Cara Mencairkan Asuransi Allianz [Klaim dan Call Center]

Allianz Asuransi prediksi pertumbuhan positif di 2020 terkait bisnis asuransi

Ketika kamu menggunakan asuransi Allianz, kamu bisa melakukan klaim atau pencairan saat membutuhkannya. Cara mencairkan asuransi Allianz bisa dilakukan dengan beberapa cara, tergantung produk asuransinya.

Pencairan dana yang dilakukan bisa berupa pertanggungan asuransi, uang pertanggungan untuk proteksi jiwa, atau manfaat nilai tunai.

Tidak semua klaim asuransi bisa dilakukan sewaktu-waktu. Misalnya seperti asuransi jiwa, ada juga dana atau Uang Pertanggungan yang baru bisa dicairkan atau diklaim setelah Tertanggung mencapai usia tertentu.

Nah, agar kamu semakin paham mengenai, simak selengkapnya mengenai cara mencairkan dana Asuransi Allianz dan penjelasannya.

Cara mencairkan dana asuransi jiwa Allianz

Cara mencairkan asuransi Allianz untuk klaim meninggal dunia atau asuransi jiwa dibedakan sesuai jenis klaimnya. Misalnya klaim meninggal dunia, cacat tetap, atau penyakit kritis. 

Klaim asuransi Allianz untuk proteksi jiwa dilakukan dengan metode reimbursement. Berikut adalah prosedurnya:

  1. Unduh formulir klaim Allianz dari situs resmi atau dapatkan dari dokter yang merawat
  2. Isi dan lengkap formulir klaim
  3. Lengkapi dokumen syarat klaim asuransi jiwa Allianz
  4. Kirim dokumen ke alamat kantor Allianz
  5. Verifikasi data akan dilakukan oleh pihak perusahaan Allianz
  6. Jika data telah lengkap, pihak asuransi akan menganalisis klaim yang diajukan
  7. Apabila klaim kamu disetujui, maka pembayaran klaim akan dilakukan
  8. Jangan lupa simpan bukti klaim Allianz kamu.

Dokumen persyaratan untuk klaim asuransi jiwa

Secara umum, syarat klaim asuransi jiwa mengikuti jenis klaim yang diajukan. Berikut adalah dokumen persyaratan Allianz untuk klaim meninggal dunia:

  • Polis asli
  • Formulir klaim Allianz (untuk meninggal dunia) 
  • Formulir surat kuasa dengan isi pemaparan rekam medik, diisi dan ditandatangani oleh Ahli Waris.
  • Surat keterangan meninggal dunia dari instansi pemerintahan yang berwenang
  • Berita Acara Pemeriksaan dari Kepolisian setempat (jika meninggal karena kecelakaan)
  • Kronologi kematian (jika meninggal di rumah tanpa perawatan dokter)
  • Fotokopi hasil pemeriksaan medis
  • Fotokopi buku rekening ahli waris
  • Fotokopi identitas tertanggung dan ahli waris
  • Fotokopi kartu keluarga 
  • Dokumen lain bila diperlukan
  • Allianz menghadirkan beragam jenis asuransi jiwa dengan manfaat pertanggungan yang lengkap. Cek jenis asuransi jiwa apa yang cocok dengan kebutuhanmu dengan kuis jenis asuransi jiwa terbaik berikut ini!

    Cara klaim asuransi kesehatan Allianz

    Asuransi kesehatan Allianz merupakan salah satu produk yang dihadirkan oleh Allianz Life Indonesia untuk nasabah individu dan kumpulan. 

    Mencairkan dana asuransi kesehatan dari Allianz bisa menggunakan metode cashless (menunjukkan atau menggesek kartu Allianz Admedika), dan juga reimbursement

    Apakah uang asuransi Allianz bisa diambil di luar negeri? Fasilitas klaim cashless dari Allianz kini dapat dilakukan baik di rumah sakit rekanan dalam maupun luar negeri. 

    Berikut prosedur klaim Allianz untuk polis kesehatan selengkapnya.

    Prosedur klaim asuransi Allianz cashless

    1. Tunjukkan kartu Allianz dan identitas diri resmi lainnya di rumah sakit rekanan Allianz-AdMedika
    2. Rumah sakit akan melakukan verifikasi data kepesertaan dan manfaat yang kamu miliki
    3. Laporan medis awal akan dikirimkan ke pihak Allianz 
    4. Surat jaminan atau Guarantee Letter diterbitkan
    5. Tanda tangani formulir klaim Allianz dan Surat Pernyataan dari AdMedika
    6. Setelah proses administrasi selesai, perawatan bisa dilakukan
    7. Apabila ada di akhir perawatan, kamu perlu membayarnya terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah sakit
    8. Jangan lupa simpan bukti klaim Allianz

    Prosedur klaim asuransi Allianz reimbursement via eAZy Connect

    1. Kunjungi situs www.allianz.co.id/eazyconnect
    2. Login menggunakan data diri peserta Allianz milikmu
    3. Setelah masuk ke halaman utama, klik menu “My Claim”
    4. Kemudian pilih “Submit Claim”
    5. Isi nomor polis Asuransi Kesehatan Allianz yang terdaftar di eAZy Connect
    6. Pilih Tertanggung (jika dalam 1 Polis terdapat lebih dari 1 Tertanggung)
    7. Isi nama rumah sakit/klinik tempat perawatan dilakukan
    8. Lalu, isi diagnosis penyakit sesuai pernyataan dokter
    9. Masukkan nilai klaim, tanggal perawatan, dan lama rawat inap (jika termasuk klaim rawat inap)
    10. Isi jumlah biaya sesuai dengan jenis tipe klaim yang kamu ajukan
    11. Unggah dokumen pendukung klaim, pilih jenis dokumen yang akan diunggah
    12. Jika semua dokumen persyaratan sudah diunggah, klik Submit.
    13. Akan muncul notifikasi sebagai bukti Klaim Allianz sudah diajukan
    14. Kamu juga akan mendapatkan notifikasi lewat email.

    Cara klaim asuransi mobil Allianz

    Cara klaim asuransi mobil Allianz sedikit berbeda dengan asuransi jiwa dan kesehatan. Proses klaim Asuransi Allianz ini biasanya harus segera melaporkan ketika terjadi suatu risiko dalam kurun waktu 72 jam setelah kejadian.

    Ketika melaporkan klaim untuk asuransi mobil, kamu perlu menyampaikan hal-hal berikut ini:

  • Nomor polis
  • Nama pemilik polis
  • Merek mobil
  • Tanggal dan tempat kejadian
  • Kerugian benda
  • Kronologi singkat terjadinya kecelakaan/kerugian
  • Setelah itu, kamu bisa menyiapkan dokumen persyaratan klaim Asuransi Allianz sesuai dengan kerugian yang kamu alami. Berikut rinciannya:

  • Formulir klaim Allianz
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi SIM dan STNK
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat jika terjadi kerugian kehilangan, rusak berat akibat kecelakaan, atau melibatkan pihak ketiga
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga yang ditandatangani di atas materai dan foto kerugian materi dari pihak ketiga (jika terkait pihak ketiga)
  • Cara mencairkan dana asuransi Allianz lainnya

    Asuransi Allianz Utama tidak hanya menghadirkan asuransi mobil saja, namun juga jenis asuransi umum lainnya. Salah satunya adalah asuransi perjalanan Allianz.

    Untuk klaim Asuransi Allianz pada produk ini, kamu perlu melampirkan dan melengkapi dokumen persyaratan wajib seperti:

  • Formulir klaim Allianz atau pernyataan tertulis terkait pengajuan klaim
  • Tiket atau boarding pass asli
  • Fotokopi tiket atau itinerary seluruh perjalanan yang telah dipesan sebelum waktu perjalanan (dari Indonesia hingga kembali lagi ke Indonesia)
  • Fotokopi halaman pertama paspor dan halaman dengan cap imigrasi untuk tiap tanggal keberangkatan dan kepulangan
  • Layanan klaim dan call center Allianz

    Apakah Asuransi Allianz bisa dicairkan? Tentu bisa dengan menggunakan layanan klaim terkait dari perusahaan. 

    Untuk pencairan dana Asuransi Allianz, terlebih dahulu ketahui layanan apa saja yang disediakan oleh perusahaan untuk memudahkan nasabah melakukan pengajuan klaim.

    Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, kini cara mengambil uang Asuransi Allianz bisa dilakukan secara online dan digital. Jadi, kamu nggak perlu pusing lagi saat ingin mengajukan klaim.

    Perlu kamu ketahui bahwa ada dua perusahaan Asuransi Allianz di Indonesia, yakni Allianz Utama yang memasarkan produk asuransi umum dan Allianz Life yang memasarkan produk asuransi jiwa dan kesehatan.

    Oleh karena itu, layanan pencairan Asuransi Allianz Life dan Utama pasti berbeda. Cara penarikan dana Asuransi Allianz bisa kamu lakukan dengan layanan-layanan berikut ini:

    1. Customer care Allianz

    Guna mempermudah nasabah untuk melakukan klaim dan mendapatkan layanan lainnya, Allianz menghadirkan layanan customer care lewat Allianz Call Center.

    Jadi kamu bisa menghubungi nomor telepon Allianz sesuai dengan produk yang kamu miliki, tapi jangan sampai salah menghubungi customer service Allianz ya!

  • Allianz Care 24 Jam di nomor 1500136
  • Allianz Care Sharia di nomor 1500139
  • Layanan email Allianz Life Indonesia di contactus@allianz.co.id.
  • Layanan email Allianz Utama Indonesia di cs@allianz.co.id
  • 2. Allianz eAZy Connect

    Mengikuti perkembangan digital, kini memantau polis Allianz kamu lebih mudah di mana saja dan kapan saja dengan Allianz eAZy Connect.

    eAZy Connect Allianz adalah sebuah portal khusus nasabah PT Asuransi Allianz Life Indonesia untuk memantau polis secara online melalui situs resmi perusahaan di www.allianz.co.id/eazyconnect.

    Fitur layanan yang bisa kamu dapatkan melalui Allianz eAZy Connect antara lain:

  • Mencairkan dana Asuransi Allianz melalui pengajuan klaim kesehatan reimbursement
  • Memantau status pengajuan klaim
  • Mengubah nama Penerima Manfaat dan Perubahan Metode Bayar
  • Transaksi terkait polis seperti Top Up, Fund Switching dan Apportionment
  • Melihat informasi polis
  • Mengunduh laporan transaksi dan e-Policy
  • Memantau nilai investasi (untuk produk unit link)
  • Mengecek riwayat pembayaran premi
  • 3. Allianz eAZy Claim

    Allianz eAZy Claim adalah layanan klaim online atau digital melalui aplikasi yang bisa digunakan oleh nasabah sebagai cara mencairkan dana Asuransi Allianz. Namun, layanan ini kini sudah tidak berfungsi lagi.

    Kala kamu ingin mengajukan klaim, bisa menggunakan layanan atau cara mencairkan asuransi lainnya dengan eAZy connect atau call center Allianz.

    Tips agar klaim asuransi Allianz tidak ditolak

    Agar kamu tidak mendapatkan pengalaman klaim ditolak, penting sekali untuk memperhatikan cara klaim asuransi Allianz beserta persyaratannya. Kamu juga bisa menerapkan tips-tips berikut ini:

    1. Pastikan klaim termasuk dalam risiko yang ditanggung

    Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki jaminan risiko yang ditanggung maupun tidak ditanggung atau pengecualian. 

    Jika risiko yang kamu alami ternyata masuk dalam daftar pengecualian risiko, sudah pasti klaim yang kamu ajukan akan ditolak.

    Jika klaim ditolak, tentu kamu tidak akan bisa mencairkan dana asuransi Allianz. Hal ini bisa menyulitkan jika kamu benar-benar memberatkan secara finansial.

    Oleh karena itu sangat penting untuk membaca polis asuransi secara seksama sehingga tahu apa saja yang ditanggung dan tidak oleh perusahaan.

    2. Pastikan status polis aktif

    Polis yang tidak aktif atau lapse bisa membuat klaim kamu ditolak. Lapse artinya status polis sudah tidak aktif kembali, biasanya disebabkan terlambat membayar polis dan sudah melewati masa tenggang atau grace period.

    Membayar premi tepat waktu jadi salah satu kewajiban kita sebagai pemilik polis asuransi, sehingga kita tetap bisa mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut secara maksimal, termasuk pencairan dana klaim asuransi ini.

    3. Harus sudah lewat masa tunggu asuransi

    Polis yang masih dalam masa tunggu asuransi umumnya belum diperbolehkan untuk mengajukan klaim. 

    Beberapa jenis produk asuransi memiliki masa tunggu yang berbeda-beda, contohnya asuransi melahirkan yang memiliki masa tunggu hingga 9 bulan atau 12 bulan.

    Perhatikan masa tunggu asuransi dari polis kamu, pastikan saat kamu mengajukan klaim sudah lewat waktu masa tunggunya ya.

    4. Lengkapi dokumen persyaratan klaim

    Dokumen syarat klaim asuransi penting untuk dilengkapi ketika hendak mencairkan dana asuransi. Biasanya, pihak asuransi akan memberitahu jika dokumen persyaratanmu tidak lengkap dan akan memberi waktu untuk melengkapinya.

    Namun jika kamu tidak melengkapi dokumen persyaratan tersebut dalam waktu yang ditentukan, sudah pasti klaim yang diajukan akan ditolak. 

    5. Tidak melebihi tenggat waktu yang ditentukan

    Biasanya tersedia tenggat waktu untuk mengajukan klaim. Misalnya untuk klaim asuransi mobil, maksimal dilakukan dalam kurun waktu 3×24 jam.

    Lebih dari waktu tersebut, sudah pasti klaim kamu akan ditolak. Jadi pastikan kamu membaca prosedur klaimnya dengan benar agar tetap bisa mengajukan klaim.

    6. Tidak melanggar hukum

    Jika klaim yang diajukan terbukti adanya indikasi ketidakjujuran atau penipuan, hal tersebut bisa berakibat penolakan klaim. 

    Oleh karena itu, ungkapkan fakta-fakta sejelas-jelasnya agar tidak dianggap menyembunyikan fakta dan melanggar prinsip asuransi.

    7. Pastikan tidak melebihi limit asuransi

    Jika kamu mengajukan klaim asuransi kesehatan, pastikan klaim tersebut tidak melebih limit yang sudah ditetapkan di dalam polis. 

    Sebab, jika sampai melebihi limit, klaim kamu tidak akan diterima oleh pihak asuransi atau kamu harus membayar sisanya. 

    Sekilas tentang asuransi Allianz

    Asuransi Allianz merupakan perusahaan asuransi di Indonesia yang dikelola oleh Allianz Insurance, salah satu perusahaan asuransi global terkemuka dan tertua di dunia.

    Allianz mengembangkan bisnisnya di Indonesia pada tahun 1981, yang kemudian mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia di tahun 1989 yang berfokus pada produk asuransi umum.

    Kemudian di tahun 1996, Allianz melebarkan bisnisnya di bidang asuransi jiwa dan kesehatan melalui perusahaan PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Setelah itu, pada tahun 2006, kedua perusahaan tersebut membuka lini bisnis syariah.

    Allianz Life Indonesia telah memiliki izin usaha dari OJK dengan Nomor: 513/KMK.071/1996, sementara Allianz Utama Indonesia dengan izin usaha Nomor: Kep. 238/KM.13/1989.

    Kedua perusahaan Allianz Indonesia juga memiliki kantor pusat serta cabang yang tersebar luas di Indonesia. 

    Alamat kantor pusat Allianz Utama:

    Allianz Tower Jakarta, Jl. HR. Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Jakarta, 12980, Indonesia

    Berikut daftar kantor Asuransi Allianz cabang selengkapnya:

    Kantor asuransi Allianz Utama

    Di bawah ini adalah kantor cabang dari Asuransi Allianz Utama Indonesia:

  • Kantor Asuransi Allianz Jakarta (Kebon Jeruk): Ruko Grand Aries G1/1e Jl. Taman Aries, Meruya Utara, RT.12/RW.3 Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
  • Kantor Asuransi Allianz Bandung: Wisma CIMB Niaga, 7th floor Jl. Gatot Subroto No. 2, Bandung 40262
  • Kantor Asuransi Allianz Batam: Komp. Ruko The Summer Blok A2 No. 6 – 8, Batam Center
  • Kantor Asuransi Allianz Denpasar: Bali JEFF Building Lantai 2 Jl. Raya Puputan No. 488, Renon – Denpasar 80235 (Faksimile: +62361-226 110)
  • Kantor Asuransi Allianz Surabaya: Gedung Graha Pacific Jl. Basuki Rahmat No. 87-91, Surabaya 60271 (Faksimile: +6231-532 9237)
  • Kantor Asuransi Allianz Medan: Forum Nine Lt. 6 (Plaza CIMB Niaga) Jl. Imam Bonjol No. 9, Medan – Sumatera Utara 20112 (Faksimile: +6261-888 16019)
  • Kantor Asuransi Allianz Semarang: Jl. Gajahmada No.72, Kembangsari, Semarang Tengah Kota Semarang, Jawa Tengah 50133
  • Kantor Asuransi Allianz Bogor: Jl. Raya Pajajaran No.29, Bantarjati, Bogor Utara Kota Bogor, Jawa Barat 16153
  • Kantor Asuransi Allianz Yogyakarta: Ruko Yap Square Blok B20, Terban, Yogyakarta, Jawa Tengah 16153
  • Kantor asuransi Allianz Life

    Di bawah ini adalah kantor cabang dari Asuransi Allianz Life Indonesia:

  • Kantor Asuransi Allianz Jakarta: Allianz Tower, Jl. HR. Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Jakarta 12980. Telepon: +6221-2926 8888
  • Kantor Asuransi Allianz Bandung: Wisma CIMB Niaga, 7th floor, Jl. Gatot Subroto No. 2, Bandung 40262
  • Kantor Asuransi Allianz Denpasar: Bali JEFF Building Lantai 1, Jl. Raya Puputan No. 488, Renon – Denpasar 80235
  • Kantor Asuransi Allianz Surabaya: Gedung Graha Pacific, Lantai 1-2, Jl. Basuki Rahmat No. 87-91, Surabaya 60271
  • Kantor Asuransi Allianz Medan: Forum Nine Lt. 6 (Plaza CIMB Niaga), Jl. Imam Bonjol No. 9, Medan – Sumatera Utara 20112
  • Kantor Asuransi Allianz Batam : Ruko The Summer Blok A2. No. 6, RW.8, Teluk Tering, Batam Kota
  • Kantor Asuransi Allianz Solo: Jl. Dr. Rajiman No.531 B, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta
  • Kantor Asuransi Allianz Semarang: Mal Ciputra, Mal Ciputra Lower Ground Floor 12-A, JL. Simpang Lima, Miroto, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang
  • Kantor Asuransi Allianz Makassar: Jl. Sungai Saddang Lama No.23 A, Maradekaya Sel., Kec. Makassar, Kota Makassar
  • Perbedaan Allianz Life dan Allianz Utama

    Perbedaan dari Allianz Life dan Allianz Utama yang paling mencolok adalah dari produk asuransi yang dihadirkan.

    PT Asuransi Allianz Utama Indonesia berfokus pada produk asuransi umum, seperti asuransi mobil, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, hingga asuransi bangunan.

    Allianz Utama berdiri lebih dulu pada tahun 1989, 8 tahun setelah Allianz Group memulai bisnisnya di Indonesia.

    Sementara, Asuransi Allianz Life Indonesia menawarkan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi unit link, dan juga dana pensiun (DPLK). Perusahaan ini juga baru didirikan pada tahun 1996.

    Apa itu klaim Asuransi?

    Memahami apa arti klaim juga sama pentingnya sebelum mengajukan klaim asuransi. Klaim artinya sebuah tuntutan yang diajukan oleh Tertanggung kepada Penanggung untuk memberikan hak mereka sesuai yang tertera dalam polis. 

    Secara sederhana, klaim asuransi adalah pengajuan dari Tertanggung agar Penanggung memberikan hak mereka sesuai yang tercantum dalam kontrak atau polis asuransi. 

    Misalnya, jika kamu memiliki asuransi kesehatan, maka klaim asuransi yang diajukan adalah untuk mendapatkan manfaat pertanggungan biaya medis.

    Kemudian dalam asuransi jiwa, klaim diajukan ketika Tertanggung di dalam polis meninggal dunia. Klaim ini hanya dapat dilakukan oleh Penerima Manfaat atau Ahli Waris yang telah ditentukan sebelumnya.

    Manfaat pertanggungan yang didapatkan tergantung dari masing-masing produk asuransi. Untuk asuransi jiwa, berbentuk Uang Pertanggungan untuk digunakan sebagai pengganti nafkah yang hilang.

    Karena mekanisme tersebut, terkadang juga klaim ini disebut sebagai pencairan dana asuransi.

    Pertanyaan seputar cara mencairkan asuransi Allianz

    Uang asuransi Allianz bisa diambil lewat prosedur klaim. Cara mencairkan asuransi Allianz berbeda-beda, tergantung produk asuransi yang kamu miliki. Proses klaim akan memakan waktu sekitar 7-14 hari dan klaim akan cair sekitar 14 hari kerja sejak pengajuan klaim disetujui.
    Cek saldo asuransi Allianz dapat dilakukan dengan eAZy Connect, dengan langkah-langkah:

    • Login di www.allianz.co.id/eazyconnect
    • Masukkan nomor polis Allianz 
    • Setelah itu, kamu bisa mengakses menu tabel manfaat dan juga klaim yang pernah kamu ajukan sehingga bisa melihat sisa limit atau saldo yang tersedia.

    Customer Service

    call me
    whatsapp