pelajar yang Ingin Traveling!

Tak dapat dipungkiri kalau masih banyak orang yang kerap menyepelekan tips menabung karena dianggap hanya teori semata. Selain itu, gak sedikit juga orang yang beranggapan kalau nabung itu gampang, tapi faktanya selalu aja gagal menyisihkan uang setiap bulan.

Untuk orang yang sudah memiliki penghasilan aja, masih susah mengalokasikan dana buat ditabung. Apalagi buat mereka yang masih sekolah. Kenapa?

Ya, tahu sendiri, uang yang mereka dapat cuma dari uang jajan aja. Boro-boro buat traveling bareng teman-teman, mau nonton ke mall aja harus minta uang dari satu minggu sebelumnya.

Karena memang kendala utama traveling itu adalah memerlukan bujet yang gak sedikit dan tentu aja jadi hambatan banget terutama buat kamu yang masih berstatus pelajar dan belum memiliki penghasilan.

Tapi tenang aja, kamu tetap bisa kok pelesiran ke tempat yang kamu inginkan bareng para sahabat meski sumber uang kamu hanya dari uang jajan aja. Penasaran gimana caranya?

Baca juga: Begini Caranya Ikut Buka Puasa Bersama yang gak Bikin Kantong Jebol

Cobain nih tips menabung untuk pelajar supaya nanti bisa jalan-jalan pakai duit sendiri

Berikut lima tips menabung untuk pelajar yang ingin pergi liburan. Langsung aja simak di bawah ini.

1. Menabung dengan nominal kecil setiap hari

Tips menabung
Menabung dengan nominal kecil setiap hari (Shutterstock).

Tips menabung pertama yang bisa kamu lakukan adalah nabung meskipun nominalnya kecil setiap hari dan konsisten. Kamu bisa menyisihkan dari uang sakumu dan jadikan itu sebuah kebiasaan. Dengan begitu, kalau lewat nabung sehari pasti akan terasa ada yang kurang.

Misalnya dalam sehari kamu mendapat uang saku sebesar Rp 50 ribu. Untuk ongkos dan lainnya menghabiskan Rp 30 ribu. Nah, sisa uang Rp 20 ribu itu bisa kamu tabung.

Bahkan kalau bisa lebih dari itu dan menekan biaya yang lain itu jauh lebih baik. Percaya deh, menabung dengan cara seperti itu akan terasa lebih ringan kok ketimbang langsung menabung dengan jumlah besar.

Gunakan wadah khusus yang di depannya terdapat gambar negara tujuanmu berlibur biar lebih bersemangat. Jika konsisten setiap hari menabung Rp 20 ribu, maka dalam sebulan kamu bisa menghasilkan uang sebesar Rp 20 ribu x 30 hari yaitu Rp 600 ribu.

Lumayan kan? Nah, setiap bulannya. Kamu bisa langsung alokasikan dana tersebut ke tabungan. Kamu bisa memilih tabunganku karena tidak ada biaya administrasi bulanan. Dengan begitu, berlibur ke negara impian pun bukan angan-angan lagi.

2. Nyicil beli perlengkapan traveling

Tips menabung
Cicil beli perlengkapan travel (Shutterstock).

Saat akan traveling banyak sekali printilan pengeluaran yang membuat kamu harus merogoh bujet ekstra. Meskipun penting, sayangnya banyak orang yang kurang peduli hingga mendekati pemberangkatan kaget karena banyak yang harus dibeli.

Karena itu, ada baiknya kamu merinci apa saja perlengkapan yang kamu butuhkan selama traveling dan mulai mencicil untuk membelinya satu per satu agar tak memberatkanmu.

Contohnya, membeli tiket kereta dan memesan penginapan dalam waktu yang berbeda, agar tidak terlalu berat, jika harus membeli sekaligus.

3. Sisihkan uang koin

Tips menabung
Mensisihkan uang koin (Shutterstock).

Tips menabung selanjutnya adalah dengan menabung uang koin. Ya, lumayan sih untuk menambah sedikit demi sedikit saldo tabunganmu.

Kamu bisa mulai dengan menyisihkan kembalian usai belanja. Gak perlu semuanya, cukup uang koin pecahan Rp500 dan Rp1.000 saja.

Satu bulan sekali, kamu bisa menukarkan koin-koin yang sudah kamu kumpulkan itu dengan uang kertas ke toko atau minimarket terdekat. Uangnya bisa kamu masukkan dengan ke pos tabungan. Walau kelihatan sepele, jangan remehkan ya kekuatan uang recehanmu.

4. Bawa bekal ke sekolah

Tips menabung
Membawa bekal ke sekolah (Shutterstock).

Selanjutnya adalah dengan membawa bekal makanan ke sekolah. Jadi, uang saku yang kamu keluarkan setiap bulan hanya untuk keperluan transportasi semata.

Membawa bekal bisa membuatmu sedikit berhemat karena gak harus selalu makan di kantin. Selain makanan, kamu juga bisa menyediakan air minum untuk lebih berhemat lagi.

Lagipula, selain hemat, membawa makanan dan minuman dari rumah juga lebih sehat lho. Jadi nominal uang yang kamu alokasikan buat menabung akan lebih besar. Setuju?

5. Kurangi gaya hidup

Tips menabung
Hangout bersama teman (Shutterstock).

Kini mall dan kafe tak hanya dipenuhi oleh orang-orang yang sudah bekerja aja. Para pelajar atau remaja juga kerap bersantai ke mall atau nongkrong di kafe bersama teman-temannya.

Nah, agar tujuanmu berlibur ke tempat impian ingin dapat segera terlaksana. Alangkah baiknya, jika kamu mengurangi kebiasaan gaya hidup yang bisa bikin kantong kebobolan.

Kalau misalnya, setiap akhir pekan kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp200 ribu untuk hangout di kafe. Kamu bisa menguranginya dengan nongkrong saat akhir bulan saja. Dengan begitu, bujet buat jalan-jalan pun akan lebih besar.

Baca juga: 5 Alasan Berkunjung ke Hong Kong Disneyland pada Musim Liburan Tengah Tahun

Coba tabung uangmu di sini supaya aman

Ada beberapa pilihan produk tabungan yang cocok dipertimbangkan sebagai tips menabung untuk pelajar yang tentunya lebih menguntungkan dibandingkan jenis simpanan lainnya. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. TabunganKu

TabunganKu adalah produk pemerintah yang diadakan di seluruh bank di Indonesia dengan mengikuti aturan standardisasi yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menabung di TabunganKu, salah satunya minimal setoran awal untuk pembukaan rekening hanya sebesar Rp20 ribu (bank umum) dan Rp10 ribu (bank syariah). 

Selain itu, TabunganKu juga bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku, serta biaya penarikan. Tak adanya biaya-biaya itu tentu akan semakin memudahkan kamu untuk menabung, bukan?

2. CIMB Niaga AirAsia Savers

CIMB Niaga AirAsia Savers merupakan salah satu produk tabungan dari CIMB Niaga. Produk tabungan ini juga memiliki fitur yang memudahkan untuk menabung tanpa biaya administrasi bulanan.

Setoran awal untuk pembukaan rekening tabungan ini juga sangat ringan, yakni hanya dengan Rp100 ribu saja. Selain itu, saldo minimum juga sangat ringan, yaitu hanya Rp50 ribu saja.

Dengan keringanan pembukaan rekening dan saldo minimum, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas yang menguntungkan lainnya. Beberapa fasilitasnya adalah kartu ATM, SMS banking, serta internet banking. 

3. Tabungan BTN e’Batarapos

Produk simpanan milik Bank BTN, e’Batarapos ini juga perlu dipertimbangkan sebagai tabungan para pelajar. Selain tak adanya biaya administrasi bulanan, biaya pembukaan rekening tabungan ini juga sangat minim lho, hanya Rp 50 ribu saja.  

Kamu juga bisa mendapatkan kartu ATM untuk mempermudah kamu melakukan penarikan uang. 

4. Tabungan Bank Mega Berbagi

Tabungan Bank Mega Berbagi juga memberikan layanan bebas biaya administrasi. Namun, terdapat syarat untuk mendapatkan bebas biaya administrasi. Syaratnya adalah saldo di dalam rekening harus lebih dari Rp1 juta.

Sebagai seorang pelajar, tentunya ini dapat kamu manfaatkan untuk menahan tingkat konsumtif kamu. Namun, jangan khawatir karena setoran awal dan saldo minimal di tabungan ini cukup terjangkau, yakni hanya Rp100 ribu.

Hanya dengan Rp100ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap, seperti kartu ATM, internet banking, dan mobile banking untuk berbagai urusan transaksi keuangan. 

5. Tabungan Faedah BRISyariah iB

Jika kamu sedang mencari tabungan dengan berbasis Syariah, Tabungan Faedah BRISyariah iB bisa jadi pilihan. Salah satu kelebihan menabung di Tabungan Faedah BRISyariah iB, tidak adanya biaya administrasi bulana  dan setoran awal untuk tabungan ini juga sangat ringan yaitu hanya sebesar Rp100 ribu saja. Saldo minimal juga cukup terjangkau hanya sebesar Rp50 ribu.  

Baca juga: 7 Tipe Traveler Indonesia, Si Eksis dan Si Selow, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

Nah, itu dia lima tips menabung untuk pelajar beserta beberapa rekomendasi produk tabungan untuk mengamankan uangmu yang ingin mewujudkan impian traveling ke negara impian. Gimana, gampang banget kan?