Harga dan Daftar Rekomendasi Toko Ban Mobil Bekas Terbaik

ban mobil bekas murah

Ban mobil bekas atau second dapat dijadikan pertimbangan untuk ganti ban saat kondisi darurat atau saat dompet cekak di akhir bulan. Selain itu, harga ban mobil second tentu saja jauh lebih murah dibandingkan ban mobil baru.

Ban mobil bekas memang dapat dijadikan alternatif ban, namun jangan sampai harga murah membuatmu abai terhadap keselamatan berkendara, ya. Ketika ingin membeli ban mobil second, kamu tetap harus memeriksa unsur-unsur penting pada ban. 

Misalnya, bagian tread atau telapak ban pastikan tidak rusak, bagian bead yang melekat pada pelek pastikan tidak bengkok, dan cek apakah terdapat benjolan di bagian dinding samping ban.

Selain itu, belilah ban mobil second di tempat yang memang terpercaya. Kalau kamu membelinya secara online, pastikan kamu melihat review pembeli sebelumnya. Di setiap kota biasanya ada toko ban mobil bekas yang direkomendasikan, misalnya di Bandung. 

Harga ban mobil bekas 

Dalam beberapa marketplace, ban mobil second dibanderol mulai dari Rp250 ribu saja. Namun, perlu diketahui harga ban mobil bekas juga bergantung pada jenis mobil, merek, ukuran, serta kondisi tapak ban.

Sebagai contoh, ban mobil bekas Bridgestone 185/60R15 di toko ban mobil bekas area Jakarta Timur dibanderol Rp200 ribu per buah dengan kondisi tapak ban masih 70 persen. Sementara, harga ban mobil baru mencapai Rp600 ribu. Kemudian, ban mobil Dunlop 185/65R15 dibanderol Rp350 ribu per buah dengan kondisi tapak ban 90 persen.

Dari sejumlah penelurusan Lifepal di berbagai ecommerce, berikut harga ban mobil bekas berdasarkan ring dan mereknya.

  • Harga ban mobil bekas ring 15 merek Dunlop: Rp270 ribu
  • Harga ban mobil ring 14 bekas merek Bridgestone Ecopia: Rp190 ribu
  • Harga ban mobil ring 13 bekas merek Achilles: Rp490.000
  • Harga ban mobil ring 12 bekas merek Dunlop: Rp486.000
  • Rekomendasi toko ban mobil bekas di Jakarta

    Di Jakarta, ada sejumlah tempat jual ban bekas terdekat yang layak kamu datangi. Bahkan, boleh dibilang ada yang disebut sebagai ‘surganya ban mobil bekas, lho

    Langsung saja, berikut daftar bengkel ban mobil atau toko ban mobil bekas terdekat di Jakarta. 

    Berkah Jaya Ban 

    Terletak di Jalan Raya Jatiwaringin Nomor 12 Pangkalan Jati, Jakarta Timur, Berkah Jaya Ban menyediakan beragam ban mobil bekas berkualitas tinggi. 

    Ban yang didapatkan kebanyakan berasal dari tukar tambah pelek atau ban mobil baru dari pelanggan. Ban bekas yang dijual kondisinya masih layak di atas 50%.  

    Roda Mahkota Ban 

    Roda Mahkota Ban (RMB) adalah toko velg dan mobil bekas Jakarta Selatan yang cukup berpengalaman. Soal kualitas, ban bekas yang ditawarkan juga terbilang bagus dengan harga yang masih bersaing. 

    Ban mobil yang disediakan di tempat ini telah diuji beberapa kali untuk memastikan kondisinya masih layak dipakai oleh konsumen. Oleh karena itu, ban mobil bekas yang terdapat di etalase dipastikan aman dan telah memenuhi standar. 

    Adapun alamatnya kamu bisa datangi di Jalan Warung Jati Barat No.7, RT.11/RW.5, Kalibata, Kecamatan, Pancoran, Kota Jakarta Selatan. 

    TRW (Tendean Racing Wheels)

    TRW sebenarnya masih satu grup dengan Roda Mahkota Ban yang telah disebutkan di atas. Selain ban mobil bekas, baik RMB maupun TRW juga menjual velg mobil yang bisa fitting terlebih dahulu sebelumnya. 

    Untuk fitting sendiri tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Kamu bisa mendatangi TRW di Jl. Kapten Tendean No.121, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. 

    JKB Racing 

    Satu lagi toko ban mobil bekas terdekat yang bisa kamu datangi di kota Jakarta yakni JKB Racing. Tempat ini menyediakan ban bekas dan velg yang cukup beragam dari berbagai merek. 

    Lokasinya berada di Jl. H. Nawi Raya No.46C, RT.6/RW.2, Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

    Rekomendasi toko ban mobil bekas murah di Bandung

    Bagi kamu yang tinggal di Bandung dan sekitarnya, tempat jual ban mobil bekas di Bandung ini mungkin bisa kamu jadikan referensi.

    Toko Mekar Bersama

    Toko Mekar Bersama adalah salah satu toko ban mobil di Bandung, tepatnya di Soekarno-Hatta Stasiun Kebon Lega, Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat. Di toko ini, kamu bisa mendapatkan beragam pilihan ban mobil dengan harga terjangkau. 

    Selain itu, di toko ini kamu juga bisa mendapatkan edukasi terkait ban mobil serta perawatannya. Kamu dapat menghubungi customer service Toko Mekar Bersama di (022) 5403838.

    Inti Persada Ban

    Bagi kamu yang tinggal di kawasan Jalan Pajajaran, Inti Persada Ban menyuguhkan banyak tipe dan ukuran ban mobil yang mayoritas bermerek Bridgestone. 

    Selain itu, kamu juga bisa memilih beragam velg mobil terbaik aftermarket atau velg OEM mobil yang ditawarkan dengan harga murah. Inti Persada Ban terletak di Jl. Pajajaran No.127, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Nomor telepon yang bisa kamu hubungi (022) 6011194.

    Raja Ban

    Warga Ciroyom dan sekitarnya dapat mengunjungi Toko Raja Ban untuk membeli ban mobil second. Namun, kalau tak sempat ke sana, kamu tetap bisa kok menghubungi pihak toko lewat telepon. 

    Selain dikenal ramah dan cekata, proses penggantian ban di toko ini juga terbilang cepat. Toko Raja Ban terletak di Jl. Jend. Sudirman No.316, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat dan nomor telepon (022) 6013189.

    Promo 15 Tahun Desktop
    Promo 15 Tahun Mobile
    Butuh referensi harga mobil bekas di bawah Rp100 juta, Rp60 juta, atau bahkan di bawah Rp30 juta? Cek selengkapnya di Lifepal!

    Toko Velg Maximus

    Tak hanya menjual ban bekas, Toko Velg Maximus juga menyediakan velg mobil yang harganya terjangkau. Sebagai salah satu jaringan penjualan velg HSR, toko ini terkenal di kalangan modifikator mobil di Kota Bandung.

    Kamu dapat mengunjungi Toko Velg Maximus di Jl. Moch. Ramdan No.100, Ciateul, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat atau telepon melalui nomor (022) 5201597 / 0811 9621 2579.

    Toko Lautan Ban

    Kamu dapat membeli ban mobil second atau peralatan mobil lainnya di Toko Lautan Ban. Selain pelayanan yang terkenal baik, toko ini juga menghadirkan berbagai peralatan mobil yang biayanya terjangkau. 

    Selain itu, posisi toko ini juga strategis, yakni di Jl. Astana Anyar, Karanganyar, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Kamu juga dapat menghubungi customer service melalui nomor (022) 4203443.

    Masterpiece

    Toko Masterpiece terkenal menawarkan barang dengan harga murah namun kualitas terjamin. Kamu bisa mendapatkan banyak merek ban mobil second di toko ini, di antaranya Accelera, Achilles, Forceum, dan Bridgestone. 

    Kamu juga bisa mengganti velg aftermarket di toko ini. Toko Masterpiece terletak di Jl. Terusan Buah Batu No.230A, Kujangsari, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat dengan nomor telepon (022) 8777 0427 / 0811 9621 2587. 

    Inti Jaya Ban

    Berada di Jalan Raya Kopo, toko Inti Jaya Ban sangat strategis dan mudah ditemukan. Di sini kamu bisa mendapatkan banyak pilihan ban mobil second dengan harga terjangkau. Toko Inti Jaya Ban

    terletak di Jl. Raya Kopo No.556, Margasuka, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat dengan nomor telepon (022) 5405742.

    Lindungi keuanganmu dari pengeluaran yang terlalu membebani akibat mahalnya biaya berobat di rumah sakit dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan memberimu pertanggungan biaya medis hingga puluhan dan bahkan ratusan juta.

    Itulah penjelasan mengenai estimasi harga ban mobil bekas serta rekomendasi tempat beli ban mobil bekas di Bandung. Setelah mengetahui tentang penjual ban mobil bekas terdekat yang ada di Kota Bandung, simak tempat beli ban mobil bekas di kota lainnya, ya. 

    Rekomendasi toko ban mobil bekas murah di kota lainnya 

    Untuk kamu yang berada di luar Jakarta dan sekitarnya, berikut daftar toko ban bekas terdekat di sejumlah kota besar di Indonesia 

    Toko jual ban mobil terdekat di Bekasi 

    Untuk kamu yang tinggal di Bekasi, tidak sulit menemukan tempat jual ban bekas berkualitas. Berikut daftarnya. 

    Nama TokoAlamatNo Telepon
    Eagle MotorsportJl Sri Sultan Hamengkubuwono No.11, Medan Satria, Kota Bekasi.0811 9621 2484
    Street Race Tires & Rims CenterJl. Raya Kalimalang No.50B, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi.0811 9621 2466
    Platinum Tires & RimsJL. Raya Jatiwaringin No. 266 Jatiwaringin Pondok Gede, Kota Bekasi.0811 9621 2497
    Espede Ban BekasiRuko Mitra Plaza Blok A2, Jl. Cut Mutia, RT.003/RW.001, Sepanjang Jaya, Bekasi. (021) 82404403

    Tempat jual ban mobil bekas Depok 

    Berikut tempat jual ban mobil bekas copotan di Depok. 

    Nama TokoAlamatNo Telepon
    Cinere Racing – Toko Velg Mobil Bekas dan Ban MobilJl. Cinere Raya No.127, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok0811-1905-5229
    Toko Ban Copotan dan Second MurahJalan Raya KSU, Sukmajaya, Depok City
    DRM BAN velg mobil depokJl. Rtm No.46, Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok,0812-1333-8693

    Toko ban mobil bekas Jogja

    Berikut daftar tempat jual ban mobil Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk mencari ban mobil bekas. 

    Nama TokoAlamatNo Telepon
    JBS Jogja Bursa SecondJl. Laksda Adisucipto, KM 8,9 No. 12A, Pertigaan Ringroad, Maguwoharjo, Sleman.
    Teguh Ban Motor BekasJl. Letjen S.Parman, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta0896-3654-4786

    Toko ban mobil bekas Semarang 

    Berikut beberapa tempat jual ban bekas mobil terdekat yang ada di Semarang. 

    Promo Car Brand Lifepal Desktop
    Promo Car Brand Lifepal Mobile
    Nama TokoAlamatNo Telepon
    JDM – Toko Velg dan Ban Mobil Bekas SemarangJl. Jenderal Pol Anton Sujarwo No.255 B, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang. 0811-1913-7565
    Jual Beli Ban & Velg “Maju Jaya”Jalan Kedung Mundu Raya, Kedungmundu, Tembalang, Kedungmundu, Kec. Tembalang, Kota Semarang0881-2481-662

    Toko ban mobil bekas Surabaya

    Untuk kamu yang mencari tempat jual ban mobil bekas berkualitas bisa mengunjungi tempat jual ban mobil bekas Surabaya berikut ini. 

    Nama TokoAlamatNo Telepon
    MJS – Toko Velg Ban Mobil Bekas SurabayaJl. Kertajaya No.142, Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. 0811-1350-6200
    MZS Prapen – Toko Velg Ban Mobil Bekas SurabayaJl. Raya Prapen No.14, Panjang Jiwo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur0811-1350-6196

    Tempat jual ban mobil bekas Malang

    Berikut beberapa tempat jual ban mobil bekas terdekat yang ada di Malang. 

    Nama TokoAlamatNo Telepon
    URBANSTYLE – Toko Velg Ban Mobil Bekas MalangDepan Showroom Honda Mandalasena, Jl. Letjen Sutoyo No.94, Bunulrejo, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur0811-9621-2504
    Joko BanJl. Mahakam, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur0815-5596-9617
    Tambal Ban AremaJl. Raya Walet No.Blok A, Sukun, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur0817-0302-0816

    Tips beli ban mobil bekas agar tidak rugi 

    Meski harganya lebih murah, namun kamu perlu berhati-hati saat memutuskan untuk membeli ban mobil bekas. Jangan sampai hanya karena harganya yang murah, kamu mendapatkan ban mobil bekas yang tidak berkualitas. 

    Ingat, loh. Saat ban mobil merupakan salah satu elemen dalam kendaraan yang sangat vital dan berkaitan erat dengan keamanan. Jadi, tidak boleh sembarangan ya saat membeli ban mobil bekas. 

    Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat membeli mobil bekas murah. 

    Ketahui usia ban mobil 

    Mengetahui usia ban mobil ini penting sekali, khususnya bagi kamu yang hendak membeli ban mobil bekas. Idealnya, pemakaian ban mobil adalah 5 tahun, jadi saat kamu menemukan ban mobil yang sudah berusia di atas 5 tahun, sebaiknya pertimbangkan lagi. 

    Sebenarnya, mudah saja untuk mengetahui usia ban mobil yakni dengan melihat kode produksi ban tersebut. 

    Kode ban mobil untuk tahun produksi terletak pada deretan kode DOT berupa empat digit angka. Dua angka pertama untuk minggu (week) ban diproduksi, semenara dua digit setelahnya untuk tahun produksi (year). 

    Ukuran Ban Mobil

    Misalnya kode 4020 pada gambar di atas menunjukkan kalau ban tersebut diproduksi di week ke 40 tahun 2020. Mudah bukan? 

    Cek kondisi dinding ban 

    Nah, selain usia ban mobil, periksa juga kondisi fisik ban mobil tersebut, ya. Hal pertama yang kamu bisa periksa adalah dinding ban mobil. 

    Cek apakah ban mobil tersebut memiliki retak-retak di sisinya atau masih cukup bagus. Cubit beberapa bagian ban mobil untuk melihat retakan-retakan yang sukar terlihat. 

    Periksa bekas tambalan 

    Biasanya, ban bekas sudah pernah ditambal beberapa kali. Cek lagi bekas tambalannya, apakah terlalu banyak atau masih dalam tahapan wajar saja. 

    Kamu juga dapat mengecek bagian beltnya untuk memastikan kelayakan ban mobil bekas. Cek kawat yang menyusun belt ban mobil, jika sudah ada yang putus maka sebaiknya jangan kamu beli, ya. 

    Cocokkan arah ban 

    Tips terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah mengecek direction atau arah ban mobil tersebut. Ini dilakukan misalnya jika kamu hanya membeli satu ban mobil saja. 

    Pastikan ada kesesuain arah ban mobil yang hendak kamu beli dengan ban mobil yang sudah ada agar memberikan grip yang baik untuk mobil.

    Cara memanfaatkan ban mobil bekas

    Apakah kamu tahu bahwa ban mobil bekas bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal? Ya, ban mobil bekas bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari bahan pembuatan pot bunga hingga benda seni. 

    Membuat Ayunan

    Salah satu pemanfaatan ban mobil bekas adalah dengan dibuat jadi ayunan. Membuat ayunan dari ban mobil bekas bisa menjadi proyek hobi yang menyenangkan. 

    Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang karena tidak perlu membeli ayunan baru. 

    Bangku dari ban mobil bekas

    Kamu bisa memanfaatkan ban mobil bekas untuk membuat bangku. Cara membuatnya cukup mudah. 

    Pertama, kamu harus mengukur diameter ban dan membuat desain bangku sesuai dengan ukuran tersebut. Setelah itu, kamu bisa memotong kayu sesuai dengan desain yang telah dibuat. 

    Kemudian, kamu bisa menyambungkan bagian-bagian kayu yang telah dipotong dengan menggunakan baut. Setelah itu, kamu bisa menempelkan ban bekas di bagian atas bangku.

    Selesai! Bangku dari ban mobil bekas pun siap digunakan.

    Tempat tanaman atau bunga

    Kamu bisa memanfaatkan ban mobil bekas sebagai tempat tanaman atau bunga. Caranya, kamu bisa menggunakan ban bekas sebagai pot tanaman. 

    Kamu bisa mengisi pot tersebut dengan tanah dan menanam tanaman atau bunga di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa menggantung ban bekas di dinding atau di pohon. 

    Kamu bisa menggantungnya dengan tali atau benang dan menaruh tanaman atau bunga di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa membuat taman yang unik dan menarik di rumah.

    Perlindungan dari asuransi mobil

    Selain rutin merawat mobil, jangan lupa lengkapi proteksi mobilmu dengan asuransi, ya. Kamu dapat mencari informasi terkait asuransi mobil melalui broker yang terpercaya, misalnya Lifepal.

    Asuransi mobil dapat memberikan penggantian biaya servis di bengkel akibat kerusakan kecil maupun besar. 

    Cari tahu di Lifepal rekomendasi asuransi mobil terbaik dan bandingkan sendiri manfaat pertanggungan yang ditawarkan. Dapatkan diskon hingga 25% dan layanan gratis untuk klaim. 

    Bila kamu masih bingung dalam menentukan asuransi kendaraan yang tepat, ikuti kuis asuransi mobil dari Lifepal berikut ini. 

    Setelah itu, hitung perkiraan biaya premi asuransinya dengan kalkulator premi asuransi mobil

    Pertanyaan seputar ban mobil bekas

    Beli ban mobil bekas apakah aman?

    Membeli ban mobil bekas memang ada resiko mendapatkan ban yang sudah tipis bahkan pernah ditambal karena bocor. Oleh karena itu, kamu perlu teliti saat membeli ban mobil bekas.

    Apa yang ditanggung oleh asuransi mobil?

    Asuransi mobil menanggung biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, bencana alam dan lain-lain. Asuransi TLO, salah satu satu jenis asuransi mobil bahkan dapat menanggung biaya kerusakan mobil yang rusak parah yang sama dengan atau lebih dari 75%.

    Membeli ban mobil bekas memang ada resiko mendapatkan ban yang sudah tipis bahkan pernah ditambal karena bocor. Oleh karena itu, kamu perlu teliti saat membeli ban mobil bekas.
    Asuransi mobil menanggung biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, bencana alam dan lain-lain. Asuransi TLO, salah satu satu jenis asuransi mobil bahkan dapat menanggung biaya kerusakan mobil yang rusak parah yang sama dengan atau lebih dari 75%.