5 Aplikasi Gratis dan Interaktif Untuk Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris (Shutterstock).

Belajar bahasa Inggris adalah sebuah kebutuhan utama bagi masyarakat saat ini. Karena bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional yang kemudian diakui sebagai bahasa universal.

Oleh karenanya sangat perlu memperdalam ilmu di bidang ini. Demi kelancaran berkomunikasi dengan masyarakat dunia tentunya.

Sebenarnya sih, pendidikan di Indonesia sudah sejak lama memasukkan bahasa Inggris sebagai kurikulum mereka.

Tapi tetap saja, implementasinya sangat sulit, karena bukan bahasa ibu. Karena dirasa kurang, berbagai lembaga pun berbondong-bondong membuka kursus pelatihan bahasa Inggris.

Kini pun kita sudah mengenal ada English First, International Language Programs, LIA, hingga Wall Street English. Tentu untuk bisa mengikuti kelas tersebut kalian harus merogoh kocek lebih yang bisa dibilang gak murah.

Namun, kalau urusan pendidikan, apa saja pasti bakal dilakukan. Bagi orang-orang yang memiliki banyak duit, mereka bahkan rela memasukkan anaknya yang masih dalam usia dini ke tempat les ini. Memang lebih baik sih untuk diajarkan sedini mungkin, biar nanti pas sudah dewasa dan memasuki dunia kerja, gak kelabakan lagi kalau diajak ngomong sama klien atau ekspatriat.

Namanya ilmu, bisa didapatkan dari mana saja kok. Dan tentunya bisa didapatkan dengan biaya yang murah juga. Kalau dirasa belajar bahasa Inggris di lembaga kursus itu kemahalan, coba saja via online melalui aplikasi gratisan yang tersedia.

Baca juga: Menelisik Lebih Jauh Keuntungan Apple Card, Kartu Kredit yang Ditanam pada iPhone

1. Belajar bahasa Inggris gratis lewat Duolingo

Belajar bahasa inggris dengan Duolingo
Duolingo Apps (Shutterstock).

Duolingo aplikasi yang sangat pas untuk memperkaya pengetahuan bahasa asingmu termasuk Inggris. Di sini, kamu bisa memilih fokus materi mulai dari pemula.

Kalau kamu memilih dari level pemula, kamu akan diajarkan tentang kosakata baru, kata kerja, hingga berlatih sebuah kalimat. Metodenya pun unik mereka menggunakan permainan interaktif untuk membantu pengguna agar lebih mudah belajar.

Tapi nanti juga akan ada tes yang harus kamu lewati. Seandainya tidak bisa, aplikasi ini akan dengan otomatis merubah jenis tes sesuai dengan kemampuanmu.

Gak cuma bisa belajar bahasa Inggris, Duolingo juga bisa mengajarkan 22 bahasa asing lainnya, seperti Spanyol, dan Prancis.

2. Hello English

Belajar bahasa Inggris dengan Hello English
Hello English (TopAndroidTips).

Kemudian ada Hello English, aplikasi ini hampir sama dengan Duolingo. Tapi bedanya, aplikasi ini mengharuskan kamu untuk memahami struktur dan kalimat bahasa inggris dasar. Gak seperti Duolingo yang bisa mengajarkan kamu dari awal.

Aplikasi belajar bahasa Inggris gratisan yang satu ini dijamin bisa bikin kamu memperkaya kosakata, tata letak bahasa, ejaan, melatih kecakapan berkomunikasi, dan membaca. Caranya juga menggunakan game interaktif yang harus kamu lewati. Setelah lewat, kamu akan diberikan reward berupa koin untuk membuka permainan selanjutnya yang lebih sulit.

Gak cuma soal-soal, kamu juga akan mendapatkan layanan audio book terbaru yang bisa meningkatkan pembendaharaan kosakatamu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Cocok Untuk Orang Introvert, Kamu Tertarik?

3. Lingbe

Belajar bahasa Inggris dengan Lingbe
Lingbe (Uptodown).

Setelah kamu mempelajari dasar-dasarnya melalui aplikasi Duolingo maupun Hello English, ada baiknya untuk langsung mempraktekannya. Nah salah satu aplikasi yang memungkinkan kamu menguji kemampuanmu adalah Lingbe.

Lingbe adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis komunitas. Jadi kamu bakalan terhubung sama pengguna lainnya dari berbagai negara.

Tapi syaratnya, kamu gak cuma belajar, kamu juga harus mengajari orang-orang lainnya. Misalnya ada orang yang mau belajar bahasa Indonesia, kamu juga harus mengajarinya. Aplikasi ini memberikan pelajaran lebih gak cuma soal bahasa, tapi juga budaya dan cara bergaul dengan masyarakat dunia.

4. Memrise

Belajar bahasa inggrus dengan Memrise
Memrise (Shutterstock).

Sama dengan Duolingo dan Hello English, Memrise juga menggunakan game untuk mempermudah kamu belajar bahasa Inggris.

Dengan tampilan interaktif yang memperlihatkan pesawat terbang ke ruang angkasa. Aplikasi ini juga sebenarnya berbasis komunitas. Artinya, materi-materi yang ada akan selalu diupdate oleh para komunitas yang tergabung dalam Memrise.

5. Busuu

Belajar bahasa Inggris dengan Hello Busuu
Busuu (Busuu.com)

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini mungkin sedikit berbeda dengan empat aplikasi di atas. Karena Busuu lebih mirip media sosial ketimbang aplikasi edukasi. Tapi ada beragam materi yang bisa kamu pilih, mulai dari tingkatan terendah pemula A1, hingga menengah atas B2.

Kamu bebas memilih kursus dan topik yang ingin kamu pelajari. Keistimewaannya, kamu bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia sekaligus meminta feedback mereka. Lumayan kan bisa meningkatkan pergaulan internasionalmu layaknya media sosial lainnya.

Materinya pun dijamin berkualitas, karena mereka menggunakan tim pakar pendidikan untuk menyusun materi yang mampu mengoptimalkan pengajaran bahasa. Setidaknya ada empat keterampilan yang bisa kamu asah, seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Itulah 5 aplikasi gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Jadi, bukan alasan lagi buat kamu untuk malas-malasan belajar. Dengan aplikasi ini, sangat memudahkan untuk mengasah bahasa Inggris kamu di manapun dan kapanpun. Dengan harga yang gratis juga bisa membuat kamu pintar tanpa harus merogoh kocek jutaan rupiah. Pastinya, bisa menguasai bahasa asing, bikin kamu terlihat lebih keren! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →