Pengin Rajin Menabung, Lakukan 4 Cara Mudah Ini!

Pengin Rajin Menabung, Lakukan 4 Cara Mudah Ini!

Di awal tahun 2020 ini, banyak orang memiliki resolusi keuangan sehat yang dimulai dengan rajin menabung. Seperti diketahui, menabung merupakan salah satu penentu kebahagiaan di masa depan. 

Namun, menabung ternyata tak semudah yang diperkirakan. Bagi sebagian orang, menyisihkan uang di tabungan merupakan hal yang sulit dilakukan. 

Banyak faktor yang melandasi, mulai dari pengeluaran yang harus dibayarkan setiap bulannya, di samping biaya-biaya tak terduga. Hingga gaya hidup yang terlalu tinggi melebihi jumlah pendapatan, atau manajemen keuangan yang kurang baik.

Jika gaji terus-menerus habis, tentu kemiskinan atau kebangkrutan di depan mata. Padahal, kalau cermat mengontrol dan menyimpan uang, tak hanya cadangan atau simpanan saja yang akan kamu miliki, tetapi juga kemudahan di kemudian hari.

Dengan menabung, kamu juga bisa menyisihkan uang ke berbagai elemen investasi yang menguntungkan. Entah saham, reksa dana, hingga logam mulia.

Jika kamu salah satu orang yang ingin mewujudkan resolusi tahun ini dengan rajin menabung tanpa memotong anggaran bulanan, berikut ini tips mudahnya: 

Menambah Pendapatan

seorang karyawan mendapatkan cek pembayaran
Menambah Pendapatan (Shutterstock)

Terkadang, banyak orang menjadikan pendapatan yang masih kurang sebagai alasan tidak bisa menyisihkan uang di tabungan. 

Padahal, berapa pun besaran gaji yang diterima, kamu tetap bisa menabung kok! Hal paling pasti yang harus ditekankan ialah, bagaimana cara mengaturnya saja.

Tapi, kalau merasa jumlah gaji yang diterima masih kurang, kamu bisa meningkatkannya dengan banyak cara. 

Mulai dari menambah pendapatan dengan berbisnis, meminta kenaikan gaji, atau bekerja sambilan di luar jam kerja kantor. 

Pastikan Pengeluaran Tidak Lebih Besar dari Pendapatan 

seseorang tengah menghitung dengan kalkulator
Pastikan Pengeluaran Tidak Lebih Besar dari Pendapatan (Shutterstock)

Banyak orang berdalih menjalani gaya hidup ala milenial seperti minum kopi di kafe atau traveling ke luar negeri sebagai penyebab belum bisa menyisihkan uang ke tabungan

Sebenarnya sih gak masalah juga mengeluarkan uang buat nongkrong bareng teman-teman di kafe. Tapi, alangkah baiknya kalau uangnya kamu sisihkan juga buat nabung. Toh, itu buat kebaikan kamu juga!

Misalnya, kalau tiba-tiba ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang. Kamu tentu gak mau ribet ke sana-sini mencari pinjaman. Kalau dikasih pinjam, kalau jadi omongan doang kan malas banget!

Nongkrong di kafe atau traveling boleh-boleh saja, asalkan kamu bisa memastikan pengeluaran untuk gaya hidup tidak lebih dari pendapatan per bulan ya guys

Miliki Tabungan Berjangka

seseorang menghitung nilai investasinya
Miliki Tabungan Berjangka (Shutterstock)

Jika masih sulit menabung, tabungan berjangka bisa jadi pilihannya. Pasalnya, cara ini sangat baik untuk kamu yang kerap susah menyisihkan uang untuk ditabung. 

Mirip seperti tabungan biasa, bunga di tabungan berjangka cenderung lebih tinggi sedikit dari tabungan biasa. 

Pihak bank akan menarik secara otomatis jumlah uang yang ingin kamu tabung dari tabungan biasa ke tabungan berjangka. 

Bayar Penuh Utang Kartu Kredit

seorang pria sedang membayar utang kartu kredit
Bayar Penuh Utang Kartu Kredit (Shutterstock)

Salah satu cara mudah lainnya untuk kamu bisa menyisihkan uang ke tabungan ialah membayar penuh tagihan kartu kredit.

Jika hanya membayar minimal saja, kamu akan mendapatkan bunga dan harus dibayar di bulan selanjutnya. Ini akan menambah pengeluaranmu. Karena itu, pastikan membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan penuh. 

Itulah empat cara mudah untuk kamu menabung tanpa memotong anggaran bulananmu. Mudah kok, coba praktikkan saja. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis