Tips Aman Cari Asisten Rumah Tangga sesuai Kebutuhanmu!

pembantu rumah tangga

Jasa pembantu rumah tangga atau asisten rumah tangga saat ini memang sangat dibutuhkan banget oleh kebanyakan orang. Apalagi yang namanya tinggal di kota besar seperti Jakarta, memiliki asisten rumah tangga sangat diperlukan. 

Asisten rumah  tangga atau ART terkadang sangat membantu untuk meringankan pekerjaan di rumah. Mulai dari beberes, masak hingga mengurus anak. Soal bujet kamu juga jangan lupa nih memikirkan upah atau gaji  yang mesti dikeluarkan ketika menginginkan jasa mereka. 

Mulai dari gaji bulanan hingga memberikan THR atau tunjangan hari raya itu sangat penting banget lho. Hal tersebut menjamin si  “mbak” atau “mbok” betah bekerja di rumah kita. Kira-kira apa aja sih yang mesti diperhatikan buat memutuskan menggunakan jasa ART  ini? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

9 Tips memilih asisten di rumah

Beberapa hal ini penting banget kamu perhatikan ketika hendak menggunakan jasa asisten rumah tangga. Memilih calon asisten rumah tangga dianggap tidak mudah lho. 

Berikut tips yang wajib kamu ikuti agar mendapat asisten rumah tangga dengan cepat dan tepat!

  1. Usahakan mencari PRT yang bisa dipercayai
  2. Pikirkan bujet yang pas sesuai dengan pekerjaannya
  3. Lakukan wawancara demi pendekatan
  4. Cari tahu pengalaman kerjanya
  5. Beri tahu kriteria ART yang dibutuhkan
  6. Pikirkan jam kerja asisten rumah tangga
  7. Pilih agen penyalur tepercaya
  8. Simulasi kerja dari calon ART
  9. Buat kontrak kerja di atas hitam putih

1. Usahakan mencari ART yang bisa dipercayai

Zaman saat ini yang namanya keamanan di dalam rumah sangat penting banget nih bagi kamu pengin mempekerjakan ART. Usahakan kamu mencari orang yang bisa dipercayai buat bekerja di rumah mu nantinya. 

Udah gitu usahakan juga mendapatkannya dari sumber yang terpercaya. Soalnya hal ini sangat penting nih buat menjaga-jaga kalau ada musibah yang gak diinginkan kamu bisa menanyakan kronologisnya bagaimana. 

2. Pikirkan bujet yang pas dan sesuai dengan pekerjaannya

Ketika memutuskan buat pengin mempekerjakan seorang asisten rumah tangga, kamu mau gak mau pasti memikirkan berapa besaran biaya yang mesti disediakan. Ada baiknya lho kamu mencari tahu dari kanan kiri tetanggamu, berapa sih kalau kamu mau mempekerjakan seorang asisten rumah tangga. 

Kalau kamu ambil dari yayasan pasti udah ketahuan ya berapa besaran gaji sang asisten rumah tangga nantinya. Biasanya kalau kamu memilih dari salah satu yayasan atau penyalur emang agak mahal nih. 

Berbeda kalau kamu mencari langsung atau mendapatkan rekomendasi dari rekan, teman atau tetangga, harganya pasti jauh lebih ramah kantong bukan? 

3. Lakukan wawancara demi pendekatan

Wawancara atau bertatap muka langsung dengan calon ART gak ada salahnya lho. Di sini kamu bakal tahu nih gimana karakter si ART, jangan sampai kamu langsung mempekerjakan langsung tanpa mengetahui latar belakang dirinya. 

Apalagi kalau kamu keluarga muda yang memiliki anak dibawah umur, tentunya kenyamanan buat mengurus sang buah hati sangat diperlukan banget lho. Pasalnya kamu dengan pasangan pasti sibuk kerja, keselamatan anak sangat penting saat ditinggal kerja.

4. Cari tahu pengalaman kerjanya 

Nah poin ini juga sangat penting nih buat mengetahui pengalaman kerjanya calon ART kamu. Jangan sampai kamu asal-asalan dalam memilih dan mempekerjakan pembantu rumah tangga. 

Sayangkan kamu udah bayar mahal-mahal tapi hasil pekerjaannya gak begitu rapih. Kalau sudah begini kamu bakal pusing sendiri sih nantinya. 

5. Beri tahu kriteria ART yang dibutuhkan

Sebelum memutuskan memilih asisten rumah tangga disarankan untuk memberi tahu kriteria asisten rumah tangga seperti apa yang kamu butuhkan. Jika menggunakan layanan penyalur ART maka sebutkan kriteria jelasnya seperti usia, pengalaman kerja, hingga keterampilan ART yang kamu ingin pekerjakan.

Dengan begitu akan lebih mudah bagi agen penyalur atau teman dan keluarga yang ingin membantu mencarikan asisten rumah tangga untukmu.

6. Pikirkan jam kerja 

Ini sangat krusial bagi kamu yang pengin mempekerjakan seorang pembantu rumah tangga atau asisten rumah tangga. Pikirkan jam kerja mereka, jangan sampai ART (red: asisten rumah tangga) bekerja tidak mengenal waktu. 

Hal tersebut membuat asisten rumah tangga tidak bakal betah. Apalagi pekerjaan yang mesti diselesaikan terlalu banyak!! Kalau sudah begitu biasanya mereka bakal minta keluar yang ada kamu bakal membuang waktu banyak buat mencari penggantinya. 

7. Pilih agen penyalur tepercaya

Kamu telah memutuskan untuk menggunakan jasa atau bantuan agen penyalur asisten rumah tangga maka ada yang harus kamu perhatikan. Pertama lihat latar belakang agen penyalur ART tersebut apakah memiliki track record yang baik atau malah sebaliknya. 

Ingat untuk selalu cek izin resmi dari agen penyalur asisten rumah tangga yang kamu pilih, jangan sampai memilih agen ART ilegal.

8. Simulasi kerja dari calon ART

Selain menjelaskan kriteria asisten yang kamu butuhkan kepada agen penyalur, kamu juga perlu memberi tahu kriteria ini kepada calon ART yang kamu pilih. Setelah itu minta calon ART untuk melakukan simulasi atau mengetes cara mereka bekerja, seperti membersihkan rumah, menjaga anak dan sebagainya. 

Tanyakan juga kepada calon ART bagaimana cara mereka menangani situasi genting saat bekerja. Terakhir mintalah saran kepada anggota keluargamu mengenai hasil kerja dari calon ART yang kamu pilih, apakah telah sesuai dengan kebutuhan atau malah sebaliknya.

9. Buat kontrak kerja hitam di atas putih

Jika kamu merasa suka sangat cocok dengan kriteria asisten rumah tangga yang kamu butuhkan. Maka langkah selanjutnya adalah membuat surat kontrak kerja secara tertulis. 

Ini dilakukan agar segala hak dan kewajiban kedua belah pihak terpenuhi. Hal yang disinggung dalam surat kontrak ini seperti besar gaji, jumlah cuti, jam kerja, tugas harian, dan lainnya.

Pikirkan hak dan kewajibannya

Sekarang setelah tau apa aja tips yang harus kamu lakukan saat mencari asisten rumah tangga. Ada baiknya kamu ketahui juga apa aja sih yang jadi hak dan kewajiban asisten rumah tangga. 

Kenapa penting kamu mengetahui hal ini? Karena akan membuat asisten rumah tangga merasa diperhatikan haknya, dengan begitu ia akan lebih baik dan nyaman bekerja dengan kamu apalagi memikirkan THR untuk pulang kampung.

Dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 dibahas mengenai perlindungan pekerja rumah tangga. Kemudian dalam pasal 7 dan 8 telah dijelaskan juga mengenai hak dan kewajiban pekerja rumah tangga, berikut penjabarannya.

Hak pekerja rumah tangga:

  • Memeroleh informasi mengenai pengguna;
  • Mendapatkan perlakuan yang baik dari pengguna dan anggota keluarganya;
  • Mendapatkan upah sesuai perjanjian kerja;
  • Mendapatkan makanan dan minum yang sehat;
  • Mendapatkan waktu istirahat yang cukup;
  • Mendapatkan hak cuti sesuai dengan kesepakatan;
  • Mendapatkan kesempatan melakukan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya;
  • Mendapatkan tunjangan hari raya; dan
  • Berkomunikasi dengan keluarganya.

Kewajiban pekerja rumah tangga:

  • Melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan perjanjian kerja;
  • Menyelesaikan pekerjaan dengan baik;
  • Menjaga etika dan sopan santun di dalam keluarga pengguna; dan
  • Memberitahukan kepada pengguna dalam waktu yang cukup apabila PRT akan berhenti bekerja.

Upah rata-rata untuk ART

Sebelumnya telah dijelaskan dalam Permenaker No 2 Tahun 2015 mengenai hak yang harus diberikan oleh pengguna jasa kepada asisten rumah tangga yaitu terkait dengan upah. Dalam hal ini PRT berhak mendapatkan upah yang layak.

Dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa rata-rata upah nominal asisten rumah tangga pada April 2020 mengalami kenaikan sebesar 0,01 persen. Semula upah rata-rata sebesar Rp 419.739 kini naik menjadi Rp 419.780.

Namun bila dikaitkan dengan upah layak PRT di Jakarta yang dirangkum oleh gajimu.com minimalnya adalah Rp 1.2 juta /bulan sedangkan untuk babysitter Rp 2 juta /bulan.

Aplikasi rekomendasi pencarian asisten untuk rumah tangga

Berkaca dari kemajuan teknologi yang semakin pesat, kini kamu lebih dipermudah dalam mencari asisten di rumah yaitu dengan bantuan aplikasi. Pastinya akan hemat waktu, uang, tenaga dan tentunya lebih terjamin keamanannya. Lalu, apa aja sih aplikasi yang menyediakan layanan jasa asisten rumah tangga? Berikut daftarnya.

1. GoMaid

Aplikasi GoMaid berfokus pada penyedia layanan jasa ART sesuai dengan kebutuhan kamu. Kabar baiknya lagi layanan ini sudah tersedia di banyak kota besar di Indonesia. GoMaid menyediakan jasa asisten rumah tangga mulai dari harian hingga bulanan.

Jasa yang ditawarkan antara lain yaitu:

  • Monthly maid: Jasa asisten rumah tangga harian dengan waktu kerja 5 jam /hari. Jasa ini mencakup membersihkan debu, mencuci piring, dan pekerjaan rumah tangga lainnya.
  • Daily cleaning: Jasa asisten rumah tangga yang dipesan sesuai kebutuhan. Jasa ini biasa dibayarkan harian, misalnya menggunakan jasa daily cleaning hanya untuk menyetrika pakaian atau sekedar mencuci pakaian dan pekerjaan sejenisnya.
  • Furniture and car: Layanan ini khusus dipesan ketika kamu ingin membersihkan furnitur dan mobil,
  • Ironing: Jasa menyetrika pakaian yang bayarannya per jam.

2. Okhome

Okhome adalah salah satu layanan penyedia jasa. Namun untuk saat ini aplikasi hanya dapat digunakan bagi penduduk jakarta saja. Harga yang diberikan untuk tiap jasa yang digunakan sesuai dengan luas dan tipe bangunan yang akan dibersihkan. Layanan yang ditawarkan mencakup:

  • Pembersihan rumah secara menyeluruh
  • Pembersihan saat pindahan
  • Layanan berlangganan

3. Mbakmu

Mbakmu merupakan aplikasi layanan jasa asisten rumah tangga asal Surabaya. Terdapat banyak layanan kebersihan yang bisa kamu gunakan pada aplikasi ini. Layanan yang disediakan antara lain:

  • Membersihkan debu ruangan perapian
  • Membersihkan kamar mandi, jendela, sofa, gorden dan karpet
  • Mencuci baju

Meski Mbakmu menyediakan bermacam layanan kebersihan, namun ada bagian rumah yang tidak masuk ke bagian yang dapat dibersihkan oleh jasa Mbakmu yaitu loteng, garasi, gudang, kandang hewan, halaman dan kolam renang.

Kamu harus menunggu minimal 2 jam untuk mempekerjakannya. Namun jangan khawatir karena layanan ini tersedia dalam 24 jam. 

4. KlikNClean

Lengkap, mungkin ini kata yang cocok menggambarkan KlikNClean. Sebab layanan ini sudah tersedia bagi pengguna iPhone maupun Android.

Selain itu layanan ini bisa kamu pesan gak cuma untuk membersihkan di rumah aja, tapi bisa untuk kantor, kos-kosan, apartemen dan duco. Makin lengkap lagi jasa KlikNClean bisa juga digunakan untuk membersihkan tungau di rumah.

Layanan yang ada pada KlikNClean:

  • General Cleaning: Layanan untuk membersihkan toilet dan kamar.
  • Ironing: Jasa setrika dengan bayaran per jam.
  • Deep: Pembersihan rumah dengan layanan ekstra
  • Move in cleaning: Jasa membersihkan selama pindahan

5. TukangBersih

TukangBersih menyediakan layanan membersihkan rumah yang sudah tersebar di Jabodetabek, Bali, Surabaya, Malang, Semarang, Solo dan Yogyakarta. Jasa yang ditawarkan melalui aplikasi ini yaitu:

  • Daily cleaning: Layanan membersihkan rumah sehari-hari.
  • Hydro cleaning: Layanan ini khusus untuk membersihkan barang seperti sofa, karpet dan lain sebagainya.

6. Beres

Terakhir aplikasi yang bisa dibilang penyedia jasa yang lumayan lengkap. Kenapa begitu? Sebab aplikasi Beres nggak hanya menyediakan jasa pembersih rumah atau asisten rumah tangga.

Namun juga mencakup jasa service AC, katering, fotografer dan videografer, pindahan dan relokasi kantor, serta pembersihan kantor.

Menggunakan aplikasi ini seperti kamu sudah dapat seluruh kebutuhan yang kamu inginkan dalam satu kali pesan. Namun aplikasi Beres baru tersedia untuk pengguna atau pelanggan di Jabodetabek saja.

7. House Solutions

Aplikasi ini dapat langsung menghubungkan kamu dengan calon asisten di rumah atau jasa lain yang kamu butuhkan. Sebab tak hanya asisten di rumah saja, House Solutions juga menyediakan jasa pengasuh anak, office boy, bahkan karyawan penjaga toko.

House solutions menawarkan fitur video call langsung dengan agen penyalur atau bahkan calon ART. Para kandidat asisten rumah tangga di House Solution dibina dengan pelatihan khusus untuk meningkatkan kinerja masing-masing ART, kemudian mereka juga harus menjalani psikotes dan wawancara yang ketat.

Itu dia beberapa poin penting yang mesti diperhatikan saat kamu pengin mempekerjakan pembantu rumah tangga atau asisten. Semoga bermanfaat ya buat kamu dan keluarga dekat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →