21 Cara Menghemat Uang yang Simpel dan Bikin Kaya Raya

Cara menghemat uang

Banyak cara menghemat uang dalam keuangan pribadi maupun rumah tangga yang bisa dilakukan setiap hari. Kamu bisa melakukannya mulai dari bujet makan, minum, hingga pengeluaran buat hiburan.

Berikut tips hemat sederhana yang mungkin sering disepelekan. Padahal, jika kita benar-benar melakukannya setiap hari, ini bisa berdampak besar buat kesehatan keuangan. Yuk, simak daftar cara menghemat uang berikut ini.

1. Alokasikan pendapatan dan pengeluaran

Cara menghemat uang yang pertama harus kamu lakukan adalah mengalokasikan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Tips ini penting untuk mengetahui kondisi keuangan kamu apakah cukup sehat atau tidak.

Akan sulit jika dalam proses alokasi dana aja udah terlihat bahwa pengeluaran kamu ternyata lebih besar dibandingkan pendapatan. Jika hal tersebut udah terjadi, kamu bisa mengatur ulang kebutuhan apa aja yang menjadi prioritas.

2. Prioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, banyak orang yang masih belum menyadari mana aja anggaran yang termasuk dalam kebutuhan serta keinginan. Padahal, hal ini sangat penting jika kamu ingin berhemat setiap periodenya.

Kebutuhan adalah sesuatu hal yang sifatnya gak bisa ditunda-tunda, contohnya seperti transportasi, pangan dan telekomunikasi. Jadi kesampingkan untuk berbelanja keinginan yang kurang penting.

3. Catat semua transaksi dan evaluasi

Mencatat anggaran dan membuatnya adalah hal wajib yang dilakukan setelah gajian turun. Hal ini lantaran banyak dari kita yang masih saja suka lupa sudah mengeluarkan uang buat apa saja setiap bulannya.

Mulai sekarang, berilah perhatian lebih pada pengeluaran dan pemasukan. Catat dulu pemasukan yang diterima kemudian rinci beberapa keperluan yang rutin dibayarkan seperti listrik, kebutuhan keluarga, kamar mandi, pangan dan lain-lain.

Lihat sektor apa yang bisa ditekan, jika ada maka akan ada uang bisa digunakan untuk sektor lain seperti untuk hiburan atau tabungan. Usahakan untuk patuh pada catatan agar tidak ada pengeluaran yang di luar rencana.

Dan kalau punya waktu lebih, kamu juga bisa membuat laporan keuangan bulanan.

4. Menabung serta investasi

Daripada menghabiskan untuk kebutuhan yang kurang penting, ada baiknya kamu menggunakan uang yang ada untuk menabung dan investasi. Di zaman yang era modern seperti sekarang, kedua hal ini menjadi poin yang vital dalam mengatur keuangan.

Tujuan menabung sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Sedangkan investasi untuk mempertahankan nilai aset yang dimiliki dari inflasi. Ada berbagai macam jenis investasi mulai dari investasi saham hingga investasi emas.

5. Buatlah rekening tabungan bank terpisah

Jika kamu terbiasa menggunakan satu rekening untuk belanja dan menabung sebaiknya mulai membuat dua rekening.

Dengan begitu, kamu bisa membagi fokus pengeluaran untuk tiap-tiap rekening ini. Satu rekening bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atau pembelian, sedangkan satunya lagi diperuntukan bagi tabungan atau dana darurat.

Tindakan ini akan mengontrol pengeluaran bulanan kamu. Misalnya, dana di rekening tabungan kamu habis, maka itu jadi peringatan terakhir bahwa sudah saatnya kamu berhenti membuat pengeluaran.

6. Usahakan bayar transaksi secara tunai

Punya kartu kredit emang banyak untungnya. Kamu bisa dapat diskon khusus, promo gratis, sampai cashback. Keuangan pun bisa jadi lebih sehat kalau punya kartu kredit. Itu kalau bijak memakainya ya.

Kartu kredit bisa jadi pisau bermata dua. Kalau gak paham dan gak ngerti cara pakainya, besar kemungkinan keuangan malah berantakan. Atau yang lebih parah, hidup jadi gak tenang karena terlilit utang.

Nah, biar gak ngalamin kayak gini, lebih baik terapkan cara menghemat uang yang satu ini. Sebisa mungkin, gunakan uang tunai untuk tiap transaksi pembelanjaan. Dengan begitu, arus kas masuk dan keluar pun jadi lebih terkontrol.

7. Bijak menggunakan kartu kredit

Memiliki kartu kredit itu gak masalah, selama penggunaannya tepat dan terukur. Alangkah lebih baiknya jika kartu kredit digunakan untuk hal-hal yang produktif seperti berdagang atau membiayai kegiatan operasional usaha. Jadinya uang yang kamu gunakan gak sia-sia dan berbuah manis.

8. Terapkan gaya hidup minimalis

Menerapkan gaya hidup minimalis menjadi cara menghemat uang yang bisa kamu lakukan selanjutnya. Hidup minimalis bukan berarti hidup pas-pasan, tetapi lebih memenuhi semua kebutuhan sesuai dengan porsinya masing-masing.

Dengan begitu, kamu bisa lebih banyak menggunakan uangmu untuk keperluan lainnya.

9. Menggunakan transportasi umum

Sarana dan prasarana transportasi menjadi sektor yang diperhatikan dan dikembangkan oleh pemerintah dalam beberapa waktu belakangan. Tujuannya supaya masyarakat beralih dari menggunakan motor atau mobil ke transportasi umum

Selain lebih hemat biaya, menggunakan transportasi umum juga berarti mengurangi polusi udara yang kamu hasilkan jika menggunakan kendaran pribadi.

10. Cara menghemat uang dengan bawa bekal ke kantor

Membawa bekal ke kantor adalah hal paling efektif untuk berhemat, terutama bagi kamu yang hobi ngemil. Membawa bekal sendiri dari rumah sungguh sangat efisien.

Mari berhitung, jika tidak membawa bekal sehari mungkin kamu akan menghabiskan minimal Rp 20.000 untuk makan siang, jumlah itu tentu bisa saja lebih.

Jika dikalikan dengan 5 hari kerja, sudah terhitung Rp 100.000 maka seminggu bekerja kamu sudah menghabiskan minimal Rp 100.000. Itu belum sama jajan cemilan di minimarket, gorengan, dan lain-lain yang mungkin sehari bisa tembus Rp 30.000.

Membawa bekal makanan selain juga menghemat uang jajan, makanan yang kamu konsumsi juga terjaga kebersihan dan nutrisinya.

11. Ngopi di rumah aja

Bertebarannya kedai kopi dan kafe perlahan mengubah sebagian gaya hidup masyarakat. Dari yang semula kamu gak suka ngopi, eh jadi doyan ngopi sambil nongkrong.

Kamu mungkin gak sadar kalau biaya nongkrong buat ngopi aja minimal harus ngeluarin duit Rp 20.000. Karena gak mungkin dong kamu nongkrong buat ngopi aja.

Pasti pesan makanan atau camilan juga, kan? Apalagi ngopinya di Starbucks. Harus pinter-pinter ngakalinnya deh.

Nah, tips hemat berikut ini bisa kamu ikuti. Daripada keseringan ngopi di luar yang bisa bikin kantong jebol, mending ngopi di rumah aja.

12. Proteksi diri dengan asuransi

Lebih baik mencegah daripada mengobati, mungkin kata tersebut adalah kata yang tepat untuk menjelaskan cara menghemat uang di poin kedua belas ini.

Setiap tahunnya, biaya berobat ke rumah sakit itu terus meningkat. Asuransi kesehatan berguna untuk mengurangi beban finansial yang harus kamu bayarkan jika mengalami sakit sewaktu-waktu. Jadi ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan produk ini daripada terlambat.

13. Hindari pembelian mendadak

Jika tidak perlu dan butuh sebaiknya stop melirik situs e-Commerce, hal ini akan menghindari kamu dari membeli sesuatu secara mendadak. Dengan begitu, catatan anggaran tidak akan terganggu dengan serangan mendadak seperti ini.

Biasanya kamu akan tergoda dengan cuci gudang atau sale mendadak yang menyebabkan kamu beli barang karena murah, bukan karena butuh.

Kadang diakhiri penyesalan, terlebih ketika akhir bulan kamu butuh uang untuk membeli sesuatu, tapi uangnya dipakai buat hal yang tidak penting.

14. Pilih belanja menu makan buat seminggu

Salah satu pengeluaran terbesar rumah tangga setiap hari adalah soal menu makanan, terutama buat yang jarang masak sendiri di rumah. Karena itu, salah satu cara menghemat uang bulanan paling ampuh adalah dengan mengatur bujet makan.

Kita hitung misalnya rerata bujet sekali makan adalah Rp 15.000. Jika dikali tiga dalam sehari, maka bujet makan bisa sampai Rp 45.000 untuk satu orang.

Sekarang hitung jika dalam satu keluarga terdapat tiga orang, yakni suami, istri, dan anak. Maka bujet buat makan bisa sampai Rp 135.000 per hari. Jika dihitung selama seminggu, maka total pengeluaran untuk makan saja bisa sampai Rp 945.000

Jadi mendingan untuk menu makan setiap hari, ada baiknya kita rencanakan buat belanja lauk pauk untuk seminggu dan masak sendiri. Dengan merencanakan menu makan, bahan masakan yang dibeli juga gak jadi terbuang sia-sia.

15. Membandingkan harga produk di online shop

Kalau kamu berencana belanja kebutuhan harian, usahakan cek harga dulu secara online di ponsel cerdas kamu. Misalnya stok tepung terigu di rumah abis.

Daripada langsung meluncur ke supermarket, mending kamu cek dulu harga termurah secara online.

Jika udah dapat harga paling murah, kamu bisa tuh pilih supermarket yang menawarkan tepung terigu harga terendah. Atau kalau memungkinkan, kamu bisa juga beli secara online.

Hanya saja, pasti butuh waktu dong. Sementara kamu butuh banget tepung terigu buat bikin gorengan di rumah.

16. Cabut listrik yang gak digunakan

Pemakaian listrik sering banget disepelekan setiap harinya. Padahal, menghemat listrik adalah salah satu cara menghemat uang yang sederhana tapi dampaknya signifikan.

Misalnya, kalau abis nonton televisi kita sering lupa mencabut kabelnya. Begitu juga saat mengisi daya ponsel dan alat pemanas nasi. Kita sering membiarkan kabelnya dalam kondisi standby.

Padahal, kabel dalam posisi standby akan menyedot listrik juga. Ini tentu saja akan memakan biaya. Nah, daripada duit jebol gara-gara listrik yang gak kepake, mending kamu mulai hemat deh.

Paling tidak cabut semua kabel listrik kalau gak dipakai. Begitu juga dengan penggunaan air conditioner (AC). Matikan jika emang gak digunakan.

17. Cara menghemat uang dengan bijak menggunakan air

Jangan mentang-mentang air di rumah ngalir deras, terus kamu mandi seenaknya sampai menghabiskan berliter-liter air. Gak gitu juga kali.

Gak cuma mandi, ini juga biasa terjadi pada pemakaian air lainnya, seperti saat mencuci piring. Air sering dibiarkan mengalir dari keran sewaktu kamu mencuci piring. Padahal sebaiknya matikan keran dulu sebelum air benar-benar diperlukan buat membasuh piring.

18. Pinjam atau barter

Kalau weekend emang sih enaknya jalan-jalan ke mal buat nyari buku atau belanja baju. Wait! Boleh-boleh aja sih belanja buku buat menikmati hari libur di rumah. Tapi kalau keseringan ya boncos juga bro!

Nah kamu bisa mencoba cara menghemat uang yang satu ini. Alih-alih beli barang-barang tersebut, kamu bisa pinjam atau barter aja dengan orang lain. Pinjam atau barter pasti bakal lebih hemat daripada beli baru dong.

19. Pilih hiburan yang gratis

Sebagian orang beranggapan bahwa yang namanya liburan itu harus mengeluarkan uang, padahal sekarang ini udah banyak hiburan yang bisa didapatkan secara gratis dari rumah. Contohnya adalah menggunakan layanan streaming lagu dan nonton video Youtube.

Meskipun terbatas, tapi kegiatan ini bisa membantu kamu yang jenuh dengan kerjaan setiap minggunya

20. Olahraga rutin setiap minggu

Cara menghemat uang selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga rutin setiap minggu. Kamu bisa melakukan olahraga yang gratis seperti lari dan bersepeda bersama teman. Selain bikin kantong hemat, badan kamu juga bisa jadi lebih sehat dan bugar.

21. Buat aturan khusus agar tidak boros

Tips ini merupakan sebuah tindakan yang harus kamu sendiri yang menggerakan. Buatlah sebuah aturan khusus agar tidak boros.

Buat sebuah konsekuensi jika kamu boros. Dengan begitu, ketika kamu mau mengorbankan dana di luar catatan, kamu akan merasa was-was.

Ini sangat bagus bagi kamu yang sangat cepat memutuskan sesuatu untuk dibeli. Lewat aturan ini, dari yang awalnya kamu berpikir sejam-dua jam, jadi berpikir seharian untuk mengorbankan dana.

Lewat hal ini, kamu akan sadar bahwa produk yang kamu inginkan ini benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Nah, itulah sejumlah cara menghemat uang dengan aksi sederhana yang bisa diterapkan dalam keseharianmu.

Kadang hal-hal sepele ini bisa sering gak terpikirkan. Padahal bisa saja pengeluaran bisa bengkak gara-gara hal yang sepele. Dikit-dikit, lama-lama menjadi bukit lho!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →