Layanan Call Center Allianz untuk Bantuan Klaim Asuransi

asuransi kesehatan allianz

Call center Allianz punya peran serupa dengan call center instansi pada bisnis lain. Divisi ini menjadi ujung tombak dalam melayani masyarakat yang hendak menghubungi perusahaan yang diwakili.

Sebagai bagian dari perusahaan asuransi, call center Allianz bisa membantu dalam urusan klaim, pengajuan polis, atau bahkan sekadar bertanya-tanya tentang produk asuransi yang ditawarkan. Karena itulah peran call center amat penting.

Khusus soal klaim, call center Allianz bertugas menjembatani nasabah dengan bagian klaim. Sebab, perusahaan asuransi memiliki divisi sendiri untuk urusan klaim asuransi.

Meski begitu, pertanyaan seputar klaim asuransi Allianz tetap akan dilayani call center. Nasabah akan diarahkan untuk mengajukan klaim asuransi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Produk asuransi kesehatan Allianz yang menyediakan fasilitas cashless atau pembayaran nontunai tidak perlu mengajukan klaim jika menjalani perawatan di rumah sakit rekanan. Klaim asuransi kesehatan dilakukan hanya jika tertanggung dirawat di rumah sakit non-rekanan atau menggunakan sistem reimbursement.

Call Center Allianz

Allianz memiliki belasan kantor perwakilan dan pemasaran di seluruh Indonesia. Tiap kantor memiliki alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Namun sejak 16 Desember 2019, semua call center Allianz terpusat di:

  • Allianz Care 1500 136
  • Allianz Sharia 1500 139

Allianz Care melayani nasabah asuransi konvensional, mulai dari asuransi kesehatan sampai kendaraan bermotor. Sedangkan Allianz Syariah melayani nasabah asuransi syariah Allianz, misalnya Allisya Care.

Jam operasional call center Allianz adalah pukul 08.00-20.00. Khusus untuk layanan Medical Hotline dan asuransi kerugian, call center ini melayani 24 jam.

Allianz eAZy Connect

Bagi nasabah Allianz Life Indonesia, sebagian peran call center bisa digantikan oleh Allianz eAZy Connect.

Allianz eAZy Connect adalah layanan online yang membantu nasabah dalam urusan asuransi, termasuk melakukan klaim. Hanya nasabah asuransi jiwa individu, asuransi kesehatan individu, dan asuransi kesehatan grup yang bisa mengaksesnya. Layanan yang bisa diakses lewat Allianz eAZy Connect, antara lain:

  • Pengajuan klaim reimburse.
  • Pemantauan status pengajuan klaim asuransi.
  • Perubahan penerima manfaat asuransi.
  • Perubahan metode pembayaran premi.
  • Top up single, fund switching, dan apportionment.
  • Informasi polis.
  • Laporan transaksi dan e-policy.
  • Pemantauan nilai investasi.

Untuk mengakses layanan tersebut, nasabah harus melakukan registrasi lebih dulu. Ada dua cara pendaftaran Allianz eAZy Connect, yakni otomatis dan manual.

Pendaftaran otomatis bisa dilakukan oleh nasabah yang menerima polis elektronik atau e-policy melalui tautan yang dikirim via surel dari Allianz. Sedangkan nasabah dengan polis cetak harus mendaftar secara manual di https://services.allianz.co.id/eazyconnect/in-ID/#/register.

Allianz eAZy Claim

Layanan yang khusus disediakan untuk melakukan klaim asuransi kesehatan adalah Allianz eAZy Claim. Layanan ini berupa aplikasi yang bisa diunduh di smartphone Android dan iOS.

Nasabah bisa mendapatkannya via Google PlayStore atau App Store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi itu, ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk melakukan registrasi.

Siapkan nomor peserta asuransi untuk registrasi. Surel juga diperlukan untuk melakukan verifikasi atas pendaftaran. Manfaat yang bisa didapatkan oleh nasabah dari Allianz eAZy Claim antara lain:

  • Lebih mudah mengajukan klaim lewat pengiriman gambar tagihan dan dokumen lain yang diperlukan.
  • Terdapat peta interaktif yang menunjukkan rumah sakit rekanan Allianz.
  • Nasabah dapat setiap saat mengecek status klaim serta riwayat klaim yang pernah dilakukan.
  • Informasi tersedia secara online dan bisa diakses kapan pun.

Klaim Asuransi Kesehatan Allianz

Cara klaim asuransi kesehatan Allianz sangat mudah. Terutama jika menggunakan aplikasi Allianz eAZy Claim. Tahap klaim asuransi kesehatan sebagai berikut.

  • Lengkapi formulir yang diperlukan. Formulir bisa diunduh di https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-kesehatan. Perhatikan, formulir untuk peserta asuransi kesehatan individu dan kumpulan berbeda.
  • Saat di rumah sakit, minta semua dokumen pemeriksaan dengan tanda tangan serta cap rumah sakit dan dokter. Dokumen itu termasuk surat rujukan, diagnosis dokter, hasil pemeriksaan penunjang, dan salinan resep.
  • Minta bukti pembayaran semua tindakan, termasuk resep obat, dengan kuitansi asli.
  • Bila menggunakan Allianz eAZy Claim, foto semua dokumen dan kirim lewat menu aplikasi yang tersedia. Jika tidak, semua dokumen mesti dikirim ke kantor pusat Allianz di Jakarta.

Selanjutnya, klaim akan diperiksa dan dicairkan dalam tujuh hari hari kerja jika dinyatakan sudah memenuhi persyaratan.

Klaim Asuransi Jiwa Allianz

Syarat klaim asuransi jiwa Allianz dibedakan menurut kejadian yang dialami, yakni meninggal dunia, cacat tetap, dan penyakit kritis. Formulir untuk tiap kejadian akan berbeda-beda. Formulir bisa diminta ke customer service Allianz atau diunduh melalui tautan https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-jiwa.

Tahap klaim asuransi jiwa sebagai berikut.

  • Kumpulkan formulir dan dokumen yang diperlukan sesuai dengan jenis pengajuan klaim.
  • Isi lengkap formulir beserta dokumen pendukung dan kirim ke kantor Allianz di Jakarta.
  • Petugas bagian klaim akan memeriksa kelengkapan dan validasi formulir serta dokumen.
  • Jika semua dinyatakan lengkap, klaim akan dianalisis. Bila belum lengkap, nasabah akan disurati untuk diminta melengkapi.
  • Bila klaim dinyatakan memenuhi syarat, klaim diproses.

Nasabah asuransi jiwa diimbau menghubungi agen terkait untuk urusan klaim agar mendapat bantuan sepenuhnya.

Klaim Asuransi Kendaraan Allianz

Nasabah Allianz bisa mengajukan klaim asuransi kendaraan secara online di https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-kendaraan. Tapi ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum mengajukan klaim asuransi.

Nasabah wajib langsung melaporkan kejadian yang dialami maksimal dalam waktu 72 jam. Nasabah juga perlu menjelaskan kronologi kejadian tersebut kepada petugas Allianz. Selain itu, ada persyaratan dokumen yang perlu dipenuhi untuk klaim asuransi kendaraan Allianz, yaitu:

  • Formulir klaim
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi SIM dan STNK
  • Bila terjadi kehilangan perlengkapan, kendaraan rusak berat, atau berkaitan dengan pihak ketiga, harus ada surat keterangan dari kepolisian setempat (berita acara pemeriksaan).

Ada dokumen tambahan yang harus dilampirkan untuk kejadian kendaraan hilang/rusak total dan menyangkut pihak ketiga.

Kendaraan hilang
atau rusak total
– STNK asli dan bukti pemblokiran STNK
– Kunci kontak kendaraan minimal 2
– Surat keterangan kepala direktorat reserse kepolisian setempat
– BPKB asli dan faktur
– Blangko kuitansi kosong rangkap tiga
Menyangkut pihak ketiga – Berita acara pemeriksaan dari kepolisian setempat
– Fotokopi SIM dan STNK pihak ketiga
– Surat tuntutan pihak ketiga, tanda tangan di materai
– Foto kerugian materi dari pihak ketiga
– Surat pernyataan ada atau tidaknya asuransi

Klaim Asuransi Perjalanan Allianz

Terkait dengan pengajuan klaim asuransi perjalanan Allianz, ada empat cara. Pertama, nasabah bisa menghubungi call center Allianz Global Assistance di nomor +65 65355833.

Nasabah juga bisa menghubungi call center Allianz yang aktif 24 jam di 021 2926 9999 atau melalui surel [email protected] Cara lainnya adalah mengajukan klaim lewat situs Allianz atau langsung mendatangi kantor Allianz terdekat. Syarat-syarat klaim yang wajib diberikan adalah:

  • Formulir klaim.
  • Boarding pass asli.
  • Fotokopi tiket seluruh perjalanan yang telah dipesan.
  • Fotokopi paspor dengan cap imigrasi untuk tiap tanggal keberangkatan dan tanggal kepulangan.

Syarat lainnya tergantung jenis klaim yang diajukan. Terkait hal ini, call center Allianz bisa membantu menginformasikannya.

Dari penjelasan di atas, layanan Allianz eAZy Connect dan eAZy Claim sangat memudahkan nasabah, tapi tidak semua produk asuransi dilayani. Karena itu, nasabah sebaiknya mengetahui dan menyimpan nomor call center Allianz. Jadi, ketika membutuhkan informasi apa pun, nasabah bisa langsung menghubungi untuk mendapat bantuan secepatnya.

Untuk mendapatkan ulasan selengkapnya mengenai asuransi Allianz dan produk-produk unggulannya, kunjungi langsung Lifepal dan konsultasikan secara gratis.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →