10 Cara Menjadi Orang Sukses dan Kebiasaan Miliarder Dunia

Kunci kesuksesan (Shutterstock).

Banyak yang menanyakan bagaimana sih cara menjadi orang sukses? Mulai mengikuti tips para orang sukses hingga membaca kisah-kisah menariknya, banyak dilakukan oleh para orang awam, kamu salah satunya?

Karena banyak orang yang hanya sekedar memimpikan jadi seorang miliarder tanpa kerja keras serta kerja cerdas dalam kehidupannya. Apakah kamu salah satunya? Untuk mendapatkan sebuah kesuksesan kamu memang harus dituntut bekerja keras dan berusaha semaksimal mungkin nih demi mengantongi medali sukses dalam hidup.

Kalau iya, kebetulan banget nih karena kita akan membahas mengenai 10 cara menjadi orang sukses serta kebiasaan yang sering dilakukan oleh para miliarder dunia berikut ini:

1. Konsisten dan memiliki tekad tinggi

kerja keras dan kerja cerdas cara sukses di usia muda
Kerja keras, tapi juga kerja cerdas.

Pertama, yang membedakan orang sukses dengan yang belum sukses adalah gak memiliki konsistensi dan tekad tinggi dalam menjalani sesuatu. Seringkali orang tersebut putus asa dan terpaksa meninggalkan apa yang sudah dibuat di tengah jalan.

Padahal, mungkin saja sebentar lagi yang ia lakukan tersebut adalah cara menjadi orang sukses yang tepat. Hanya saja karena kurangnya konsisten dan gak memiliki tekad yang tinggi jadi gagal.

2. Mau terus belajar

Selain konsisten dan punya tekad yang tinggi, kamu juga perlu memiliki keinginan untuk terus belajar dari waktu ke waktu. Perkembangan zaman yang begitu cepat menjadi landasan utama kenapa tips yang satu ini wajib diperhatikan.

Bahkan banyak orang sukses seperti Elon Musk dan Bill Gates hobi untuk membaca karena dirasa masih banyak ilmu pengetahuan yang perlu mereka pelajari lebih jauh lagi dari sekedar kesuksesan materi.

3. Belajar dari kesalahan

Selanjutnya adalah belajar dari kesalahan atau pengalaman. Beberapa anak muda merasa capek dan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan dalam mendirikan usaha, padahal itu adalah usaha pertamanya dalam berbisnis.

Untuk bisa menjadi orang sukses kamu perlu waktu berkali-kali untuk jatuh dan cukup sekali untuk berhasil. Maka dari itu, belajar dari kesalahan adalah pelajaran terbaik yang bisa kamu dapatkan saat ini.

4. Mempertimbangkan saran orang lain

Karakter masing-masing pribadi memang berbeda-beda, ada yang suka mendengarkan saran orang lain dan ada juga yang keras kepala dengan apa yang diinginkannya. Kalau kamu orangnya demokratis sih gak masalah, tapi kalau sebaliknya ada baiknya untuk merubah sikap tersebut.

Sebab yang namanya saran itu tujuannya adalah memperbaiki kekurangan yang sebelumnya pernah terjadi. Entah dari siapapun orangnya dan jabatannya, kamu perlu mempertimbangkan saran orang lain agar menjadi lebih baik.

 

5. Memiliki jiwa pemimpin yang baik

Seorang pemimpin wanita bersama anak buahnya (Shutterstock).
Seorang pemimpin wanita bersama anak buahnya (Shutterstock).

Cara menjadi orang sukses yang kelima adalah memiliki jiwa pemimpin yang baik. Hampir semua miliarder di dunia ini berhasil menciptakan perusahaan karena memiliki sifat leadershipnya yang terasah selama duduk di bangku sekolah maupun bekerja.

Jika dirasa kamu belum memiliki poin yang satu ini bisa mencoba mulai dari sekarang dengan memimpin sebuah tim guna mengerjakan proyek kecil terlebih dahulu.

6. Mulai aja dulu!

Poin keenam adalah mulai aja dulu, apa maksudnya? Terdapat segelintir orang memiliki rencana besar untuk membangun usaha atau perusahaan besar, hanya ia takut buat memulainya karena berbagai faktor.

Sedangkan di sisi lain ada juga orang nekat yang melakukan usaha bermodalkan rasa kepercayaan diri dan persiapan yang minim. Siapa yang bakal lebih dekat dengan kesuksesan? Tentu aja yang memulainya terlebih dahulu meski persiapannya minim.

Jadi jangan terlalu banyak berpikir untuk mulai sesuatu, karena hampir melakukan bisa jadi gak akan terjadi sama sekali di waktu yang akan datang.

7. Mempunyai relasi yang luas dan baik

Poin ketujuh mengenai cara menjadi orang sukses yang gak kalah penting adalah memiliki relasi yang luas dan baik dengan orang lain. Ini akan memudahkan kamu dalam melakukan banyak hal, mulai dari pekerjaan hingga membangun sebuah usaha.

Selain kedua hal tersebut, memiliki banyak relasi juga bagus untuk mengembangkan ilmu kamu dan berbagi pengalaman mengenai suatu hal.

8. Rutin melakukan evaluasi

Cara menjadi orang sukses selanjutnya adalah rutin melakukan evaluasi tim. Ketika kamu menyelesaikan sebuah proyek besar, tentunya ada beberapa hal kecil yang jadi kekurangan saat dilakukan.

Evaluasi berguna untuk mencegah hal tersebut terjadi kembali dan meningkatkan kembali kinerja yang udah baik sehingga hasilnya lebih maksimal lagi.

9. Multitasking

Banyak pendiri perusahaan rintisan atau startup saat ini membangun usahanya dari nol. Modal utama yang bisa mereka andalkan adalah kerja cerdas dan kerja keras. Kedua hal tersebut jika dilakukan bersamaan bisa metode kerja multitasking kamu lebih efisien sehingga outputnya lebih banyak lagi dibandingkan yang single tasking.

Walaupun sulit, kamu sedikit demi sedikit harus mulai mencobanya agar waktu yang terbuang semakin sedikit. Kalau sudah terbiasa, nantinya kamu gak akan merasa kesulitan lagi untuk melakukan 2 atau 3 pekerjaan sekaligus.

10. Berdoa dan bersyukur

Berdoa dan bersyukur menjadi kunci cara menjadi orang sukses yang terakhir. Kedua hal ini akan mendekatkan diri kamu kepada kesuksesan secara rohani. Percuma aja kan kalau kamu memiliki banyak uang tetapi kurang mensyukurinya.

Bisa-bisa uang itu habis entah kemana untuk hal-hal yang sebetulnya gak penting. Selanjutnya kamu bisa melihat beberapa kebiasaan orang sukses di dunia yang patut dicontoh nih, yuk simak ulasannya.

Kebiasaan orang sukses di dunia

elon musk orang kaya kurang liburan
Elon Musk. (Instagram/@elonrmusk)

Jika kamu masih kurang yakin dengan tips-tips di atas, bisa mencoba cara lain dengan mengikuti beberapa kebiasaan orang sukses di dunia berikut ini:

Bangun pagi setiap hari

Elon Musk, pendiri perusahaan otomotif Tesla rutin bangun pagi jam 7 pagi setiap harinya dan hampir gak pernah begadang. Bangun pagi dengan rutin bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu karena memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dibandingkan yang sering tidur larut malam.

Rutin olahraga

Meski gak berhubungan langsung dengan produktivitas kerja, rutin olahraga bisa menjaga kondisi tubuh kamu tetap prima saat beraktivitas. Kalau udah sakit, pastinya banyak hal yang akan terganggu dan menghambat diri kamu untuk sukses. Salah satu miliarder sukses yang rajin berolahraga adalah Tim Cook, CEO dari perusahaan Apple.

Pola hidup sehat

Gak Cuma olahraga, kamu juga perlu menjaga pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan seimbang. Cara menjadi orang sukses yang satu ini terbukti ampuh bikin Dwayne Johnson atau dikenal dengan The Rock jadi aktor dengan bayaran termahal di dunia.

Mengelola keuangan pribadi secara baik

Meskipun sudah bergelimang harta, CEO Berkshire Hathaway sekaligus orang terkaya di dunia Warren Buffett juga pintar dalam mengelola keuangan pribadi. Salah satu rutinitas yang ia lakukan adalah berinvestasi.

Kamu juga bisa melakukan hal seperti itu dengan menggunakan metode 50 persen dari pendapatan bulanan untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk hiburan dan sisanya 20 persen untuk tabungan serta investasi. Jika dilakukan secara rutin, kamu akan merasakan dampak baiknya di kemudian hari.

Nah itulah 10 cara menjadi orang sukses beserta dengan kebiasaan para miliarder yang patut kamu contoh. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu untuk menjadi lebih sukses kedepannya, ya!