Bank Mandiri Internet Bisnis – Fitur, Cara Daftar, dan Biayanya

Bank Mandiri Internet Bisnis

Bank Mandiri merupakan salah satu bank BUMN terpopuler yang ada di Indonesia. Bank ini memiliki beragam produk tabungan dan layanan yang sesuai untuk nasabah individu hingga nasabah pebisnis. Salah satunya adalah layanan Bank Mandiri Internet Bisnis. 

Layanan tersebut sama halnya dengan internet banking pada umumnya, tapi dikhususkan bagi para pengusaha, terutama pengusaha kecil dan menengah. 

Layanan Bank Mandiri Internet Bisnis juga memberikan segudang fitur dan layanan yang menguntungkan bagi para pebisnis dalam bertransaksi keuangan. 

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan Lifepal berikut ini mengenai fitur dan cara registrasinya yang mudah dan cepat. 

Info singkat Bank Mandiri Internet Bisnis

Bagi kamu nasabah individu, mungkin masih asing dengan layanan Bank Mandiri Internet Bisnis karena kamu tahunya aplikasi mobile banking Livin dari Mandiri. Layanan yang satu ini memang dikhususkan bagi pengusaha atau pebisnis. 

Ini merupakan layanan e-banking yang diperuntukan untuk transaksi keuangan ataupun transaksi nonkeuangan bagi nasabah bisnis, baik dari segmen pebisnis perorangan maupun pebisnis perusahaan. 

Internet banking ini bisa diakses melalui situs resmi https://mib.bankmandiri.co.id/sme. Di situ kamu bisa menemukan fitur-fitur internet banking, seperti informasi mengenai rekening, transfer uang, pembayaran, pembelian, pengurusan administrasi, dan informasi mengenai bisnis dan aktivitas bisnis. 

Segala pengelolaan keuangan bisnis kamu bisa tertata rapi dan terkelola dengan baik melalui layanan ini. Lantas apa saja fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan?

Fitur dan layanan Bank Mandiri Internet Bisnis

Layaknya e-banking pada umumnya, Mandiri Internet Bisnis menawarkan layanan transaksi keuangan yang lengkap dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Adapun layanan yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini, yaitu: 

  • Transfer antarrekening Mandiri.
  • Transfer ke rekening bank lain.
  • Transfer internasional. 
  • Sebagai rekening pembayaran gaji karyawan (payroll).
  • Pembayaran tagihan. 
  • Pembelian segala kebutuhan berdasarkan kebutuhan perusahaan.
  • Pembukaan rekening baru dan masih banyak lagi. 

Namun, untuk menjalankan fitur tersebut, beberapa ada yang dikenakan biaya administrasi, seperti transfer ke rekening lain dan transfer internasional. Nanti akan dibahas lebih lanjut mengenai tarif biaya dan limit transaksinya. 

Keuntungan Bank Mandiri Internet Bisnis

Keuntungan yang didapatkan nasabah bisnis menggunakan layanan ini, yaitu: 

  • Nasabah menjadi lebih mudah dalam mengatur transaksi keuangan perusahaan (khususnya transaksi yang terjadwal).
  • Layanan Mandiri Internet Bisnis bisa digunakan di mana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet untuk mengaksesnya. 
  • Tidak ada biaya dan limit transaksi bulanan sehingga nasabah jadi lebih hemat.
  • Keamanan terjamin karena aplikasi ini dilengkapi dengan sistem keamanan SSL. Artinya, untuk bisa mengakses dibutuhkan company ID, user ID, dan password. Sementara untuk bertransaksi, membutuhkan token. 

Syarat dan cara daftar Bank Mandiri Internet Bisnis

Untuk bisa menggunakan Mandiri Internet Bisnis, nasabah harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Namun, pastikan untuk memenuhi segala persyaratan yang diminta.

Setelah semua syarat dipenuhi, kamu bisa mengunjungi Kantor Cabang Mandiri untuk melanjutkan proses registrasi.

Syarat daftar

Syarat untuk melakukan registrasi sangatlah mudah. Pastikan kalau kamu pemilik perusahaan yang menjadi nasabah tabungan bisnis di Mandiri. 

  • Syarat pertama, calon pengguna Mandiri Internet Bisnis merupakan nasabah Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan Bisnis.
  • Mengisi formulir pembukaan atau registrasi aplikasi Mandiri Internet Bisnis. 
  • Membawa dokumen saat pendaftaran seperti KTP, Buku Tabungan, Surat Kepemilikan Perusahaan, Akte Pendirian Perusahaan, dan Surat Kuasa bila membuka untuk rekening pihak lain.

Cara daftar

Setelah semua persyaratan kamu penuhi, kamu bisa mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat atau tempat kamu membuka rekening tabungan

Bank Mandiri Internet Bisnis – Fitur, Cara Daftar, dan Biayanya
Bank Mandiri Internet Bisnis – Fitur, Cara Daftar, dan Biayanya
  1. Mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat untuk melakukan pendaftaran. 
  2. Mengambil nomor antrean customer service.
  3. Setelah antrean dipanggil, katakan ke customer service ingin melakukan registrasi Bank Mandiri Internet Bisnis. 
  4. Mengisi formulir registrasi. 
  5. Menyerahkan dokumen yang diminta, seperti KTP, Buku Tabungan, Surat Kepemilikan Perusahaan, Akte Pendirian Perusahaan (opsional), Surat Kuasa apabila mendaftarkan rekening pihak lain. 
  6. Tunggu pihak customer service menyelesaikan proses pendaftaran. 
  7. Setelah selesai, kamu akan diberikan starter pack Mandiri Internet Bisnis yang berisi buku panduan penggunaan aplikasi.
  8. Kamu diminta untuk kembali lagi dalam kurun waktu 14 hari kerja untuk mengambil token. 
  9. Petugas akan memberikan company ID, user ID, dan password first time login yang akan dikirimkan melalui email yang telah didaftarkan. 
  10. Transaksi Mandiri Internet Bisnis bisa dilakukan di situs https://mib.bankmandiri.co.id/sme dengan memasukkan company ID, user ID, dan password

Demi keamanan, nasabah pun dianjurkan untuk mengganti password secara berkala. Sebab password adalah identitas penting yang hanya boleh diketahui nasabah.

Cara transfer dengan Bank Mandiri Internet Bisnis 

Mandiri Internet Bisnis bisa digunakan untuk transfer uang antarrekening Mandiri atau rekening bank lainnya. Berikut tata cara transfer uang.

  1. Buka https://mib.bankmandiri.co.id/sme
  2. Masukkan company ID, user ID, dan password. 
  3. Kemudian pilih menu “Transfer”, dan “Transfer Antar Rekening Mandiri”.
  4. Pilih “Tidak” pada Lintas Mata Uang.
  5. Masukkan nomor rekening tujuan transfer.
  6. Pilih waktu pelaksanaannya “Sekarang”.
  7. Kirim notifikasi pilih “Ya”.
  8. Lalu konfirmasi jika data yang dimasukkan telah sesuai dengan memilih tombol “Setuju”.

Setelah langkah di atas dilakukan, tinggal menuju ke tahap persetujuan atau “approval” dengan menggunakan token. Berikut ini tahapannya.

  1. Pada aplikasi Bank Mandiri Internet Bisnis, pilih “daftar tugas”.
  2. Setelah itu “Pilih Transaksi” yang akan disetujui. 
  3. Nyalakan token. 
  4. Pilih “Apply 1”.
  5. Masukkan “Nomor Challenge” yang muncul di aplikasi Mandiri Internet Bisnis. 
  6. Salin nomor respon yang ada di token. 
  7. Klik “Setuju”.

Tarif limit dan biaya layanan Bank Mandiri Internet Bisnis

Pengguna Mandiri Internet Bisnis dibagi menjadi dua, yaitu Limit Single User dan Limit Non Single User. Tiap-tiap limit memiliki nilai maksimum dan minimum yang berbeda. Namun, biaya layanannya sama. 

Jenis Transaksi  Limit Single User Limit Non Single User Biaya
Maksimum Minimum Maksimum Minimum
Transfer antar rekening Mandiri Rp 1 Miliar Rp 1 Rp 1 Miliar Rp 1 Gratis
Transfer online Rp 50 Juta/hari Rp 1.000 Rp 20 Miliar/hari Rp 1.000 Rp 6.500/ transaksi
Transfer SKN/LLG Rp 1 Miliar/hari Rp 1.000 Rp 1 Miliar /hari Rp 1.000 Rp 2.900/ transaksi
Transfer RTGS Ditutup Ditutup Rp 20 Miliar /hari Rp 100.000.001 Rp 15.000/ transaksi
Internasional transfer Setara Rp 10 juta 1 Dolar Setara Rp 20 miliar/hari 1 Dolar USD 30.00
Payroll Mengikuti jenis transaksi Mengikuti jenis transaksi Mengikuti jenis transaksi Mengikuti jenis transaksi Gratis

Selain biaya-biaya di atas, Bank Mandiri juga mengenakan biaya pembuatan token bagi pengguna Mandiri Internet Bisnis.

Pembuatan token baru akan dikenakan biaya Rp50 ribu. Sementara penggantian token karena hilang/rusak dikenakan Rp100 ribu. Jika penggantian token karena baterainya habis, nasabah tidak akan dipungut biaya alias gratis. 

Itu tadi informasi mengenai Bank Mandiri Internet Bisnis. Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang internet banking atau asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik-topik tersebut di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar Bank Mandiri Internet Bisnis