25 Usaha Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Tinggi

memulai usaha rumahan modal kecil

Sebelum jadi orang tajir atau konglomerat di Indonesia, orang-orang ini ternyata merintis sebuah usaha rumahan modal kecil. Nah, jenis-jenis usaha rumahan mereka tentunya bisa kamu tiru jika kamu berencana membangun gurita bisnis di masa depan.

Meski demikian, membangun gurita bisnis bukan perkara gampang. Mereka yang berhasil merintis bisnis dari usaha rumahan modal kecil ini, tentu harus mengalami jatuh bangun.

Selain itu, tidak masalah jika kamu ingin membangun bisnis rumahan untuk menambah pemasukan rumah tangga kamu dan menginginkan bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar. Lebih lanjut, usaha rumahan juga terbilang mudah dijalankan karena kamu dapat mengontrolnya secara langsung  dan biasanya tidak memerlukan banyak peralatan atau alat untuk memulainya.

Penasaran dengan daftar usaha rumahan apa saja yang bisa kamu coba? Yuk, simak daftar usaha rumahan yang menguntungkan dan sekaligus bisa menjadi inspirasimu dalam memulai usaha.

1. Les privat

Les privat tentu bisa jadi salah satu usaha rumahan yang bisa kamu pilih. Modalnya juga cuma Rp3 jutaan kok.

Selain les mata pelajaran sekolah, kursus bahasa asing juga boleh. Misalnya Bahasa Korea, mengingat banyak Kpopers di Indonesia ini.

Dan usaha ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional. Karena kamu gak perlu menyambangi rumah murid. Kamu bisa tetapkan tarif yang bersaing sama lembaga kursus bimbingan belajar di luar. Palingan modalnya hanya:

  • Papan tulis: Rp150 ribu
  • Spidol dan penghapus: Rp40 ribu
  • Kursi lipat kuliah Rp200 ribu x 10 buah: Rp2 juta
  • Modul belajar: Rp200 ribu

Total: Rp2.390.000

2. Salon

Bisnis salon juga tergolong sebagai usaha rumahan modal kecil, tapi tergantung juga sama jenis salonnya. Salon itu sendiri banyak, ada salon tempat cukur rambut saja, ada salon perawatan tubuh, salon khusus bulu mata dan alis atau perawatan wajah, dan lainnya.

Untuk mendirikan salon sederhana, modal Rp5 jutaan pun bisa. Nih barang-barang yang kamu butuhkan.

  • Mesin cukur dua buah: Rp700 ribu
  • Sisir rambut dua buah: Rp20 ribu
  • Gunting potong rambut: Rp100 ribu
  • Gunting sasak: Rp150 ribu
  • Pisau cukur: Rp30 ribu
  • Silet isi ulang 20 kotak: Rp45 ribu
  • Handuk kecil satu set: 180 ribu
  • Kap penutup badan dua buah: Rp90 ribu
  • Botol semprot barbershop: Rp30 ribu
  • Jepit buaya kecil satu pack (isi 10): Rp10 ribu
  • Jepit buaya besar satu pack (isi 10): Rp15 ribu
  • Mangkok sabun / foam dua buah: 10 ribu
  • Sikat bulu: Rp25 ribu
  • Kursi pangkas dua buah: Rp2 juta
  • Cermin besar dua buah: Rp2 juta
  • Cermin kecil: Rp50 ribu

Total:  Rp5.455.000

3. Warung jamu

Sudah tahu kan siapa produsen jamu terkenal di Indonesia yang omzet perusahaannya gede banget itu? Yap, Sido Muncul. Perusahaan itu dulunya juga cuma usaha rumahan modal kecil lho.

Untuk bisa jualan jamu seperti mereka, kamu pun bisa membuka warung atau kafe jamu kecil di rumah. Bisa dibilang penikmat jamu itu cukup luas lho, bisa dari status ekonomi mana saja.

Perkiraan modal buka warung jamu adalah sebagai berikut.

  • Etalase jamu: Rp2,7 juta
  • Alat masak: Rp1 juta
  • Termos es batu dan blender: Rp1,2 juta
  • Banner: Rp300 ribu
  • Bahan baku (temulawak, kencur, jahe): Rp3 juta

Total: Rp8,2 juta

4. Warung makan

Warung makan udah jelas jadi usaha rumahan modal kecil paling menjanjikan. Dan berawal dari usaha kecil inilah, banyak bermunculan restoran-restoran ngetop dan sukses yang omzetnya miliaran.

Membuka warung makan memang gak butuh biaya besar. Apalagi jika letak rumahmu bisa dibilang strategis. Tentunya gak bakal susah deh cari pelanggan yang mau mampir ke situ. Wong semua orang pasti harus makan, mereka yang males masak pasti lebih milih untuk beli.

Berapa sih modal awal untuk membangun usaha yang satu ini? Gak gede-gede amat kok. Berikut rinciannya:

  • Renovasi tempat: Rp1,5 juta
  • Peralatan masak: Rp1,5 juta
  • Peralatan makan: Rp1 juta
  • Meja dan kursi bikin sendiri: Rp2 juta
  • Bahan baku utama harian: Rp500.000
  • Biaya lain-lain: Rp500.000

Total: Rp7 juta

Gimana menurutmu? Masih di bawah Rp10 juta tuh, apakah masih masuk dalam bujet?

5. Berdagang es

Jangan salah, biar terdengar sepele dan kesannya cuma kudapan murah, gak sedikit miliuner Indonesia yang dulunya adalah pedagang es.

Es itu sejatinya banyak, ada es lilin, es campur, hingga es kepal Milo. Agar lebih praktis, maka ada baiknya kamu membeli waralaba minuman saja jika tertarik jualan es.

  • Meja dan kursi untuk display: Rp2 juta
  • Bahan baku utama harian: Rp100.000
  • Kemasan: Rp100.000
  • Biaya lain-lain: Rp300.000

Total untuk modal awal Rp2,5 juta. 

Gak sedikit kok waralaba minuman yang modal awalnya bisa dimulai dengan biaya Rp2 jutaan apalagi jika kamu melakukannya di rumah sehingga gak perlu modal sewa tempat. Dengan bujet sebesar ini, kamu tentu bisa belajar berbisnis tanpa harus khawatir. Cocok banget deh buat para pemula.

6. Laundry kiloan

Saat ini banyak mahasiswa atau pegawai kantoran yang sibuk dan memiliki waktu yang sedikit. Kesempatan ini bisa kamu ambil untuk membuka usaha rumahan Laundry kiloan. Jika kamu memiliki lokasi rumah yang dekat dengan daerah perkantoran atau kampus, hal ini tentu akan menjadi poin plus tersendiri.

Penasaran dengan berapa modal yang dibutuhkan? Berikut rinciannya:

  • Mesin cuci dan pengering 1 unit sekitar Rp3 juta
  • Harga timbangan cucian Rp100 ribu
  • Deterjen dan parfum untuk mencuci sekitar Rp500 ribu
  • Setrika pakaian sekitar Rp300 ribu
  • Biaya tak terduga sekitar Rp500 ribu
  • Total Modal Rp4.400.000

Pastikan kamu menganalisa apakah lingkungan rumah kamu cocok untuk dijadikan usaha laundry atau tidak. Kamu bisa memberikan harga sekitar 7 sampai 10 ribu rupiah tergantung daerah tempat kamu membuka laundry. Jika sehari kamu dapat menerima pesanan sebesar 40 kg, berarti dalam sebulan kamu bisa mendapatkan pendapatan kotor sebesar 40x 7000 x 30 = Rp8.400.000.

7. Usaha katering

Selain usaha warung makan yang telah disebutkan di atas, usaha katering merupakan salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya. Jika kamu memiliki masakan yang enak dan manajemen yang baik, usaha katering akan berkembang dengan pesat. Terlebih, jika kamu tinggal di daerah yang memiliki banyak penduduk. 

Kamu bisa memulai usaha katering dengan modal kecil yakni dengan Rp750.000 saja. Rincian modal katering sebagai berikut.

  • Gas dan minyak Rp250.000
  • Bahan makanan 50 porsi Rp500.000
  • Total modal Rp750.000

Selanjutnya, kamu bisa menjual makanan kamu dengan harga Rp25.000 per porsi. Kamu bisa menghasilkan  Rp1.250.000 dan mendapatkan keuntungan sekitar Rp500 ribu dalam satu hari. Kamu bisa mendapatkan keuntungan bulanan Rp500.000 x 30 hari = Rp15.000.000 dalam satu bulan.

8. Rental studio musik

Salah satu usaha rumahan yang bisa mendapatkan banyak cuan adalah rental studio musik. Usaha ini dapat kamu pilih jika kamu memang menyukai musik dan memiliki sedikit pengetahuan tentang dunia musik. Kamu memerlukan modal Rp5 juta hingga Rp10 juta. Modal dana Rp10 juta bisa kamu gunakan untuk membeli alat musik seperti gitar, drum, bass, mikrofon, speaker, dan beberapa kabel.

Kamu bisa memberikan sewa studio musik per jam dengan harga Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per jam ya. Jika dalam satu hari terdapat 10 jam penyewaan berarti dalam satu bulan kamu mendapatkan penghasilan Rp50 ribu x 10 jam x 30 hari = Rp15 juta per bulan.

9. Desain grafis

Kamu juga dapat membuka jasa desain grafis rumahan. Jenis usaha ini bisa kamu memilih, jika kamu memiliki keterampilan dan skill desain. Kamu bisa memasarkan jasa kamu ini di media sosial atau di beberapa situs pekerja lepas. Kamu bisa membuka jasa mendesain kaos, desain web atau blog, desain logo, dan beberapa ide desain lainnya. 

Kamu bisa memulai usaha ini dengan modal Rp8 juta yang diperuntukkan untuk membeli laptop dan Software yang dibutuhkan. Kamu bisa mendapatkan pemasukan bulanan dari Rp5 juta sampai Rp10 juta per bulan.

10. Barbershop atau jasa potong rambut rumahan

Sebagian orang mungkin tidak pernah berpikir tentang jenis usaha ini. Tahukah kamu ternyata jasa barbershop atau potong rambut rumahan juga dapat memiliki keuntungan yang berlimpah. Usaha ini juga hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar yakni Rp1 juta sampai Rp3 juta untuk membeli peralatan cukur rambut, kursi, dan kaca.

Selanjutnya, jika kamu ingin memulai tetapi hanya memiliki modal kecil, kamu bisa memulai dengan menjadi jasa potong rambut rumahan,.

11. Jasa servis elektronik

Jika kamu memiliki hobi serta pengetahuan dasar tentang elektronik, kamu bisa memulai jasa servis elektronik rumahan. Banyak orang yang sangat sulit mencari jasa servis elektronik di daerah sekitar rumah. Jika di daerah kamu tidak terdapat jasa servis elektronik, hal ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu.

Ada beberapa jenis elektronik yang sering diservis mulai dari televisi, AC, mesin cuci, kulkas, dan beberapa alat elektronik lain. Kamu bisa bisa memulai usaha ini dengan biaya mulai dari Rp500.000 sampai Rp1 juta untuk keperluan alat servis. 

12. Kerajinan tangan 

Nah, bagi kamu yang memiliki keterampilan dalam kerajinan tangan, kamu bisa memulai bisnis kerajinan tangan sebagai bentuk usaha rumahan modal kecil. Ada beberapa ide kerajinan tangan yang bisa kamu pilih mulai dari membuat boneka rajut, membuat buket bunga dari kain, membuat tas dari bahan bekas.

Setelah membuat produk yang berkualitas, kamu bisa mulai memasarkan produk kamu di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Kamu bisa memulai dengan modal Rp500.000 untuk membeli peralatan dan bahan.

13. Usaha warnet

Nah, bagi kamu yang memiliki garasi atau ruangan yang tidak terpakai kamu bisa menjadikannya warnet. Usaha warnet tentu masih sangat menggiurkan walaupun saat ini orang sudah bisa mengakses internet lewat ponsel. Nyatanya, warnet tetap dibutuhkan untuk para mahasiswa yang ingin mengakses informasi kebutuhan perkuliahan.

Terlebih, dengan banyaknya game online yang beredar saat ini, banyak pelajar dan mahasiswa bahkan pekerja kantoran yang senang untuk main game di warnet. Kamu bisa memulai usaha ini dengan modal mulai dari Rp20 juta untuk membeli 4 sampai 5 komputer. 

14. Usaha reseller

Jika kamu ingin memulai usaha tetapi tidak tahu mau menawarkan produk atau jasa apa, kamu bisa memulai usaha reseller. Usaha ini bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Bisnis reseller merupakan bisnis yang dilakukan dengan cara menjual produk yang telah kamu beli dengan tujuan mendapatkan keuntungan

Ada lagi usaha rumahan yang menjanjikan di bidang jual beli, yaitu bisnis sistem reseller. Anda bisa menerapkan sistem online maupun offline. Kamu harus memiliki stok barang terlebih dahulu, sebelum menjual barang-barang tersebut. Kamu bisa menjual barang-barang fashion, gadget dan beberapa barang lainnya. Kamu bisa melakukan pre order terlebih dahulu sebelum menjual barang-barang tersebut.

15. Usaha air minum isi ulang

Nah, bagi kamu yang tinggal di daerah pemukiman padat penduduk, kamu bisa membuka bisnis atau usaha air minum isi ulang. Masyarakat saat ini suka dengan hal yang praktis, hal ini menjadikan air minum isi ulang memiliki banyak peminat.

  • Lemari stainless untuk display: Rp200.000
  • Belanja peralatan (tabung air, tabung ultraviolet, dll): Rp16 juta
  • Beli tutup galon, tisu, air = harga Rp2 juta

Total untuk modal awal Rp18 jutaan.

Kamu bisa melakukan analisa terlebih dahulu apakah sudah ada produk sejenis di daerah rumah kamu. Setelah kamu merasa ini peluang yang pas, kamu bisa membuka toko air minum isi ulang.

16. Bisnis Dropship

Usaha rumahan yang sedang digandrungi banyak orang saat ini adalah bisnis dropship. Usaha ini banyak digemari masyarakat karena terbilang memiliki modal yang relatif minim. Kamu juga bisa menjadikan usaha yang satu ini sebagai usaha rumahan modak kecil. Tidak perlu waktu seharian untuk menjalankan usaha yang satu ini, kamu cukup memanfaatkan waktu luang kamu.

Bisnis dropship adalah bisnis yang menjual produk orang lain tanpa memiliki stok barang terlebih dahulu. Kamu hanya perlu bertindak sebagai perantara saja. Setelah kamu mendapatkan order, kamu bisa memesan barang dengan supplier. Kamu bisa memulai bisnis dropship dengan modal Rp2 juta untuk gadget dan koneksi internet.

17. Usaha jahit

Jika kamu memiliki skill atau keterampilan di bidang jahit pakaian, kamu bisa mencoba untuk membuka bisnis jahit di rumah. Bisnis jahit merupakan salah satu bisnis rumahan yang memiliki keuntungan tinggi dan memiliki modal yang terbilang sedikit. Usaha ini akan tetap jalan walaupun banyak pakaian jadi yang dijual di pasaran.

Hal ini dapat terjadi karena untuk acara tertentu, biasanya setiap orang lebih memilih untuk menjahit pakaiannya sendiri karena bisa mengatur pola dan ukuran yang memang pas di badan kamu.

  • Mesin jahit dan mesin obras: Rp900.000
  • Perlengkapan menjahit (jarum, benang, dll) Rp100.000
  • Biaya lain-lain: Rp300.000

Total modal awal Rp1,3 juta.

18. Buka usaha Playstation

Selain usaha warnet, ternyata usaha playstation juga memiliki keuntungan yang cukup tinggi. Dunia game terus berkembang mulai dari game di PC, ponsel, hingga Playstation. Setiap tahun pasti selalu ada game baru yang keluar. Bagi kamu yang memiliki ruangan dan memiliki modal lebih, kamu bisa membuka usaha Playstation.

Jika kamu memiliki lokasi rumah yang berada dekat area kampus dan perkantoran, kamu bisa membuka usaha Playstation. Pasalnya, usaha ini cukup digemari mahasiswa dan sebagian pekerja kantoran.

Berikut ini modal usaha untuk rental PS: 

  • Playstation Set (3 set): Rp7,5 juta
  • Meja dan karpet: Rp1,5 juta.
  • Biaya lain-lain: Rp500 ribu

Total Rp9,5 juta.

19. Konter pulsa dan paket internet

Tingginya penggunaan ponsel pintar saat ini menjadikan internet sebagai kebutuhan sehari-hari. Saat ini hampir semua lapisan masyarakat memiliki ponsel pintar untuk kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, membuka konter pulsa dan paket internet di rumah bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal Rp500 ribu. Modal tersebut digunakan untuk deposit pulsa kamu. Kamu juga bisa menawarkan aksesoris ponsel seperti charger, headset, dan case ponsel di toko pulsa kamu.

20. Agen PPOB

Tidak banyak yang tahu, bahwa kamu bisa menjadi agen PPOB sebagai usaha rumahan. Agen resmi PPOB (Payment Point Online Banking) menawarkan jasa pembayaran meliputi pembayaran listrik, pembayaran tagihan PDAM, TV berlangganan, tagihan telepon dan internet, pembelian tiket pesawat hingga kereta api, dan beberapa pembayaran lainnya.

Jika ingin memulai bisnis PPOB pastikan kamu memahami terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku.

21. Makanan beku (frozen food)

Praktis dan hemat menjadi salah satu keunggulan frozen food. Apalagi kini banyak orang yang ingin menyimpan stok makanan agar gak usah keluar rumah. Gak heran kalau bisnis makanan beku ini kian diminati. Terlebih, bisnis frozen food memungkinkan untuk dilakukan dengan skala rumahan yang bisa dimulai kapan aja. 

Jenis frozen food sendiri beragam mulai dari nugget, sosis, bakso, siomay, risol, kebab, hingga empek-empek. Dari berbagai jenis frozen food tersebut pilihlah yang paling kamu sukai dan kreasikan seunik dan selezat mungkin.

Adapun untuk modal awal, sebagai berikut.

  • Bahan baku: Rp100.000 
  • Kemasan: Rp50.000
  • Kulkas freezer: Rp2 juta 

Modal awal Rp2.150.000.

Kalau kamu gak mau membeli kulkas baru, modal awal bisa lebih hemat karena kamu hanya perlu beli bahan baku dan kemasan aja.

22. Guru les privat

Dunia pendidikan yang terus dinamis menyediakan lapangan pekerjaan bagi para pendidik yang terampil untuk ikut bagian. Salah satunya jasa bimbingan belajar yang terus meningkat dan dicari.  Nah, kalau kamu punya kemampuan dasar mengajar, kamu bisa menjadikan rumahmu sebagai tempat les, dengan kamu sebagai gurunya. 

Untuk menjalankan usaha ini, kamu hanya perlu membeli peralatan mengajar aja seperti whiteboard, spidol, dan pulpen yang harganya gak sampai Rp500 ribu. 

23. Jual tanaman hias

Tanaman hias tak hanya menjadi penyaluran hobi saja, namun menjadi komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, membuka usaha tanaman hias harus dijalankan dengan benar dan melalui perhitungan yang tepat agar mendapatkan keuntungan. 

Untuk memulai bisnis ini, kamu harus belajar strategi bisnis dan manajemen usaha, harus memperhitungkan modal, faktor risiko, lokasi, pemilihan jenis tanaman yang akan diperdagangkan, dan strategi pemasaran dan promosinya.

Modal awal untuk kamu yang ingin memulai usaha ini adalah:

  • Peralatan (pompa air, sekop, cangkul, jaring, dll): Rp2 juta. 
  • Rak bunga: Rp1 juta. 
  • Biaya lain-lain: Rp500 ribu

Total Rp3,5 juta. 

24. Pertamini depan rumah

Buat kamu yang punya rumah berada di pinggir jalan dan punya lahan yang cukup luas, mending manfaatkan untuk membuka Pertamini. 

Apalagi kamu daerah rumahmu dilalui oleh cukup banyak kendaraan. Karena kebutuhan membeli bahan bakar kendaraan kini semakin meluas. 

Besaran modal usaha pertamini, yaitu:

  • Display Pertamini: Rp5 juta
  • Modal 100 liter bensin jika harga perliter @Rp7500: Rp750.000
  • Pemadam kebakaran portable : Rp150.000
  • Biaya lain-lain: Rp2 juta

Total Rp7 jutaan

25. Jualan pakaian preloved

Pakaian kamu menumpuk dan udah jarang dipake? Mending kamu jual dengan sistem preloved. Apalagi kalau baju-baju kamu merupakan merek ternama yang harga barunya cukup mahal. 

Karena saat ini peminat fashion preloved semakin tinggi. Nah, kamu bisa membuka outlet di rumahmu dan menjualnya secara online. Usaha rumahan ini hampir gak ada modal kecuali baju-baju bekas bermerk-mu yang masih layak pakai, dan paperbag yang harganya cuma Rp100 ribu per pack. Menarik bukan?

Itulah beberapa  usaha rumahan modal kecil yang memiliki keuntungan yang menjanjikan. Pastikan kamu memilih usaha yang memang sesuai dengan kesukaan kamu ya agar kamu fokus saat menjalankan bisnis tersebut.