Ini Syarat Bayar Pajak Mobil di Samsat [2020]

syarat bayar pajak mobil

Jangan pakai biro jasa saat tak mengerti bagaimana langkah lengkap bayar pajak mobil di Samsat. Kamu hanya tinggal memenuhi syarat bayar pajak mobil untuk melakukannya.

Syarat bayar pajak mobil itu mudah kok. Prosesnya juga gak ribet dan gak lama. Kalau kamu datang pagi palingan cuma makan waktu satu jam saja, atau bisa jadi kurang dari itu.

Sebenarnya proses pembayaran pajak ini ada dua. Ada yang perpanjangan per tahun, ada yang lima tahun. 

Kita bakal bahas dua-duanya karena tata caranya agak beda emang. Tapi, untuk yang pertama ini, bahas pajak tahunan dulu ya!

Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Apa itu Samsat?

syarat bayar pajak mobil

Samsat adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yang berfungsi untuk  Registrasi dan Identifikasi Kendaraan bermotor (Regiden Ranmor), pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) dan Angkutan Jalan secara terintegrasi dan terkoordinasi.

Samsat dibuat untuk mempermudah arus administrasi antara instansi Kepolisian, Jasa Raharja dan Dinas Pendapatan Provinsi.

Berkas dan syarat bayar pajak mobil tahunan di Samsat

Apa Itu Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan? 

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor, semua orang atau badan yang memiliki kendaraan bermotor dikenakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor tersebut.

Nah, kendaraan bermotor yang dimaksud di atas yaitu jenis kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan di darat dan digerakkan oleh tenaga motor. 

Subjek Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) : 

  1. Orang pribadi yang memiliki kendaraan bermotor 
  2. Badan/perusahaan yang memiliki kendaraan bermotor 

Objek PKB 

  1. Kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor 
  2. Termasuk dalam pengertian “kendaraan bermotor” 
  • Kendaraan beroda serta gandengannya yang dioperasikan di darat
  • Kendaraan bermotor yang dioperasikan di air dengan ukuran isi kotor GT 5 (lima Gross Tonnage) hingga GT 7 (tujuh Gross Tonnage)
  1. Kendaraan yang dikecualikan 
  • Kereta api 
  • Kendaraan bermotor digunakan untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara 
  • Kendaraan bermotor yang dimiliki/dikuasai kedutaan, konsulta, perwakilan negara asing dengan asas timbal balik dan lembaga-lembaga internasional yang memperoleh fasilitas pembebasan pajak dari pemerintah 
  • Kendaraan bermotor yang dimiliki/dikuasai oleh pabrikan atau importer yang disediakan untuk keperluan pameran dan tidak untuk dijual 

Dasar Pengenaan Pajak 

  1. Dasar Pengenaan PKB adalah hasil perkalian dari 2 unsur pokok 
  • Nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) 
  • Bobot; mencerminkan tingkat kerusakan jalan atau oencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor secara relative
  1. Dasar pengenaan pajak khusus untuk kendaraan bermotor yang digunakan di luar jalan umum (alat berat dan besar, kendaraan air) adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)

Sedangkan kalau dilihat dari pembayarannya, pajak kendaraan bermotor (PKB) itu terbagi  menjadi dua jenis, yaitu pajak kendaraan bermotor tahunan dan pajak kendaraan bermotor lima tahunan. 

Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan 

Artinya pajak rutin yang harus dibayarkan setiap tahunnya seperti Pajak Penghasilan (Pph). Nah, pajak kendaraan yang harus dibayar setiap tahunnya itu termasuk juga pengesahan STNK atau perpanjangan STNK. 

Ada beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi sebagai syarat perpanjangan STNK mobil tahunan. Ini dia dokumen yang harus kamu siapkan : 

  1. STNK asli dan 2 fotokopi. 
  2. BPKB asli (sifatnya hanya diperlihatkan saja kok ke petugas) dan fotokopi. 
  3. KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan. Nah, kalau mau perpanjang STNK mobil perusahaan disiapkan juga fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP dan TDP perusahaan. 
  4. Surat kuasa kalau orang lain yang mengurus pajak kamu 
  5. Formulir perpanjangan STNK (ini bisa diambil di kantor SAMSAT).

Terdapat beberapa berkas dan syarat yang harus kamu persiapkan sebelum datang ke samsat untuk membayar pajak mobil. Kira-kira apa saja?

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai dengan pemilik mobil
  • Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) asli dan fotokopi
  • Uang sesuai tagihan
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi (khusus pajak 5 tahunan)
  • Formulir cek fisik kendaraan di samsat (khusus pajak 5 tahunan)

Setelah menyiapkan berkas dan syarat tersebut, kamu bisa datang langsung ke Samsat untuk memproses pembayaran pajak mobil.

1. Ambil formulir perpanjangan STNK

Pertama-tama, ambil formulir perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ke petugas yang berada di samping loket. 

Isi formulir tersebut, dan kalau bisa bawa pulpen dari rumah biar bisa mengisi formulir tersebut dengan cepat.

Setelah kamu isi formulir, ambil nomor antrian dan siapkan dokumen-dokumen. Selengkapnya di poin selanjutnya.

[Baca: 4 Cara Cek Pajak Kendaraan Tanpa Harus Lihat STNK]

2. Siapkan dokumen sembari menunggu dipanggil ke loket

Biar cepat, siapkan dulu dokumen-dokumen ini dan gabung ke dalam satu map. Kamu tinggal menyerahkan map beserta formulir ketika nama kamu dipanggil. 

Dokumen-dokumen yang dimaksud adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopinya
  2. STNK asli dan fotokopinya, (bila mobil masih dikredit)
  3. Formulir perpanjangan STNK
  4. Fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor alias BPKB

Setelah menyerahkan dokumen-dokumen tersebut, kamu bakal mendapat slip pembayaran STNK.

3. Bayar pajak mobil di kasir

Kamu harus membayar sejumlah uang di loket sebelahnya, alias kasir. Jadi bukan ke petugas yang tadi lho ya!

Kalau pengin aman, bawa uang tunai dengan nominal sama seperti yang tertera di slip pembayaran. Kalau ada lebih-lebih dikit pasti dikembalikan sih, tapi berhubung di sana banyak orang yang mereka layani, tentu risiko kurang kembalian tetap saja ada.

Setelah itu, kamu bakal menerima bukti pelunasan pajak mobil. Jangan sampai bukti itu hilang ya. Setelah bayar, duduk manis dulu di depan loket dan tunggu dipanggil lagi.

4. Pengambilan STNK

Satu hal yang harus kamu tahu, proses pengambilan STNK ini sifatnya ngacak. Bukan berarti, misalnya kamu bayar pertama pasti STNK-mu juga jadi yang pertama.

Karena itu, setelah bayar STNK, duduk santai deh di depan loket dan dengar baik-baik nama yang dipanggil petugas. Jangan sekali-kali pakai headset dan mendengar musik.

Ketika namamu dipanggil, serahkan bukti pembayaran itu dan ambil STNK dan KTP-mu. Di sana kamu juga bakal dapat kuitansi pembayarannya. Mudah banget, bukan?

Perpanjangan pajak lima tahunan

Biar lengkap, kita juga bakal membahas gimana caranya bayar pajak lima tahunan. 

Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan

Adalah pajak rutin yang harus dibayarkan setiap lima tahun sekali. Pajak lima tahunan ini ditandai dengan pergantian plat nomor kendaraan dan STNK

Nah, khusus PKB lima tahunan, untuk melakukan pembayaran setiap wajib pajak harus datang langsung nih ke kantor SAMSAT. Cara ini dilakukan karena jenis pembayaran ini belum bisa dilakukan melalui e-SAMSAT

Untuk perpanjangan STNK lima tahunan sebenarnya hampir sama dengan perpanjangan tahunan. Cuma bedanya perpanjangan lima tahunan ada pemeriksaan kendaraan. Berikut dokumen yang harus kamu siapkan sebelum perpanjang STNK lima tahunan :

  1.   Mengisi formulir permohonan (bisa didapat di kantor SAMSAT)
  2.   Melampirkan STNK
  3.   BPKB asli dan fotokopi
  4.   KTP pemilik kendaraan dan surat kuasa kalau diwakili oleh orang lain.

Di PKB lima tahunan yang sekaligus perpanjang STNK dan pergantian plat nomor, ada biaya penerbitan STNK yang harus kamu siapkan. 

Mengacu dari Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang mengatur besaran biaya penerbitan STNK.

Berapa sih besarannya?

  1.   Kendaraan roda 2 atau roda 3
  • Baru = Rp100 ribu per penerbitan
  • Perpanjang = Rp100 ribu per penerbitan per 5 tahun. 
  1.   Kendaraan roda 4 atau lebih
  • Baru = Rp200 ribu per penerbitan
  • Perpanjangan = Rp200 ribu per penerbitan per 5 tahun

Sedangkan biaya pengesahan STNK adalah sebagai berikut :

  •  Kendaraan roda 2 atau roda 3 = Rp25 ribu per pengesahan per tahun
  • Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih = Rp50 ribu per pengesahan per tahun 

Sebenarnya sih cara bayarnya gak jauh beda sama yang pertama, tapi ada hal lain yang harus kamu lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

[Baca: Bayar Pajak Online Makin Gampang, Ngapain Pakai Calo]

1. Cek fisik

Sesampainya di Samsat, jangan parkir kendaraan dulu ya. Cari tempat cek fisik dan antre di sana buat cek fisik kendaraan.

Ada baiknya kamu tahu di mana letak lokasi nomor mesin dan rangka bila mobilmu bukan mobil keluaran Jepang. Biar para petugas gak kesulitan mencari nomor rangka tersebut.

Dan, ingat lho, proses ini gak dipungut biaya. Tapi, berhubung banyak para pemilik mobil ini sering memberikan uang ke petugas lantaran proses ini merepotkan, maka ya terserah kamu deh gimana baiknya saja. 

Kalau pengin ngasih sebagai ucapan terima kasih ya sah-sah saja.

2. Proses selanjutnya sama seperti proses perpanjangan STNK biasa, tapi…

Setelah cek fisik, proses bayar pajak mobil lima tahunan ini sama saja seperti bayar tahunan. Tapi, yang jadi perbedaan adalah, STNK yang kamu terima berlaku buat lima tahun ke depan.

Selain itu, kamu juga bakal diminta mengambil plat nomor baru. Setelah itu, kamu diarahkan ke loket pengambilan plat nomor.

3. Ambil plat nomor baru dan selesai..

Lokasi pengambilan plat terpisah dengan perpanjangan STNK ya. Kalau kamu sudah terima plat, berarti semua proses sudah selesai. Kamu bisa pulang deh tanpa takut lagi ditilang.

Itulah langkah lengkap bayar pajak mobil di Samsat. Gak membingungkan, kan? Dan pastinya setelah tahu langkah ini, sudah gak perlu lagi deh bayar biro jasa untuk mengurus pajak.

Atau malah karena sudah tahu langkah lengkap bayar pajak mobil di Samsat, kamu tertarik buka biro jasa sendiri? Ya sah-sah aja kok. Kan bagus bisa dapat penghasilan tambahan. 

Tapi, sebelum mewujudkannya, ada baiknya cek kondisi keuanganmu secara online di Lifepal financial checker! (Editor: Chaerunnisa)