Syarat dan Cara Bayar Pajak Mobil Tahunan Plus 5 Tahunan

Syarat bayar pajak mobil

Bayar pajak mobil di Samsat cukup mudah. Kamu hanya tinggal memenuhi syarat bayar pajak mobil untuk melakukannya.

Persyaratan bayar pajak mobil itu tidak banyak kok. Proses pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) juga gak ribet dan gak lama. Kalau kamu datang pagi, cuma makan waktu satu jam saja atau bisa jadi kurang dari itu.

Sebenarnya, cara bayar pajak mobil itu ada dua: perpanjangan per tahun dan perpanjangan lima tahun. Cara perpanjang STNK mobil keduanya juga sedikit berbeda.

Kita bakal bahas dua-duanya karena tata caranya agak beda emang. Namun, untuk yang pertama ini, bahas pajak tahunan dulu ya! Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Syarat bayar pajak mobil atau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan

Pajak kendaraan harus dibayar setiap tahunnya, termasuk juga pengesahan STNK atau perpanjangan STNK.  Ada beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi sebagai syarat perpanjangan STNK mobil tahunan sekaligus syarat bayar pajak mobil, antara lain:

Sebagai catatan, syarat perpanjang STNK mobil perusahaan sedikit berbeda dengan syarat perpanjang STNK mobil pribadi.

  1. STNK asli dan fotokopinya sebanyak 2 lembar. 
  2. BPKB asli (sifatnya hanya diperlihatkan saja kok ke petugas) dan fotokopi. 
  3. KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan. Nah, kalau mau perpanjang STNK mobil perusahaan disiapkan juga fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP dan TDP perusahaan. 
  4. Surat kuasa kalau orang lain yang mengurus pajak kamu 
  5. Formulir perpanjangan STNK (ini bisa diambil di kantor SAMSAT).

Terdapat beberapa berkas dan syarat bayar pajak mobil yang harus kamu persiapkan sebelum datang ke Samsat untuk membayar pajak mobil. Kira-kira apa saja?

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai dengan pemilik mobil.
  • Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) asli dan fotokopi.
  • Uang sesuai tagihan.
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi (khusus pajak 5 tahunan).
  • Formulir cek fisik kendaraan di samsat (khusus pajak 5 tahunan).

Cara bayar pajak mobil atau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Setelah menyiapkan berkas dan syarat pajak mobil tersebut, kamu bisa datang langsung ke Samsat untuk memproses pembayaran pajak mobil.

1. Ambil formulir perpanjangan STNK (yang juga formulir pembayaran pajak)

Pertama-tama, ambil formulir perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ke petugas yang berada di samping loket.  Isi formulir tersebut, dan kalau bisa bawa pulpen dari rumah biar bisa mengisi formulir tersebut dengan cepat.

Setelah kamu isi formulir, ambil nomor antrean dan siapkan dokumen-dokumen. Selengkapnya, di poin selanjutnya.

2. Siapkan dokumen sembari menunggu dipanggil ke loket

Biar cepat, siapkan dulu dokumen-dokumen yang menjadi syarat perpanjang STNK mobil dan gabung ke dalam satu map. Kamu tinggal menyerahkan map beserta formulir ketika nama kamu dipanggil. 

Dokumen-dokumen yang dimaksud adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopinya.
  2. STNK asli dan fotokopinya, (bila mobil masih dikredit).
  3. Formulir perpanjangan STNK.
  4. Fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor alias BPKB.

Setelah menyerahkan dokumen-dokumen syarat pajak mobil, kamu bakal mendapat slip pembayaran STNK.

3. Bayar pajak mobil di kasir

Kamu harus membayar sejumlah uang di loket sebelahnya alias kasir. Jadi, bukan ke petugas yang tadi lho ya!

Kalau mau aman, bawa uang tunai dengan nominal sama seperti yang tertera di slip pembayaran.

Kalau ada lebih-lebih dikit pasti dikembalikan sih, tapi berhubung di sana banyak orang yang mereka layani, tentu risiko kurang kembalian tetap saja ada.

Setelah itu, kamu bakal menerima bukti pelunasan pajak mobil. Jangan sampai bukti itu hilang ya. Setelah bayar, duduk manis dulu di depan loket dan tunggu dipanggil lagi.

4. Pengambilan STNK

Satu hal yang harus kamu tahu, proses pengambilan STNK ini sifatnya ngacak. Bukan berarti, misalnya kamu bayar pertama pasti STNK-mu juga jadi yang pertama.

Karena itu, setelah bayar STNK, duduk santai deh di depan loket dan dengar baik-baik nama yang dipanggil petugas. Jangan sekali-kali pakai headset dan mendengar musik.

Ketika namamu dipanggil, serahkan bukti pembayaran itu dan ambil STNK dan KTP-mu. Di sana kamu juga bakal dapat kuitansi pembayarannya. Mudah banget, bukan?

Syarat bayar pajak mobil lima tahunan atau PKB lima tahunan

Pajak Kendaraan Bermotor lima tahunan adalah pajak rutin yang harus dibayarkan setiap lima tahun sekali. Pajak lima tahunan ini ditandai dengan pergantian plat nomor kendaraan dan STNK yang berarti ada pula biaya ganti plat mobil nya. 

Nah, khusus PKB lima tahunan, setiap wajib pajak harus datang langsung nih ke kantor SAMSAT. Cara ini dilakukan karena jenis pembayaran ini belum bisa dilakukan melalui e-SAMSAT. 

Untuk perpanjangan STNK lima tahunan sebenarnya hampir sama dengan perpanjangan tahunan. Bedanya, perpanjangan lima tahunan ada pemeriksaan kendaraan. Ini juga berlaku untuk syarat perpanjang STNK mobil 5 tahunan. 

Berikut ini dokumen syarat pajak mobil yang harus kamu siapkan sebelum sebagai syarat perpanjang STNK lima tahunan sekaligus syarat bayar pajak mobil lima tahunan.

  1.   Mengisi formulir permohonan (bisa didapat di kantor SAMSAT).
  2.   Melampirkan STNK.
  3.   BPKB asli dan fotokopi.
  4.   KTP pemilik kendaraan dan surat kuasa kalau diwakili oleh orang lain.

Di PKB lima tahunan yang sekaligus perpanjang STNK dan pergantian plat nomor, ada biaya penerbitan STNK yang harus kamu siapkan.

Kapan lagi bayar polis asuransi mobil dengan modal ratusan ribu rupiah per bulan untuk cover biaya perbaikan kerusakan mobil hingga lebih dari 75 persen? Beli polis asuransi di Lifepal dapat diskon hingga 25 persen.

Syarat perpanjang STNK mobil 2022 wajib punya BPJS? 

Belakangan ramai pro dan kontra mengenai syarat perpanjangan STNK mobil yang wajib menyertakan bukti keanggotaan BPJS Kesehatan. Tentu saja ada yang setuju dan tidak setuju. 

Keputusan tersebut tercantum dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Namun kebijakan tersebut masih diproses lebih lanjut oleh pihak terkait dalam hal pelaksanaannya. 

Menurut Kasubdit STNK Korps Lalu-lintas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, BPJS Kesehatan sebagai syarat perpanjang STNK mobil tahunan masih ditunda dahulu. 

Polri masih berkoordinasi dengan Kemendagri dan pihak terkait lainnya untuk memastikan kejelasan prosedurnya nanti. Karena jika dilakukan terburu-buru dapat berdampak pada menurunnya keinginan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan.

Cara bayar pajak mobil 5 tahunan

Sebenarnya, cara bayarnya gak jauh beda sama yang pertama, tapi ada hal lain yang harus kamu lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cek fisik

Sesampainya di Samsat, jangan parkir kendaraan dulu ya. Cari tempat cek fisik dan antre di sana buat cek fisik kendaraan.

Ada baiknya kamu tahu di mana letak lokasi nomor mesin dan rangka bila mobilmu bukan mobil keluaran Jepang biar para petugas gak kesulitan mencari nomor rangka tersebut.

Dan, ingat lho, proses ini gak dipungut biaya. Namun, berhubung banyak para pemilik mobil ini sering memberikan uang ke petugas lantaran proses ini merepotkan, ya terserah kamu deh gimana baiknya saja. 

Kalau pengin ngasih sebagai ucapan terima kasih, ya sah-sah saja.

2. Proses selanjutnya sama seperti proses perpanjangan STNK biasa, tapi…

Setelah cek fisik, proses bayar pajak mobil lima tahunan ini sama saja seperti bayar tahunan. Namun, yang jadi perbedaan adalah STNK yang kamu terima berlaku buat lima tahun ke depan.

Selain itu, kamu juga bakal diminta mengambil plat nomor baru. Setelah itu, kamu diarahkan ke loket pengambilan plat nomor.

3. Ambil plat nomor baru dan selesai

Lokasi pengambilan plat terpisah dengan perpanjangan STNK ya. Kalau kamu sudah terima plat, itu berarti semua proses sudah selesai. Kamu bisa pulang deh tanpa takut lagi ditilang.

Itulah langkah lengkap bayar pajak mobil di Samsat. Gak membingungkan, kan? Pastinya setelah tahu langkah ini, sudah gak perlu lagi deh bayar biro jasa untuk mengurus pajak.

Atau malah karena sudah tahu langkah lengkap bayar pajak mobil di Samsat, kamu tertarik buka biro jasa sendiri? Ya sah-sah aja kok. Kan bagus bisa dapat penghasilan tambahan. 

Denda telat bayar pajak mobil

Buat kamu yang masih malas bayar pajak mobil, ingatnya jika kamu telat membayar pajak mobil atau pajak kendaraan lainnya, siap-siap mendapatkan denda. 

Denda telat bayar pajak mobil adalah sebesar 25% dari nilai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) setiap tahunnya. Itu belum ditambah dengan denda SWDKLLJ yakni Rp32 ribu untuk motor dan Rp100 ribu untuk mobil.

Bagaimana cara menghitung biaya balik nama mobil dengan tepat? Temukan juga syarat dan ketentuan umumnya.

Jadi, rumus menghitung denda telat bayar pajak mobil adalah sebagai berikut

PKB x 25% x Jumlah bulan keterlambatan/12 + denda SWDKLLJ

Cara bayar pajak mobil tahunan secara online dengan SIGNAL Samsat

Cara bayar pajak mobil online kini banyak dicari karena dengan adanya pajak online membuat masyarakat lebih praktis untuk membayar pajak, khususnya untuk kendaraan.

Kamu  bisa menggunakan aplikasi SIGNAL Samsat yang sudah bisa didownload di AppStore maupun PlayStore. Persyaratan perpanjang STNK mobil nya pun sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kamu hanya perlu tambahan email dan nomor telepon aktif.

Berikut panduannya.

1. Unduh aplikasi SIGNAL Samsat

Unduh aplikasi SIGNAL di Playstore atau AppStore. Jika kamu bingung aplikasi mana yang harus didownload karena cukup banyak aplikasi serupa, kunjungi https://samsatdigital.id/ lalu klik tombol Download.

2. Lakukan registrasi aplikasi

Langkah selanjutnya untuk bayar pajak tahunan di SIGNAL Samsat adalah dengan melakukan registrasi di aplikasi. Masukkan informasi seperti nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat email yang masih aktif dan nomor telepon.

Lanjutkan dengan melakukan verifikasi email dan nomor telepon, ya.

3. Daftarkan kendaraan kamu di aplikasi SIGNAL Samsat

Cara bayar pajak tahunan selanjutnya yakni mendaftarkan kendaraan kamu di aplikasi. Klik “Tambah Kendaraan Bermotor” lalu isi informasi yang dibutuhkan seperti jenis kepemilikan kendaraan, nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB) dan 5 digit terakhir nomor rangka. 

Asyiknya, kamu juga bisa mendaftarkan kendaraan lebih dari satu, lho. Jadi lebih praktis kan?

4. Lakukan pembayaran pajak tahunan

Jika kamu ingin membayar pajak mobil atau motor, tinggal pilih saja NRKB yang ingin dibayarkan. Nanti akan muncul SKK dan pembayaran PKB serta SWDKLLJ

Klik “Lanjut” dan pilih metode pembayarannya. Jika pembayaran berhasil, kamu akan menerima dokumen elektronik berupa tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran atau E-TBKP.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan E-Pengesahan yang berisi barcode sebagai bukti pembayaran yang sah. STNK juga bisa kamu kirim ke rumah melalui jasa pengiriman Kantor Pos. Perpanjang pajak mobil jadi lebih mudah dan praktis, bukan? 

Apa itu Samsat?

Samsat adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yang berfungsi untuk menyelesaikan beberapa urusan berikut.

  • Registrasi dan Identifikasi Kendaraan bermotor (Regiden Ranmor),
  • pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB),
  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan
  • pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) dan Angkutan Jalan secara terintegrasi dan terkoordinasi.

Samsat dibuat untuk mempermudah arus administrasi antara instansi Kepolisian, Jasa Raharja, dan Dinas Pendapatan Provinsi.

Apa itu pajak kendaraan bermotor tahunan?

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor, semua orang atau badan yang memiliki kendaraan bermotor dikenakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor tersebut.

Nah, kendaraan bermotor yang dimaksud di atas, yaitu jenis kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan di darat dan digerakkan tenaga motor. 

Subjek Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

  1. Orang pribadi yang memiliki kendaraan bermotor 
  2. Badan/perusahaan yang memiliki kendaraan bermotor 

Objek PKB

  1. Kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor 
  2. Termasuk dalam pengertian “kendaraan bermotor” 
    • Kendaraan beroda serta gandengannya yang dioperasikan di darat
    • Kendaraan bermotor yang dioperasikan di air dengan ukuran isi kotor GT 5 (lima Gross Tonnage) hingga GT 7 (tujuh Gross Tonnage)
  1. Kendaraan yang dikecualikan:
    • Kereta api 
    • Kendaraan bermotor digunakan untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara 
    • Kendaraan bermotor yang dimiliki/dikuasai kedutaan, konsulta, perwakilan negara asing dengan asas timbal balik dan lembaga-lembaga internasional yang memperoleh fasilitas pembebasan pajak dari pemerintah 
    • Kendaraan bermotor yang dimiliki/dikuasai oleh pabrikan atau importer yang disediakan untuk keperluan pameran dan tidak untuk dijual 

Dasar Pengenaan Pajak

  1. Dasar Pengenaan PKB adalah hasil perkalian dari 2 unsur pokok 
    • Nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) 
    • Bobot mencerminkan tingkat kerusakan jalan atau oencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor secara relative
  1. Dasar pengenaan pajak khusus untuk kendaraan bermotor yang digunakan di luar jalan umum (alat berat dan besar, kendaraan air) adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)

Sementara kalau dilihat dari pembayarannya, pajak kendaraan bermotor (PKB) itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu pajak kendaraan bermotor tahunan dan pajak kendaraan bermotor lima tahunan. 

Apakah perbedaan PKB dengan STNK? 

Rupanya banyak masyarakat masih bingung dengan Pajak Kendaraan Bermotor dengan STNK itu sendiri. PKB sendiri merupakan singkatan dari Pajak Kendaraan Bermotor yang besarannya tertera dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK. 

Jadi, boleh disimpulkan bahwa PKB merupakan salah satu informasi yang tertera dalam STNK. Namun, tidak hanya PKB yang tertera dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan, namun ada pula informasi maupun biaya-biaya lainnya antara lain: 

  • Informasi identitas kendaraan (merek, tipe, jenis kendaraan, tahun pembuatan, warna kendaraan, nomor rangka dan nomor mesin)
  • PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)
  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)
  • BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Apakah BBNKB harus dibayar tiap tahun?

Bagaimana dengan BBNKB yang tertera dalam STNK? Apakah BBN KB dibayar setiap tahun? Tenang saja, BBN KB tidak dibayar setiap tahun, kok

BBN KB hanya dibayarkan pada saat pembelian pertama mobil baru atau pada saat pertama kali didaftarkan. Selain itu, BBN KB juga hanya dibayarkan pada saat seseorang melakukan balik nama kendaraan, biasanya dalam jual beli kendaraan bekas. 

Biaya penerbitan STNK

Mengacu dari Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mengatur besaran biaya penerbitan STNK.

Berapa sih besarannya?

  1.   Kendaraan roda 2 atau roda 3
    • Baru: Rp100 ribu per penerbitan.
    • Perpanjang: Rp100 ribu per penerbitan per 5 tahun. 
  1.   Kendaraan roda 4 atau lebih
    • Baru: Rp200 ribu per penerbitan
    • Perpanjangan: Rp200 ribu per penerbitan per 5 tahun

Sementara biaya pengesahan STNK adalah sebagai berikut :

  1. Kendaraan roda 2 atau roda 3: Rp25 ribu per pengesahan per tahun
  2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih: Rp50 ribu per pengesahan per tahun 

Demikianlah pembahasan mengenai cara bayar pajak mobil, syarat perpanjang STNK mobil pribadi maupun perusahaan dan prosedur yang harus kamu lalui. Semoga dapat membantu kamu yang saat ini hendak membayar pajak tahunan, ya. 

Untuk kemudahan masyarakat dalam membayar pajak, saat ini juga sudah ada aplikasi yang dibuat khusus untuk cek dan membayar pajak tahunan seperti aplikasi SIGNAL  Samsat maupun aplikasi dari Pemda masing-masing daerah. 

Tips dari Lifepal! Selalu bayarkan pajak kamu tepat waktu untuk menghindari denda pajak mobil, ya. Dengan kamu membayar pajak mobil tepat waktu, itu berarti kamu sudah turut serta dalam upaya pembangunan negara karena pajak yang disetorkan akan digunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan bangsa.

Sebagai informasi, kamu sebaiknya juga tahu bagaimana cara bayar pajak mobil tanpa BPKB.

Cari tahu cara untuk perpanjang STNK online, termasuk cara yang resmi dan syarat-syarat yang berlaku agar semuanya beres hingga tuntas.

Manfaatkan benefit asuransi untuk minimalkan biaya perbaikan

Yuk, lindungi diri kita sendiri dari pengeluaran yang akan menguras tabungan dengan asuransi mobil. Kok bisa?

Jadi dengan adanya manfaat dari asuransi mobil, kita tidak perlu khawatir lagi dengan biaya perbaikan di bengkel yang mahal.

Selain itu, ada manfaat perlindungan finansial untuk pihak ketiga yang merasa dirugikan. Kalau sudah begini, tidak ada yang dirugikan lagi deh.

Tapi kalau kamu penasaran dengan berapa premi asuransi mobil yang harus dibayar, temukan jawabannya menggunakan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut.

Tapi produk asuransi mobil apa yang cocok dengan kebutuhanmu ya? Lifepal coba bantu berikan rekomendasinya menggunakan kuis asuransi mobil berikut ini. 

Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar cara dan syarat bayar pajak mobil

Kapan harus bayar pajak mobil?

Bayar pajak mobil dilakukan saat masa berlaku Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran akan berakhir. Umumnya Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran berlaku selama 1 tahun.

Jadi, cek Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran untuk mengetahui sampai kapan berlakunya. Usahakan bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) H-5 sebelum jatuh tempo.

Apa yang ditanggung oleh asuransi mobil?

Asuransi mobil menanggung biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, bencana alam dan lain-lain. Asuransi TLO, salah satu satu jenis asuransi mobil bahkan dapat menanggung biaya kerusakan mobil rusak parah, yang sama dengan atau lebih dari 75% dari harga mobil sebelum kejadian

Dapatkan Promo