BCA Finance: Solusi Tepat Bisa Memiliki Mobil Impian

Bca finance

Harga mobil yang kini makin variatif dan tawaran berbagai jenis pembiayaan membuat keinginan memiliki kendaraan roda empat tersebut tidak lagi sebatas angan. Apalagi kini sudah ada BCA Finance yang menawarkan kemudahan pembiayaan.

PT BCA Finance (BCAF) pada awalnya didirikan dengan nama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation pada tahun 1981. Awalnya berfokus pada pembiayaan komersial, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat, dan transportasi.

Kemudian pada tahun 2001, nama perusahaan berubah menjadi PT Central Sari Finance (CSF). BCA menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan saham sebesar 99,58 persen. Pada 28 Maret 2005, barulah CSF berubah nama menjadi PT BCA Finance (BCAF).

Produk-Produk yang Ditawarkan BCA Finance

Setelah berganti nama menjadi BCAF, produk utama yang ditawarkan BCA Finance adalah pembiayaan kendaraan khususnya roda empat (mobil) atau car financing. BCA Finance menjadi solusi bagi kita yang ingin memiliki mobil baru atau bekas secara kredit melalui dua pilihan tenor, yaitu:

  • Satu hingga empat tahun.
  • Lima hingga enam tahun (Fix And Cap).

Dengan opsi pilihan tenor tersebut, kita bisa menentukan pilihan terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan kita untuk mencicil.

Merek Mobil yang Dibiayai BCA Finance

Tercatat hingga kini ada 13 merek mobil yang termasuk pembiayaan oleh BCA Finance. Semuanya merupakan merek mobil terkenal dan memiliki banyak peminat di Indonesia. Bahkan merek mobil yang tergolong baru masuk pasar Indonesia juga termasuk, seperti Wuling dan DFSK. 

Artinya, BCA Finance memang berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan kendaraan. Selengkapnya, berikut 13 merek tersebut.

  1. Suzuki.
  2. Toyota.
  3. Honda.
  4. Nissan.
  5. Daihatsu.
  6. Mitsubishi.
  7. Datsun.
  8. Mazda.
  9. Isuzu.
  10. Hyundai.
  11. Wuling.
  12. Renault.
  13. DFSK.

Syarat Pengajuan Pembiayaan BCA Finance

Untuk bisa mendapatkan pembiayaan dari BCA Finance, tentu kita harus bisa memenuhi syarat yang ditetapkan. Tapi tenang saja, syarat yang diminta oleh BCA Finance tidak sulit, kok! Ini dia syarat-syaratnya. 

  1. Warga Negara Indonesia dengan menyertakan bukti tanda kependudukan sah.
  2. Minimum uang muka 25 persen (mobil baru) dan 30persen (mobil bekas).
  3. Usia konsumen saat angsuran lunas maksimum 64 tahun.
  4. Usia kendaraan maksimum 11 tahun pada saat angsuran lunas.

Jika sudah memenuhi empat syarat tersebut, langkah selanjutnya kita harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Ada beberapa perbedaan persyaratan dokumen yang harus disiapkan sesuai dengan kategori calon konsumen yang mengajukan pembiayaan. 

BCA Finance membedakannya menjadi empat kategori, yaitu karyawan, profesional, wiraswasta, dan badan hukum (perusahaan). untuk lebih jelasnya, kita cek di tabel berikut.

Serba Serbi Angsuran BCA Finance

Bagaimana terkait angsuran pembiayaan otomotif BCA Finance? Kita tidak perlu khawatir dalam membayar angsuran. Sebab BCA Finance menyediakan berbagai macam cara pembayaran antara lain autodebet, ATM, Internet Banking, Mobile Banking, dan Virtual Account.

Selayaknya perusahaan pembiayaan lainnya, pembayaran angsuran BCA Finance tentu memiliki batas waktu. Yakni setelah jam 15.00 waktu setempat akan dibukukan pada hari kerja berikutnya khusus pembayaran melalui mesin ATM, internet banking, m-banking.

Selain itu, keterlambatan pembayaran angsuran meski hanya satu hari akan dikenakan denda. Jadi jangan sampai melupakan jatuh tempo pembayaran angsuran kita, ya. Jika kita tipe orang yang sering lupa, ada baiknya memilih cara pembayaran angsuran autodebet dari tabungan.

Berapa sih besar denda angsuran yang akan dikenakan? Besarannya dapat dilihat pada Perjanjian Pembiayaan Konsumen pasal 14 perihal Ikhtisar Fasilitas Pembiayaan Konsumen di pasal 6 perihal Biaya-Biaya Lain. Misal yang tercantum adalah 0,4 persen, maka penghitungan denda angsuran adalah:

 

0,4% x Besar Angsuran x Jumlah Hari Keterlambatan

Kemudahan Angsuran BCA Finance

Salah satu kemudahan angsuran BCA Finance adalah fasilitas autodebet. Maksudnya, angsuran yang harus kita bayarkan setiap bulannya akan didebet langsung dari rekening tabungan. Caranya mudah saja, kok! 

Kita hanya perlu datang langsung ke salah satu cabang BCA Finance terdekat untuk mengisi form Surat Kuasa Pendebetan Rekening dengan membawa beberapa dokumen, yaitu:

  • Identitas asli berupa KTP.
  • Buku tabungan BCA.
  • Materai Rp 6.000 untuk kategori konsumen perorangan.

Sedangkan untuk badan usaha dokumen yang harus disiapkan adalah:

  • SIUP.
  • NPWP.
  • Surat Keterangan Domisili.
  • Rekening koran.
  • Menyertakan identitas direktur yang menjabat saat ini dan menandatangani formulir Surat Kuasa Pendebetan Rekening. 

Cukup mudah, bukan?

Bahkan BCA Finance juga memiliki layanan Weekend Service. Meski masih baru, tetapi sudah tersedia sebanyak dua cabang, yaitu:

  • PT BCA Finance Kantor Pusat Wisma BCA Pondok Indah Lt. 2 Jl. Metro Pondok Indah No. 10 Jakarta Selatan 12310 dengan hari layanan Sabtu pukul 08.45 sampai dengan 14.00 WIB. 
  • BCA Finance Mal Artha Gading (Service Point) Lantai 3 Blok B2 no 0007 Mall Artha Gading Jl. Artha Gading Selatan No. 1 Jakarta Utara dengan hari layanan Sabtu pukul 11.15 – 20.00 WIB dan Minggu pukul 11.15 sampai dengan 17.00 WIB.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, masih ragu untuk menjadi konsumen BCA Finance? 

Walau sebagian leasing kendaraan bermotor sudah menyertakan asuransi kendaraan, namun tidak ada salahnya jika kita menambah proteksi atas kendaraan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai asuransi kendaraan yang tepat untuk mobil kita, mari kita cari tahu di Lifepal! Yuk, kunjungi Lifepal sekarang juga!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →