Cara Membuat CV yang Benar dan Contoh Resume yang Bagus

Cara Membuat CV

Curriculum Vitae alias CV jadi syarat utama buat melamar kerja. Dengan melihat CV aja nih, perusahaan bisa tahu kalau si pelamar layak direkrut. Makanya nih ada baiknya mencari tahu gimana cara membuat CV yang menarik dan benar supaya cepat dapat kerja.

Menurut studi yang sudah dilakukan, perekrut atau recruiter butuh waktu sekitar 6 detik buat memeriksa CV. Pendek banget, ‘kan? Apalagi jika perusahaan yang kamu lamar cukup terkenal, memberikan gaji besar, dan banyak tunjangan yang menarik seperti bonus atau asuransi

Nah, kalau waktu yang dihabiskan buat periksa CV lebih dari 6 detik, itu tandanya si perekrut menunjukkan ketertarikan pada si pelamar atau job seeker. Nah, di sini CV seolah menjadi penentu apakah seseorang bisa diterima atau ditolak lamarannya.

Karena faktanya demikian, setiap pelamar emang harus tahu nih gimana cara membuat CV sekaligus mengetahui contoh cv yang baik dan benar. Apalagi secara gak langsung, CV menjadi cerminan apakah kamu tampak profesional atau gak.

Selain pekerjaan kantoran, banyak juga pekerjaan sampingan yang bisa kamu dapatkan dengan CV yang tertata rapih. Contohnya saja menjadi penulis lepas, atau agen asuransi yang bisa bantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan sampai jutaan per bulan.

Nah, dalam ulasan kali ini, Lifepal pengin berbagi informasi nih mengenai cara membuat salah satu dokumen untuk melamar pekerjaan yang menarik. Sebab, untuk memenangkan persaingan kerja, butuh persiapan benar-benar matang, termasuk mempersiapkan CV. 

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar karir, bisa juga ditanyakan langsung ke ahlinya di bidang karir dan rekrutmen, lewat Tanya Lifepal.

Gak usah berlama-lama lagi, langsung aja yuk dicek cara membuat CV.

Cara membuat CV yang menarik untuk pemula

Cara membuat CV yang menarik dan baik itu bukan berarti isinya dimuat dalam berlembar-lembar kertas. Satu hal yang perlu kamu tahu, CV yang dibuat berlembar-lembar gak bakal menjadikanmu sebagai sosok pelamar yang super. Malahan CV model yang kayak gitu cenderung diabaikan para perekrut.

Terus gimana nih cara membuat CV yang baik dan benar sesuai kriteria perekrut? Sebenarnya, dalam pembuatan CV itu, informasi yang mesti disajikan gak perlu banyak-banyak amat kok. Berikut ini adalah informasi-informasi penting yang perlu ada dan cara penempatannya.

1. Cantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email dan posisikan berada di CV Header atau bagian atas

Dalam CV, informasi pribadi itu wajib ada. Gak harus panjang dan mendetail, kamu cuma perlu mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email.

Posisikan informasi pribadi di bagian atas CV atau CV header. Sebab informasi ini yang bakal dilihat pertama kali oleh perekrut.

Perhatikan juga penggunaan ukuran font pada nama. Idealnya, ukuran font pada nama itu harus lebih besar dari teks yang lain.

Dalam penulisan informasi pribadi ini, kamu harus menempatkan nama di posisi teratas. Kemudian di bawahnya tuliskan alamat. Di bawahnya lagi nomor telepon. Lalu di bawahnya lagi email.

2. Tuliskan CV Objective atau CV Summary dan tempatkan di bawah informasi pribadi

Umumnya CV objective atau CV summary ini berisi tentang perjalanan karier. Namun, karena kamu masih pemula dalam hal cara bikin CV, ringkasan perjalanan karier bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan kamu.

Misalnya aja kamu bercerita mengenai jurusan yang kamu ambil selama menjalani pendidikan. Lalu berapa lama pendidikan tersebut ditempuh. Kemudian apa aja yang kamu peroleh selama menjalani pendidikan tersebut. Tuliskan semuanya itu dalam satu paragraf sebanyak tiga baris.

3. Punya pengalaman kerja? Cantumkan walaupun itu sebatas magang asalkan masih terkait dengan pendidikan yang dijalani

Bukan rahasia lagi kalau perekrut itu melihat pengalaman kerja sebagai pertimbangan mereka dalam memberi undangan interview. Maka dari itu, salah satu cara yang benar dalam membuat CV atau Curriculum Vitae harus memastikan pengalaman kerja itu benar-benar ditulis.

Buat yang masih fresh graduate, kamu bisa mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain asalkan masih ada hubungannya dengan pendidikan yang ditempuh.

Dalam menyajikan informasi pengalaman kerja, pekerjaan terakhir dianjurkan buat ditempatkan di urutan pertama. Informasi utama yang harus ditulis adalah tanggung jawab selama menjalani pekerjaan tersebut. Jangan sampai ada yang terlewat dalam memuat informasi tersebut.

4. Tuliskan pendidikan yang udah dijalani, terutama perguruan tinggi kalau ada dan tempatkan posisinya di bawah pengalaman kerja

Dalam menceritakan pendidikan yang dijalani, sebaiknya tuliskan aja yang penting-penting. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam penulisan latar belakang pendidikan, yaitu:

  • Nama universitas atau sekolah.
  • Lamanya menempuh pendidikan.
  • Jurusan yang diambil.
  • Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN).

Menuliskan itu aja dalam latar belakang pendidikan udah lebih dari cukup. Dengan begitu, kamu gak perlu bikin CV lebih dari satu lembar demi memuat informasi seputar pendidikanmu.

5. Di bawah posisi pendidikan, masukkan kemampuan atau skill yang dikuasai

Sekalipun kamu menguasai banyak kemampuan atau skill, bukan berarti semuanya mesti dimasukkan. Ada baiknya masukkan kemampuan atau skill yang relevan dengan pekerjaan yang pengin kamu dapatkan.

Lalu, gimana cara membuat CV yang mencantumkan skill sesuai pekerjaan yang dilamar?

  • Ketahui pekerjaan apa yang pengin didapatkan dan skill-skill apa yang dibutuhkan pekerjaan tersebut. Misalnya aja pekerjaan yang kamu lamar adalah Desain Grafis. Masukkan kemampuan bahwa kamu bisa mengoperasikan software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dsb.
  • Hindari memasukkan skill-skill yang semua orang bisa melakukannya. Misalnya aja menggunakan Ms. Word.

6. Kalau dirasa perlu, bisa juga memasukkan informasi tambahan seperti minat, prestasi, hingga pengalaman berorganisasi

Informasi yang ini sebenarnya cuma informasi tambahan aja. Perlu gak perlu sih mencantumkan informasi ini.

Enam poin di atas adalah contoh pendukung cv yang baik dan benar sebagai gambaran buat kamu. Walaupun begitu, ternyata ada juga nih perekrut yang sangat memerhatikan poin-poin tersebut. Mereka bakal bikin kamu dapat nilai plus di mata perekrut. 

Cara membuat CV yang menarik di Word

Cara membuat CV di Word sekarang jadi lebih mudah. Namun, tergantung dari software Microsoft Word yang kamu gunakan lho ya. Pastikan Word yang kamu gunakan adalah Microsoft Word 2010. Lalu, gimana cara membuat CV di Word 2010?

1. Buka Microsoft Word 2010 lalu pilih menu File

cara membuat cv
Pilih menu “File” di Ms. Word.

2. Pilih New lalu pilih Resumes and Cover Letters

cara membuat cv
Pilih “New” lalu “Resume and Cover Letters”.

3. Pilih salah satu template CV dan Download

cara membuat cv
Pilih salah satu template lalu download.

Setelah itu, kamu tinggal isi apa aja informasi-informasi yang diminta dalam template tersebut. Soal posisi, atur sesuai dengan yang telah dijelaskan di atas sebelumnya.

Cara membuat CV online

Di zaman yang serba online sekarang ini, cara membuat CV sebenarnya gak lagi menjadi hal yang ribet dilakukan. Seperti dikutip dari Jobscan.co, ada beberapa website yang bisa dijadikan contoh buat kamu dalam membuat CV online yang baik dan benar.

1. Zety

Seperti yang udah kamu ketahui sebelumnya, Zety adalah salah satu website pembuat CV yang direkomendasikan buat digunakan. Ada sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan Zety.

  • Kamu bisa bikin cover letter dengan template yang sama dengan template CV yang kamu gunakan.
  • Cuma butuh waktu beberapa menit buat bikin CV lewat Zety.
  • Zety menyajikan lebih dari 20 template CV yang modern dan contoh cv profesional.
  • Ada juga tips-tips dari para ahli yang bisa kamu baca.

2. VisualCV

Website yang satu ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam membuat CV online. Ada beberapa fitur VisualCV yang berguna banget buat kamu coba, yaitu:

  • Fitur impor data dari Linkedin.
  • Ketersedian desain dan template CV yang udah modern.
  • Fitur impor CV atau resume dari format PDF atau Ms. Word.

Selain bisa digunakan dengan membuka website, kamu juga bisa memanfaatkan VisualCV dalam bentuk aplikasi smartphone yang tersedia di Play Store.

3. CV Maker

Website yang kamu bisa gunakan sebagai pendukung cara membuat CV berikutnya adalah CV Maker. Membuat CV online di CV Maker bisa dibilang simpel, cepat, dan tentu aja gratis. Di website ini kamu bisa membuat CV dalam format PDF, HTML, dan TXT.

Seperti yang tercantum dalam website-nya, jumlah download dari CV Maker telah mencapai 16.310.726. Sementara jumlah CV yang tersimpan 6.247.762. Dari situ, tampak jelas kalau pengguna CV Maker terbilang banyak jumlahnya.

4. Resume Genius

Berikutnya adalah Resume Genius, sebuah website yang membantu kamu membuat CV dalam waktu 15 menit. Resume Genius membagi-bagi format CV sesuai dengan kategori pekerjaan yang kamu jalani.

Terdapat 18 kategori pekerjaan yang dipakai sebagai penentu format CV. Pilih salah satu kategori yang sesuai dengan pekerjaan kamu lalu Resume Genius bakal menampilkan format CV yang sesuai dengan kategori yang dipilih.

5. ResumUP 

Ingin tahu cara membuat CV yang kreatif? Kita bisa mencoba situs membuat CV online yang satu ini. ResumUP memiliki pilihan-pilihan desain yang cukup menarik dan dilengkapi pula dengan fitur infografis sehingga membuat CV kamu tidak akan terlihat membosankan.

Lebih lanjut, kamu bisa melihat contoh-contoh atau template CVkreatif yang terdapat di dalam website ini. Jangan lupa untuk membuat CV sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar, ya.

6. Easel.ly 

Selanjutnya ada pula Easel.ly. Situs yang bisa mendukung kamu mempelajari cara membuat CV ini menyediakan berbagai macam template CV kreatif yang atraktif secara visual. Sangat cocok untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif. Ada beberapa pekerjaan dalam industri kreatif yang bisa kamu coba, mulai dari media, periklanan, perfilman dan industri fashion.

7. Online CV Generator 

Kamu juga bisa tahu cara membuat CV yang menarik melalui online Cv generator. Situs pembuatan CV kreatif yang satu ini juga bisa membantu kita untuk membuat CV dengan sangat mudah. 

Saat masuk ke situs Online CV Generator ini, kita akan diminta untuk mengisi informasi dasar mulai dari pendidikan hingga pengalaman kerja. Template yang tersedia pada situs ini juga gratis sehingga bisa kita gunakan kapan saja.

8. Resume Baking 

Selanjutnya, website tentang cara membuat cv online berikutnya adalah Resume Banking. Selain memiliki font yang bervariasi, situs ini juga memiliki pilihan contoh CV kreatif yang sesuai dengan profesi kita, mulai dari HRD, media, kreatif, dan lain sebagainya. Menarik, bukan?

9. Kick Resume

Selain menyediakan template CV, kamu juga bisa membuat cover letter yang menarik di situs Kick Resume. Kalau belum menemukan template CV yang pas dari yang telah disediakan, kita juga bisa mengganti warna dan font sesuai dengan yang kita inginkan. Cukup lengkap, bukan?

10. Canva

Terakhir, ada pula Canva. Situs untuk membuat CV online bernama Canva ini adalah solusi untuk sejumlah keperluan. Selain untuk membuat CV, Canva juga bisa digunakan untuk membuat infografis, slide presentasi, dan lain sebagainya.

Kamu hanya perlu melakukan drag and drop pada template CV yang kita pilih, mengeditnya, kemudian mengetik isinya secara gratis.

Mudah, bukan? Dengan begitu, kamu gak usah capek-capek memikirkan format CV kayak gimana yang cocok dengan pekerjaan kamu.

Contoh resume atau CV fresh graduate bahasa Inggris

cara membuat cv
Contoh CV Fresh Graduate dalam Bahasa Inggris.

Jenis-jenis CV

Terdapat sedikitnya 3 jenis CV yang bisa kamu buat berdasarkan latar belakang pendidikan dan juga pengalaman, di antaranya sebagai berikut.

CV untuk lulusan SMA atau SMK

Sesuai namanya, CV yang satu ini khusus dibuat oleh kamu yang memiliki pendidikan terakhir di jenjang Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan. Terdapat beberapa hal yang wajib dicantumkan dalam CV, berikut ini adalah informasinya.

  • Informasi diri
  • Riwayat pendidikan
  • Penghargaan atau prestasi
  • Pengalaman berorganisasi selama sekolah
  • Nilai akhir
  • Referensi

Itulah beberapa informasi yang wajib kamu cantumkan supaya HRD bisa mempertimbangkan kamu sebagai kandidat yang memenuhi kualifikasi.

CV untuk Fresh Graduate

Selanjutnya ada jenis CV yang diperuntukkan Fresh Graduate. Tulisan yang satu ini menjadi salah satu yang paling banyak diterima oleh perusahaan karena jumlah  lulusan baru Perguruan Tinggi setiap tahunnya terhitung cukup banyak. Beberapa informasi yang wajib kamu masukkan dalam CV ini adalah:

  • Informasi diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman magang
  • Pengalaman organisasi
  • Penghargaan atau prestasi
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  • Karya ilmiah, Thesis atau Skripsi
  • Keahlian tambahan

Delapan hal tersebut adalah informasi yang wajib kamu masukkan dalam CV bila ingin dipanggil oleh HRD.

CV untuk pekerja berpengalaman atau profesional

Terakhir ada jenis CV yang dibuat oleh para kalangan pekerja yang sudah memiliki jam terbang tinggi di dunia profesional. Beberapa hal yang umum ditemukan dalam CV seorang pekerja profesional antara lain adalah:

  • Informasi diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Keahlian dan kemampuan
  • Penghargaan atau prestasi
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  • Referensi kerja

Nah itulah beberapa jenis Curriculum Vitae yang penting kamu ketahui jenis-jenisnya

Aplikasi membuat CV online yang dijamin gratis

Cara membuat CV gak cuma bisa dilakukan secara online, kamu juga bisa melakukannya lewat aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan jasa pembuatan CV cuma-cuma.

1. Curriculum Vitae

Aplikasi membuat CV ini terbilang mudah dan langsung bisa digunakan. Sebab tampilan CV yang disajikan dalam Curriculum Vitae cukup sederhana.

Semua bagian informasi dalam CV disediakan Curriculum Vitae dari detail pribadi, profil, pengalaman kerja, pendidikan, bahasa, dan hobi. Aplikasi ini tersedia di Android dan bisa di-download secara cuma-cuma di Play Store.

2. CV & Resume Creator

Penggunaan aplikasi sebagai pendukung cara membuat CV ini juga terbilang mudah sebab desainnya yang sederhana dan cepat dimuat. Dijamin gak ribet deh.

Udah gitu CV & Resume Creator menyediakan lebih dari 1.000 template CV. Kamu bisa download CV dalam format JPEG, PNG, hingga PDF. Aplikasinya bisa di-download secara gratis di Play Store. Semua template ini bisa kamu jadikan sebagai contoh membuat cv yang baik dan benar.

3. Free resume maker CV maker templates formats app

Berikutnya ada aplikasi Free resume maker CV maker templates formats app. Aplikasi membuat CV online ini menyediakan lebih dari 50 templates CV.

Aplikasi cara membuat CV online ini diklaim bagus buat orang-orang yang baru lulus alias fresh graduate. Free resume maker CV maker templates formats app bisa didapat dari Play Store secara gratis.

4. Resume PDF Maker/CV Builder

Lalu ada Resume PDF Maker/CV Builder sebagai aplikasi membuat CV gratis buat pengguna android. Aplikasi ini bisa membantumu dalam membuat dan mengedit berbagi resume dalam format PDF dengan cepat.

Selain itu, Resume PDF Maker/CV Builder bisa kamu gunakan secara offline lho. Aplikasi ini sendiri bisa kamu dapatkan langsung dengan mengunduhnya lewat Play Store.

Nah, itu tadi informasi-informasi yang perlu kamu tahu mengenai cara membuat CV yang benar dan contoh cv profesional yang baik dan benar. Namun, ada satu hal yang perlu kamu ingat. CV memang menentukan, tapi yang paling menentukan adalah pengalaman kerja yang kamu miliki.

Terus kalau kamu adalah fresh graduate, nilai akademik dan pengalaman magang menjadi faktor penentu supaya kamu dapat undangan interview. Semoga sederet informasi soal cara membuat CV offline dan online yang menarik di ulasan ini benar-benar bermanfaat ya!

Masih bingung dan punya banyak pertanyaan seputar cara membuat CV yang benar dan cepat? Tanyakan langsung yuk ke ahlinya di bidang karir dan rekrutmen, lewat Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →