9 Waralaba Jasa Paling Menjanjikan dengan Modal Murah

waralaba jasa

Memulai usaha franchise atau sistem bisnis kemitraan, termasuk waralaba jasa memang gampang-gampang susah. Kamu yang pengin menjalani usaha waralaba jasa, disarankan pilih bidang yang harganya gak terlalu mahal.

Franchise murah kebanyakan memang merupakan bisnis makanan dan minuman. Tapi jangan salah, masih ada kok franchise non-makanan dan minuman yang cuma butuh modal Rp9 jutaan, dan ada juga yang sampai puluhan juta.

Kelihatannya banyak sih, tapi kalau dibanding franchise raksasa, modal segini sebetulnya gak ada apa-apanya. Lagi pula, untungnya lumayan banget lho. Ditambah gak susah-susah banget menentukan target pasarnya.

Apa itu waralaba jasa? Kenapa sih harus pilih jenis usaha ini?

Kalau waralaba makanan dan minuman pasti kamu sudah sering dengar, kan? Bagaimana dengan waralaba jasa?

Berbeda dengan waralaba makanan dan minuman, dalam hal yang ditawarkan, waralaba yang satu ini lebih fokus menawarkan jasa di berbagai bidang seperti pendidikan, pengiriman barang, hingga kebersihan.

Terdengar sama tapi ternyata berbeda, ya. Apakah kamu salah satu orang yang biasa menggunakan layanan dari waralaba jasa? Pasti pernah dong mengirim barang melalui ekspedisi atau les di bimbel yang cabangnya di mana-mana.

Nah, kalau selama ini kamu jadi pengguna jasa mereka, giliran kamu yang jadi penyedianya dengan membuka waralaba jasa. Banyak untungnya, lho

Mau tahu alasan lainnya kenapa harus jenis usaha ini? Umumnya kamu bakal diuntung dengan hal-hal berikut:

  • Gak perlu branding

Dengan menjalin kerja sama bareng mitra waralaba, kamu gak usah capek mengeluarkan tenaga buat branding. Kok bisa gitu? Nah, nama brand sejatinya sudah terbangun sama si empunya waralaba, apalagi jika perusahaan penyedia punya nama di hati masyarakat dan sudah ada selama belasan tahun. Jadi, bisa saja kamu alhikan alokasi dana buat branding ke keperluan yang lebih penting.

  • Manajemen keuangan dijamin lebih teratur

Selain branding, kamu juga gak perlu pusing-pusing atur manajemen keuangan karena pada dasarnya sudah diatur sama pemegang waralaba utama. Oh iya, tapi jangan sampai terlena sama kemudahan yang satu ini, ya! Kamu harus tetep perhatikan apa yang terjadi sama kondisi keuangan. Keahlianmu mengatur keuangan juga jadi bahan pertimbangan pemilik utama waralaba , lho.

  • Kerja sama bisnis telah terbangun

Lagi-lagi, kamu diuntungkan, tapi kali ini dari segi kerjasama dan koneksi bisnis. Jangan takut, misalnya kamu ingin menambah pasokan barang atau alat pendukung usaha, biasanya pemilik utama waralaba sudah punya koneksi yang udah dijalin sekian tahun. Untung banget gak sih!

Dari alasan di atas, apakah kamu makin tergiur buka waralaba? Secara umum bisnis waralaba akan memberikan kamu keuntungan seperti di atas, baik waralaba makanan dan minuman ataupun jasa. 

Lifepal punya rekomendadi waralaba jasa buat kamu yang minat meraih untung dari bisnis satu ini.

1. Bimba Rainbow Kids – Rp8 juta

waralaba usaha
Waralaba usaha Bimba Rainbow Kids (Bimba Rainbow Kids)

Sebagian dari kamu mungkin ada yang punya passion tinggi di bidang pendidikan, khususnya mengajar. Dan mungkin hal itu juga disertai dengan kecintaanmu terhadap anak kecil.

Kenapa gak bermitra dengan Bimba Rainbow Kids aja? Bimbingan belajar yang berada di bawah naungan Yayasan Bintang Solusi Mandiri ini menyediakan empat program belajar buat anak, yaitu bimbingan membaca, menulis, dan berhitung, bimbingan pembangunan kreativitas, pembinaan karakter, dan bahasa Inggris.

Semua orang bisa bermitra dengan Bimba Rainbow Kids lho, termasuk kamu. Dan investasi awal yang kamu keluarkan mulai dari Rp8 juta saja.

Modal segini rendah banget kalau dibandingin sama bimbel-bimbel lain yang butuh sampai ratusan juta. Tertarik bergabung? Hubungi mereka via Whatsapp di 08571010996 atau kunjungi langsung situsnya.

2. Galaxy Pertamini – Rp9 juta

Mungkin dari kamu ada yang punya impian punya usaha stasiun pengisian bahan bakar umum alias SPBU. Bukan sekadar jual bensin, tapi juga yang ada kafenya atau tempat cuci motor.

Nah, mengingat modal mendirikan SPBU itu gak sedikit, kamu bisa belajar dulu dengan Galaxy Pertamini.

Franchise yang satu ini sebetulnya adalah kios bensin eceran. Bedanya dengan yang di jual di pinggir jalan, mereka punya booth beserta perangkat pengisian BBM layaknya di SPBU.

Buat modal Rp9 juta kamu bakal dapat booth dengan spesifikasi:

– Ukuran 68x68x215 cm

– Kapasitas BBM 210 L (drum)

– Selang 3,5 meter

– Alat ukur 1 buah

– Listrik 30 Watt

Sedikit saran, dirikan kios BBM ini di wilayah yang jauh dari SPBU. Dijamin laris deh jualan bensinnya. Bila berminat hubungi aja  081212341144, atau kunjungi situsnya.

3. The Quick Clean – Rp15 juta

The Quick Clean ini adalah usaha franchise laundry sepatu dan tas yang berasal dari Surakarta dan sekarang udah hadir di kota-kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bekasi. Jargon mereka adalah “membersihkan sepatu dan tas pelanggan 25-30 menit saja.”

Praktis banget dan pastinya dibutuhkan orang-orang sibuk.

Buat paket kemitraannya yang sebesar Rp15 juta, kamu sudah dapat booth dan peralatan. Namun, peralatannya gak dijelaskan secara rinci di situsnya.

Tertarik buat memulai kemitraan dengan mereka? Hubungi aja 081329532935 atau kunjungi situsnya.

4. Mr Klin Laundry – Rp29 juta

Khusus buat yang pengin buka usaha laundry, mungkin kamu bisa belajar dari membuka usaha franchise Mr Klin. Karena dengan modal Rp29 juta, kamu bakal dapat:

– Satu unit mesin cuci front loading baru kualitas Eropa

– Satu unit mesin pengering/dryer baru kualitas Eropa

– Satu unit mesin khusus buat dry cleaning + training dry cleaning

– Lima kilogram deterjen laundry ramah lingkungan

– Lima liter parfum khusus laundry

– Lima liter pelicin setrika

Chemical bleaching/chlor

Chemical Oxy magic

– Satu unit mesin setrika laundry

– Satu unit meja setrika

– Satu unit tag gun

– Satu set tag pin

– Satu roll pita label

– Satu unit timbangan laundry (kapasitas 20Kg)

– Plastik packing laundry ukuran S, M, L

– Kantong plastik ukuran jumbo

– Lima unit keranjang laundry

– Satu pc botol spray parfum

– Satu pc alas setrika

– Satu pc laundry net

Chemical penghilang noda (makanan, darah, minyak, dll).

Selain itu, keuntungan lain kalau bermitra dengan ini kamu juga  bakal diberikan pelatihan dari pakar dan bisa menggunakan merek laundry sendiri. 

Tapi, kalau pengin pakai Mr Klin juga boleh, asal bayar charge sebesar 8 persen royalti fee yang diambil dari omzet perbulanmu.  

Tertarik bergabung? Hubungi aja 081288830358. Kunjungi juga situsnya buat tahu informasi lebih lanjut.

5. Auto Clean Waterless Indonesia – Rp30 juta

Usaha franchise asal Bogor ini adalah penyedia jasa cuci mobil tapi gak pakai air. Kok bisa? Ya bisa dong. Soalnya buat mengganti air mereka pakai cairan pembersih khusus.

Modalnya emang agak besar nih, Rp30 juta. Tapi, itu sebanding yang bakal kamu dapat dan potensi keuntungannya juga lumayan tinggi.

Kalau bermitra dengan mereka, kamu bakal dapat paket lengkap peralatan cuci mobil sekaligus printer mini buat kasir. Mereka juga siap memberikan pelatihan selama empat hari ke tim kerjamu nanti. Kamu juga bakal dapat software yang bisa dipakai untuk menyimpan data pelanggan, informasi laba, stok barang, dan lainnya.

6. JNE – Rp7 juta

Di masa pandemi corona seperti saat ini, bisnis online dan e-commerce makin menjamur. Nah, hal itulah yang membuat jasa ekspedisi makin dibutuhkan. Dengan begitu, setidaknya kamu sudah bisa menebak bagaimana nanti pangsa pasar waralaba jasamu.

Persyaratan jadi mitra JNE tidak terlalu rumit, kamu cuma perlu penuhi berkas-berkas seperti:

Surat permohonan

Badan hukum usaha

Fotokopi KTP

Surat Izin Usaha perusahaan

NPWP Perusahaan

Pas foto pemilik 

Denah dan foto lokasi

Selain itu, kamu tidak boleh terikat kerjasama dengan pihak lain dengan usaha sejenis. Terkait harga waralabanya, kamu cukup merogoh kocek sekitar 7 juta, sudah termasuk biaya administrasi dan uang jaminan keagenan.

7. JET Express – Rp16 juta

Sama halnya dengan JNE, JET Express juga bakal ngasih kamu peluang emas di tengah maraknya olshop. Walaupun JET Express terbilang baru, tapi pamornya gak usah ditanyakan. 

Saat ini, JET Express punya total 3.500 cabang, 500 di antaranya adalah waralaba dan sisanya adalah punya JET Express sendiri. Di tahun 2020, JET Express menargetkan memiliki 4.000 cabang dengan membuka peluang franchise sebesar-besarnya.

JET punya 2 jenis penawaran outlet partnership package yaiut Market Entry yang dihargai Rp 5 juta dengan fasilitas berupa neon box, timbangan digital, seragam, JET net system, flyers.  

Adapun penawaran kedua adalah Complete Package yang dihargai Rp15 juta dengan fasilitas yang lengkap beserta laptop dan printer.

8. Bintang Jasa – Rp10 juta

Bintang jasa merupakan waralaba jasa di bidang pendidikan. Buat kamu yang pengin bisnis di jasa pendidikan kerjasama dengan waralaba yang dibangun tahun 2009 ini, modal awal yang bisa kamu keluarkan sebesar Rp10 juta untuk paket lengkap. Keuntungan yang bakal kamu dapatkan adalah:

– Keuntungan seluruhnya dimiliki oleh mitra

– Mendapatkan training dari perusahaan

– Tidak ada royalty fee

– Masa berlaku seumur hidup

– Tidak ada biaya perpanjangan

Support perusahaan penuh berupa SOP lengkap dan pendampingan usaha

Buat persyaratannya, kamu bisa hubungi nomor 0812 8345 2235 dengan ketik Info BB#(nama lengkapmu) #(domisili mu). Jangan lupa tanyakan juga persyaratan-persyaratan yang diperlukan, ya.

Itulah lima usaha franchise non-makanan dan minuman yang bisa kamu mulai dengan bujet Rp8 juta hingga Rp30 juta.

9. Raja Cukur Barber Shop – Rp17 juta

Waralaba jasa ini menawarkan beberapa paket pilihan yang bisa disuaikan dengan kondisi keuanganmu, yaitu:

– Paket Super Hemat F Rp17 juta

– Paket Hemat A Rp29 juta

– Paket Hemat B Rp39 juta

– Paket Hemat C Rp44 juta

– Paket Hemat D Rp65 juta

– Paket Hemat E Rp77 juta

– Paket Jadi Rp 99 juta hingga Rp250 juta

Beberapa benefitnya adalah gak ada royalty fee, paket lengkap mulai sistem, SOP, hingga peralatan, sistem dan perlengkapan diberikan oleh perusahaan, dan dukungan perusahaan penuh berupa pendampingan usaha, hingga pelatihan pegawai tukang cukur.

Kalau kamu tertarik, hubungi aja marketingnya melalui Whatsapp 0812 283 0798, Email [email protected], dan Instagram rajacukur_pusat.

Wah, lengkap banget ya informasi tentang waralaba jasa di atas. Semakin banyak peralatan yang dibutuhkan, tentunya makin mahal pula biaya paketnya. 

Tapi, perlu diingat! Percuma berbisnis jika kamu tidak bisa menjaga diri sendiri dan mengontrol biaya pengeluaran. Jangan lupa proteksi anggaran kamu dengan asuransi yang terjangkau.

Kira-kira apakah ada yang menarik buatmu di antara 9 usaha franchise tersebut? Share yuk! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →