7 Alasan Klise yang Sering Digunakan Karyawan Saat Bolos atau Interview

alasan bolos kerja

Karyawan yang sakit tentu bakal diberikan dispensasi untuk gak masuk bekerja. Tapi jangan salah, kadang sakit bisa jadi alasan bolos kerja mereka dan terkadang terdengar klise banget.

Ada banyak alasan mengapa karyawan memutuskan untuk gak masuk bekerja. Selain karena sakit, atau mau liburan, mereka gak sungkan membolos sehari jika ada panggilan interview kerja di perusahaan lain.

Kalau niat bolosnya adalah interview kerja, dijamin banyak banget yang beralasan sakit. Karyawan yang berani jujur mau interview pasti bisa dihitung pakai jari, lantaran mereka takut menjadi public enemy di kantor.

Bagi kamu para bos atau manajer, gimana tuh kalau dihadapkan dengan hal-hal seperti yang dijelaskan di atas tadi? Bawahan tiba-tiba izin sakit tapi nyatanya mau interview. Apakah kamu bakal baper atau biarkan saja?

Setiap karyawan emang memiliki hak buat mendapatkan peluang atau kesempatan lagi bekerja di perusahaan lain. Gak ada salahnya bagi seorang karyawan akhirnya memutuskan resign demi mengejar karier yang jauh lebih baik di perusahaan lain. 

Rezeki orang memang sudah ada yang mengatur. Salah besar kalau kita menghalangi seseorang atau karyawan untuk menjalani interview di perusahaan lain.

Di bawah ini adalah sejumlah alasan bolos kerja yang biasa diutarakan oleh para karyawan kantoran. 

Bukan berarti semua orang yang beralasan seperti ini “pasti” bolos untuk interview ya, tetapi alasan ini sangat masuk akal membuat seseorang mendadak gak masuk dalam satu hari. 

1. Diare

alasan bolos kerja
Beralasan diare kerap dilakukan oleh karyawan, (Ilustrasi/Pixabay).

Penyakit satu ini bisa menyerang pencernaan seseorang kapan saja. Salah makan saja tentunya bisa berakibat diare.

Mereka yang diare memang bakal berhenti ke kamar mandi buat BAB. Dan hal ini berujung kekurangan cairan hingga lemas. Mustahil deh orang yang diare disuruh masuk kerja, yang ada mereka gak bakal bisa fokus.

Jika memang diarenya sesekali tentu masih wajar, tapi kalau sudah seminggu sekali tentu kamu patut dicurigai.

2. Flu berat

alasan bolos kerja
sakit flu berat kerap dijadikan alasan oleh karyawan, (Ilustrasi/Pixabay).

“Daripada nularin orang sekantor, mendingan gak usah masuk sekalian dan istirahat.” Kata-kata ini bisa jadi benar, bisa jadi cuma alasan bolos kerja juga sih.

Gak sedikit orang bilang kalau flu obatnya memang istirahat. Karena selain bakal bersin-bersin, tentunya flu juga bisa menyebabkan sakit kepala. Kalau sudah parah obat warung pun jadi dan gak perlu ada surat-surat dokter lainnya.

3. Saudara meninggal dunia

alasan bolos kerja
Mencari alasan dengan izin lantaran anggota keluarga yang meninggal, kerap juga dijadikan bahan izin oleh karyawan, (Ilustrasi/Pixabay).

Ini sih kelewatan banget ya kalau sampai berbohong dengan menggunakan alasan tersebut demi bolos. 

Alasan dengan menyebutkan kalau ada saudara yang meninggal rasanya emang gak tepat banget dan terdengar gak baik, cuma kerap kali dimanfaatkan karyawan demi membolos satu hari saja bahkan lebih.

Selama yang meninggal dunia adalah keluarga serumah, mustahil perusahaan tempat bekerja gak mengizinkan karyawannya buat cuti. Tapi bagaimana kalau itu adalah paman, sepupu, atau saudara jauh yang gak serumah?

Biasanya izin buat kematian saudara-saudara yang serumah juga diperbolehkan. Namun kalau yang bersangkutan sudah berkali-kali cuti dalam jangka waktu yang berdekatan, hati-hati lho alasan itu bisa jadi cuma alasan bolos kerja saja. 

4. Datang bulan

alasan bolos kerja
Alasan dengan izin lantaran datang bulan juga sering lho dimanfaatkan oleh karyawan yang pengin interview kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cuti datang bulan tentu jadi hak cuti yang memang ada di perusahaan. Atasanmu sudah pasti paham akan hal ini. Tapi, tentunya gak wajar kan kalau dua minggu sekali izin karena datang bulan?

5. Keluarga satu rumah jatuh sakit

sekeluarga sakit

Suami, istri, anak, atau kerabat rumah lainnya yang jatuh sakit kadang bakal mengharuskan kita untuk gak pergi ke kantor karena harus menjaga mereka. Nah, kalau kondisinya seperti ini, bos juga gak bakal tega membiarkanmu masuk kerja.

Paling dia akan bilang, ”Ya udah jangan masuk dulu, urus saudara dulu deh”. Karena dia gak bakal tega membiarkanmu masuk kerja di hari itu. 

Sama seperti poin ketiga, salah besar jika kamu menggunakan alasan ini untuk modus bolos. 

6. Akses jalan menuju kantor banjir

Kalau yang ini, situasinya adalah ketika bencana banjir tengah melanda kota tempat tinggalmu. Bisa jadi, kamu memang gak kebanjiran dan akses menuju ke kantor cuma tergenang saja alias bisa dilalui.

Namun, berhubung kita gak mau mengambil risiko, alhasil hal ini dijadikan sebagai alasan bolos kerja. 

Cukup masuk akal sih alasannya. Sang bos pun mungkin bakal percaya, kecuali dia memang benar-benar tinggal di kawasan yang gak jauh dari rumahmu.

7. Sakit mata

seorang wanita sedang sakit mata

Selain flu, sakit mata juga cukup berbahaya dan mudah menular ke orang lain. Karena itu, penyakit ini juga terbilang ampuh untuk jadi alasan bolos.

Gak cuma mengganggu penglihatan dan menular ke orang lain. Sakit mata juga mengganggu penampilan, karena mata yang terinfeksi terkadang harus ditutupi.  

Itulah tujuh alasan yang sering jadi alasan bolos kerja karyawan kantoran. Sejatinya masih banyak alasan lain yang digunakan. Akan tetapi empat alasan ini adalah alasan yang gak mungkin ditolak oleh atasan maupun HRD. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →