Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening [Plus Cek Nomor Rekening]

cara mengetahui bank dari nomor rekening

Nomor rekening adalah kode unik pembeda tiap nasabah. Terkadang kita merasa penasaran, bagaimana sih cara mengetahui bank dari nomor rekeningnya? 

Biasanya, setiap bank memiliki sistemnya masing-masing dalam menentukan nomor rekening setiap nasabahnya. Untuk mengetahui jenis bank yang dimiliki seseorang, kita bisa melihat dari jumlah digit nomor rekeningnya saja, lho. Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Cara mengetahui bank dari nomor rekening lewat digit rekening

Cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui jenis bank dari nomor rekeningnya adalah dari jumlah digit rekeningnya. Berikut ini beberapa daftar rekening dan jumlah digit rekening yang dimiliki.

Nama Bank Digit Rekening
Bank BRI 15 digit
Bank BRI Syariah 10 digit
Bank Mandiri 13 digit
Bank Mandiri Syariah 10 digit
Bank BCA 10 digit
Bank BNI 10 digit
Bank BTN 16 digit
Bank BTN Syariah 10 digit
Bank Danamon 10 digit
OCBN NISP 12 digit
Bank Bukopin 10 digit
Bank CIMB Niaga 13 digit
Bank Muamalat 10 digit
Bank Sinarmas Syariah 10 digit

Beberapa bank terutama bank syariah cenderung memiliki jumlah digit rekening sebanyak 10 digit, berbeda dengan bank konvensional.

Selain dengan melihat jumlah digit, cara yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan membuka buku tabungan atau melihat kode bank

Ini 5 cara cek nomor rekening

Mengetahui nama bank memang penting, namun masih banyak juga orang yang tidak mengetahui atau hafal nomor rekening banknya. Hal ini tentu akan menyulitkan, terlebih jika ingin melakukan transaksi pembayaran.

Untuk mengetahui nomor rekening bisa dilakukan dengan lima cara, cara-cara tersebut sebagai berikut.

  • Cek nomor rekening melalui buku tabungan rekening bank
  • Cek nomor rekening melalui mesin ATM
  • Cek nomor rekening melalui e-banking
  • Cek nomor rekening melalui call center
  • Cek nomor rekening dengan datang ke kantor bank terdekat
  • Cek nomor rekening melalui internet banking
  • Cek nomor rekening melalui mobile banking
  • Cek nomor rekening lewat bukti transfer
  • Cek nomor rekening lewat rekening koran

1. Cek nomor rekening melalui buku tabungan rekening bank

Selain menyimpan catatan saldo, buku tabungan juga menyediakan beberapa informasi lain, seperti alamat cabang tempat mendaftar, syarat dan ketentuan penggunaan buku tabungan, informasi nasabah, dan nomor rekening nasabah.

Jika lupa akan nomor rekening, cara yang bisa dilakukan adalah segera membuka buku tabungan dan perhatikan informasi yang ada di balik cover buku. Di sana akan tercantum nomor rekening yang dimiliki.

Nah, jika kebetulan buku tabungan kamu sedang hilang, lebih baik untuk segera mengurusnya di kantor cabang bank tempat kamu membuka rekening dahulu, ya.

2. Cek nomor rekening melalui mesin ATM

Fungsi utama mesin ATM memang untuk melakukan transaksi pembayaran. Namun, di mesin tersebut kita juga bisa mengetahui nomor rekening yang kita miliki. 

Kamu dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengecek jumlah saldo atau dengan melakukan tarik tunai. Berikut adalah cara lengkapnya.

Cara 1

Kamu bisa lakukan cara yang pertama ini dengan mudah dan cuma butuh beberapa detik saja.

  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM dan ketikkan nomor PIN.
  • Pilih menu cek saldo, maka akan muncul jumlah saldo tersisa dengan nomor rekening yang dimiliki.

Cara 2

Teknik yang kedua ini bisa dimanfaatkan saat kamu ingin sekalian mengambil uang di ATM.

  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM.
  • Lakukan tarik tunai sejumlah uang yang dibutuhkan.
  • Setelah itu akan keluar kertas bukti transaksi. Pada struk kita bisa melihat jumlah tarik tunai, sisa saldo, dan nomor rekening yang dimiliki.

3. Cek nomor rekening melalui e-banking

Cara mengetahui bank dari nomor rekening juga bisa dilakukan melalui ponsel pribadi, yaitu dengan membuka aplikasi e-banking.

Apabila sudah memiliki e-banking, kita cukup membuka menu Info Saldo. Maka tidak hanya info saldo yang akan diketahui, namun juga nomor rekening yang dimiliki.

4. Cek nomor rekening melalui call center

Setiap bank tentu memiliki layanan call center yang bisa kita hubungi kapan pun. Biasanya layanan ini dimanfaatkan untuk melakukan pemblokiran kartu, menanyakan informasi perbankan, bahkan juga bisa dilakukan untuk menanyakan nomor rekening bank.

Sebelum menelepon, pastikan nomor call center bank yang dihubungi adalah nomor call center bank tempat kamu menabung, ya. Sebab jika tidak, informasi kamu tidak bisa dilanjutkan.

5. Cek nomor rekening dengan datang ke kantor bank terdekat

Jika cara-cara di atas masih terkesan sulit untuk dilakukan. Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan datang langsung ke bank terdekat dan menanyakan langsung ke customer service di bank. 

Khusus di cara ini, jangan lupa untuk membawa kartu identitas (KTP) untuk memudahkan customer service mencari informasi kamu.

6. Cek nomor rekening melalui internet banking

Keberadaan internet memberikan kemudahan untuk segala hal, termasuk jika kamu lupa nomor rekeningmu. Kamu cukup menghubungkan laptop atau ponselmu ke internet, kemudian masuk ke situs internet banking.

Tapi sebelumnya, kamu harus registrasi dulu untuk mendapatkan akun internet banking.

Registrasi bisa dilakukan dengan datang ke kantor cabang atau melalui mesin ATM. Jika kamu sudah memiliki akun dan terhubung dengan internet, kamu tinggal mengetikkan alamat internet banking di kotak URL.

Nah, Lifepal sudah menyediakan alamat internet banking beberapa bank di Indonesia. Berikut ini daftarnya.

  • Bank BCA: klikbca.com atau ibank.klikbca.com
  • Bank Mandiri: ib.bankmandiri.co.id atau ibank.bankmandiri.co.id
  • Bank Syariah Mandiri: bsmnet.syariahmandiri.co.id
  • Bank BNI: ibank.bni.co.id
  • Bank BRI: ib.bri.co.id
  • Bank BRI Syariah: ibank.brisyariah.co.id
  • Bank BTN: internetbanking.btn.co.id
  • Bank OCBC NISP: online.ocbcnisp.com
  • Citibank: citibank.co.id
  • Bank DBS: secure.id.dbsdigibank.com
  • CIMB Niaga: octoclicks.co.id
  • Maybank: m2u.maybank.co.id
  • Standard Chartered: id.online.standardchartered.com
  • Bank BJB: ib.bankbjb.co.id
  • Bank Jateng: ibanking.bankjateng.co.id
  • Bank Jatim: iperson.bankjatim.co.id

Setelah kamu berhasil login ke akun internet banking, biasanya ada menu tentang informasi rekening di halaman depan. Kamu bisa klik menu tersebut untuk mengetahui nomor rekening kamu.

Ingat ya, penting bagi kamu untuk memasukkan alamat internet banking dengan benar. Hal ini untuk menghindari pencurian data rekeningmu melalui phishing atau situs palsu dengan nama dan tampilan yang mirip.

7. Cek nomor rekening melalui mobile banking

Mau cara yang lebih mudah lagi untuk mengetahui nomor rekening? Gunakan layanan mobile banking.

Kamu cukup mengunduh aplikasi mobile banking di App Store jika kamu pengguna iPhone, atau di Google Play Store jika smartphone-mu berbasis Android.

Sama seperti internet banking, kamu perlu membuat user ID dan password terlebih dulu sebelum bisa menggunakan mobile banking. Kamu bisa membuatnya dengan datang ke kantor cabang terdekat.

Jika kamu telah melakukan registrasi dan aktivasi, gunakan user ID dan password tadi untuk log in di aplikasi mobile banking yang sudah kamu unduh.

Setelah berhasil masuk, kamu bisa mencari nomor rekeningmu di bagian informasi akun.

8. Cek nomor rekening lewat bukti transfer

Jika kamu sering melakukan transfer uang lewat ATM, sebaiknya struk bukti transfer itu tidak kamu buang sembarangan.

Sebaiknya, kamu simpan saja agar jika suatu saat kamu lupa nomor rekeningmu, kamu bisa cek di struk tersebut. Dengan menyimpannya, kamu mencegah nomor rekeningmu disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, struk bukti transfer merupakan alat bukti hukum yang sah. Jika kamu mengalami percobaan penipuan, kamu bisa menggunakan struk bukti transfer tersebut untuk komplain ke bank.

9. Cek nomor rekening lewat rekening koran

Nah, jika kamu terkendala untuk mengakses internet atau sinyal handphone sedang buruk, kamu bisa cek nomor rekeningmu di rekening koran.

Apa itu rekening koran? Rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan di rekeningmu secara tertulis.

Tergantung pada kebijakan bank-nya, ada yang mengirimkan rekening koran secara rutin ke nasabahnya tanpa diminta, ada juga bank yang harus diminta dulu oleh nasabah sebelum mencetak rekening koran.

Jika kamu pernah mencetak rekening koran, kamu bisa melihat nomor rekeningmu di situ. Biasanya, nomor rekening tercetak di bagian atas rekening koran.

Dari informasi di atas dapat diketahui bahwa cara mengetahui bank dari nomor rekening bisa dilakukan dengan mengetahui jumlah digit rekening yang dimiliki.

Apabila lupa akan nomor rekening juga bisa dilakukan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan mobile banking.