Cara Menjadi YouTuber Sukses dari Nol, Bahkan Modal Ponsel!

Dunia YouTube memang sedang menjadi tren dunia. Bahkan situs web berbagi video ini mampu bersaing dengan stasiun TV. Gak heran jika akhirnya banyak millenials hingga boomer yang berlomba-lomba mencari cara menjadi YouTuber. 

Sebelum membahas lebih jauh soal cara sukses di platform berbasis video ini, tahu gak sih kalau semakin banyak publik figur dan selebriti Tanah Air yang akhirnya memutuskan untuk menjadi YouTuber. Lalu, sebenarnya hal apa sih yang perlu dilakukan untuk bisa bersanding dengan para YouTuber sukses? 

Geri Azriel selaku Country Manager Strategic Partnership YouTube Indonesia, menjelaskan kalau ada sepuluh poin yang mesti diperhatikan bagi pemula. Di antaranya adalah shareability, conversation, interactivity, consistency, targeting, sustainable, discoverability, accessibility, collaboration, dan inspiration. Nah, biar gak bingung, mari kita bahas rangkuman poin-poin tadi bersama-sama! 

1. Cara menjadi Youtuber: konsistensi dan unik

cara menjadi youtuber dengan ponsel

Untuk YouTuber pemula ada baiknya memikirkan poin shareability agar konten yang dibuat dapat dibagikan oleh pengguna YouTube lainnya. Gak hanya itu saja, konsistensi juga sangat penting banget bagi kita yang ingin memulai menjadi content creator video di YouTube. 

Sebab, Geri menjelaskan bahwa salah satu yang paling penting agar bisa menjadi YouTuber sukses adalah konsistensi. Artinya, konsistensi dari segi jadwal, format konten, atau personality-nya. Intinya adalah bagaimana cara si kreator bisa membuat viewers ingin subscribe dengan konsistensinya itu. 

“Menjadi YouTube kreator yang sukses di Indonesia mungkin tadi satu yang paling penting adalah konsistensi di Youtube, ‎‎konsistensi dari segi jadwal, format konten, atau personality-nya. Intinya, adalah bagaimana cara kita buat orang pengen subscribe dengan konsistensinya itu,” ujar Geri seperti dikutip dari Okezone.com.

2. Kemampuan membuat video berkualitas

Rekan Geri Azriel yang juga merupakan Country Manager Strategic Partnership YouTube Indonesia, yaitu Wafa Taftazani memberikan sedikit bocoran untuk yang ingin menjadi YouTuber pemula. Keahlian dalam membuat sebuah video yang berkualitas menjadi poin krusial. 

Ini dapat dilakukan dengan belajar bikin video dengan budget rendah, memikirkan konsep video dengan matang, hingga menentukan target market atau sasaran penonton kamu.

Misal untuk video yang berhubungan dengan kosmetik, idealnya kita bisa menargetkan kelamin perempuan.  Dengan begitu, kita bisa sesuaikan editing video serta konten yang akan dibahas sesuai dengan target market kita. 

Sebagai informasi tambahan, memiliki ciri khas dan menjadi beda salah satu kunci suksesnya para Youtuber yang sudah memiliki banyak subscriber, lho! 

3. Sempatkan waktu untuk menganalisis video 

analisis video youtube

Penting juga nih untuk dimengerti kalau cara menjadi YouTuber sukses gak selalu harus mengikuti konten yang lagi tren. Melainkan, bisa menemukan konten yang unik adalah kunci utamanya.

Cara untuk bisa buat video unik, kita harus cerdas dalam menganalisis video yang sudah ada. Kemudian perhatikan, video seperti apa sih yang sebenarnya banyak dilirik oleh pengguna YouTube. 

Cara lain, kamu bisa lihat video-video dengan tema yang sama tetapi lebih banyak views-nya. Dari situ, kita bisa analisis apa yang kurang pada video kita dan sebagainya.

4. Belajar untuk optimasi YouTube dengan SEO

Agar konten yang telah dibuat dapat berkembang, para content creator video di YouTube juga mesti lihai dalam mengoperasikan beberapa tools dalam YouTube. Misalnya, mengerti soal apa itu impression, mengenai views, watchtime, dan analisis data lainnya yang bisa menguntungkan akun YouTube kita. 

Optimasi Youtube ini juga termasuk belajar SEO (search engine optimisation) buat Youtube. Yaitu cara agar video kita bakal tampil di halaman pertama Youtube ketika seseorang mencari dengan keyword atau kata kunci tertentu.

5. Modal ponsel juga bisa menjadi Youtuber

menjadi youtuber dengan hp

Gak cuma pakai perangkat kamera yang lengkap saja, lho. Kita juga bisa mencari cara menjadi Youtuber dengan hanya bermodalkan ponsel.

Selama ponsel kamu bisa merekam video. Kenapa gak dicoba? Sebab, video Youtube gak selalu tentang animasi kece tetapi juga konten atau isi yang kita sampaikan dalam video tersebut.

Coba deh lihat beberapa Youtuber yang nyatanya mengawali karier mereka dari video yang gak secerah sebening sekarang. Bahkan, video mereka awalnya cukup buram dan berkualitas jelek. Tetapi, orang-orang malah suka dengan kontennya!

Keinginan yang kuat, kreativitas bikin konten, dan konsistensi yang sudah disebutkan tadi pun akhirnya membuahkan hasil kece. Mereka pun menjadi terkenal sebagai Youtuber. Kamu pun bisa!

Nah, kalau kamu sudah memenuhi poin-poin di atas, cara menjadi Youtuber sukses bakal terbuka dengan sendirinya. Kemudian, lambat lain ketika berhasil mendapatkan subscriber yang cukup banyak, nanti pihak YouTube akan memberikan gaji melalui ads, affiliate marketing, endorsement, dan lain sejenisnya. Selamat mencoba! 

Ingin tahu tips-tips sukses nan inspiratif lainnya, sila baca artikel menarik lainnya dari Lifepal Media!